Mau Buka Usaha Laundry Kiloan? 11 Rekomendasi Perlengkapan Laundry Ini Wajib Anda Miliki

Mau Buka Usaha Laundry Kiloan? 11 Rekomendasi Perlengkapan Laundry Ini Wajib Anda Miliki

Berwiraswasta merupakan salah satu rencana terbaik jangka panjang. Seperti usaha laundry yang saat ini tidak dipungkiri menjadi peluang bisnis besar. Kesibukan orang-orang menjadi alasan untuk memilih cara yang praktis dalam hal menangani pakaian kotor.

Laundry Kiloan Saat Ini Menjadi Salah Satu Usaha yang Banyak Menjadi Pilihan

Saat ini, banyak orang yang bekerja sambil menjalankan usaha sampingan atau ada juga yang lebih memilih menjadi wiraswasta. Ada berbagai jenis bidang yang bisa dijajal mulai dari usaha kuliner hingga bidang pelayanan jasa. Tentu saja, masing-masing memiliki kelebihan, kekurangan, serta tantangan tersendiri.

Sebagai alternatif usaha yang cenderung aman dan saat ini masih dibutuhkan, terutama di wilayah ibukota dan sekitarnya adalah usaha laundry alias binatu. Pelayanan pencucian ini umumnya dibutuhkan oleh mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan nyaris tidak punya waktu untuk mengurus pakaian mereka sendiri di rumah.

Oleh sebab itu, banyak yang memilih jasa binatu terutama laundry kiloan karena terhitung lebih murah daripada menyewa asisten rumah tangga untuk melakukannya.

Sebelum Memulai Usaha, Siapkan Hal-hal Berikut Ini Terlebih Dahulu

Tempat

Jika Anda ingin membuka usaha laundry, tentu saja ada hal-hal yang harus diperhatikan secara cermat. Pertama adalah soal tempat dan lokasi usaha binatu dibuka. Anda sebaiknya memperhatikan lingkungan sekitar tempat yang akan dibuat usaha laundry.

Anda dianjurkan membuka usaha laundry di tempat yang ramai dan mudah terlihat oleh warga sekitar.Pertimbangkan jenis orang yang ada di sana. Idealnya, usaha binatu dibuka di lingkungan yang terdiri dari mayoritas pekerja, mahasiswa, dan juga usaha rumah kost karena biasanya, orang-orang ini membutuhkan jasa laundry.

Kemudian, lihat apakah ada usaha binatu yang lebih dahulu berdiri atau tidak. Jika ya, ada baiknya Anda membuat nilai plus dari usaha laundry Anda yang belum dimiliki oleh tempat binatu lain. Pertimbangkan juga latar belakang orang-orang yang ada di sekitar tempat laundry karena pendapatan masing-masing orang akan berpengaruh terhadap fasilitas binatu yang sekiranya diberikan.

Tenaga

Umumnya, usaha yang dibangun di awal memang kerap dipegang sendiri oleh si pemilik dan mungkin itu yang akan Anda lakukan. Namun, jika sudah kewalahan menghadapi pengguna jasa yang semakin banyak, maka ada baiknya Anda mencari tenaga tambahan atau karyawan. Tentu saja, Anda harus memilih orang yang mengerti usaha binatu dan dapat mendukung pelayanan yang sudah ada atau bahkan lebih baik lagi.

Pastikan tenaga tambahan tersebut mengerti mesin-mesin yang mungkin saja Anda gunakan dalam usaha binatu. Anda juga sebaiknya memilih tenaga yang mau bekerja dan belajar karena sebenarnya usaha binatu juga membutuhkan keahlian dalam mengenali bahan pakaian dan bagaimana cara membersihkannya.

Anda dianjurkan untuk menjaga dan mengatur dengan baik. Perlakukan karyawan dengan sikap yang baik, membayar gaji mereka sesuai dengan tenaga yang sudah dikeluarkan, dan beri apresiasi. Lewat pelayanan yang baik, maka karyawan bisa bekerja dengan mood yang baik dan membuat mereka lebih berkonsentrasi dan mengapresiasi Anda sebagai pemilik usaha.

Perlengkapan

Sebuah tempat pelayanan jasa semestinya ditunjang dengan perlengkapan yang memadai termasuk usaha laundry. Anda sebaiknya tahu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan dalam usaha binatu agar bisa memberi pelayanan maksimal pada pelanggan.

Selain memilih mesin cuci yang tepat, Anda sebaiknya juga melengkapi usaha laundry dengan mesin pengering, setrika yang bisa disesuaikan dengan bahan pakaian misalnya setrika uap untuk busana berbahan sutra serta nilon atau setrika listrik untuk baju-baju dengan bahan lebih kuat.

