Praktis dan Higienis, Ini 10 Rekomendasi Tisu Basah yang Aman untuk Bayi (2020)

Praktis dan Higienis, Ini 10 Rekomendasi Tisu Basah yang Aman untuk Bayi (2020)

Tisu basah adalah salah satu produk yang kerap digunakan oleh para orang tua untuk membantu membersihkan noda maupun kotoran pada si kecil. Penggunaannya yang praktis dan higienis tentu membuat para orangtua tidak bisa lepas dari tisu basah. Meski demikian, dalam pemilihan tisu basah diperlukan kehati-hatian agar tak menimbulkan iritasi pada si kecil. Yuk, intip rekomendasi tisu basah yang aman bagi kulit bayi berikut!

Tisu Basah Bisa Membantu Membersihkan Tubuh Bayi yang Kotor

Bagi Anda yang gemar traveling, tentu tisu basah adalah benda penting yang tak boleh ketinggalan. Apalagi, bagi Anda yang memiliki bayi, pasti tisu basah menjadi benda wajib untuk dibawa. Hal ini karena kegunaan tisu basah yang mampu membersihkan kulit dari kotoran secara praktis dan efektif.

Tisu basah pada bayi biasanya digunakan untuk mengelap mulut dan tangan sebelum makan. Produk ini juga biasa digunakan untuk membersihkan tubuh si kecil kala mengganti popok. Tak hanya bagi bayi, Anda juga bisa menggunakan tisu basah saat kesulitan mencari air untuk cuci tangan atau ketika dalam perjalanan.

Perhatikan Hal Ini ketika Menggunakan Tisu Basah untuk Bayi

Sesuai Keperluan

Sering menggunakan tisu basah untuk membersihkan kulit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan tisu basah untuk si kecil. Pertama, gunakan tisu basah sesuai keperluan. Meski sedang diskon, belilah tisu basah dalam jumlah sedikit terlebih dahulu.

Mengapa demikian? Membeli tisu basah dalam jumlah sedikit bertujuan untuk mengetes kecocokan produk terlebih dahulu pada kulit bayi. Dengan demikian Anda bisa melihat apakah kulit si kecil menunjukkan reaksi alergi atau tidak pada produk tersebut. Jika tidak menunjukkan gejala alergi, Anda bisa membeli produk tisu dengan kemasan lebih besar pada pembelian berikutnya.

Jangan Terlalu Sering

Meskipun praktis digunakan, Anda harus ingat bahwa tisu basah merupakan produk alternatif jika tidak ada air untuk membersihkan. Penggunaan tisu basah harus tetap bijaksana, karena ada efek samping yang berbahaya jika digunakan secara terus menerus. Jadi, gunakan tisu basah seperlunya jika memang tidak memungkinkan untuk menggunakan atau menjangkau air sebagai pembersih.

Cek Komposisi

Sebelum membeli tisu basah, pastikan untuk mengecek komposisi produk terlebih dahulu. Banyak produk tisu basah yang mengandung bahan-bahan tertentu, sehingga dapat menimbulkan iritasi pada si kecil.

Maka dari itu diperlukan ketelitian para orang tua dalam membeli produk tisu basah. Agar lebih aman, Anda bisa membeli tisu basah yang berlabel "natural". Produk ini biasanya mengandung air murni yang aman untuk kulit si kecil. Sehingga, Anda tak perlu khawatir akan iritasi.

Tidak Cocok untuk Bayi Berkulit Sensitif

Ada dua jenis tisu basah yang beredar di pasaran, yaitu tisu basah sekali pakai dan tisu basah yang bisa digunakan kembali. Bagi bayi yang berkulit sensitif, tisu basah yang bisa digunakan kembali adalah pilihan terbaik. Karena, tisu basah sekali pakai bisa saja menimbulkan ruam pada kulit.

Kulit bayi yang sensitif sangat rentan mengalami alergi. Sehingga gunakan produk yang telah terbukti bersifat hipoalergenik agar lebih aman. Apabila si kecil menunjukkan reaksi alergi setelah menggunakan tisu basah, segera hentikan penggunaannya dan periksakan ke dokter.

Manfaat Tisu Basah Bayi Selain untuk Kebutuhan Bayi

Membersihkan Benda Berbahan Kulit

Berbicara tentang tisu basah, sebenarnya produk ini memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah untuk membersihkan benda berbahan kulit. Mulai dari sepatu hingga tas, barang-barang berbahan kulit akan kembali bersih dengan sekali usap tisu basah. Coretan atau noda pada bahan kulit pun bisa dibersihkan dengan tisu basah secara perlahan.

