Lindungi Diri dari Covid-19 dengan Rajin Cuci Tangan Pakai 10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Ini! (2020)

Lindungi Diri dari Covid-19 dengan Rajin Cuci Tangan Pakai 10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Ini! (2020)

Mencuci tangan dengan sabun merupakan ritual wajib di saat pandemi Covid-19 berlangsung. Cek cara memilih sabun yang benar dan juga rekomendasinya dari kami, ya!

Cuci Tangan dengan Benar Wajib Dilakukan untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

Pandemi virus Corona membuat masyarakat jadi panik dan kalang kabut. Banyak yang membeli masker dan juga hand sanitizer demi untuk melindungi diri dari paparan virus tersebut. Akibatnya harga masker dan juga hand sanitizer pun melambung tinggi karena produknya jadi langka di pasaran.

Selain memakai masker dan juga hand sanitizer, ada cara paling mudah dan wajib dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19. Caranya adalah rajin mencuci tangan selama 20 detik memakai air mengalir dan juga sabun. Cara yang satu ini penting untuk mencegah berbagai bakteri dan virus masuk ke dalam tubuhmu. Selalu ingat untuk rutin mencuci tangan usai dari kamar mandi, batuk, membuang ingus dan lain sebagainya. Ini merupakan pencegahan awal yang mudah namun kerap disepelekan.

Dalam hal mencuci tangan pun tidak bisa hanya asal pakai sabun lalu dibilas dengan air. Kamu wajib tahu cara yang benar untuk mencuci tangan supaya tanganmu bebas kuman.

Awali dengan membasahi kedua telapak tangan hingga mencapai pertengahan lengan. Selanjutnya, ambil dan tuangkan sabun secukupnya pada telapak tangan. Gosok punggung serta telapak tangan secara menyeluruh. Jangan lupa juga gosok sela-sela jari supaya kuman dan bakteri tersingkirkan.

Lanjutkan dengan mengatupkan seluruh jari supaya sabun dan air bisa membersihkan kotoran serta kuman yang tersisa pada punggung tangan, telapak, jari dan kuku. Gosok juga ibu jari dengan gerakan memutar. Terakhir, bersihkan pergelangan tangan secara memutar lalu bilas tangan dengan air bersih yang mengalir.

Tips Memilih Sabun Cuci Tangan yang Bagus

Baca Komposisi Produknya

Selain tahu cara mencuci tangan yang benar, kamu juga wajib tahu cara memilih sabun cuci tangan yang benar. Hal pertama yang wajib kamu perhatikan saat memilih sabun cuci tangan adalah membaca dengan teliti mengenai komposisi produknya.

Pastikan di dalam sabun cuci tangan ada bahan surfaktan. Umumnya jenis surfaktan yang digunakan adalah Sodium Lauryl Sulfate atau Sodium Laureth Sulfate. Ada juga sabun cuci tangan yang bersifat antibakteri sehingga bisa menghilangkan bakteri dan virus bersama dengan air mengalir dan bisa membunuh bakteri dan virus yang ada di tangan.

Waspadalah terhadap bahan seperti paraben, Coconut Diethanolamide serta pewangi. Bahan-bahan tersebut rawan membuat kulit jadi kering dan mudah iritasi.

Pilih Jenis Sabun Sesuai Kebutuhan

Gunakan jenis sabun cuci tangan sesuai dengan kebutuhan. Di pasaran ada banyak jenis sabun cuci tangan. Ada yang berbentuk cair, berbentuk foam hingga ada juga yang hadir dengan sensor otomatis. Kamu bisa gunakan sesuai dengan selera dan juga kebutuhan kamu.

Untuk sabun cuci tangan cair, kelebihannya adalah mudah didapatkan. Jenis sabun ini lebih kental karena mengandung lebih banyak detergen. Aroma wangi sabun cuci tangan cair juga lebih kuat dan tahan lama.

Berikutnya ada jenis sabun cuci tangan foam. Jenis ini lebih praktis digunakan dan lebih hemat waktu. Selain mudah dibilas, produk ini aman untuk anak yang baru belajar mencuci tangan.

Terakhir ada jenis sabun cuci tangan dengan sensor. Sabun semacam ini lebih higienis digunakan. Ini karena sensornya bisa mendeteksi tangan kita yang mendekat ke botol. Selanjutnya, sabun akan keluar secara otomatis.

