Gunakan 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik Ini untuk Meminimalkan Risiko Penularan Covid-19 (2020)

Gunakan 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik Ini untuk Meminimalkan Risiko Penularan Covid-19 (2020)

Mencuci tangan saja tidak cukup. Gunakan juga hand sanitizer untuk bikin tangan bebas virus dan kuman. Intip cara memilihnya dari kami dan juga rekomendasinya ya!

Hand Sanitizer Banyak Diburu Masyarakat Semenjak Merebaknya Virus Covid-19

Saat ini seluruh negara di dunia termasuk negara kita Indonesia tengah terserang pandemi virus korona. Virus yang satu ini asalnya dari Wuhan, Tiongkok. Penyebarannya begitu cepat dan tak mudah terdeteksi.

Virus corona alias Covid-19 paling cepat menular melalui droplet. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling rentan menyebarkan virus dan kuman dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk itu kebersihan tangan harus dijaga dan kita juga dilarang terlalu sering memegang mulut, hidung, dan mata supaya virus dan kuman di tangan tidak masuk ke dalam tubuh kita.

Untuk meminimalkan risiko terjangkit virus tersebut, salah satu cara yang paling dianjurkan adalah rajin mencuci tangan. Selain itu cara lain yang juga sama ampuhnya adalah memakai hand sanitizer secara rutin. Penggunaan hand sanitizer dianggap mampu membunuh virus dan juga kuman.

Sejak merebaknya virus Corona, hand sanitizer pun banyak jadi buruan masyarakat. Mereka yang setiap harinya bekerja di luar rumah dan berkerumun dengan banyak orang memilih membawa hand sanitizer karena lebih praktis digunakan ketimbang harus berkali-kali cuci tangan.

Hand Sanitizer Efektif Digunakan Saat Tidak Ada Air Bersih dan Sabun untuk Mencuci Tangan

World Health Organization menyarankan kita untuk mencuci tangan setiap 30 menit sekali. Kita wajib mencuci tangan usai dari kamar mandi, sebelum makan, membuang ingus, batuk, dan bersin. Tangan harus dicuci memakai sabun dan air mengalir agar tak ada kuman dan bakteri tersisa.

Sayangnya, tidak semua dari kita bisa mengakses air bersih secara terus menerus. Ada kalanya kita jauh dari air dan juga sabun. Misalnya saat bekerja di luar ruangan, naik kendaraan, dan lain sebagainya. Di saat seperti ini hand sanitizer bisa kamu andalkan.

Jika diperdebatkan mana yang lebih ampuh membunuh kuman, apakah air dan sabun atau hand sanitizer, maka jawabannya jelas lebih efektif air dan sabun. Namun jika keadaan tidak memungkinkan, maka hand sanitizer bisa lebih efektif dan jadi solusi yang mudah untuk membunuh virus, kuman, dan bakteri di tangan.

Tips Memilih Hand Sanitizer yang Bagus

Pastikan Kandungan Alkoholnya 60% ke Atas

Hand sanitizer di pasaran memang sangat beragam. Setiap produk memiliki kadar alkohol yang berbeda-beda. Namun, kamu juga wajib tahu syarat hand sanitizer tersebut tergolong bagus dan bisa menangkal virus.

Baca dulu komposisinya dan pastikan bahwa hand sanitizer yang kamu beli mengandung 60 hingga 95% alkohol. Ini artinya hand sanitizer tersebut sudah bisa terbukti mengurangi dan membunuh sebagian besar bakteri dan virus.

Jika Memungkinkan, Gunakan yang Mengandung Pelembap

Kandungan alkohol yang tinggi pada hand sanitizer di satu sisi memang menguntungkan karena bisa membunuh kuman dan virus. Namun di sisi lain hal ini juga membuat kulit tangan kita jadi lebih cepat kering dan terasa kasar. Hal ini membuat virus dan kuman akan semakin nyaman berkembang biak di kulit yang kering dan pecah-pecah.

Untuk mengatasi hal tersebut, pilihlah hand sanitizer yang mengandung pelembap dan juga vitamin. Dengan begini, maka selain tangan bisa jadi higienis, kelembapan kulit kamu pun tetap terjaga dengan baik.