Menghilangkan Noda Kopi

Pernah menumpahkan kopi di karpet? Tentu hal ini menjengkelkan karena meninggalkan bekas noda yang membandel. Tak perlu khawatir, Anda bisa membersihkan noda kopi dengan menggunakan tisu basah. Caranya mudah, cukup tempelkan tisu bsah pada karpet sambil ditekan, maka noda akan terserap. Selain karpet, tisu basah juga bisa membersihkan noda kopi pada baju, mebel, serta jok mobil.

Menghapus Make up

Tidak menghapus make up sebelum tidur tentu akan menimbulkan masalah pada wajah. Bagi Anda yang malas untuk membersihkan make up, tisu basah adalah salah satu solusi praktis untuk membersihkannya.

Tak perlu ke kamar mandi untuk mencuci muka, Anda bisa membersihkan make up dengan tisu basah sambil rebahan di atas tempat tidur. Sehingga, wajah akan bersih dari makeup dan Anda siap beristirahat.

Mengobati Gigitan Serangga

Tahukah Anda bahwa tisu basah bisa digunakan untuk meringankan rasa sakit karena gigitan serangga? Jika Anda mengalami gatal karena gigitan serangga, tempelkan saja tisu basah di atas bagian yang terasa gatal untuk meredakannya. Pilihlah tisu basah yang telah dilengkapi dengan zat antialergi dan antigatal untuk memberikan sensasi rasa nyaman pada kulit.

Rekomendasi Tisu Basah Bayi untuk Berbagai Keperluan

Sweety Bronze Baby Wipes

Kerap dibutuhkan sewaktu-waktu, sudah sepatutnya Anda menyediakan tisu basah untuk si kecil. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Sweety Bronze Baby Wipes. Tisu basah ini terbuat dari bahan alami yang aman digunakan untuk bayi. Produk ini juga tidak mengandung alkohol dan bebas pewarna.

Berfungsi untuk membersihkan noda dan kotoran pada kulit si kecil, tisu ini telah dirancang agar mampu menjaga kelembapan dan kehalusan kulit bayi. Aroma wanginya juga menenangkan. Tisu basah ini bisa didapatkan dengan mudah di pasar swalayan terdekat.

Harga Rp. 8.712-18.500

Cussons Baby Soft & Smooth Baby Wipes

Cussons Baby Soft & Smooth Baby Wipes adalah produk tisu basah berikutnya yang direkomendasikan. Tisu ini merupakan produk hipoalergenik, sehingga aman untuk kulit bayi baru lahir yang rentan sensitif. Produk ini terbuat dari bahan tisu yang lembut dan dipadukan dengan minyak zaitun sebagai antiiritasi.

Menjadikan kulit bayi menjadi bersih dan segar, Cussons Baby Soft & Smooth Baby Wipes bisa digunakan saat mengganti popok, setelah makan, dan membersihkan noda yang menempel pada si kecil. Produk ini tidak disertai alkohol, zat pewarna, atau pun pewangi, sehingga lebih aman untuk bayi.

Harga Rp. 8.400-17.600

Mitu Baby Wipes Antiseptic

Siapa yang tak kenal dengan merek tisu basah dari Mitu. Mitu Baby Wipes Antiseptic adalah produk tisu basah keluarannya yang banyak dipilih oleh para ibu. Produk ini merupakan embossed-wipes yang membersihkan kulit bayi dengan maksimal.

Tisu basah ini mengandung tea tree oil dan ekstrak chamomile yang melindungi kulit bayi secara alami dari berbagai kuman. Produk ini cocok digunakan untuk membersihkan tangan si kecil saat hendak makan atau minum. Mitu Baby Wipes bisa ditemukan di berbagai pasar swalayan dengan mudah.

Harga Rp. 13.400-16.617

Paseo Gazette Baby Wipes

Tak hanya tisu biasa, Paseo juga mengeluarkan produk tisu basah untuk bayi. Paseo Gazette Baby Wipes adalah varian tisu premium yang cocok dibawa kala bepergian. Tisu ini terbuat dari 100% serat alami, sehingga lembut dan nyaman digunakan.

Lapisan tisunya yang lembut tidak menimbulkan iritasi ataupun sensasi perih pada kulit. Produk ini juga diproses secara higienis tanpa tambahan zat pemutih, sehingga aman digunakan untuk si kecil dan keluarga. Tisu varian premium dari Paseo ini bisa didapatkan di berbagai pasar swalayan.

Harga Rp. 9.000-15.400

Mooimom Baby Wet Wipes

Membawa tisu basah dengan kemasan besar memang kerap memenuhi tas. Apalagi bagi Anda yang gemar traveling, hal ini pasti cukup mengganggu.

Bagi Anda yang ingin membawa produk tisu basah praktis kala bepergian, Mooimom Baby Wet Wipes adalah solusinya. Produk ini memiliki ukuran yang ringkas, sehingga praktis dibawa saat keluar rumah.

