9 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Murah dengan Harga di Bawah Rp 50 Ribu (2020)

9 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Murah dengan Harga di Bawah Rp 50 Ribu (2020)

Mencuci tangan adalah cara yang baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Apalagi di musim pandemi seperti ini, cuci tangan dengan sabun menjadi kebutuhan wajib yang tidak dapat ditawar. Berikut BP-Guide akan memberikan rekomendasi sabun cuci tangan dengan harga murah yang bisa kamu beli.

Dengan Mencuci Tangan Secara Rutin, Maka Kamu Bisa Terhindar dari Berbagai Penyakit

Sumber gambar insider.com

Mencuci tangan adalah sebuah hal yang sepele, tetapi mendatangkan manfaat yang sangat besar. Dengan meledaknya kasus virus corona awal tahun ini, kamu pasti semakin menyadari betapa pentingnya untuk menjaga tangan kita tetap bersih setelah melakukan segala aktivitas. Tangan adalah organ tubuh yang paling banyak membawa virus dan bakteri.

Bagaimana tidak, tangan bersentuhan langsung dengan berbagai benda dan manusia, tanpa kita bisa melihat berapa banyak virus dan bakteri yang menempel di sana. Apalagi kalau kita tidak cuci tangan dan langsung memegang makanan atau minuman, kemudian memasukkannya ke dalam mulut.

Untuk menjaga tangan tetap bersih dan tidak membuatnya berpotensi menyebabkan penyakit, rajin-rajinlah mencuci tangan dengan sabun. Ini merupakan tindakan sanitasi wajib unyuk memutus mata rantai kuman yang pada tubuh dan bisa berpindah ke orang lain.

Mengapa harus menggunakan sabun? Mencuci tangan dengan air mungkin bisa menghilangkan debu dan kotoran yang terlihat. Namun kuman yang tidak terlihat bisa saja masih menempel di kulit tangan tanpa kita sadari. Kandungan di dalam sabun bisa membantu menghilangkan kuman dan membunuhnya, menghilangkan risiko kuman tersebut menempel ke orang lain atau masuk ke dalam tubuh.

Beberapa Penyakit yang Dapat Dihindari jika Kamu Rajin Mencuci Tangan dengan Sabun

Diare

Sumber gambar www.fashionlady.in

Diare bukan penyakit yang sederhana. Jika tidak ditangani dengan baik, diare bisa menyebabkan nyawa seseorang terancam. Kasus ini masih banyak terjadi di negara-negara Afrika, di mana banyak bayi dan anak-anak meninggal akibat diare. Diare bisa menyebabkan dehidrasi dan dampaknya sangat berbahaya bagi organ tubuh yang lain.

Diare adalah peningkatan frekuensi pada buang air besar. Biasanya seseorang disebut terkena diare jika ia buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari dengan perubahan konsistensi, yaitu teksturnya cair dan terkadang disertai dengan lendir dan darah.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun penyebab utamanya adalah infeksi virus dan bakteri yang masuk ke dalam mulut melalui tangan. Rotavirus, virus yang menyebabkan penyakit diare suka menempel di tangan yang kotor dan tidak dicuci. Akibatnya, jika tangan tersebut digunakan untuk makan dan masuk ke mulut, seseorang bisa menderita diare parah.

Untuk mencegah diare pada anak, gerakan mencuci tangan dengan sabun sudah dipromosikan di berbagai belahan dunia. Sabun dan air terbukti bisa menghancurkan kulit kuman.

Infeksi Mata

Sumber gambar allaboutvision.com

Menurut sebuah penelitian, tangan yang selalu bersih karena sering dicuci dengan sabun dapat menghindarkan seseorang dari infeksi mata, yaitu trakoma. Infeksi mata yang satu ini memang disebabkan oleh bakteri bernama chlamydia trachomatis.

Bagian tubuh yang diserang adalah mata dan kelopak mata, yang diawali gejala seperti gatal ringan dan iritasi di area mata. Salah satu faktor utama penyebab trakoma adalah tidak bisa menjaga kebersihan dengan baik.

