Jangan Remehkan Kebutuhan Bayi, Ini Rekomendasi Agar ASI Semakin Lancar untuk Ibu Menyusui (2020)

Jangan Remehkan Kebutuhan Bayi, Ini Rekomendasi Agar ASI Semakin Lancar untuk Ibu Menyusui (2020)

Bayi membutuhkan ASI untuk menunjang tumbuh kembangnya. Seiring bertambahnya usia, maka kebutuhan ASI semakin meningkat. Untuk itu, produksi ASI dari ibu untuk bayi juga mesti meningkat, yah. Berikut rekomendasi suplemen dan minuman untuk ibu menyusui agar produksi ASI semakin melimpah.

Jangan Sepelekan Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir Ya, Mom

Kapan bayi membutuhkan Air Susu Ibu (ASI)? Jawabannya adalah secepatnya setelah ia dilahirkan, alias sesegera mungkin. Alasan yang paling pertama adalah agar si bayi bisa berlatih mengisap payudara ibunya. Kalau tidak dibiasakan sejak dilahirkan, maka si bayi akan mendapatkan kesulitan.

Alasan kedua, ketika baru melahirkan, atau setidaknya beberapa hari setelah melahirkan, maka akan banyak ASI yang kaya dengan beta karoten serta protein di payudara ibunya. ASI tersebut disebut pula dengan kolostrum. Nah, kolostrum ini sangat dibutuhkan oleh bayi untuk menjadikan pertumbuhan tubuhnya menjadi lebih cepat dan baik, serta kekuatan tubuhnya terbangun dengan baik.

Selanjutnya, bila tidak dibantu oleh si bayi, maka si ibu kesulitan untuk mengosongkan ASI di payudaranya. Dengan bantuan bayi, ASI di payudara ibunya akan kosong, kemudian diproduksi kembali. Jumlah ASI akan terus diproduksi, sedangkan kebutuhan bayi akan ASI juga akan terus meningkat. Makanya, bayi mesti terus diberikan ASI setiap 3 jam sekali. Bahkan meski ia tidak memberikan tanda ingin menyusu.

Takaran Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir

Berapa jumlah atau takaran ASI yang dibutuhkan oleh bayi? Karena sulit menentukan berapa liter ASI yang ada di dalam payudara ibu, serta berapa banyak yang sudah diminum, maka banyak ibu mungkin tidak mengetahui dengan pasti berapa takaran ASI yang dibutuhkan.

Takaran ASI akan terus bertambah seiring bertambahnya usia anak. Hari pertama, setidaknya dalam sekali menyusu, anak membutuhkan satu sendok teh (atau lebih) yang setara dengan 7 ml. Hari kedua, meningkat 2 kali lipat, sedangkan di hari ketiga meningkat menjadi 38 ml.

Hari keempat, bayi membutuhkan 58 ml per sekali menyusu sedangkan di hari berikutnya hingga hari ketujuh membutuhkan hingga 65 ml. Bayi akan menyusu 8 hingga 12 kali sehari pada bulan pertama, sedangkan ketika berusia di atas itu, akan menjadi 7 hingga 9 kali sehari.

Jumlah tersebut akan meningkat terus setiap bulannya. Sampai usia 6 bulan, ASI mesti didampingi dengan makanan pendamping (MP-ASI).

Manfaat Menyusui untuk Bayi dan Bunda

Mengurangi Kemungkinan Terserang Penyakit

Fungsi ASI yang pertama adalah membangun sistem imun tubuh anak menjadi lebih baik. Penyebabnya, bayi tidak memiliki sistem imun yang sesempurna orang dewasa. Sehingga penyakit yang sering datang menyerang, seperti sesak napas dan asma kerap menyerang bayi.

Bila menyerang dewasa, asma bahkan sangat berbahaya. Dada bisa menjadi sesak, penderitanya juga sulit bernapas dan kerap batuk-batuk. Apalagi, bila asma tersebut menyerang bayi, tentunya akan jauh lebih menyakitkan dan berdampak buruk bagi anak.

Nah, berdasarkan beberapa penelitian, ASI nyata dalam mengurangi risiko asma. Apalagi, bila dibandingkan dengan bayi yang tidak diberikan ASI sejak lahir. Oleh karena itu, jangan sepelekan kebutuhan bayi akan ASI sejak lahir, yah.

Baik untuk Sistem Imun

Alasan kenapa ASI sangat baik membangun sistem imun anak adalah nutrisinya yang lengkap. Sistem kekebalan tubuh bisa menjadi kuat apabila mendapatkan nutrisi dari kandungan yang dimiliki ASI.

