Tips Menjaga Water Heater Agar Awet, Beserta 10+ Rekomendasi Water Heater Murah (2019)

Tips Menjaga Water Heater Agar Awet, Beserta 10+ Rekomendasi Water Heater Murah (2019)

Sedang masuk musim hujan, atau musim dingin di beberapa negara, tentunya mandi air hangat menjadi salah satu keharusan. Apalagi, bagi yang tinggal di daerah pegunungan yang cukup dingin. Ingin mencari water heater yang murah namun berkualitas baik? Simak dulu tips menjaga water heater agar tetap awet, beserta rekomendasi produk water heater terbaik berikut ini, yah.

Mandi Air Panas Semakin Mudah dengan Bantuan Water Heater

Mandi air panas dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan nyaman, terlebih jika Anda tinggal di daerah yang dingin. Tidak hanya itu, mandi air panas juga sangat dianjurkan untuk bayi yang baru lahir.

Karena pentingnya mandi air panas, Anda perlu memiliki water heater. Dengan bantuan water heater, Anda tidak perlu lagi repot-repot memasak air dengan kompor untuk mandi.

Pemanas Air Juga Perlu Dirawat Biar Awet, Ini Tipsnya

Air yang Masuk ke Tangki Water Heater Harus Bersih

Agar aliran air tidak tersumbat, air yang mengalir dalam water heater haruslah air yang bersih. Air yang bersih dimaksudkan di sini adalah air yang tidak mengandung kapur atau mengandung partikel kecil seperti pasir dan debu.

Jika air di dalam water heater tersumbat, maka kerja mesin akan terganggu dan akan menyebabkan terjadinya kerusakan. Usahakan juga untuk tidak menggunakan air yang berbau atau keruh, agar air yang dipanaskan oleh water heater aman untuk tubuh Anda.

Bersihkan Secara Berkala

Kebersihan dari mesin pemanas air Anda haruslah terjaga. Jangan sampai bagian dalamnya kotor. Jika bagian dalam water heater kotor, air yang dipanaskan juga akan ikut kotor. Tidak hanya itu, kotoran di dalam mesin dapat membuat mesin tersumbat dan menyebabkan kerusakan.

Maka dari itu, Anda harus membersihkan mesin pemanas air secara berkala. Jangan lupa untuk menservis mesin dalam kurun waktu enam bulan hingga satu tahun sekali.

Periksa Safety Valve

Safety valve atau pengaman tekanan berlebih pada tangki air haruslah Anda periksa secara berkala. Pengaman tekanan ini memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan suhu air yang dipanaskan. Jika safety valvenya rusak, suhu air yang dipanaskan akan tidak terkendali.

Anda akan mendapatkan air yang sangat panas atau juga tidak panas. Demi kenyamanan Anda, periksalah safety valve dan hentikan pemakaian terlebih dahulu jika terjadi masalah pada safety valve.

Pasang Keamanan Berganda

Water heater selalu berurusan dengan air dan membutuhkan tenaga listrik. Perpaduan listrik dan air ini sangat berbahaya. Agar lebih aman, Anda bisa memasang kemanan berganda, agar tidak terjadi kecelakaan saat aliran listrik dari mesin rusak.

Keamanan berganda yang bisa Anda lakukan adalah menempatkan ELCB pada jalur instalasi sebelum listrik masuk ke unit pemanas. Langkah ini adalah langkah paling aman untuk keselamatan Anda.

Pilihan Pemanas Air Listrik Termurah Untuk Anda

Rinnai RES EC010 Water Heater electric

Sumber gambar www.blibli.com

Rinnai RES EC010 Water Heater electric adalah mesin pemanas air yang bergaya modern dan aman dengan lima teknologi pengaman terbaik. Terbuat dari bahan incolor terbaik, sehingga elemen pemanas airnya anti karat dan anti keropos.

Dilengkapi dengan fitur Extra Super Sensitif ELCB 10MA yang dapat memutuskan aliran listrik secara otomatis ketika terjadi kebocoran. Untuk menjaga tekanan air yang masuk, mesin ini dilengkapi dengan Over Pressuare Safety Device, untuk mengantisipas tekanan air yang masuk berlebihan. Anda bisa mendapatkan water heater dari Rinnai ini di Blibli dengan harga Rp 1.382.000.

Ariston Andris AN 10 R 200 Pemanas Air Elektrik

Sumber gambar www.tokopedia.com

Ariston Andris AN 10 R 200 Pemanas Air Elektrik adalah pemanas air yang memiliki kapasitas 10 liter dengan ukuran mesin 360 x 360 x 318 mm. Mesin pemanas yang memiliki tekanan maksimal kerja 0,75 (Mpa) ini memiliki daya listrik 220 watt dengan tegangan 220 Volt.

Mesin dengan copper heating element ini dilengkapi dengan fitur total safety system, sehingga sangat aman dan nyaman untuk Anda sekeluarga. Anda bisa mendapatkan produk dari Ariston ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.490.000.