Lingkungan hidup juga sangat berpengaruh. Jika rumah tidak bersih dan dibiarkan kotor begitu saja, maka akan banyak kuman dan virus yang tumbuh dan hidup bersama manusia. Inilah yang kemudian menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit, termasuk trakoma.

Flu

Sumber gambar freepik.com

Flu adalah penyakit ringan lainnya yang tidak boleh dianggap enteng. Di musim penghujan, flu dan pilek sangat mudah menyerang. Parahnya lagi, pilek adalah penyakit yang sangat mudah menular. Kamu bisa terkena pilek hanya dengan berinteraksi dengan seseorang yang sudah lebih dulu menderita penyakit ini.

Pilek atau flu diawali dengan kebiasaan buruk, yaitu tidak pernah mencuci tangan. Akibatnya, virus influenza yang menempel di tangan terbawa hingga ke hidung, masuk ke dalam tubuh, dan menginfeksi bagian tertentu.

Menurut sebuah penelitian, flu paling mudah ditularkan melalui sentuhan. Jangan anggap remeh, penelitian yang sama mengatakan bahwa 49 ribu orang di seluruh dunia meninggal akibat flu setiap tahunnya. Cara terbaik untuk mencegah dan melindungi diri dari serangan flu adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

Covid-19

Sumber gambar thejakartapost.com

Covid-19 adalah penyakit baru yang disebabkan oleh infeksi novel Coronavirus. Ini adalah bentuk mutasi terbaru dari virus yang menyebabkan SARS dan MERS beberapa tahun lalu. Organ yang diserang jelas adalah paru-paru. Covid-19 adalah penyakit yang sangat mudah menular dan kiini telah menjadi pandemi di seluruh dunia.

Mengingat siapa saja mudah terinfeksi virus corona, satu pencegahan penting yang bisa dilakukan untuk melindungi diri adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Ini karena virus corona bisa menular lewat sentuhan, atau setelah menyentuh benda-benda yang membawa virus tersebut.

WHO menyatakan bahwa cuci tangan dengan sabun dan air mengalir harus sering-sering dilakukan, terutama setelah beraktivitas dan berinteraksi dengan orang lain. Sabun terbukti dapat menghancurkan partikel virus corona dan mematikannya bersama dengan air mengalir. Ingat, waktu yang dibutuhkan untuk mencuci tangan adalah 20 detik dengan gerakan yang benar.

Sebaiknya Bersihkan Tangan dengan Sabun Dibandingkan Hand Sanitizer

Dengan alasan kepraktisan, banyak orang lebih memilih mencuci tangan dengan hand sanitizer saja. Benda ini sering dibawa pergi kemana-mana dan memiliki kadar alkohol tinggi yang dipercaya bisa membunuh kuman.

Namun, mencuci tangan dengan sabun masih lebih dianjurkan, karena hand sanitizser tidak bisa menghancurkan partikel kuman dan virus. Apalagi kandungan alkohol yang tinggi juga bisa merusak kulit. Menggunakan hand sanitizer secara berlebihan juga bisa membuat tangan resisten, sehingga tidak bisa lagi menolak kuman yang akan menempel pada tangan.

Itulah mengapa, jika masih ada sumber air di dekat kita, tetaplah mencuci tangan dengan sabun. Hand sanitizer bisa digunakan untuk keadaan darurat saja, yaitu di tempat-tempat yang jauh dari sumber air.

Rekomendasi Sabun Cuci Tangan yang Ramah di Kantong

LIFEBUOY LEMON FRESH SABUN CUCI TANGAN

Lifebuoy adalah merek sabun kesehatan yang sudah sangat dipercaya oleh masyarakat. Jika dulu hanya sabun mandi, kini Lifebuoy sudah meluncurkan produk sabun cuci tangan untuk menjaga kebersihanmu dan keluarga.