Kandungan ASI mulai dari protein, enzim, antibodi, sel darah putih, gula, lemak dan sebagainya. Dengan demikian, sistem imunitas bayi menjadi lebih baik dan terus berkembang, sehingga mampu melindungi si bayi dari banyak jenis penyakit.

Apalagi ASI yang pertama keluar (kolostrum), yang mengandung banyak immunoglobulin A yang tentunya sangat baik untuk membangun pertahanan tubuh si bayi. Bila bayi kekurangan zat ini, maka organ tubuh bayi sangat rentan terserang berbagai penyakit, khususnya tenggorokan, hidung dan usus.

Membuat Bayi Lebih Cerdas

Selain perkembangan sistem imun, ASI juga sangat baik untuk perkembangan otak si anak menjadi lebih optimal. Kadar lemak yang dibutuhkan otak untuk berkembang dimiliki oleh ASI, sehingga menjadikan si anak menjadi lebih cerdas.

Berbagai penelitian membuktikan hal tersebut. Anak-anak yang mendapatkan asupan ASI yang cukup sejak lahir, maka cenderung akan menjadi lebih cerdas ketika dewasa. Bahkan, bayi tersebut ketika berusia 30 tahun cenderung akan memiliki penghasilan yang lebih tinggi ketimbang bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup.

Oleh karena itu, walau bagaimanapun ASI jauh lebih baik dan alami ketimbang susu formula yang mahal sekalipun. Lebih banyak ASI yang didapatkan bayi, maka bayi tersebut akan lebih besar kemungkinan memiliki IQ yang tinggi, ketimbang bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup.

Menghalau Gejala Depresi Bagi Ibu

Bila tadi keuntungan bagi si bayi, maka kali ini keuntungan bagi si ibu. Selain nyeri melahirkan, ada banyak hal lain yang bisa menghantui wanita pasca melahirkan. Beberapa di antaranya, depresi, kanker, pendarahan, diabetes dan sebagainya.

Semuanya bermula dalam keadaan psikologis seorang ibu pasca melahirkan, yang berujung depresi. Depresi pasca persalinan inilah yang dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan ibunya, sehingga berisiko terkena penyakit lain.

Nah, memberikan ASI pada anak nyatanya memperbaiki kondisi psikologis seorang ibu. Penelitian di Australia membuktikan hal tersebut. Seorang ibu yang tidak menyusui anaknya sejak dilahirkan, memiliki peningkatan depresi yang lebih besar bila dibandingkan dengan ibu yang langsung menyusui anaknya.

Moms, Ayo Optimalkan Kebutuhan ASI Bayi dengan 10 Produk Pilihan BP-Guide Berikut Ini

Herbs of Gold

Produk pertama yang direkomendasikan adalah Herbs of Gold Breasfeeding. Produk satu ini sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI, dan merupakan produk import dari Australia.

Produk satu ini berisi 60 tablet yang dibuat dari bahan-bahan pilihan yang membantu menjadikan produksi ASI menjadi meningkat hingga dua kali lipat. Ibu hanya perlu minum 1 butir per hari, namun khasiatnya bisa bertahan sepanjang hari.

Produk satu ini mengandung vitamin B7 hingga 3 mg yang menjadikan ibu mampu memproduksi ASI dengan baik dan kuantitasnya besar. Produk ini juga sangat baik untuk membantu replikasi sel dalam tubuh, baik masa kehamilan maupun masa menyusui. Ditambah lagi, produk ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu yang telah melahirkan.

Harga Rp. 50.000-240.000

Mommy Shake Minuman Pelancar ASI

Berikutnya ada Mommy Shake Minuman Pelancar ASI Ekstrak Torbagun Alami. Produk satu ini merupakan jenis minuman yang membantu proses produk ASI namun rasanya nikmat dan ada banyak pilihan rasa.

Mommy Shake ini berbentuk serbuk, dan dibuat dari bahan daun torbangun. Daun ini dipercaya sebagai bahan alami yang baik untuk meningkatkan produksi ASI, dan tanpa efek samping. Tidak hanya itu, selain meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI Anda, produk ini juga sangat pas untuk membantu memulihkan kesehatan serta meredakan nyeri baik ketika datang bulan, maupun pasca melahirkan.

Satu sasetnya pas untuk sekali minum, dengan isi serbuk ukuran 20 gram. Cara mengonsumsinya, Anda bisa seduh satu sachetnya dengan air panas 100 ml. Anda bisa juga menyajikannya dingin, atau diminum ketika hangat. Pilihan rasanya yang mantap, seperti red velvet, creamy matcha, mangga, tiramisu, choco Orea dan choco Banana tentunya menjadikan ibu lebih tertarik meminumnya.

