Bersihkan Lingkungan dan Perabot Memakai 10 Rekomendasi Disinfektan Ini (2020)

Bersihkan Lingkungan dan Perabot Memakai 10 Rekomendasi Disinfektan Ini (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Pencegahan terhadap virus dan bakteri wajib kita lakukan. Selain rajin cuci tangan, kita juga wajib memakai cairan disinfektan untuk perabot di sekitar kita. Yuk, cek rekomendasi disinfektan terbaik!

Demi Mencegah Meluasnya Covid-19, Banyak Instansi dan Lembaga Melakukan Penyemprotan Disinfektan

Sumber gambar www.gatra.com

Wabah Covid-19 masih menghantui negara kita dan juga berbagai negara di seluruh dunia. Meski sudah banyak yang berhasil sembuh, namun masih ada juga korban virus Corona yang terus bertambah. Hal ini membuat kita semakin was-was dan selalu waspada terhadap lingkungan di sekitar kita.

Pemerintah pun tak tinggal diam dalam mengatasi wabah yang satu ini. Selain berusaha mendatangkan obat untuk para penderita corona, pemerintah juga meliburkan sejumlah lembaga dan instansi supaya virus tak semakin menyebar. Perintah untuk tinggal di rumah selama 14 hari pun dilakukan supaya penyebaran virus tak semakin merajalela.

Di antara usaha-usaha pemerintah untuk membuat negara ini terbebas dari corona, salah satunya adalah penyemprotan disinfektan. Ini merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh mikroorganisme pada objek permukaan benda mati. Disinfektan dipercaya bisa mengurangi penyebaran virus pada benda-benda yang umumnya kita sentuh dalam keseharian.

Banyak lembaga dan instansi yang mulai meminta kantor atau ruangannya disemprot dengan desinfektan. Meski ini tak bisa menghilangkan virus corona secara instan, namun desinfeksi bisa membuat kita jadi lebih terlindung dari virus yang menempel pada benda-benda.

Sering Keliru, Ini Lho Perbedaan Antiseptik dan Disinfektan

Sumber gambar www.watyutink.com

Banyak yang keliru membedakan antara cairan antiseptik dan disinfektan. Keduanya memang sama-sama mampu membunuh virus dan kuman. Perbedaannya adalah pada cara penggunaannya.

Antiseptik merupakan zat yang bisa membunuh mikroorganisme dan digunakan pada kulit atau jaringan tertentu untuk mencegah terjadinya infeksi. Antiseptik banyak digunakan di rumah sakit untuk keperluan operasi yakni dipakai supaya bakteri tidak menyebar ke tubuh pasien. Antiseptik pun bisa digunakan di rumah dalam bentuk sabun, tisu, hingga hand sanitizer.

Disinfektan merupakan zat kimia glutaraldehhid, vantocil, ftaladehida, dan formaldehida yang juga bisa membunuh mikroorganisme. Zat ini hanya untuk digunakan pada permukaan, peralatan, atau benda mati lainnya.

Disinfektan umumnya dipakai untuk membersihkan area yang merupakan tempat bakteri dan kuman berkembang biak. Disinfektan tidak bisa digunakan pada kulit sebab bisa menyebabkan peradangan hingga pengerasan pada kulit.

Ketahui Cara Aman Membersihkan Rumah Memakai Disinfektan

Sumber gambar https://pixabay.com


Kita tentu ingin rumah kita aman juga dari kuman dan bakteri. Beberapa bagian rumah seperti gagang keran, telepon, hingga kenop pintu jadi sangat berisiko untuk disentuh karena bisa menyebarkan kuman dan virus yang berbahaya. Dalam hal ini kita bisa juga kok mendisinfektan rumah kita sendiri.

Salah satu cara mendisinfektan rumah dengan aman adalah memakai sabun dan air secara teratur. Anda bisa memakai cairan pemutih atau produk pembersih untuk membersihkan bagian rumah yang rawan menjadi tempat kuman. Yang paling penting jangan lupa memakai sarung tangan saat membersihkan dengan disinfektan.

3 Produk Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Disinfektan

Ada juga loh beberapa produk yang bisa Anda andalkan sebagai cairan disinfektan. Yang pertama adalah larutan pemutih. Cairan pemutih terbukti efektis membunuh aneka virus. Sayangnya cairan ini memiliki aroma yang tidak enak sehingga sulit untuk digunakan. Selain itu cairan ini juga bisa merusak barang yang dibersihkan. Ketika hendak memakainya, pastikan Anda memakai sarung tangan. Bahan ini tak bisa dicampur dengan bahan lain selain air ya.