Lifebuoy Hand Wash Sabun Cuci Tangan Lemon Fresh kaya akan kandungan sari lemon dan jeruk. Active Silver Formula bekerja melindungi tangan dari 10 macam infeksi kulit yang dipicu kuman. Kandungan buah alami membuatmu merasa tetap segar dan kulit tetap halus. Formula anti bacterial di dalam sabun ini dapat membunuh 99% kuman yang menempel di kulit hanya dalam waktu 10 detik saja. Produk ini aman untuk digunakan sehari-hari setiap kamu cuci tangan.

Harga Rp. 20.000-40.000

VYLEA HAND SOAP 300 ML

Pandemi virus corona yang melanda dunia membuat semua orang menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan diri. Salah satunya adalah mencuci tangan dengan sabun. Sabun pencuci tangan terbukti ampuh menghancurkan virus corona yang menempel di kulit.

Cuci tangan memang perlu. Tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah memahami kandungan apa saja yang ada di dalam sabun cuci tangan. Sabun cuci tangan yang ada di Indonesia umumnya mengandung surfaktan jenis SLS atau (Sodium Lauryl Sulfate).

Vylea Hand Soap lebih dari sekadar sabun cuci tangan biasa. Sabun ini hadir dalam 5 varian wangi berbeda. Ada Sweet Pea, Powdery Rose, Love, Lime, dan Lemonade. Bekerja membersihkan tangan dan membunuh kuman hanya dalam hitungan detik saja. Kandungannya ringan, sehingga tidak menyebabkan kulit kering dan iritasi. Butiran scrub pada sabun memastikan kotoran terangkat hingga ke pori-pori kulit terdalam.

Harga Rp. 21.000-37.000

WILSON HANDSOAP PEACH SABUN PENCUCI TANGAN

Aroma buah sepertinya menjadi favorit produsen sabun cuci tangan. Kesegarannya memang bisa menghilangkan semua bau tidak sedap beserta kuman dan kotoran yang ada di tangan. Termasuk Wilson Handsoap AntiBacterial ini.

Mengandung ekstrak buah segar seperti peach dan lemon juga bahan aktif 0,06% triclosan untuk memastikan kuman dan virus terbunuh sempurna. Diformulasikan untuk tidak hanya membersihkan tangan, tetapi juga menjaga kulit agar tetap lembut dan halus. Produk ini sudah menerima sertifikasi halal dari MUI dan sangat aman untuk anak-anak.

Baunya yang segar bisa menghilangkan bau amis di tangan. Setelah dicuci dengan sabun ini, tangan akan terasa sangat wangi dan tetap lembut. Aman untuk digunakan setiap hari.

Harga Rp. 14.000-16.500

SLEEK STRAWBERRY HANDWASH POUCH

Sleek Handwash adalah sabun pencuci tangan dengan formula antibacterial baru yang dapat melindungi tangan dengan membunuh semua bakteri yang menempel. Kandungan vitamin E di dalamnya membuat tangan tetap lembut. Produk ini telah lolos uji dermatologi, sehingga cocok dan aman untuk semua jenis kulit.

Varian wangi aroma sabun beragam, memberikan sensasi kesegaran setelah mencuci tangan. Ada apel, lemon, dan strawberry yang bisa dipilih. Handwash yang satu ini aman untuk digunakan setiap hari dan aman untuk digunakan anak-anak.

Harga Rp. 12.400-35.400

KLINSEN NOURISHING HANDWASH CREAM

Kapan saat yang tepat untuk cuci tangan? Baiknya cuci tangan memang dilakukan sesering mungkin. Namun ada saat-saat teretntu d imana kamu harus mencuci tangan agar tidak ada virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuhmu. Saat-saat itu antara lain adalah sebelum makan, setelah buang air besar, setelah selesai beraktivitas dan keluar rumah, sebelum menyentuh wajah, hingga setelah menerima pemesanan makanan dan paket online.

Klinsen Nourishing Handwash Cream bisa menjadi teman setia untuk membantumu menjaga kebersihan tangan. Mengandung bahan aktif yang bisa membunuh kuman hingga 99,99%. Juga membersihkan minyak dan bau amis membandel di tangan, namun menjaga tangan tetap bersih dalm lembap. Aromanya yang wangi membuat kamu ketagihan mencuci tangan terus!

