10 Rekomendasi Pemanas Air untuk Pengalaman Mandi Air Hangat yang Nyaman di Rumah (2020)

10 Rekomendasi Pemanas Air untuk Pengalaman Mandi Air Hangat yang Nyaman di Rumah (2020)

Mandi air hangat bagi banyak orang tentu begitu membuat rileks. Apalagi, sepulang kerja dan tubuh begitu letih serta penat. Anda membutuhkan pemanas air terbaik untuk menghasilkan air hangat untuk mandi. Berikut ulasan dan rekomendasinya.

Bagi yang Tinggal di Daerah Dingin, Mandi Air Panas Adalah Hal yang Mutlak

Saat musim hujan datang atau bagi Anda yang tinggal di daerah yang dingin, suhu air yang dingin membuat Anda menjadi malas mandi. Padahal mandi sangat baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Salah satu solusinya adalah mandi dengan air hangat.

Jika Anda bermalam di hotel atau apartemen, salah satu fasilitas yang ditawarkannya adalah water heater, yang dapat membuat Anda dapat mandi air hangat dengan mudah. Anda juga bisa menggunakan water heater di rumah.

Mandi dengan Air Panas Bisa Kita Dapatkan dengan Menggunakan Alat Pemanas Air

Sebelumnya, jika Anda ingin mandi dengan air hangat, Anda harus memanaskan air di kompor terlebih dahulu. Setelah mendidih, air ini dicampurkan dengan air dingin yang ada di kamar mandi.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, mandi dengan air hangat menjadi lebih mudah. Anda bisa menggunakan alat pemanas air sehingga tak perlu repot-repot lagi memasak air dengan kompor.

Tips Memilih Alat Pemanas Air yang Baik

Pastikan Daya Listrik Rumah Cukup Memadai

Alat pemanas air membutuhkan daya listrik yang cukup besar, yaitu sekitar 350 hingga 500 watt. Sehingga Anda perlu memastikan bahwa daya listrik sudah cukup memadai.

Jika tidak memadai, jangan Anda paksakan. Karena pemanas air dapat membuat arus listrik Anda menjadi terganggu. Hal ini berakibat pada terganggunya semua alat elektronik yang lain.

Sesuaikan dengan Jumlah Penghuni

Saat ingin membeli pemanas air, Anda perlu menyesuaikan dengan jumlah penghuni di rumah Anda. Jumlah penghuni dapat disesuaikan dengan kapasitas tangki dari water heater.

Jangan sampai Anda membeli pemanas air yang berkapasitas kecil, padahal anggota keluarga Anda banyak. Atau sebaliknya, Anda membeli pemanas air yang berkapasitas besar, padahal anggota keluarga Anda hanya sedikit.

Jika pemanas air hanya digunakan untuk dua orang, Anda bisa memilih alat pemanas air yang memiliki tangki 15 liter. Tetapi jika penggunakanya lebih dari dua orang, Anda bisa menggunakan tangki berkapasitas 30 liter.

Cek Instalasi Pipa di Rumah

Saat menggunakan alat pemanas air, antara pipa air panas dan pipa air dingin haruslah dipisah. Maka dari itu, Anda perlu melihat kembali intalasi pipa di rumah Anda. Jika hanya memiliki satu pipa saja, berarti Anda membutuhkan satu pipa lagi jika ingin menggunakan water heater.

Agar lebih simpel dan praktis, Anda serahkan saja kepada pihak penjual untuk memasangnya, namun Anda akan dikenakan biaya instalasi.

Keamanan

Pemanas air adalah alat yang berada di antara listrik dan air. Anda tentu tahu, bahwa listrik dan air sangat berbahaya jika bersatu. Maka dari itu, Anda perlu memilih produk yang telah memenuhi standar keamanan. Sehingga korsleting listrik dan masalah lainnya tidak akan terjadi saat Anda sedang mandi.

Pilihlah pemanas air dengan elemen pengaman seperti ELCB dan switch antikontak. Pastikan pula produk yang Anda beli telah memiliki sertifikat keamanan dari International Electro-technical Commission dan Singapore Standards.

Rekomendasi Pemanas Air Gas Termurah

Water Heater Gas Niko Digital LED Display NK-6LD

Water Heater Gas Niko Digital LED Display NK-6LD adalah alat pemanas air yang didesain modern dan elegan dengan digital LED Temperature.

Dilengkapi pula dengan display yang dapat memudahkan Anda dalam menggunakannya. Telah memiliki teknologi Full Otomatis Water Heater, sehingga saat Anda membuka keran, air hangat langsung tersedia untuk Anda.

Untuk keamanannya, water heater dari Niko ini juga dibekali dengan Flame Failure Safety, sehingga aliran gas dapat ditutup secara otomatis ketika ada masalah.

Harga Rp. 599.000-786.000

Water Heater Advance GWH 10 6L

Water Heater Advance GWH-10 Pemanas Air Gas Advance 6 Lt GWH10 adalah alat pemanas air yang memiliki ukuran 560 x 350 x 180 mm dengan kapasitas tangki sebanyak 6 liter.