Pilih yang Mengandung Antiseptik

Gunakan sabun cuci tangan yang dilengkapi dengan bahan antiseptik. Sabun cuci tangan semacam ini bisa menghilangkan kotoran yang tidak terlihat di tangan. Sabun dengan antiseptik mampu memutus mata rantai kuman. Dengan demikian maka kamu tak perlu was-was lagi jika usai mencuci tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik sebab dijamin tangan kamu bisa lebih bersih dari kuman.

Tips Agar Tangan Tak Kering karena Terlalu Sering Cuci Tangan

Adanya pandemi virus Corona membuat kita jadi wajib cuci tangan setiap 30 menit sekali. Terlalu sering mencuci tangan jadi bikin kulit tangan kita mudah kering. Apalagi untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, hal ini pasti jadi dilema. Di satu sisi kamu ingin terbebas dari kuman dan bakteri, namun di sisi lain kulit tangan jadi kering dan kasar. Padahal kulit yang kering dan kasar menjadi sarana berkembang biaknya kuman loh.

Jangan khawatir, kamu bisa tetap rajin cuci tangan namun memiliki kulit tangan yang sehat dan tetap lembab. Salah satu kuncinya adalah dengan memakai hand cream. Gunakan hand cream yang mengandung vitamin E sehingga bisa menutrisi dan melembabkan kulit.

Cara lainnya adalah dengan memakai hand sanitizer yang sekaligus bisa melembabkan. Usai mencuci tangan, tak ada salahnya kamu memakai hand sanitizer. Pilih yang mengandung moisturizer supaya kulitmu tak gampang kering dan iritasi.

Kamu bisa juga mencuci tangan namun dengan sabun yang bahannya tidak berpotensi untuk mengiritasi. Pilih yang bahan sabunnya bisa melembabkan kulit. Dengan begini, tangan bersih dan kulit tetap lembut.

Jangan Biarkan Covid-19 Menyebar, Rutin Cuci Tangan Gunakan 10 Rekomendasi Sabun Ini!

Sabun Cuci Tangan Dettol Hand Wash

Dettol Hand Wash 110 Ml ini bisa jadi pilihan untuk kamu. Produk sabun cuci tangan ini mengandung pH-balanced sehingga aman dipakai pada kulit yang sensitif sekalipun. Ada 3 pilihan varian yang bisa kamu pilih dari original, skincare, dan sensitive.

Sabun cair ini hadir dengan glycerin yang fungsinya adalah untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Produk ini bisa melindungi kulit dari kuman dan bakteri yang berbahaya. Dikemas dalam ukuran 110 ml, produk ini cocok digunakan di rumah.

Harga Rp. 35.000-86.000

Yuri Hand Soap Pump

Kamu bisa juga memilih memakai Yuri Hand Soap 410 ml Pump. Ada 5 pilihan varian yakni lemon, grape, stroberi, apel dan orange. Produk ini efektif membersihkan kuman yang menempel pada tangan. Busanya lembut dan nyaman sehingga bikin tangan jadi lebih bersih dan segar.

Formulanya sangat aman sehingga cocok juga untuk anak-anak. Sabun cuci tangan ini juga memiliki kandungan vitamin E jadi bisa mencegah kulit tangan menjadi kering. Aroma buah segarnya bikin kita jadi rajin cuci tangan.

Harga Rp. 16.000-50.000

Klinsen Deep Cleansing And Wash

Klinsen Deep Cleansing And Wash 500 ml adalah produk berikutnya untuk kamu. Sabun cuci tangan ini tak hanya bisa membersihkan kotoran namun juga bisa membunuh kuman. Produk ini juga efektif untuk menghilangkan minyak di tangan.

Hadir dengan aroma yang segar, produk ini banyak disukai masyarakat. Sabun cuci tangan ini juga bisa melembabkan tangan. Dengan antibakteri, kamu jadi lebih yakin tanganmu bebas kuman.

Harga Rp. 15.000-58.000

Cussons Carex Aloe Vera Hand Wash

Cussons Carex Aloe Vera Hand Wash merupakan produk selanjutnya yang tak boleh terlewatkan. Sabun cuci tangan ini hadir dengan kandungan antibakteri yang bisa membunuh uman. Produk ini dikemas dalam botol ukuran 250 ml.

Sabun cuci tangan ini sudah teruji secara dermatologis. Di dalamnya ada kandungan moisturizer sehingga bisa mengembalikan kelembutan dan rasa nyaman pada kulit. Tangan jadi halus dan tak lengket serta tidak membuat kulit jadi kering.

Harga Rp. 29.000-90.000

Lifebuoy Hand Wash Total 10

Kamu juga tak bisa melewatkan Lifebuoy Hand Wash Total 10. Sabun cuci tangan yang satu ini hadir dalam kemasan botol 225 ml. Mudah digunakan, produk ini bisa memberikan perlindungan dari kuman hanya dalam 10 detik.