Selain itu, Anda dianjurkan memiliki spotting gun yang biasanya digunakan dalam dry cleaning, tag gun untuk memberi tanda di pakaian jadi memudahkan Anda untuk memilah, detergen untuk membersihkan, dan pelembut untuk membantu pakaian pelanggan terasa lebih halus serta pewangi. Setidaknya, perlengkapan standar inilah yang harus Anda miliki saat memutuskan membuka usaha laundry.

Daftar Perlengkapan Laundry yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Membuka Usaha Laundry

Mesin Cuci Loading Depan

Sumber gambar tokopedia.com

Mesin cuci dengan pintu depan atau kerap disebut dengan mesin cuci loading depan atau mesin cuci front load tepat digunakan oleh Anda yang membuka usaha binatu. Mesin cuci jenis ini dipandang dapat membersihkan pakaian lebih baik daripada mesin cuci dengan desain top load. Selain mudah digunakan, tipe ini juga bisa membantu menghemat air serta deterjen.

Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Mesin Cuci Front Loading Aqua FQW 1010 QD yang tersedia di Tokopedia seharga Rp 4.200.000. Memiliki kapasitas hingga 10 kilogram, mesin cuci ini dilengkapi dengan smart drive motor, express wash, wool care serta ditunjang antibacterial.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih Mesin Cuci Front Loading Laundry Panasonic 7 yang dibanderol seharga Rp 3.200.000 di Bukalapak. Panasonic Mesin Cuci Front Load NA-127VE5WNE memiliki kapasitas 7 kg. Dapat melakukan proses cuci dan mengeringkan dengan satu buah tabung front load. Mesin cuci ini juga mudah dibersihkan dan hemat listrik.

Mesin Cuci Loading Atas

Sumber gambar shopee.com

Mesin cuci dengan tipe loading atas bisa digunakan sebagai alternatif mesin cuci yang lebih terjangkau. Mesin cuci tipe ini juga bisa menahan beban cucian lebih banyak sehingga cocok dijadikan perlengkapan binatu. Mesin cuci ini juga lebih ekonomis sehingga sesuai bagi Anda yang belum memiliki banyak modal dalam membuka usaha laundry.

Salah satu mesin cuci tipe loading atas yang bisa Anda pilih adalah Mesin Cuci LG TG2402NTWW berkapasitas 2 kilogram. Mesin cuci ini dilengkapi dengan inverter direct drive motor, child lock function, smart diagnosis serta teknologi 6 motion washing. Bisa dipesan melalui Shopee seharga Rp 4.949.000.

Ada juga LG TS81VM Top Loading Washer Mesin Cuci Pintu Atas dengan kapasitas 8 kilogram yang dilengkapi fuzzy logic, turbo drum, lint filter juga turbo with punch yang hadir di Bukalapak seharga Rp 2.850.000.

Alternatif lainnya adalah Panasonic NAF80B5WSG Top Loading Mesin Cuci Pintu Atas NAF80B5 yang memiliki kapasitas mencapai 8 kilogram dilengkapi cassette lint filter, digital display, sazanami drum, aquabeat wash, delay start serta advanced auto-restart dan bisa dipesan di Tokopedia dengan harga Rp 2.550.000.

Dryer Konversi Gas

Sumber gambar tokopedia.com

Untuk memaksimalkan pengeringan, Anda bisa melengkapi usaha binatu dengan dryer konversi gas. Salah satu yang bisa dipilih adalah Mesin Pengering Pakaian Dryer Konversi Gas Laundry yang hadir di Bukalapak seharga Rp 5.400.000. Alat ini berkapasitas 9 kilogram dengan sistem kerja otomatis serta dapat mengeringkan pakaian dalam rentang 30-90 menit serta materialnya terbuat dari stainless steel yang aman.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih Mesin Pengering Pakaian Konversi Gas 8 KG Electrolux dengan tabung stainless steel, konversi aman serta dilengkapi dua arus sehingga pakaian tidak mudah kusut. Mesin ini bisa dipesan di Tokopedia seharga Rp 5.000.000.

Meja Setrika Uap Laundry

Sumber gambar shopee.com

Menyetrika jadi salah satu kegiatan yang bisa saja menyebalkan jika tidak ditunjang perlengkapan yang tepat. Pada usaha binatu, sebaiknya melengkapi peralatan dengan meja setrika uap. Meja ini bisa membantu memudahkan proses penyetrikaan sehingga lebih cepat dan efisien.

Salah satu yang bisa dipilih adalah Meja Setrika Vacuum Table Megochi Maomoto yang hadir di Bukalapak seharga Rp 2.800.000 serta melalui Shopee dengan harga Rp 2.850.000. Meja ini memiliki ukuran lebar : 80 cm, panjang : 120 cm, dan tinggi : 80 cm. Motor vacuum-nya memiliki daya 400 Watt.