Wika EWH RZB Pemanas Air Elektrik

Sumber gambar www.blibli.com

Wika EWH RZB Pemanas Air Elektrik adalah pemanas air dengan model vertikal dengan kapasitas tangki 60 Liter. Mesin pemanas air yang memiliki temperatur maksimal 75 °C ini bagian luarnya terbuat dari bahan stainless steel SS 430 BA.

Untuk bagian dalamnya terbuat dari bahan twin rendah karbon dengan intensitas enamel yang tinggi, sehingga awet dan tahan lama. Insulasinya adalah polyurethane dengan kepadatan tinggi. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 4.080.000.

Ferroli Water Heater Instan

Sumber gambar www.blibli.com

Ferroli Water Heater Instan adalah mesin pemanas air dengan teknologi Italia. Water heater dari Ferroli ini didesain ramping, sehingga lebih praktis dan hemat tempat. Mesin yang dapat memanaskan air dengan cepat ini membutuhkan daya listrik 800 watt sampai maksimal 2400 Watt.

Untuk pengoperasiannya, mesin ini dilengkapi dengan digital viewer. Anda bisa mendapatkan produk dari Ferroli ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.800.000.

Ariston Dove Plus Pemanas Air Elektrik

Sumber gambar www.blibli.com

Ariston Dove Plus Pemanas Air Elektrik adalah mesin pemanas air yang memiliki kapasitas tangki sebesar 30 liter. Mesin yang memiliki temperatur kerja maksimal 75 C dan memiliki tekanan kerja maksimal 8 bar ini bisa ditempatkan di dinding atau langit-langit.

Mesin pemanas yang membutuhkan waktu pemanasan selama 1 jam 58 menit ini membutuhkan daya listrik sebesar 800 Watt dengan tegangan 220 Volt. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 1.600.000.

Rheem RCY 10 Water Heater Electric

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rheem RCY 10 Water Heater Electric adalah mesin air yang memiliki ukuran panjang 365 mm, tinggi 365 mm, dan lebar 293 mm. Mesin yang memiliki berat 5 kg ini berkapasitas 10 liter. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 250 Watt dengan tegangan 220-240V/50Hz dan kuat arus sebesar 1.13 Amps.

Suhu air maksimal yang dihasilkan mesin pemanas air ini adalah 70 derajat Celcius. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.980.000.

Ariston Nano 10 Pemanas Air Elektrik

Sumber gambar www.blibli.com

Ariston Nano 10 Pemanas Air Elektrik adalah mesin pemanas air yang memiliki volume dan kapasitas tampung sebesar 10 liter. Mesin yang memiliki dimensi 35,7 x 27,8 x 34,8 cm ini membutuhkan daya listrik sebesar 200 watt. Pengaturan suhunya sangat nyaman digunakan karena melalui termostat rotari pada panel depan.

Air panas yang tersimpan dapat bertahan dalam waktu yang lama karena isolasi poliuretan yang sangat padat dan kuat. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 1.545.000.

Delizia DHM-309VS Water Heater Electric

Sumber gambar www.tokopedia.com

Delizia DHM-309VS Water Heater Electric adalah mesin pemanas air yang memiliki kapasitas tampung sebesar 10 liter dengan ukuran mesin sebesar 35,7 x 27,8 x 34,8 cm. Mesin yang membutuhkan daya sebesar 350 Watt/ 500 Watt / 850 Watt ini memiliki suhu maksimal 75° c.

Dilengkapi pula dengan fitur full automatic water control dan fitur full gas yang membuat pemakaian listrik menjadi lebih hemat. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.885.000.

Aqua AES10VQ1 Water Heater Electric

Sumber gambar www.tokopedia.com

Aqua AES10VQ1 Water Heater Electric adalah mesin pemanas air yang memiliki tangki sebesar 10 liter dan memiliki tekanan air 8 bar. Mesin yang membutuhkan daya 200 watt ini dilengkapi dengan fitur shock proof, sehingga tahan terhadap goncangan.

Tidak hanya itu saja, mesin yang telah memiliki sertifikasi waterproof gade IPX4 ini tidak akan rusak jika terkena air. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.300.000.

Rinnai RES-EB0830 Water Heater Electric

Sumber gambar www.blibli.com

Rinnai RES-EB0830 Water Heater Electric adalah mesin pemanas air yang dilapisi dengan lapisan antikarat, sehingga tidak mengganggu kualitas air. Mesin yang memiliki tabung sebesar 30 liter ini dapat menghasilkan temperatur panas hingga 78C yang dapat diatur.

Anda bisa mendapatkan mesin pemanas dari Rinnai ini di Blibli dengan harga hanya Rp 2.150.000.

From our editorial team

Mandi Air Hangat di Setiap Saat Menjadi Lebih Mudah

Water heater menjadikan Anda lebih mudah untuk mandi air hangat, maupun air panas dalam segala situasi. Jadinya, Anda tidak perlu takut lagi untuk mandi di musim hujan atau musim dingin, tanpa repot-repot memasak. Water heater yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan jitu bagi Anda.