Sabun ini bisa membasmi bakteri penyebab diare, masalah kulit dan juga bakteri penyebab masalah saluran pernafasan. Formula sabun ini sudah teruji klinis sehingga bisa melindungi tangan dari 10 kuman penyebab masalah kesehatan.

Harga Rp. 15.000-34.000

Biore Hand Soap Microfoam Fresh Antibacterial Foaming

Jangan lewatkan juga untuk mencoba Biore Hand Soap Microfoam Fresh Antibacterial Foaming. Produk yang satu ini berbentuk foam sehingga lebih mudah untuk dibilas tanpa membuang banyak waktu.

Sabun yang satu ini hadir dengan aroma buah yang segar dan ada juga yang beraroma floral. Sabun cuci tangan ini dibuat tanpa kandungan pewarna. Produk ini juga bisa digunakan berkali-kali tanpa ada risiko iritasi.

Harga Rp. 23.000-75.000

Buds Organics Esmeria Hand Wash

Selanjutnya ada Buds Organics Esmeria Hand Wash yang bisa jadi pilihan. Sabun cuci tangan yang satu ini hadir dalam 3 varian yakni relaxing lavender, tangy orange dan juga minty citrus. Produk ini dibuat dengan aneka bahan organik seperti ekstrak bunga calendula dan lidah buaya.

Aroma sabun ini sangat menenangkan sehingga patut jadi pilihan utama. Produk ini juga mengandung amino acid di dalamnya untuk menjaga kebersihan tangan. Di dalamnya ada juga totarol extract yang berperan aktif sebagai anti bakteri.

Sabun cuci tangan ini juga memiliki sunflower oil dan vitamin E guna melembabkan kulit dan melindungi kulit dari pengaruh buruk polusi dan paparan sinar matahari.

Harga Rp. 159.000-207.000

Bath & Body Works Eucalyptus Mint Creamy Luxe Hand Soap

Bath & Body Works Eucalyptus Mint Creamy Luxe Hand Soap ini juga bisa jadi pilihan yang tepat. Produk yang satu ini hadir dengan tekstur yang sangat creamy.

Sabun ini bisa membuat tangan terasa lebih lembut dan juga lembap. Kaya akan vitamin E, shea extract, dan Aloe vera, kulit tangan jadi ternutrisi dengan baik.

Ada aroma eucalyptus mint yang menyegarkan dan bikin rileks. Sabun ini cocok untuk menghilangkan bau amis di tangan. Selain itu, kuman dan bakteri pun bisa terusir dengan produk yang satu ini.

Harga Rp. 112.000-164.000

Betadine Manuka Honey Hand Wash

Betadine Manuka Honey Hand Wash adalah salah satu produk andalan. Sabun cuci tangan ini hadir dengan formula pH seimbang. Ada juga aroma madu yang sangat menyegarkan.

Sabun cuci tangan ini bisa membersihkan kulit dari kotoran dan kuman penyebab penyakit. Ada kandungan aloe vera dan vitamin E yang bisa melembapkan kulit. Formula sabun ini sudah teruji klinis dan terjamin ramah kulit.

Harga Rp. 32.000-82.000

Sleek Foamy Hand Wash

Sleek Foamy Hand Wash ini juga bisa jadi pilihan. Sabun cuci tangan yang satu ini hadir dalam kemasan 250ml. Produk ini memiliki kandungan ekstrak madu untuk membuat tangan jadi halus, lembut dan juga bersih. Tekstur busanya sangat lembut sehingga nyaman di tangan.

Sabun cuci tangan ini bersifat anti bakteri dan berstandar food grade. Busa sabunnya juga efektis membunuh kuman dan menghilangkan bau tangan. Ada 3 varian, yaitu Refreshing, Shooting, serta Caring yang bisa dipilih dari sabun ini.

Harga Rp. 35.000-90.000
From our editorial team

Jangan Malas Mencuci Tangan dengan Sabun Demi Kebaikan Diri Sendiri

Banyak orang meremehkan mencuci tangan dengan sabun. Kebanyakan mereka malas dan hanya mencuci tangan ala kadarnya. Padahal mencuci tangan dengan benar bisa menghilangkan kuman dan juga mencegah bibit penyakit berkembang. Lakukan cuci tangan dengan memakai sabun dan air mengalir. Cara cuci tangannya juga harus benar supaya kuman bisa mati. Cek rekomendasinya dari kami, ya!

Tag