9 Rekomendasi Deterjen Cair yang Ampuh Membersihkan Kotoran pada Pakaian (2019)

9 Rekomendasi Deterjen Cair yang Ampuh Membersihkan Kotoran pada Pakaian (2019)

Deterjen cair memiliki banyak kelebihan ketimbang deterjen bubuk. Apa saja kelebihannya? Simak ulasan BP-Guide berikut ini. Tidak hanya itu, BP-Guide juga memberikan rekomendasi deterjen cair terbaik untuk Anda.

Deterjen Cair Jadi Pilihan Populer Pembersih Pakaian

Salah satu varian deterjen yang semakin populer saat ini adalah deterjen cair.Deterjen jenis ini memiliki banyak keunggulan dari deterjen bubuk, salah satunya adalah lebih mudah larut daripada deterjen jenis lain.

Bentuknya yang cair juga tidak akan mengendap di pakaian Anda. Berbeda dengan deterjen bubuk yang terkadang menyisakan bongkahan atau buih pada pakaian setelah direndam.

Penyedia Jasa Laundry Lebih Sering Memilih Deterjen Cair

Deterjen cair adalah jenis deterjen yang paling sering digunakan oleh berbagai penyedia jasa laundry. Deterjen ini dipilih karena memiliki sifat pembersih yang lebih baik seperti membersihkan noda-noda minyak di pakaian. Tidak hanya itu, deterjen cair juga tidak meninggalkan residu setelah proses pencucian.

Perbandingan Deterjen Cair dan Deterjen Bubuk

Harga

Jika dilihat dari harganya, memang deterjen bubuk memiliki harga yang lebih murah. Namun deterjen cair menawarkan hasil yang lebih baik. Harganya juga tidak terlalu jauh, lalu kenapa masih memilih deterjen yang memiliki kualitas yang kurang bagus?

Jenis Noda

Deterjen bubuk dan deterjen cair memiliki keunggulan masing-masing untuk mengatasi noda yang berbeda. Kedua deterjen ini memiliki kandungan yang berbeda.

Deterjen bubuk mengandung alkylbenzene sulfonate yang sangat efektif membersihkan noda dari luar ruangan, seperti lumpur, tanah, atau rumput.

Sedangkan deterjen cair mengandung alcohol ethoxylates yang lebih efektif untuk noda berminyak. Tetapi di antara keduanya, deterjen cair dua kali lebih aktif dalam menghilangkan noda.

Kepraktisan

Deterjen cair memiliki kepraktisan yang lebih unggul dibandingkan deterjen jenis lainnya. Hal ini dikarenakan bentuknya yang cair membuat Anda hanya tinggal menuangkannya saja sesuai takaran.

Jika Anda menggunakan deterjen bubuk, tentunya akan menjadi lebih repot, karena Anda harus mengambil deterjen berkali-kali sesuai takaran. Tidak hanya itu saja, deterjen bubuk juga rentan terserak di mana-mana, sehingga mengharuskan Anda untuk terus membersihkan lantai setelah mencuci.

Tingkat Melarut dengan Air

Salah satu keunggulan dari deterjen cair adalah memiliki tingkat larut yang tinggi dibandingkan deterjen bubuk. Keunggulan ini menjadi penting karena jika deterjen tidak tercampur dengan air, maka proses pembersihan pakaian menjadi terganggu dan hasil cucian menjadi tidak maksimal.

Tidak hanya itu, deterjen cair juga tidak akan meninggalkan residu atau bongkahan setelah proses mencuci, karena semua kandungannya telah bersatu dengan air.

9 Deterjen Cair Terbaik yang Bisa Anda Pertimbangkan Sesuai Kebutuhan

Attack Plus Softener Liquid

Sumber gambar www.blibli.com

Attack Plus Softener Liquid adalah deterjen cair yang dirancang dengan teknologi tinggi. Deterjen konsentrat ini dilengkapi dengan formula new 3D clean action yang mampu menghilangkan noda dan membuat serat kain menjadi lentur, sehingga semua pakaian Anda menjadi nyaman dipakai.

Tidak hanya itu saja, deterjen yang menggunakan teknologi dari Jepang ini mampu mencegah pertumbuhan kuman penyebab bau setelah pakaian dicuci dan dapat mempermudah Anda ketika menyetrikanya. Anda bisa mendapatkan deterjen cari dengan isi bersih 800 mL ini di Blibli dengan harga hanya Rp 20.500.

So Klin Bio-Matic

Sumber gambar www.blibli.com

SO KLIN BIO MATIC SOFTENER LIQUID FRONT LOAD 800 ML adalah deterjen cair yang memiliki kandungan 50% ekstra konsentrat yang lebih banyak daripada deterjen lainnya. Dilengkapi pula dengan formula Clean And Soft yang dapat membersihkan pakaian dua kali lebih bersih dan dua kali lebih harum dan lembut. Deterjen dari So Klin ini juga dapat membuat baju Anda terhindar dari kuman, karena memiliki kandungan antibacteria. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 23.750.

