10 Rekomendasi Pelembap Khusus Kulit Kering yang Bikin Kulit Lembap dan Nyaman (2021)

10 Rekomendasi Pelembap Khusus Kulit Kering yang Bikin Kulit Lembap dan Nyaman (2021)

Kondisi kulit yang kering harus segera ditangani dengan cepat. Jika tidak, maka kulit akan semakin terasa kurang nyaman. Selain itu, kulit kering bikin tampilan juga kurang oke. Nah, kamu butuh pelembap yang tepat untuk membuat kulit jadi kembali normal dan lembap. Karena itu, kamu wajib simak rekomendasi kami, ya!

Kulit Wajah yang Kering Bikin Tampilan Terkesan Kusam

Wanita ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan terawat. Namun ada saja masalah kulit yang bisa membuat tampilan kulit wajah jadi tampak kurang sehat. Salah satunya adalah kulit kering. Saat kulit wajah kering maka bisa membuat tampilan terkesan kusam. Saat wajah kusam, kamu tentu jadi sulit saat hendak merias wajah. Selain itu, tampilan ini juga bisa membuat kamu tidak percaya diri bertemu banyak orang.

Kulit kering terjadi karena kulit tidak cukup memproduksi sebum yang bisa menghidrasi kulit dan melindungi kulit dari paparan penyebab iritasi. Kondisi ini membuat kulit jadi terasa kering, tertarik, mengelupas, hingga muncul ruam.

Kulit kering bisa terjadi akibat berbagai faktor, mulai dari faktor lingkungan, faktor kebiasaan, dan lain sebagainya. Penyebab kulit kering yang paling umum adalah karena faktor lingkungan. Saat cuaca terlalu dingin atau udara terlalu kering, maka kelembapan kulit berkurang dan masalah kulit kering rentan terjadi.

Penyebab lain dari keringnya kulit wajah adalah karena kebiasaan. Ada kalanya karena kita terlalu sering mencuci muka maka minyak alami wajah bisa hilang dan memudar. Selain itu, pemilihan sabun pembersih wajah dan pelembap yang kurang tepat juga bisa menjadi penyebab kulit kering. Jika ada bahan yang mengiritasi maka akan bisa membuat kulit jadi makin kering.

Faktor usia juga bisa menjadi penyebab kulit kering. Makin kita menua, maka produksi sebum makin menurun sehingga memicu kulit jadi kering.

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Melembapkan Kulit Kering

Kulit kering memang bikin kulit kita jadi terasa kurang nyaman. Maka dari itu, kita harus secepatnya mencari solusi untuk membuat kulit jadi lebih lembap agar kita tidak mersa terganggu dengan kondisi kulit. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melembapkan kulit kering.

Cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah membasuh wajah dengan air biasa. Jangan memakai air panas karena ini hanya akan membuat kondisi kulit kering memburuk.

Pilih pembersih wajah dengan cermat. Pastikan pembersih wajah yang kamu gunakan sudah bebas bahan alergen. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan saat kamu memilih produk skincare lainnya. Baik skincare berupa pelembap, serum, dan lainnya, pastikan memilih yang khusus untuk kulit kering.

Jangan lupa untuk segera memakai pelembap usai mencuci wajah. Ini akan membuat kelembapan alami kulit bisa tetap terjaga dalam waktu lama. Pastikan kamu juga memilih pelembap dengan kandungan minyak alami. Kamu bisa memilih bahan seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Keduanya bagus untuk membuat kulit lebih lembap dalam waktu yang lama.

Tips Memilih Pelembap untuk Kulit Wajah Kering

Cermati Kandungan Bahan

Pelembap yang akan kita beli juga wajib dicek kandungan bahannya. Ini karena bahan pembuatan pelembap tersebut akan bisa mempengaruhi hasil yang kamu dapatkan. Pastikan pelembap memiliki bahan-bahan yang mampu memperbaiki kerusakan kulit. Utamakan pelembap yang mampu memberikan kelembapan hingga ke bagian terdalam kulit.

Paling tidak, pilihlah pelembap yang kaya antioksidan karena bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas ataupun kerusakan lingkungan. Ada juga bahan emolien di dalamnya. Bahan ini akan bisa mencegah kulit dari kekurangan cairan dan melindungi kelembapannya.

Umumnya, dalam sebuah pelembap juga ada bahan seperti hyaluronic acid, lanolin, ceramide, atau gliserin. Berbagai bahan tersebut akan mampu menjaga keseimbangan cairan pada kulit. Jangan lupa juga untuk memilih pelembap yang kaya akan kandungan tabir surya, ya. Ini supaya pelembap bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berpotensi merusak kelembapan alami kulit.

