10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik untuk Basmi Kuman di Tangan (2021)

10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik untuk Basmi Kuman di Tangan (2021)

Kita tahu bahwa tangan merupakan bagian tubuh yang menjadi sarang jutaan bakteri. Sangat bahaya jika kita memakainya untuk makan atau memegang makanan tanpa mencucinya dulu. Jika dalam keadaan mendesak tidak ada air dan sabun, kamu wajib selalu sedia hand sanitizer di tas atau sakumu. Cek rekomendasi dari kami.

Sekelumit Sejarah Hand Sanitizer yang Kini Banyak Diburu

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang berpotensi tinggi menyebarkan kuman ke seluruh tubuh. Kita memakai tangan untuk memegang berbagai benda dan melakukan banyak hal. Tak ayal lagi jika tangan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Maka dari itu, kita diwajibkan untuk rutin mencuci tangan atau memakai hand sanitizer guna menjaga kebersihan tangan dari aneka kuman.

Sayangnya, dulu tak banyak orang menggubris hal ini. Kebersihan tangan banyak diremehkan dan mengira cuci tangan dengan air saja cukup untuk menghilangkan kuman. Barulah setelah ada pandemi, kita jadi lebih teliti membersihkan tangan. Mulai dari mencuci tangan memakai sabun hingga memakai hand sanitizer. Merebaknya pandemi membuat sabun cuci tangan dan hand sanitizer jadi makin banyak diburu bahkan stok hand sanitizer sempah habis di pasaran dan membuat masyarakat panik hingga mencoba membuat sendiri hand sanitizer.

Secara umum, hand sanitizer juga dikenal sebagai hand antiseptic atau handrub. Hand sanitizer biasa hadir dalam bentuk spray atau gel. Produk ini diaplikasikan di tangan guna membunuh bakteri patogen penyebab aneka penyakit. Hand sanitizer bisa dibedakan menjadi dua, ada yang alkohol dan nonalkohol. Hand sanitizer berbasis alkohol mengandung 60 sampai 95 persen alkohol. Sementara, hand sanitizer non alkohol berbahan disinfektan seperti triclosan.

Menilik sejarahnya, hand sanitizer mulai diciptakan tahun 1966 oleh Lupe Hernandez yang merupakan seorang siswa keperawatan asal California. Ia menemukan formula tepat mengubah alkohol menjadi gel untuk membersihkan tangan. Di tahun 1988, Purell dan Gojo yang merupakan perusahaan besar mulai mengkomersilkan hand sanitizer. Maka sejak saat itu, hand sanitizer mulai populer digunakan di rumah sakit dan juga berbagai tempat lain.

Memasuki tahun 2000, perusahaan pembuat hand sanitizer mulai berinovasi. Mereka mencampurkan hand sanitizer dengan pelembap sehingga kulit tangan tetap halus dan tidak mudah kering. Selain itu, ada juga inovasi di mana hand sanitizer dikombinasikan dengan pewangi sehingga tangan jadi lebih wangi.

Setiap produk hand sanitizer memiliki efektivitas yang berbeda-beda. Kendati demikian, hand sanitizer bisa mengontrol transmisi penyakit infeksi seperti Corona. Maka dari itu, tetap jaga kebersihan tangan dan gunakan hand sanitizer saat diperlukan.

Yuk, Kenali Manfaat Lain Hand Sanitizer Selain untuk Membersihkan Tangan dari Kuman

Bisa Dipakai Sebagai Deodoran

Selama ini kita mengenal hand sanitizer sebagai produk yang bisa digunakan untuk membersihkan tangan dengan maksimal. Namun, tahukan kamu bahwa hand sanitizer juga bisa dimanfaatkan sebagai deodoran juga? Ketika keadaan darurat dan kamu membutuhkan deodoran, maka kamu bisa gunakan hand sanitizer sebagai penggantinya. Cukup aplikasikan di ketiak secukupnya. Ini akan membuat permukaan ketiak tetap kering dan segar. Biarkan sejenak sampai kering dan kamu siap beraktivitas tanpa takut bau badan. Hand sanitizer dilengkapi alkohol sehingga ampuh untuk membunuh bakteri penyebab bau badan.

Untuk Membersihkan Keyboard dan Layar Sentuh

Berbagai benda di sekitar kita wajib dijaga kebersihannya. Kadang mengelapnya dengan air dan lap kering saja belum cukup untuk membersihkan debu dan kuman. Beberapa benda seperti smartphone, keyboard komputer, keyboard laptop, dan aneka benda layar sentuh lainnya wajib dibersihkan dengan maksimal. Kamu bisa manfaatkan hand sanitizer untuk membersihkannya.

Cukup semprotkan hand sanitizer semprot pada aneka permukaan keyboard dan layar sentuh. Lanjutkan dengan mengelapnya memakai kain microfiber. Ini akan membuat berbagai benda di sekitarmu jadi lebih bersih dan bebas kuman.