Sebagai alternatif, Anda bisa juga memilih Meja Setrika Uap Vacum Table yang bisa dikirim melalui kurir antar. Meja ini dapat membantu menghisap uap sehingga pakaian tidak lembap atau berbau apak. Meja ini bisa dipesan seharga Rp 3.400.000 di Tokopedia.

Setrika Uap

Sumber gambar shopee.com

Menjaga pakaian pelanggan tetap rapi dan meminimalisir kerusakan perlu jadi perhatian dalam usaha binatu. Oleh sebab itu, perlu dilengkapi dengan setrika uap yang dapat membantu pakaian lebih rapi tanpa risiko material lengket dengan setrika. Alat ini juga dapat menyetrika busana dalam waktu yang relatif lebih singkat jadi bisa memaksimalkan efisiensi waktu.

Salah satu setrika uap yang bisa dipilih adalah Steam Boiler Maomoto dengan kapasitas 5 liter yang dibanderol seharga Rp 1.800.000 di Shopee. Setrika ini juga dilengkapi dengan 1 kompor manual, 1 setrika uap standar, selang uap dengan panjang 5 meter serta 2 penjepit selang uap.

Untuk alternatif lain, hadir Setrika Uap Boiler Listrik Silver Star di Bukalapak seharga Rp 549.100 atau di Lazada dengan harga Rp 1.165.500. Berkapasitas 2 liter, setrika ini memiliki daya maksimal mencapai 1.000 Watt.

Timbangan Digital

Sumber gambar bukalapak.com

Meski tampak sepele, sebaiknya Anda menggunakan alat timbang terlebih jika Anda menyediakan jasa laundry kiloan, bukan dihitung per helai. Salah satu jenis alat yang bisa digunakan adalah alat timbang digital karena umumnya alat ini lebih akurat. Salah satu yang bisa dipilih adalah Weiheng Timbangan Gantung Digital Portable Electronic Scale dengan desain mini-compact, layar digital dan dual accuracy yang hadir di Tokopedia seharga Rp 109.000.

Sebagai alternatif, Anda bisa membeli Timbangan Digital Buah atau Laundry 40 Kg Morizt yang memiliki kapasitas maksimal hingga 40 kilogram serta akurasi grade 3. Alat ini juga dilengkapi fungsi skimming, alarm overloading, baterai internal, listrik eksternal serta akumulasi dan bisa diperoleh di Bukalapak seharga Rp 500.000.

Pilihan terakhir adalah Timbangan Digital-Laundry-Cmos Kapasitas 30 Kg Original yang hadir di Lazada seharga Rp 475.000. Alat ini memiliki kapasitas maksimal hingga 30 kilogram dengan baterai, tenaga listrik dan terbuat dari material stainless steel.

Keranjang Laundry

Sumber gambar tokopedia.com

Jangan sampai pakaian kotor dan pakaian bersih tercampur karena selain bisa merusak material pakaian, hal ini juga bisa membuat pekerjaan jadi tak efisien. Jangan sampai Anda mencuci kembali pakaian yang sudah bersih. Untuk itu, penting sekali memisahkan pakaian pelanggan dengan menggunakan keranjang laundry.

Anda bisa membeli Krisbow Troli Laundry 3 Keranjang berwarna krem yang dilengkapi roda pada bagian kaki serta mudah dipindahkan ini. Keranjang bisa dipesan di Ruparupa seharga Rp 319.200.

Untuk pilihan lainnya, hadir Kyffe Keranjang Laundry warna putih yang memiliki beban maksimum mencapai 5 kilogram dan terbuat dari plastik polipropilena. Bisa dipesan di Ikea seharga Rp 99.900.

Sementara untuk pilihan terakhir, tersedia Keranjang Londry/Tempat Cucian Pakaian Kotor di Tokopedia seharga Rp 95.000. Keranjang ini dapat dilipat dan terbuat dari plastik EVA untuk bagian kantung serta baja di bagian rak.

Hanger Laundry

Sumber gambar bukalapak.com

Salah satu perlengkapan yang tidak boleh terlewat adalah hanger pakaian. Alat ini dapat memudahkan Anda dalam menjemur pakaian lebih banyak daripada merentangkan baju-baju di alat penjemur.

Anda bisa memilih Hanger Laundry/Hanger Putih/Hanger Kawat Lapis Plastik yang hadir di Tokopedia seharga Rp 19.000 dengan ukuran 15,5 inch atau sekitar 38,75 sentimeter.