Rinso Molto Deterjen Cair Pink

Sumber gambar www.blibli.com

Rinso Molto Deterjen Cair Pink adalah deterjen cair konsentrat yang memadukan kekuatan Rinso dan Molto Ultra. Perpaduan kedua pembersih pakaian ini menghasilkan formula khusus yang dapat menghilangkan noda dua kali lebih efektif dibandingkan dengan deterjen biasa.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa langsung saja mengaplikasikan atau mengoleskan deterjen pada noda yang membandel. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan di Blibli dengan harga Rp 30.000.

Rinso Matic Deterjen Cair Front Loading

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rinso Matic Deterjen Cair Front Loading adalah deterjen cair yang dapat menghilangkan noda membandel pada pakaian tiga kali lebih efektif. Karena berbentuk cair, maka dapat meresap hingga ke serat kain terdalam untuk mengangkat noda.

Deterjen cari dari Rinso ini telah diformulasikan untuk hasil yang lebih optimal. Deterjen yang telah bersertifikat halal ini khusus untuk mesin cuci bukaan depan karena memiliki kadar busa yang rendah.

Anda bisa mendapatkan produk dari Rindo ini dengan nama produk RINSO MATIC CAIR FRONT LOAD 1.6 LITER (KHUSUS MESIN CUCI BUKAAN DEPAN) yang dapat Anda beli di Tokopedia dengan harga Rp 47.500.

Yuri Matic

Sumber gambar www.blibli.com

Yuri Matic Laundry Liquid Detergent Anti Bacterial Botol- Blue 2800 mL Yuri Matic adalah cairan pembersih pakaian yang sangat efektif dalam membasmi 99.9% kuman pada pakaian. Selain itu juga efektif dalam menghilangkan kotoran yang sulit dan mencegah kotoran menempel pada serat pakaian. Pakaian tidak berbau apek, sehingga wangi dan segar lebih lama. Anda bisa mendapatkan produk dari Yuri Matic ini di Blibli dengan harga Rp 75.700.

Berkah Deterjen

Sumber gambar www.tokopedia.com

Berkah Deterjen adalah deterjen yang diformulasikan rendah busa, sehingga sangat cocok untuk mesin cuci. Deterjen dari Berkah ini memiliki kandungan alkali yang merupakan zat pembersih dan penghancur noda yang sangat efektif.

Keunggulan dari deterjen cair ini adalah dapat mengeluarkan, mengapungkan, melarutkan, serta mencegah noda kotoran. Selain itu juga dapa mencegah noda kotoran menempel kembali dan membunuh semua bakteri yang menempel di pakaian. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

Deterjen Cair Tide

Tide Detergent Liquid Downy memiliki kemampuan membersihkan hingga enam kali lebih besar. Deterjen ini dapat membersihkan semua noda pada pakaian, hingga yang membandel sekali pun.

Harga Rp. 260.000-325.000

Total Matic Liquid

Sumber gambar www.blibli.com

Total Matic Top Loading Liquid Detergent Pouch 2000 mL diformulasikan khusus untuk mesin cuci bukaan atas. Deterjen cair ini mengandung konsentrat dan karakteristik khusus, sehingga dapat bekerja ekstra untuk membersihkan pakaian sampai ke dalam serat kain. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 35.500.

Surf Excel Matic

Sumber gambar www.surfexcel.in

Surf Excel Matic adalah deterjen dapat membersihkan noda pada bagian-bagian yang sulit terjangkau. Selain itu, deterjen Surf ini juga memiliki aroma yang tahan lama menempel pada pakaian Anda. Anda bisa mendapatkan produk ini di Amazon India dengan harga Rp 110.000.

Anda juga Bisa Membuat Deterjen Cair Sendiri dengan Panduan Ini

Jika deterjen yang dijual di pasaran tidak ada yang cocok dengan Anda, solusinya adalah membuat deterjen sendiri. Salah satu bahan yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat deterjen adalah buah lerak. Buah ini berasaldari tanaman semak Sapindus yang berasal dari India dan Nepal. Di Indonesia, buah lerak dimanfaatkan untuk mencuci kain batik.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 20 buah lerak dan 6 cangkir air. Cara membuatnya adalah melarutkan buah lerak dengan air selama 30 menit. Setelah larutan mendidih, tekan perlahan cangkangnya agar kandungan saponinnya terlepas. Cara ini dilakukan agar volume airnya menyusut untuk menghasilkan deterjen yang lebih pekat. Setelah itu saring dan dinginkan. Deterjen buah lerak telah siap untuk digunakan.

From our editorial team

Hasil Lebih Maksimal Jadi Alasan Utama Kenapa Memilih Deterjen Cair

Deterjen cair menjadi pilihan utama saat ini karena mudah larut dan cepat membersihkan noda. Tentunya, kelebihan deterjen cair ini bisa menjadi pertimbangan Anda, bukan? Anda bisa memilih salah satu dari rekomendasi deterjen pilihan dari BP-Guide di atas.

Tag