Water heater yang menggunakan Gas LPG sebagai bahan bakar ini memiliki daya penghangat selevel 1200 watt. Tekanan airnya antara 0.02Mpa - 0.8 Mpa.

Harga Rp. 513.000-575.000

Modena Water Heater Gas GI 6V

Modena Water Heater Gas GI 6 V Putih adalah pemanas air yang terbuat dari bahan stainless steel yang antikarat, kuat, dan tahan lama. Bahannya yang tahan terhadap api juga dapat membuat api pemanas tidak menjalar ke luar.

Untuk proses pemanasannya menggunakan gas dan tidak menggunakan listrik sama sekali. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi korsleting listrik.

Harga Rp. 1.199.000-1.250.000

Pemanas Air Gas Wasser WH-506 A

Pemanas Air Gas Wasser - Water heater gas Wasser WH 506 A adalah pemanas air buatan Korea yang sistem pemanasnya tidak menggunakan listrik, melainkan gas LPG.

Pemanas air dengan dimensi 402 x 270 x 190 mm ini memiliki kapasitas tangki sebanyak 5 liter. Dilengkapi pula dengan teknologi Flame Failure Safety Davice yang dapat menutup aliran gas saat terjadi masalah, sehingga sangat baik untuk keamanan Anda sekeluarga.

Harga Rp. 1.275.000-1.405.000

Water Heater Gas Gainsborough GGH 699 MDZ

Water heater gas Gainsborough GGH 699 MDZ adalah pemanas air yang menggunakan sistem pemanas gas LPG. Dilengkapi dengan layar digital agar lebih mudah dioperasikan.

Anda juga bisa mengatur suhu panas dari air yang Anda inginkan. Alat pemanas ini dapat menghasilkan air panas hingga 6 liter per menit.

Harga Rp. 1.200.000-1.643.300

Water Heater Gas Ariston Fast R

Water Heater Gas Ariston Fast R adalah pemanas air berdimensi 300 x 150 x 407 mm dengan kapasitas 5 liter per menit.

Water heater yang memiliki tekanan gas sebesar 28/30 - 37 mbar ini dilengkapi dengan teknologi dua pin, sehingga waktu pemanasan menjadi lebih cepat.

Harga Rp. 1.299.000-1.464.800

Water Heater Gas Rinnai REU 5CFC

Water Heater Gas Rinnai Tekanan Rendah Low Pressure - REU 5CFC adalah pemanas air yang memiliki dimensi 425x290x127 mm dengan kapasitas 5 liter per menit. Dilengkapi dengan teknologi over heating sensor, sehingga mesin akan otomatis mati jika terjadi masalah, sehingga sangat aman.

Produk ini dilengkapi pula dengan layar digital agar lebih mudah dioperasikan. Anda juga bisa mengatur suhu dari air yang Anda butuhkan.

Harga Rp. 1.230.000-1.290.000

Water Heater Gas Paloma PH 5 RX

PALOMA Gas Water Heater PH 5 RX adalah alat pemanas air yang menggunakan bahan bakar gas. Dilengkapi dengan fitur pembersih sepuyer yang dapat membuat aliran gas pembakaran menjadi sempurna, sehingga pemanasan menjadi lebih efektif dan hemat bahan bakar.

Alat pemanas air yang memiliki dimensi 360x288x141 mm dan berat 6kg ini berkapasitas 5 Liter dengan tekanan air minimal mencapai 0,2 kgf /cm2.

Harga Rp. 2.375.000-2.800.000

Polaris Water Heater JSD10-5DL

Polaris JSD 10-5DL/N Instant Gas Water Heater adalah pemanas air yang didesain ramping agar mudah ditempatkan di mana saja. Dilengkapi dengan temperature display agar lebih mudah dioperasikan.

Anda juga bisa mengatur suhu air yang Anda butuhkan. Memiliki fitur flame out yang dapat menutup saluran gas secara otomatis saat api tiba-tiba padam.

Selain itu juga dilengkapi dengan fitur flue jam dan windproof yang dapat menutup katup gas saat terjadi masalah atau cerobong tersumbat. Sehingga sangat aman untuk Anda sekeluarga.

Harga Rp. 1.805.000-2.360.000

Modena Rapido GI-0620-B Circolo Water Heater

Modena Rapido - GI 0620 B/GI-0620B Circolo Water Heater adalah pemanas air yang menggunakan sistem pemanas dari Rated Gas Pressure 2800 PA.

Gas tersebut dapat menghasilkan temperatur hingga 75 derajat Celcius. Pemanas air yang memiliki kapasitas 6 liter ini terbuat dari bahan antikarat dan tahan lama. Alat pemanas air ini memiliki dimensi 310 x 120 x 440 mm dan berat 5,1 kg.

Harga Rp. 1.255.000-1.275.000
From our editorial team

Pemanas Air yang Tepat untuk Kehangatan Mandi yang Sempurna

Rekomendasi pemanas air yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pertimbangan untuk Anda melengkapi kamar mandi Anda. Karena berbahan gas, pemanas air seperti ini cukup menjamin keamanan keluarga di rumah.