Hindari Bahan Penyebab Iritasi

Pelembap yang baik untuk kulit wajah tentunya tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit. Maka dari itu waspadai kandungan bahan yang bisa berpotensi mengiritasi kulit. Contohnya adalah bahan pewangi dan pewarna. Untuk kamu yang memiliki kulit kering, bahan pewangi dan pewarna bisa menyebabkan iritasi dan memperparah kekeringan pada kulit.

Pastikan kamu memilih pelembap dengan pilihan bebas alkohol atau hypoallergenic. Produk semacam ini jelas aman untuk kulit kering karena bahannya dijamin bebas alergen yang membuat kulit jadi mudah teriritasi.

Pilih yang Mengandung vitamin E

Vitamin E paling cocok untuk membantu melembapkan kulit. Vitamin yang satu ini bisa bersifat sebagai antioksidan. Maka dari itu pilih pelembap dengan kandungan vitamin E agar bisa merangsang zat kolagen dan glikosaminoglikan pada kulit. Kandungan glikosaminoglikan akan membantuk menjaga kadar air pada jaringan kulit. Sementara kandungan kolagen akan membantu menjaga elastisitas kulit.

Pilih Jenis Krim

Kamu yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya berhati-hati dalam memilih pelembap. Pastikan juga kamu memilih bentuk pelembap yang tepat. Saran kami adalah memilih produk yang teksturnya krim. Ini karena tekstur krim lebih padat dan lebih kaya jika dibandingkan dengan pelembap yang berbentuk losion cair atau gel.

Tekstur krim yang lebih lengket membuatnya bisa bertahan lebih lama. Kulit kering akan cepat menyerap tekstur krim dan membuat kulit terhidrasi dalam waktu lama.

Ini Dia Rekomendasi Pelembap untuk Bantu Melembapkan Kulit Keringmu

The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Sorbet

The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Sorbet merupakan krim kaya antioksidan yang tinggi. Pelembap ini juga bisa kamu fungsikan sebagai antiaging. Krim ini tidak meninggalkan rasa lengket di kulit. Selain itu, karena krimnya bebas alkohol, jadi krim juga tidak akan membuat wajah jadi terlalu kering.

Kulit wajah yang kasar dan kusam bisa terhidrasi dan ternutrisi dengan baik. Krim akan segera meresap ke lapisan terdalam kulit. Ada teknologi aquasphere dimana formula minyak kedelainya mampu menghidrasi kulit hingga 24 jam. Dengan begini, kulitmu jadi nyaman sepanjang hari.

Harga Rp. 69.000-249.000

Wardah Hydra Rose Dewy Aqua Day Gel

Wardah Hydra Rose Dewy Aqua Day Gel menjadi salah satu krim pelembap yang cocok untuk kamu gunakan. Produk yang satu ini akan mampu menghidrasi kulit dengan baik. Dengan kandungan bio-hyaluronic acid, minyak mawar, dan bahan aktif lainnya, krim ini efektif merawat kulit kering dengan baik. Selain itu juga mampu diserap kulit dengan cepat dan tidak meninggalkan rasa lengket. Krim ini hadir dalam dua tipe kemasan, tube isi 17 ml dan pot isi 40 gram.

Harga Rp. 30.000-110.000

COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream

COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream merupakan krim yang bisa membuat wajah lebih lembut, kenyal, dan bercahaya. Pelembap ini akan mengatasi masalah kulit kering dan bisa menghidrasi kulit dalam waktu yang lama.

Kulit tidak terasa berminyak atau berat saat memakainya. Ada hyaluronic acid di dalamnya sehingga wajah terasa lebih sehat. Kamu tidak perlu khawatir kulitmu teriritasi karena produknya hypoallergenic dan sudah lulus uji dermatologi. Krim ini juga bebas dari paraben, sulfat, dan phthalates.

Harga Rp. 159.000-217.000

Nature Republic Iceland Firming Watery Cream

Nature Republic Iceland Firming Watery Cream mampu menghidrasi wajah hingga ke lapisan kulit terdalam. Produk ini juga akan meningkatkan elastisitas kulit yang lelah dan kendur. Kandungan bahan adenosine bisa mencegah dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Krim ini juga bisa mencegah kulit dari kekeringan dan menjaganya tetap lembap.

Pelembap ini kaya akan air yang keluar secara alami dari lelehan es yang disaring melalui lava vulkanik. Ada juga kandungan kalium, kalsium, dan juga mineral yang bisa menjaga keseimbangan minyak di wajah agar wajah tak terasa lengket berlebihan. Bahan niacinamide dan glutathione bisa mencerahkan kulit dan mengontrol produksi melanin penyebab timbulnya noda hitam.