Tisu ini mengandung 99% air dan bebas alkohol serta pewangi, sehingga super lembut untuk kulit bayi yang masih sensitif. Tisu ini bisa digunakan untuk membersihkan kotoran di tangan dan mulut hingga saat mengganti popok bayi. Tak hanya untuk si kecil, Mooimom Baby Wet Wipes juga bisa digunakan untuk segala usia.

Harga Rp. 5.000-5.500

Dr.Brown's Baby Wipes

Dr.Brown's Baby Wipes adalah produk tisu basah berikutnya yang direkomendasikan. Tisu basah ini terbuat dari bahan natural cotton dengan kombinasi ultra pure water yang lembut dan memenuhi standar industri farmasi.

Produk ini juga mengandung xylitol yang mampu menghambat pertumbuhan kuman. Ekstrak buah jeruk bali di dalamnya efektif sebagai antimikroba dan antioksidan alami. Kandungan-kandungan alami ini menjaga kebersihan kulit bayi tanpa menimbulkan iritasi. Tak hanya itu, Dr.Brown's Baby Wipes menggunakan bahan biodegradable sehingga dapat didaur ulang dan aman bagi lingkungan.

Harga Rp. 26.000-35.000

MamyPoko Regular Non Perfumed Tissue Basah Bayi

Tak hanya popok, MamyPoko juga mengeluarkan produk tisu basah, yaitu MamyPoko Regular Non Perfumed Tissue Basah Bayi. Produk ini dibuat dengan air murni tanpa alkohol, sehingga alami membersihkan dan meminimalkan risiko iritasi.

andungan airnya yang banyak dan steril membuatnya lebih mudah dalam membersihkan kulit bayi dari kotoran. Tidak mengandung parfum, produk ini sangat lembut dan aman untuk kulit bayi.

Produk ini juga telah lolos uji dermatologi sehingga tak perlu diragukan lagi keamanannya. Satu kemasan MamyPoko Regular Non Perfumed Tissue Basah Bayi terdiri dari 52 lembar tisu yang ekonomis.

Harga Rp. 8.000-9.900

Enblanc Natural Korea Baby Wipes

Enblanc Natural Korea Baby Wipes adalah produk tisu basah berikutnya yang cocok untuk kulit bayi. Tisu ini dibuat dari kain premium ramah lingkungan yang menggunakan hypoallergenic natural rayon, kain tenplex, dan kain rayshell.

Produk ini bebas dari 16 komponen bahan kimia yang berbahaya bagi kulit bayi. Tak perlu diragukan keamanannya, produk ini bahkan telah lulus uji sitotoksisitas dan uji iritasi kulit oleh FDA.

Salah satu hal yang membuatnya istimewa, Enblanc Natural Korea Baby Wipes dilengkapi stiker thermometer sebagai indikator penyimpanan terbaik untuk menjaga kualitasnya.

Harga Rp. 11.400-12.300

Little Tree Baby Wipes

Produk tisu basah berikutnya adalah Little Tree Baby Wipes. Produk ini terbuat dari bahan alami yang tebal, kuat, dan lembut. Bebas alkohol, pengawet, serta pewangi buatan, membuat tisu ini aman digunakan sehari-hari dan cocok untuk kulit sensitif.

Little Tree Baby Wipes dirancang khusus oleh para ilmuan dari Inggris dan mengandungAqua, Evening Premirose Oil, Melia Azadirachta leaf extract, serta Xylitol. Tisu basah dengan kemasan buka tutup yang higienis ini terdiri atas 80 lembar.

Harga Rp. 43.450-79.000

Pigeon Antibacterial Wet Tissue

Dikenal dengan produk perawatan bayinya, Pigeon juga memiliki produk tisu basah, yaitu Pigeon Antibacterial Wet Tissue. Telah melalui uji mikrobiologi, tisu ini mampu membunuh kuman secara efektif pada tangan, peralatan makan, dan semua perlengkapan bayi lainnya.

Tisu ini tidak menyebabkan efek samping berbahaya saat tertelan si kecil secara tidak sengaja. Hanya satu lembar tisu saja yang keluar saat ditarik dari kemasannya. Hal ini juga membuat penggunaan tisu menjadi tidak boros. Produk ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai pasar swalayan.

Harga Rp. 17.000-31.000
From our editorial team

Pilih Tisu Basah Bayi yang Disertai Penutup

Saat ini tisu basah hadir dengan berbagai kemasan. Meski demikian, pilihlah tisu basah yang disertai penutup. Tisu basah berpenutup akan menjaga isi produk agar tetap steril dan higienis. Sehingga, meminimalkan risiko iritasi yang disebabkan oleh tisu basah yang terkontaminasi. Pastikan pula mengambil tisu basah dengan kondisi tangan yang bersih.