Teliti Kandungan Bahan Kimia di Dalamnya

Periksalah kandungan bahan kimia yang ada di dalam hand sanitizer. Baca labelnya untuk mengecek dengan pasti. Umumnya ada kandungan pH thalates yang bisa mengganggu endokrin dan bisa mengakibatkan penurunan jumlah sperma jika produk digunakan dalam jangka waktu lama.

Bahan lain yang patut diwaspadai adalah triclosan. Bahan ini disebut sebagai pengganggu hormon dan berkaitan dengan resistensi antibiotik. Meski demikian bahan ini hingga kini efeknya masih dalam penyelidikan FDA.

Pilih Merek yang Sudah Tepercaya

Supaya lebih aman, ada baiknya jika kamu membeli hand sanitizer yang mereknya sudah tepercaya. Cek merek produk kesehatan favorit. Jika merek tersebut mengeluarkan produk hand sanitizer, maka kamu bisa gunakan produk tersebut. Ini akan membuat kamu jadi lebih tenang memakainya.

Beberapa merek yang sudah terkenal seperti Dettol, Lifebuoy, Cussons, hingga Antis bisa jadi pilihan utama bagi kamu. Aneka merek tersebut tentu memberikan produk hand sanitizer terbaik karena sudah lama dipercaya oleh masyarakat. Selain karena efektivitasnya, produk tersebut juga tercatat memiliki harga yang ramah kantong.

Jangan Khawatir, 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik ini Siap Bantu Lawan Virus dan Kuman

Dettol Instant Hand Sanitizer

Produk hand sanitizer pertama rekomendasi dari kami adalah Dettol Instant Hand Sanitizer. Hadir dengan formula yang cepat membunuh kuman, produk ini banyak jadi andalan.

Tekstur gelnya membuat hand sanitizer ini mudah untuk diaplikasikan. Tidak meninggalkan rasa lengket, tangan jadi tetap nyaman untuk beraktivitas usai memakainya.

Produk ini memiliki kandungan alkohol sebanyak 69,4% sehingga cocok untuk membasmi virus dan kuman. Ada 3 varian aroma yang menyegarkan yang bisa kamu pilih yaitu original, refresh, dan juga soothe.

Harga Rp. 12.000-35.000

Cussons Carex Hand Gel Sensitive

Berikutnya ada Cussons Carex Hand Gel Sensitive yang bisa jadi pilihan kamu. Dengan kandungan alkohol 77%, produk yang satu ini bisa membasmi aneka virus di tangan termasuk virus H1N1 dan kuman hingga 99 % dengan cepat.

Hand sanitizer ini mengandung Moisture Care Formula yang dapat memberikan kelembapan di tangan sehingga tidak menimbulkan iritasi kulit. Aroma produk ini lembut dan juga menenangkan.

Harga Rp. 16.900-38.000

Lifebuoy Hand Sanitizer

Lifebuoy Hand Sanitizer juga wajib jadi pilihan kamu. Produk ini selain bisa membunuh 99,9% kuman tanpa air juga mampu mengaktifkan peptida kulit untuk meningkatkan imunitas kulit dalam melawan kuman hingga 10 jam lamanya.

Hand sanitizer ini mengandung alkohol sebanyak 62%. Ada 3 pilihan varian yakni care, lemon fresh, dan juga total 10. Produk ini tidak lengket di kulit dan juga cepat kering saat digunakan. Tangan jadi bebas kuman dan virus, harum, dan lembut sepanjang hari.

Harga Rp. 14.500-50.000

Antis Spray

Antis Spray merupakan produk unggulan selanjutnya untuk kamu. Hand sanitizer ini hadir dalam bentuk spray sehingga jauh lebih mudah digunakan.

Dengan bahan alkohol 70%, produk yang satu ini efektif membunuh kuman dan virus dengan cepat, seperti kuman flu, MERS, SARS, TBC, ispa, diare, dan lain sebagainya.