Pemakaian teratur bisa membuat kulit bersih dan bisa mencegah oksidasi yang membuat kulit jadi terlihat kusam dan menua.

Harga Rp. 375.000-884.000

Cetaphil Moisturizing Cream

Cetaphil Moisturizing Cream hadir dengan kandungan eksklusif minyak biji almond. Bahan ini mampu melembapkan kulit kering dan juga sensitif. Produknya bisa digunakan pada wajah, tangan, lutut, siku, kaki, dan lain sebagainya. Untuk kamu yang memiliki kondisi kulit kering kronis, krim ini akan bekerja dengan sangat baik. Cukup dioles tipis pada wajah, krim yang satu ini akan melembapkan kulit bersisik, gatal-gatal, dan iritasi.

Harga Rp. 55.000-219.000

Natur-E Daily Face Cream

Natur-E Daily Face Cream merupakan pelembap dengan harga yang terjangkau. Bahan yang digunakan adalah bahan alami. Produk ini mengandung antioksidan dari ekstrak biji bunga matahari, biji gandum, dan biji delima. Elastisitas kulit bisa terjaga dengan baik. Bahan biji gandum berperan sebagai aktivator yang bisa menghasilkan kolagen dan elastin pada kulit.

Di dalam produk ini sudah ada sunscreen protector yang bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet. Krim ini juga bebas merkuri sehingga tidak akan membuat kulit jadi merah, gatal, dan perih. Dikemas dalam ukuran 50 ml, produk ini mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 22.000-27.000

Clarins Multi-Active Day Cream

Clarins Multi-Active Day Cream memiliki tekstur halus yang cepat meresap dalam kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket pada kulit. Pelembap ini membuat kulit wajah terasa halus dan segar. Wajah juga bisa terlihat lebih awet muda usai pemakaian secara rutin.

Tidak ada efek bruntusan atau jerawat usai memakai produk ini. Kamu bisa memakainya setiap hari untuk base makeup. Krim ini tersedia dalam ukuran 15 ml dan juga 50 ml.

Harga Rp. 25.000-895.000

Sulwhasoo Hydro-Aid Moisturizing Soothing Cream

Sulwhasoo Hydro-Aid Moisturizing Soothing Cream menghadirkan formula dari getah pohon yang dingin. Krim ini mampu menghidrasi kulit dalam waktu yang lama. Ada juga bahan liriope platyphylla yang akan menjaga kulit tetap lembap dan kenyal sepanjang hari.

Teksturnya ringan sehingga lebih cepat meresap. Krim ini juga bisa memberikan efek sejuk dan bisa melebur pada kulit secara merata. Aromanya cukup segar sehingga bisa memberikan rasa rileks usai memakainya.

Harga Rp. 892.000-1.350.000

The Face Shop Mango Seed Volume Butter for Face

The Face Shop Mango Seed Volume Butter for Face cocok untuk kamu yang memiliki kulit ekstra kering hingga pecah-pecah. Teksturnya begitu kental sehingga cocok untuk melembapkan dengan cepat. Kulit jadi terhidrasi dengan baik dalam waktu lama. Kandungan bahan alaminya bisa membuat kulit kering jadi lebih lembut dan kenyal. Bahan vegetable glycerin akan bisa mempertahankan kelembapan kulit dan menarik oksigen ke kulit agar kulit segar dan sehat.

Harga Rp. 270.000-335.000

Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel

Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel Multifungsi cocok untuk kamu gunakan pada wajah, rambut, dan juga badan. Dikemas dalam pot ukuran besar, produk ini awet digunakannya.

Pelembap ini cepat meresap dan tidak lengket. Ada sensasi dingin yang ditimbulkan setelah pemakaian. Bahan alaminya berupa ekstrak lidah buaya 92% yang bisa menutrisi kulit dengan baik. Tak mengandung paraben, mineral, dan pewarna buatan, produk ini aman digunakan. Kamu bisa memakai produk ini sebagai makeup base kamu.

Harga Rp. 33.000-93.000
From our editorial team

Aplikasikan Pelembap dengan Tepat agar Hasilnya Maksimal

Untuk melembapkan kulit kering, kamu membutuhkan pelembap yang pas. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengaplikasikannya dengan benar. Ingat untuk tidak menggosok kulit terlalu keras saat mengaplikasikan pelembap. Hal ini hanya akan menyebabkan kadar air menguap dan kulit jadi mengendur sebelum waktunya. Aplikasikan pelembap dengan gerakan melingkar ke atas pada wajah. Di area mata, kamu cukup menepuk-nepuk pelembap memakai jari dengan lembut. Biarkan pelembap meresap sempurna sebelum kamu mengaplikasikan produk skincare lainnya, ya.