Meredakan Gatal

Saat beraktivitas, kadang gatal menyergap. Umumnya, gatal disebabkan oleh gigitan serangga. Jika kamu merasa terganggu dengan gatal tersebut, maka kamu bisa memakai hand sanitizer untuk meredakan rasa gatalnya. Di dalam hand sanitizer ada kandungan antiseptik sehingga bisa mencegah infeksi akibat gigitan serangga. Alkohol dalam hand sanitizer juga bisa memberikan rasa dingin yang menenangkan kulit memerah dan iritasi yang bikin kulit tidak nyaman.

Membersihkan Kuas Makeup

Kamu tentu setuju jika dikatakan bahwa kuas makeup merupakan tempat yang banyak menyimpan kuman jika tidak sering dibersihkan. Rutinlah membersihkan kuas makeup usai digunakan agar sisa makeup tidak tertinggal dan tidak bikin kulit kamu iritasi saat digunakan.

Pakailah hand sanitizer untuk mencuci kuas agar lebih bersih. Awali dengan menyemprotkan hand sanitizer pada kuas makeup. Selanjutnya, keringkan kuas sebelum digunakan. Bakteri pada bulu kuas bisa teratasi dengan baik. Pastikan kamu memakai hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol sebanyak 70% agar kuman dan bakteri bisa terbunuh dengan maksimal.

Ampuh Atasi Jerawat

Hand sanitizer juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan alkohol di dalam hand sanitizer dipercaya bisa menghentikan inflamasi pada jerawat. Saat bakteri jerawat mati karena hand sanitizer, maka jerawat akan segera mengering dan segera sembuh. Namun, ini hanya bisa digunakan pada jerawat yang kecil dan berjumlah sedikit, ya. Hindari memakai hand sanitizer untuk jerawat beruntusan atau jerawat yang banyak.

Segera Pilih Deretan Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik 2021

Stero-bac Hand Sterilizer

Stero-bac Hand Sterilizer merupakan hand sanitizer dalam kemasan yang praktis. Kamu cukup menekan cairannya untuk keluar di telapak tangan sebanyak 2 kali. Pembersih tangan ini praktis dibawa kemana saja. Formulanya bisa bekerja maksimal untuk membersihkan kuman dan juga kotoran. Tidak ada aroma menyengat yang mengganggu dari produk ini. Teksturnya cair dan cepat meresap namun tidak bikin kulit jadi kering.

Harga Rp. 28.900-39.900

ANTIS Spray

ANTIS Spray Hand Sanitizer wajib selalu ada dalam tas kamu saat bepergian. Jaga selalu kebersihan tangan dengan produk yang satu ini. Dikemas dalam ukuran mini sehingga tidak banyak memakan tempat pada tas atau saku. Kamu cukup semprotkan pada tangan untuk membunuh kuman. Produk ini akan membunuh 99% kuman dalam 4 detik.

Berbagai kuman yang bisa dihilangkan adalah kuman penyebab diare, ispa, flu, tipus, flu burung, sars, hingga TBC. Dalam produk ini juga ada kandungan pelembap yang bisa membuat tangan tidak terlalu kering. Kamu tak perlu khawatir saat memakainya karena produk ini tidak akan meninggalkan residu dan rasa lengket pada tangan. Kamu bisa pilih varian jeruk nipis atau mentimun yang sama segarnya.

Harga Rp. 8.990-13.200

Prima Protec Hand Sanitizer

Prima Protec Hand Sanitizer tentu bisa jadi pilihan kamu untuk melindungi tangan dari kuman. Kandungan alkohol dalam produk ini adalah 79% sehingga ampuh untuk menangkal kuman. Tangan tidak akan kering karena di dalamnya sudah ada pelembap. Aromanya tidak menyengat dan tidak mengganggu saat digunakan. Kamu bisa memilih ukuran 500ml atau ukuran besar sekaligus. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Harga Rp. 43.500-91.000

Saniter Spray Hand Sanitizer

Saniter Hand Sanitizer ini merupakan salah satu merek hand sanitizer terbaik yang bisa jadi andalan kamu. Kamu bisa memilih yang varian gel ataupun spray. Saniter mudah dibawa kemana saja. Produk yang satu ini ampuh membunuh kuman tanpa dibilas. Wanginya segar dan tidak bikin eneg. Tidak meninggalkan rasa lengket di tangan sehingga nyaman digunakan. Kandungan alkohol di dalamnya 70% sehingga terjamin mematikan kuman.

Harga Rp. 7.500-15.900

SMILE Antiseptic Liquid Hand Sanitizer

SMILE Antiseptic Liquid Hand Sanitizer adalah produk berkualitas yang wajib kamu coba. Dengan tekstur cair, hand sanitizer ini cepat meresap di tangan tanpa menimbulkan rasa lengket. Cairan ini mampu memberi perlindungan instan di tangan hingga 99,9%. Selain mengandung 70% alkohol, hand sanitizer ini juga memiliki kandungan lidah buaya yang bisa membuat kulit jadi lebih halus dan lembut. Ada juga kandungan vitamin E dan tea tree oil yang bisa menutrisi kulit tangan.