Hand sanitizer ini tidak lengket dan tidak akan meninggalkan residu di tangan. Tangan jadi terlalu kering dan mudah iritasi karena produk ini mengandung moisturizer. Di dalamnya juga tidak ada kandungan triclosan sehingga lebih aman digunakan.

Harga Rp. 35.000-75.000

Klarens Hand Sanitizer

Kamu bisa juga mengandalkan Klarens Hand Sanitizer. Produk yang satu ini bisa membunuh kuman dan virus dengan cepat. Ada varian calming musk dan juga pink rose yang bisa kamu pilih. Teksturnya tidak lengket dan tentu saja tak akan membuat kulit jadi kering.

Hand sanitizer ini mengandung 70% alkohol dan 4% vitamin. Dengan bentuk spray, produk ini lebih mudah digunakan. Produk ini bisa juga dipakai untuk dudukan toilet dan bagian dalam helm untuk mengusir kuman.

Harga Rp. 22.000-95.000

Eskulin Kids Hand Sanitizer

Eskulin Kids Hand Sanitizer ini bisa juga jadi pilihan. Produk ini cocok untuk anak-anak. Desainnya lucu dan menggemaskan sehingga membuat anak jadi lebih semangat memakainya.

Ada 5 pilihan tokoh kartun yang tersedia dalam hand sanititzer dengan 60% kandungan alkohol ini. Tidak lengket dan praktis, hand sanitizer ini juga memiliki kandungan moisturizer dan Vitamin E yang dapat sekaligus menutrisi kulit.

Harga Rp. 18.000-45.000

Hand Sanitizer Nuvo Anti Bacterial

Hand Sanitizer Nuvo Anti Bacterial merupakan produk selanjutnya untuk kamu. Hand sanitizer ini berbentuk gel sehingga mudah diaplikasikan. Rasanya dingin sehingga sangat nyaman di kulit. Dikemas dalam ukuran 85 ml, produk ini mudah dibawa kemana saja.

Hand sanitizer yang satu ini tidak mengandung triclosan jadi lebih aman digunakan. Tangan tak hanya bebas kuman namun juga lebih lembut berkat adanya extra moisturizer di dalamnya. Ada 3 varian yakni cool breeze, fresh blossom, dan juga spring nature.

Harga Rp. 20.000-95.000

Konicare Gel Pembersih Tangan

Konicare Gel Pembersih Tangan ini juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk ini memiliki kandungan bahan antiseptik yang efektif untuk membersihkan tangan dari kuman dan debu.

Di dalamnya juga terdapat kandungan pelembap alami dari bahan alpukat yang bisa membuat kulit halus dan lembut. Aroma bunganya segar dan bisa bikin kita jadi rileks.

Harga Rp. 18.000-40.000

Klinsen Hand Sanitizer

Klinsen Hand Sanitizer ini juga bisa jadi pilihan. Hand sanitizer ini tidak lengket di kulit. Kaya akan ekstrak delima dan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dikemas dalam ukuran 250 ml, produk ini cocok dipakai di rumah. Dengan kandungan chamomile, hand sanitizer ini bisa menghambat aktivitas mikroba dan bersifat antiperadangan.

Harga Rp. 50.000-112.000

Bath & Body Works Warm Vanilla Sugar Hand Sanitizer

Bath & Body Works Warm Vanilla Sugar ini merupakan hand sanitizer berikutnya untuk kamu. Produk ini memiliki aroma harum layaknya parfum.

Kamu jadi bisa lebih rileks usai memakai dan menghirup aromanya. Di dalamnya ada kandungan alkohol 68%. Produk ini mudah digunakan dan bisa dibawa dengan mudah kemana saja.

Harga Rp. 60.000-112.000
From our editorial team

Hand Sanitizer Wajib Dibawa Kemana Saja

Di saat seperti sekarang ini, menjaga kebersihan haruslah diutamakan. Supaya tidak terjangkit virus dan kuman yang berbahaya, kita wajib waspada dan melakukan aneka pencegahan sedini mungkin. Jangan lupa mengonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga. Bawalah selalu hand sanitizer kemana pun kamu pergi. Gunakan di saat kamu tak menemukan air dan sabun untuk membersihkan tangan.