Selanjutnya ada bahan hidrogen peroksida yang bisa jadi disinfektan. Cairan kimia yang satu ini memang tidak memiliki hasil sebaik pemutih, namun ini artinya, cairan ini juga sangat kecil kemungkinannya untuk memicu masalah. Kekurangan cairan ini adalah bisa mengubah warna.

Berikutnya ada alkohol yang juga termasuk bahan disinfektan. Produk dengan kadar alkohol 70% bisa ampuh membunuh virus dengan potensi kerusakan yang lebih kecil daripada larutan pemutih. Anda bisa memakai alkohol gosok untuk semua permukaan. Kekurangan dari alkohol adalah bahan ini bisa mengubah warna beberapa bahan plastik.

Anda Bisa Membuat Sendiri Cairan Disinfektan untuk Membersihkan Rumah

Sumber gambar pixabay.com

Saat ini berbagai produk untuk mengusir kuman dan bakteri sedang laris diburu. Pandemi Corona membuat beberapa produk seperi hand sanitizer, masker, sabun cuci tangan hingga disinfektan menjadi langka. Harga dari produk-produk tersebut pun melambung sangat tinggi sehingga membuat kita kesulitan membelinya.

Namun tenang saja, Anda tetap bisa membersihkan rumah dengan disinfektan kok. Anda bisa membuat sendiri disinfektan yang aman. Bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga mudah.

Persiapkan larutan pemutih dan air sebagai bahannya. Anda juga memerlukan botol semprot untuk wadah disinfektannya. Jangan lupa kenakan sarung tangan karet, sepatu bot non-porous, dan pelindung mata supaya tetap terlindung.

Cara membuatnya adalah dengan mencampur 4 sendok teh larutan pemutih dengan 1 liter air. Masukkan campuran pada botol semprot dan cairan pun siap digunakan. Hindari menambahkan bahan lainnya apalagi bahan kimia. Usahakan juga untuk tidak menghirup asap produk. Karenanya usahakan untuk membuat cairan ini di tempat terbuka.

Ini Dia Rekomendasi Disinfektan untuk Pembersihan dari Virus dan Kuman

Bio Air Spray Anti Virus dan Bakteri Natural Disinfektan

Disinfektan pertama yang jadi rekomendasi kami adalah Bio Air, Spray Anti Virus dan Bakteri. Disinfektan alami ini nonalkohol, tidak beracun, dan nonkorosif sehingga aman digunakan. Disinfektan spray ini mampu membunuh 99% kuman termasuk ragi, jamur, bakteri, dan virus.

Produk ini memiliki pH netral sehingga ramah untuk lingkungan. Di dalamnya tidak mengandung pengharum sehingga ramah anak dan tidak membahayakan kulit sensitif. Anda bisa mencampurnya dengan air dan digunakan untuk alat humidifier penstreril udara.

Anda bisa juga menyemprotkannya pada furnitur rumah seperti sofa, karpet, kasur, dan lainnya. Produk ini juga cocok untuk membersihkan lantai dan mensterilkan rumah serta lingkungan.

Harga Rp. 72.000-105.000

Virkon Desinfektan Virus Spray

Virkon Disinfektan Virus Spray 250 ml ini juga bisa jadi pilihan. Produk ini bisa bereaksi cepat untuk membunuh mikroorganisme seperti virus, jamur, dan bakteri.

Disinfektan ini tidak beracun sehingga tidak menimbulkan iritasi dan tidak bersifar korosif sehingga aman untuk untuk manusia, hewan, peralatan, dan lingkungan.

Anda cukup menyemprot pada ruangan yang diinginkan. Produk ini juga bisa digunakan pada air di kolam.

Harga Rp. 72.000-97.000

Medisep 1 L

Berikutnya ada Medisep 1 L yang bisa digunakan sebagai disinfektan. Ini merupakan larutan yang tida berwarna dan bisa membasmi bibit penyakit yang mencemari peralatan dan lingkungan.

Cairan ini tidak korosif sehingga tak menyebabkan karat. Di dalamnya terdapat koefisien fenol yang tinggi sehingga efektivitasnya membunuh bibit penyakit lebih besar. Medisep cocok untuk desinfeksi kandang dan juga bisa menimbulkan aroma wangi ke dalam kandang.