Aroma fruity floral pada sabun memberikan kesegaran tersendiri, sehingga tanganmu tidak hanya bersih tetapi juga wangi. Produk ini aman digunakan setiap hari.

Harga Rp. 24.225-49.000

NOSY ANTI BAKTERI HANDSOAP

Satu lagi sabun pencuci tangan yang diproduksi dengan formula khusus dan memiliki aroma segar. Nosy Handsoap memiliki busa lembut yang bisa membersihkan tangan sekaligus menlindungi kulit, menghilangkan segala macam bau yang menempel di tangan. Kandungan antiseptiknya efektif membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada kulit tangan.

Produk ini bisa digunakan setiap saat untuk mencuci tangan. Formulanya yang lembut, tidak berbahaya, dan aman untuk anak-anak. Varian wangi yang bisa dipilih antara lain adalah lemon, strawberry, dan aloe vera.

Harga Rp. 33.250-46.000

CAREX HAND WASH ANTI BACTERIAL PUMP 250 ML



Kamu bisa menjaga kebersihan tanganmu dengan Carex Antibacterial Handwash. Sabun dengan kandungan lidah buaya ini menjaga kulit tetap halus, lembut, dan lembap. Mengandung nectarol yang mampu membunuh bakteri hingga 99%, serta ekstrak pelembap yang bisa menjaga tangan tetap halus dan lembut.

Sabun ini sudah teruji secara dermatologis dan aman untuk digunakan setiap hari. Sabun cuci tangan ini bekerja membersihkan dan melindungi kulit tangan.

Harga Rp. 33.200-43.000

MAWAR HANDSOAP SABUN CUCI TANGAN

Sabun Cuci Tangan Mawar hadir dalam kemasan besar 1,1 liter yang cocok untuk digunakan seluruh keluarga. Sabun ini mengandung minyak kelapa olahan untuk melembutkan tangan. Formulanya ramah untuk kulit, lembut di tangan, ramah lingkungan, dan tidak mengandung bahan kimia dan fosfat berbahaya.

Sabun cuci tangan ini juga tidak mengandung pewangi buatan. Kandungan pH-nya yang netral cocok untuk kulit sensitif dan tidak menimbulkan iritasi. Gunakan secukupnya saat mencuci tangan setiap hari. Sabun ini hadir dalam varian aroma lain yaitu apel dan strawberry yang sama-sama menyegarkan setelah cuci tangan.

Harga Rp. 20.000-48.000

NUVO ANTI BACTERIAL HAND SOAP 250ml

Jangan anggap sepele sabun cuci tangan. Jika kamu punya kulit sensitif, pastikan kamu tidak alergi atau iritasi dengan sabun cuci tangan merek tertentu. Lakukan tes alergi pada satu titik di kulit, lalu tunggu responsnya selama 24 sampai 48 jam ke depan. Jika tidak muncul ruam, gatal, atau kemerahan, maka sabun tersebut aman untuk kamu gunakan.

Nuvo Handsoap adalah sabun cuci tangan yang telah teruji secara dermatologis, mampu melindungi tangan dari kuman dan melembutkan kulit dengan kandungan Extra Moisturizer. Produk ini terbukti mampu membunuh bakteri jenis S. Auerus dan E. Coli. Tidak hanya membunuh kuman, kulit terasa segar dan lembut juga.

Harga Rp. 40.000-45.000
From our editorial team

Yuk, Lindungi Diri dan Orang Tercinta

Menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan menggunakan sabun adalah cara untuk menghindarkan diri dari virus dan kuman. Namun sesungguhnya kamu juga sedang menjaga orang-orang yang kamu cintai lho. Jika dirimu bersih, maka orang-orang di sekitarmu juga tidak akan terpapar resiko penyakit. Yuk, cuci tangan dengan sabun yang direkomendasikan BP-Guide di atas, ya!