Selain itu, tersedia Paket 2 Lusin Hanger Laundry Besi Kawat Putih Grosir Gantungan Baju Murah di Bukalapak seharga Rp 27.000. Ada juga Gantungan Hanger Baju Lipat Indoor yang bisa dilipat saat tidak digunakan serta terbuat dari kombinasi stainless dan plastik. Bisa diperoleh di Lazada seharga Rp 59.000.

Plastik Packing

Sumber gambar bukalapak.com

Setelah selesai dicuci dan disetrika, pakaian pelanggan sebaiknya dikemas dalam kemasan plastik untuk mencegah dari kotoran yang mungkin saja menempel. Anda bisa memilih jenis plastik sesuai ukuran pakaian dan bisa membelinya di beberapa marketplace berikut.

Bukalapak

    Plastik Laundry Kiloan Murah, Rp 32.500 per kilogram. Bahan plastik terbuat dari polypropylene (PP) dan hadir dalam beberapa ukuran.
  • 30 x 50
  • 36 x 50
  • 40 x 60
  • 45 x 65
  • 50 x 75
  • 60 x 100

Cleanmart Laundry

    Plastik Packing Laundry Roll.
  • Ukuran 30 cm x 100 meter, 02 mm: Rp 35.000.
  • 30 cm x 100 meter, 03 mm: Rp 47.000.
  • 40 cm x 100 meter, 02 mm: Rp 43.000.
  • 40 cm x 100 meter, 03 mm: Rp 60.000.
  • 45 cm x 100 meter, 02 mm: Rp 47.000.
  • 45 cm x 100 meter, 03 mm: Rp 65.000.
  • 50 cm x 50 meter, 02 mm: Rp 32.000.
  • 50 cm x 50 meter, 03 mm: Rp 40.000.
  • 60 cm x 50 meter, 02 mm: Rp 35.000.
  • 60 cm x 50 meter, 03 mm: Rp 47.000.

Deterjen Cair, Cairan Anti Noda, dan Parfum Laundry

Sumber gambar tokopedia.com

Perlengkapan yang ini tentu saja tidak boleh Anda lewatkan, yakni deterjen, cairan antinoda, serta parfum atau pewangi. Anda harus cermat dalam memilih deterjen yang bisa digunakan pada beberapa jenis pakaian. Pewangi berfungsi memberi kesegaran pada pakaian dan meminimalisir bau apak ketika dimasukkan dalam plastik kemasan sebelum diserahkan ke pelanggan.

Deterjen

  • Omega Fresh Snappy Deterjen Cair Laundry 5 Liter, antinoda dan kuman serta aman bagi kulit. Bisa diperoleh di Tokopedia seharga Rp 65.000.
  • Deterjen Cair/Laundry 5 Liter dengan bobot 5 kilogram dan beraroma black mystique serta bisa diperoleh di Shopee seharga Rp 40.000.
  • Sabun Cair Deterjen Laundry Green Tulip beraroma downy passion tanpa busa dengan bobot 5 liter. Bisa dipesan di Tokopedia seharga Rp 33.000.

Anti Noda

  • Anti Noda Karat 1 Liter Murah/Anti Noda Pakaian Laundry Murah yang bisa membantu membersihkan pakaian dari karat. Bisa digunakan dengan cara perendaman atau dioleskan pada bagian karat. Tersedia di Tokopedia seharga Rp 90.000.
  • Penghilang Noda yang dapat dicampur bersama deterjen dan juga berfungsi sebagai pencerah. Dapat dipesan di Sinar Kimia seharga Rp 25.000.
  • Anti Noda Bandel Pakaian Laundry 250 ml yang dapat membantu membersihkan bagian-bagian pakaian yang terkena noda. Dapat digunakan juga di mesin cuci. Bisa dipesan di Bukalapak seharga Rp 13.000.

Parfum Laundry

  • Micro Capsule Parfum Laundry yang dapat membantu mengharumkan pakaian. Komposisi bahan tanpa alkohol dan ditunjang dengan kelebihan butiran selaput polimer sehingga parfum bisa lebih awet dalam keadaan terbungkus atau berada di udara bebas. Aman dan bisa dicampur hanya dengan air. Dapat dipesan di Tokopedia seharga Rp 157.999.
From our editorial team

Lakukan Bisnis untuk Rencana Hidup Jangka Panjang

Anda tidak mungkin akan terus-terusan menjadi pekerja, bukan? Bisnis merupakan salah satu prospek yang bagus untuk menyambung hidup di masa tua. Mulai jalankan bisnis untuk rencana jangka panjang meskipun dimulai dari yang sederhana, misalnya bisnis laundry ini. Namun, perlu diingat pula bahwa berbisnis juga membutuhkan kecerdasan melihat lingkungan sekitar agar mendapatkan omzet yang cukup besar.

Tag