Harga Rp. 75.000-125.000

Biodes 100 1 Liter

Biodes 100 juga merupakan disinfektan yang bisa diandalkan. Produk ini mengandung Benzalkonium Klorida yang membuatnya ampuh membasmi bakteri dan kuman. Cairan ini mudah larut dalam air dan bisa menghilangkan virus, jamur, dan bakteri penyebab penyakit.

Aroma cairan ini harum sehingga aman digunakan. Selain bisa mendisinfeksi peralatan peternakan, bisa juga mendisinfeksi alat vaksin, air minum ternak, kandang, dan lainnya.

Harga Rp. 85.000-106.000

Lysorin Disinfectant

Berikutnya ada Lysorin Disinfectant yang bisa dipercaya. Ini merupakan cairan pembersih lantai yang sangat efektif untuk membunuh kuman- kuman, virus, dan jamur. Aromanya mengingatkan kita pada aroma rumah sakit.

Produk ini bisa menyegarkan ruangan dan sekelilingnya. Cairan ini bisa digunakan untuk mengepel lantai supaya lebih bebas kuman. Anda bisa juga memakainya untuk membersihkan kamar mandi dan bak mandi.

Harga Rp. 16.000-88.100

Zaldes 1 Liter

Zaldes 1 Liter ini merupakan produk selanjutnya untuk Anda. Produk ini jernih dan berbau wangi. Di dalam disinfektan ini mengandung Benzalkonium Chloride yang bisa membasmi kuman dengan baik. Anda bisa menggunakannya untuk membersihan alat ternak dan kandang, mengepel lantai rumah, dan mengusir virus serta bakteri.

Harga Rp. 50.000-60.000

Th4 Desinfektan

Th4 Desinfektan 100 ml ini juga bisa jadi pilihan. Disinfektan yang satu ini bisa digunakan di dalam maupun di luar rumah. Produk ini ampuh membunuh virus, bakteri, jamur, protozoa, dan alga.

Anda bisa memakainya untuk mengepel antai dan bisa juga untuk menyemprot perabotan. Simpanlah di tempat khusus dan juga jauhkan dari jangkauan anak-anak. Usahakan saat memakainya tidak mengenai mata dan kulit.

Harga Rp. 75.000-149.000

Disinfectant Spray Sanifex

Disinfectant Spray Sanifex ini juga bisa jadi andalan. Dengan Benzalkonium Chloride, produk ini bisa membunuh virus dan kuman yang berbahaya.

Hadir dengan teknologi terbaru, produk ini mengandung pH Modifier dan ekstrak minyak nabati sehingga bisa membunuh kuman lebih efektif.

Produk ini cukup disemprot pada barang-barang yang berpotensi terpapar virus dan bakteri. Gunakan pada handel pintu, dinding, lantai, dan aneka perabotan.

Harga Rp. 66.000-140.000

Dettol Spray Disinfectant

Dettol Spray Disinfectant juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa membunuh 99,9% kuman, virus, dan bakteri. Formula uniknya sudah terbukti aman digunakan.

Kocok dengan baik sebelum menyemprotkannya. Lakukan penyemprotan pada jarak 15 hingga 20 cm dari benda yang akan disemprot.

Harga Rp. 231.000-550.000

GTS52 Spray Disinfectant

GTS52 Spray Disinfectant adalah produk selanjutnya yang bisa diandalkan. Ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan ruangan dari virus dan bakteri sehingga Anda dan keluarga terlindung dari macam-macam penyakit yang mudah menyerang tubuh.

Anda bisa memakainya untuk mensterilkan ruangan dan juga bisa menjaga kondisi ruangan ber-AC tetap bersih. GST52 akan mengikat bau dan sumber bau dengan senyawa dan antibakteri sehingga virus dan bakterinya hilang.

Harga Rp. 199.000-256.000
From our editorial team

Larutan Disinfektan Bisa Jadi Solusi Membuat Lingkungan Lebih Aman dari Virus

Belakangan ini memang negara kita sedang darurat virus. Maka dari itu segala cara dilakukan demi mengurangi persebaran virus. Salah satunya adalah memakai larutan disinfektan untuk membersihkan perabot kita. Ini bisa membuat lingkungan jadi lebih aman ditempati. Anda bisa membuat sendiri larutannya seperti cara yang dijelaskan di atas. Cek juga rekomendasi produk dari kami, ya!

Tag