Jaga tangan kamu tetap higienis dan harum dengan hand sanitizer Smile. Produk ini sudah mendapatkan izin dari Kemenkes.

Harga Rp. 10.000-173.000

BETADINE Manuka Honey Hand Sanitizer

BETADINE Manuka Honey Hand Sanitizer hadir dengan kebaikan madu untuk menutrisi kulit kamu. Produk ini tidak akan membuat kulit jadi kering dan kasar. Tangan bisa tetap lembap dan lembut dengan pemakaian teratur. Hand sanitizer ini juga kaya akan aloe vera untuk mengatasi iritasi kulit.

Kamu tidak perlu was-was memakainya karena produk ini bebas triklosan, paraben, dan bahan kimia berbahaya. Kadar alkoholnya 60 % sehingga ampuh atasi kuman dan bakteri. Dikemas dalam ukuran 50 ml dan 500 ml, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Harga Rp. 15.900-125.000

Kitashi Hand Sanitizer

Kitashi Hand Sanitizer tidak hanya bisa melindungi kulit dari kuman namun juga bisa melindungi dari sinar UV. Produk ini juga ampuh menangkal radikal bebas seperti asap rokok dan polusi udara. Diperkaya dengan vitamin E, hand sanitizer ini bisa bikin kulit tetap halus dan lembap bebas kering. Hand sanitizer ini sudah terdaftar di BPOM jadi aman untuk digunakan.

Di dalam produk ini juga terkandung alkohol 70% sehingga bisa membunuh kuman dengan efektif. Minyak kastor di dalam produk ini kaya akan omega 6 dan 9 yang bisa menjadi antioksidan. Teksturnya juga tidak lengket. Ada varian stroberi dan greentea yang bisa kamu coba.

Harga Rp. 9.500-20.000

The Body Shop Mango Hand Cleanse Gel Sanitizer

The Body Shop Mango Hand Cleanse Gel Sanitizer memiliki aroma mangga dan kamomil yang sangat menenangkan. Ini membuat kamu jadi rileks saat mencium wanginya. Produk ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

Di dalam produk ini ada kandungan esens kamomil yang bersifat antiiritasi. Tidak ada kandungan paraben sehingga kamu jadi aman memakainya. Kadar alkohol produk ini adalah 73% jadi sangat ampuh membunuh kuman. Ada kandungan pelembap dan vitamin untuk membuat kulit tidak kering. Produk ini praktis dibawa kemana saja karena dikemas dalam ukuran 60 ml.

Harga Rp. 70.000-130.000

Dettol Instant Hand Sanitizer Refresh with Aloe Vera

Dettol Instant Hand Sanitizer Refresh with Aloe Vera merupakan pilihan tepat untuk mengusir kuman dari tangan. Merek yang satu ini dikenal akan kualitasnya. Hadir dalam bentuk cair, kamu bisa memakainya dengan mudah. Produk ini cepat meresap tanpa meninggalkan rasa lengket yang mengganggu.

Hand sanitizer yang satu ini hadir dengan formula mineral dan antioksidan yang bisa mengikat sel kulit mati sekaligus melembutkan lapisan luar kulit. Ada kandungan lidah buaya di dalamnya yang bisa membuat kulit tangan jadi lembut dan bebas iritasi. Dikemas dalam ukuran kecil, produk ini bisa kamu bawa kemana saja dengan praktis.

Harga Rp. 14.500-95.000

Lifebuoy Hand Sanitizer Lemon Fresh

Lifebuoy Hand Sanitizer Lemon Fresh menjadi rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini mampu memberantas kuman dan virus. Selain itu, formulanya bisa mengaktifkan peptida kulit sehingga imunitas kulit bisa makin meningkat. Produk ini kaya akan vitamin E yang membuat kulit tangan halus dan lembut. Teksturnya tidak lengket di kulit dan membuat tangan tetap nyaman. Hand sanitizer ini diklaim bisa melindungi tangan selama berjam-jam setelah pemakaian. Dikemas dalam ukuran 50 ml, kamu jadi lebih mudah membawanya kemana saja.

Harga Rp. 14.900-66.000
From our editorial team

Penggunaan Hand Sanitizer yang Tepat

Di masa pandemi seperti sekarang memang kita wajib membersihkan tangan lebih teliti lagi. Selain mencuci tangan dengan sabun, kamu juga bisa mengandalkan hand sanitizer. Namun, kamu wajib mengingat bahwa sebaiknya pemakaian hand sanitizer hanya digunakan saat tak ada air bersih dan sabun. Misalnya saat kita sedang bekerja di luar ruangan, saat naik kendaraan, dan lain sebagainya. Bagaimana pun juga, air dan sabun lebih efektif untuk membunuh kuman ketimbang hand sanitizer. Tuang secukupnya hand sanitizer pada tangan dan gosok merata hingga ke sela-sela jari tangan. Diamkan sampai kering dan kamu siap beraktivitas kembali.

Tag