Harga Rp. 7.000-31.005

Afis Life Susu Almond Plus Ekstrak Daun Katuk, Kurma dan Madu 200gr

Beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI antara lain daun katuk, madu dan kurma. Nah, produk satu ini yakni ASI Booster AFIS Life Susu ALmond plus ekstrak daun katuk, kurma dan madu adalah pilihan yang tepat.

Produk ini mengandung AA-DHA, dan segala kebaikan daun katuk, kurma dan madu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Dengan bahan yang alami serta asli, maka rasanya juga nikmat dan tidak eneg ketika dikonsumsi. Bentuknya serbuk, namun sangat halus, jadinya ketika diseduh tidak mengendap.

Tidak hanya itu, pilihan rasanya juga banyak, mulai dari rasa asli (original), Belgian Chocolate, Korean Strawberry, dan Tropical Banana yang tentunya disukai oleh ibu. Bahannya semua alami, tanpa bahan kimia, pengawet dan juga gula. Makanya, produk satu ini sangat aman, dan ASI yang diproduksi juga sangat aman bagi bayi.

Harga Rp. 35.500-75.000

Mama Bear teh Pelancar ASI

Bagi ibu-ibu yang gemar minum teh, maka pilihan produk satu ini sangat pas untuk Anda. Produk yang direkomendasikan adalah Mama Bear Teh Pelancar ASI. Berbeda dengan teh biasa, teh ini tidak mengandung caffein.

Teh pelancar ASI satu ini setiap box-nya berisi 20 kantong teh, dengan total berat produk 60 gram. Dibuat dari bahan yang alami 100 persen, sehingga sangat aman bagi ibu. Tanpa efek samping namun sangat tepat untuk meningkatkan produksi ASI menjadi lebih lancar dan berkualitas.

Cara mengonsumsinya juga sangat mudah. Anda tinggal menyeduh teh dengan air mendidih sekitar 200 hingga 300 ml. Diamkan hingga setengah jam, atau hingga warna tehnya menjadi pekat. Produk ini juga aman bila Anda campurkan dengan gula, atau madu bagi penggemar rasa manis.

Harga Rp. 32.900-104.900

Herbilogy Breastfeeding Tea

Produk berikutnya adalah Herbilogy Breastfeeding Tea for Breastmilk Booster. Teh yang sangat baik untuk meningkatkan produk ASI satu ini dibuat dari bahan daun teh hitam 1600 mg, daun katuk 400 mg dan biji klabet 50 mg, ditambah lagi dengan vanila 10mg. Itu merupakan komposisi per satu kantong teh.

Satu kotak, berisi 20 kantong teh berbahan alami tersebut. Dengan bahan-bahan yang 100 persen alami, pengolahan dengan teknologi mutakhir, serta tidak ada campuran bahan kimia menjadikan produk satu ini sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Lebih amannya lagi, produk satu ini juga sudah terdaftar di BPOM sebagai produk yang aman untuk kesehatan. Ditambah lagi, produk ini juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, jadi Anda tidak perlu ragu lagi mengonsumsinya.

Harga Rp. 98.000-58.000

Calsi Asi Booster

Produk yang direkomendasikan berikutnya adalah Calsi ASI Booster. Produk ini sangat pas bagi ibu yang memiliki masalah dengan ASI, seperti kurang pekat, volumenya sedikit dan payudara bentuknya menjadi tidak kencang.

Untuk memperbanyak ASI, maka diperlukan perawatan payudara yang baik, serta mengurangi stress karena tekanan tertentu, atau sibuk bekerja ketika sedang menyusui. Atau, bisa juga meski sudah diberi ASI, namun berat badan bayi tak kunjung naik, menjadi susah tidur, selalu lapar dan rewel serta masalah lainnya.

Maka mengonsumsi Calsi ASI Booster bisa menjadi solusinya. Tidak hanya meningkatkan jumlah ASI, tapi produk ini juga sangat tepat untuk memperbesar dan memperindah bentuk payudara yang menjadi longgar pasca melahirkan. Ditambah lagi, Anda juga bisa mengonsumsinya sebelum melahirkan, agar proses persalinan menjadi lebih lancar.

Harga Rp. 27.500-45.000

LACTAMOND Susu Pelancar ASI

Produk selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan juga adalah Lactamond Original Susu Pelancar ASI Booster 3 Rasa. Produk satu ini sangat tepat untuk meningkatkan kualitas ASI, sekaligus menjadikannya lebih kental dan lancar keluarnya. Tidak hanya itu, kelebihan lainnya adalah produk ini sudah mendapatkan sertifikasi halal, serta keamanannya terjamin.

Bagi ibu yang memiliki produksi ASI sedikit, atau kurang kental, maka Lactamond Booster ASI menjadikan kualitas ASI menjadi lebih baik, serta lebih berlimpah dibanding sebelumnya. Produk ini dibuat dari bahan berbagai jenis kacang-kacangan seperti almond, kedelai jepang, kacang merah, kacang hijau, soya organik dan sebagainya yang berdampak baik bagi kualitas dan kuantitas susu ibu.

Ditambah lagi, rasanya juga lezat dan ada pilihan rasa. Cara mengonsumsinya adalah seduh 2 hingga 3 sendok makan Lactamond dengan air hangat, atau air panas, lalu aduk sampai merata. Anda bisa mengonsumsinya baik panas maupun dingin, juga dengan ditambahkan gula bagi yang suka rasa manis.

Harga Rp. 37.000-111.000

Asigen Susu Almond dengan Kolagen

Produk berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Asigen Susu Almond Pelancar ASI dengan Kolagen. Seperti namanya, produk satu ini merupakan susu yang bisa memperlancar ASI dan meningkatkan kualitasnya dengan tambahan kolagen.

Marine collagen yang ditambahkan ke dalamnya tidak hanya memberikan nutrisi bagi bayi Anda lewat ASI, tapi juga menutrisi kulit ibunya, jadi lebih kencang dan cantik. Kandungan dari bahan Raw Almond alami yang diimpor dari California, tanpa dipanggang, menjadikan produk ini sangat aman dan tanpa efek samping.

Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu mendukung peningkatan sel dan jaringan tubuh. Jadinya, ketika dikonsumsi sebelum melahirkan, juga dapat membantu pertumbuhan janin. Ditambah lagi, biasa pasca melahirkan kulit ibu akan jadi kendor, maka produk satu ini sangat pas untuk membantu mengencangkan kembali kulit ibu.

Harga Rp. 42.000-63.000

Lactamam

Ingin yang lebih praktis, Anda bisa mempertimbangkan Lacatamam Kaplet. Produk ini merupakan kaplet penambah produksi ASI, yang tentunya bisa menjadi pilihan bagi yang ingin praktis dan tidak menyeduh atau minum cairan.

Satu box-nya berisi 60 kaplet yang bisa Anda konsumsi secukupnya. Bahan-bahan yang digunakan adalah trigonella foenum - graecum seed extra 600 mg, sauropus androgynus 100 mg dan bahan alami lainnya. Anda bisa minum 3 kali sehari per 2-3 kaplet untuk produksi ASI yang maksimal.

Tidak hanya itu, kandungan B12 di dalamnya menjadikan produksi ASI menjadi lebih banyak, juga berkualitas. Jadinya, membantu tumbuh kembang bayi Anda dengan baik. Meski demikian, ada baiknya Anda mengikuti petunjuk dokter atau ahli kesehatan sebelum mengonsumsi produk satu ini. Sebab, penderita diabetes, gula darah rendah, asma dan darah tinggi sebaiknya menghindari produk yang satu ini.

Harga Rp. 32.000-180.000

Unisoy

Berikutnya ada UniSoy Soy Milk Sugar Free. Produk dari Singapura satu ini merupakan minuman susu berbahan kacang soya 90 persen, dengan tambahan fructooligosaccharide, kacang soya lecithin dan kalsium karbonat. Produk ini juga tidak menambahkan gula dalam produknya sehingga aman dikonsumsi kapan saja.

Setiap satu box-nya berisi 8 sachet dengan total berat 300 gram.Selain membantu produksi ASI untuk ibu, produk ini juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol, serta diabetes. Lebih aman lagi, karena tidak ada perasa, pewarna dan pengawet buatan dalam produk ini untuk kenyamanan Anda.

Produk satu ini juga rendah lemak, serta tidak mengandung laktosa. Jadinya, sangat aman bagi Anda yang punya masalah lambung. Cara mengonsumsinya juga tinggal masukkan dalam air segelas, lalu aduk hingga merata. Anda bisa mengonsumsinya dalam kondisi dingin ditambah es batu, atau panas.

Harga Rp. 65.000-78.000
From our editorial team

Produksi ASI Melimpah, Kebutuhan Bayi Terpenuhi

Sangat penting menjaga produksi ASI tetap banyak bagi seorang ibu menyusui. Sebab, kebutuhan bayi terhadap ASI akan terus meningkat seiring bertumbuhnya usia. Jadinya, Ibu tentunya mesti terus meningkatkan produksi ASI dengan dukungan makanan bergizi serta suplemen dan minuman yang direkomendasikan BP-Guide di atas. Anda bisa mempertimbangkan salah satu dari produk di atas sebagai bahan pertimbangan bagi Anda.

Tag