Yuk, Cek Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir Lengkap Beserta Fungsi dan Rekomendasi Produknya! (2020)

Yuk, Cek Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir Lengkap Beserta Fungsi dan Rekomendasi Produknya! (2020)

Menyambut kelahiran si kecil adalah hal paling membahagiakan bagi orang tua. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala kebutuhan si kecil dengan baik, ya. Berikut BP-Guide akan memberikan rekomendasi produk apa saja yang dibutuhkan bayi baru lahir beserta fungsinya.

Tanggal Persalinan Sudah Dekat? Jangan Lupa Siapkan Kebutuhan Bayi Baru Lahir Lebih Dulu

Sumber gambar motherandbaby.co.uk

Tidak ada ibu yang tidak bahagia menyambut kehadiran sang buah hati. Menjelang hari kelahiran yang semakin dekat, berbagai kebutuhan bayi harus segera terpenuhi. Agar tidak ada yang terlewat, ibu harus menyiapkan checklist tersendiri, berisi barang-barang apa saja yang harus dibeli. Jangan lupa bahwa bayi juga tumbuh dengan sangat cepat.

Meski ibu sangat bahagia dengan kedatangan si kecil, jangan berlebihan dalam berbelanja perlengkapan ya. Barang-barang seperti popok dan baju akan cepat kekecilan. Agar tidak mubadzir karena hanya terpakai sebentar (atau malah banyak baju yang belum sempat terpakai), beli saja secukupnya.

Namun hal-hal yang penting seperti handuk dan waslap lembut akan dibutuhkan hingga si kecil tumbuh besar nanti. Perlengkapan lain seperti tempat tidur bayi, guling, bantal, dan selimut juga tidak boleh terlewat lho. Perhatikan juga baju-baju tebal seperti jaket dan cardigan untuk menjaga bayi agar tetap hangat dan tidur dengan nyenyak.

Tips Membeli Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Beli dari Jauh Hari Sebelum Waktu Melahirkan

Sumber gambar parents.com

Persiapan kelahiran tidak bisa dilakukan secara mendadak. Ketika kehamilan sudah memasuki usia 7 bulan, ibu bisa mulai mempersiapkan berbagai macam kebutuhan si kecil. Utamakan baju-baju, popok, hingga perlengkapan seperti handuk, lap, alat mandi, serta kaus kaki, dan topi.

Keperluan untuk ibu juga tidak boleh terlewat. Terutam yang berhubungan dengan si kecil. Misalnya seperti pompa ASI, botol susu, dan alat sterilisasi botol. Ibu juga butuh pakaian khusus untuk menyusui.

Jangan berbelanja keperluan bayi terlalu dekat dengan prediksi tanggal kelahirannya. Jika berbelanja mendadak, dikhawatirkan akan banyak hal yang terlewat. Tentunya ibu ingin memberikan yang terbaik untuk sang buat hati bukan? Berbelanja untuk keperluan bayi bisa dimulai setelah calon ibu dan ayah mengetahui jenis kelamin si kecil.

Jangan Membeli Terlalu Banyak Baju

Calon ibu baru, terutama yang baru menyambut si kecil untuk kali pertama, sangat rawan lapar mata saat berbelanja. Tidak bisa menahan diri melihat perlengkapan bayi yang lucu sehingga tidak memperhitungkan kebutuhan saat membelinya. Akibatnya, banyak yang tidak terpakai dan menjadi mubadzir.

Agar tidka berlebihan sata berbelanja, sebaiknya buat dulu daftar jenis-jenis baju yang akan dibeli dan berapa jumlahnya. Bayi yang baru lahir biasanya cepat besar, sehingga mereka akan membutuhkan baju yang ukurannya lebih besar lagi hanya dalam beberapa bulan saja. Sayang sekali kalau kebanyakan membeli bukan?

Yang terpenting harus dimiliki bayi adalah baju lengan pendek dan panjang, kaus, celana, jaket, pakaian tidur, selimut, kaus kaki dan topi. Tidak perlu membeli terlalu banyak, yang penting semuanya terpakai.

Cuci Baju Terlebih Dahulu

Salah satu tujuan mempersiapkan barang-barang bayi sejak jauh-jauh hari adalah agar perlengkapan si kecil bisa dicuci terlebih dahulu. Jangan langsung memakaikan baju baru pada si kecil. Baju tersebut mungkin masih ditempeli banyak debu dan kotoran sehingga bisa menyebabkan iritasi kulit.

Cara mencuci baju dan perlengkapan bayi juga tidak boleh sembarangan. Setiap baju memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Sebaiknya ikuti langkah-langkah perawatan seperti yang ada pada label baju. Baca dengan seksama suhu air yang disarankan, jenis deterjen, hingga boleh atau tidaknya disetrika.

Ibu juga harus memisahkan baju dan perlengkapan. Misalnya tidak mencampur popok kain dengan baju yang lain. Jenis deterjen juga harus yang ramah dengan kulit bayi, tidak mengandung pewangi buatan yang berbahaya dan menyebabkan iritasi kulit. Saat menjemur, hindari terik matahari langsung agar tidak merusak kualitas bahan kain pakaian.

Siapkan Checklist Barang

Setelah perlengkapan bayi siap, ibu juga harus memperhatikan kebutuhannya menjelang persalinan. Beberapa hal penting yang harus dipersiapkan antara lain adalah baju ganti, alat mandi, pakaian dalam, bra menyusui, ikat rambut, korset, alas kaki yang nyaman, hingga make up! Tuliskan semua perlengkapan ini dalam checklist untuk memastikan tidak ada satupun yang tertinggal.

Persiapkan juga kebutuhan bayi di rumah sakit seperti set pakaian lengkap, alat mandi dan perawatan bayi, selimut, popok, hingga kereta dorong. Semua perlengkapan ini hendaknya dipersiapkan sejak bulan ke-8 atau memasuki bulan ke-9 sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kontraksi dan tiba saatnya melahirkan semua perlengkapan sudah siap.

10 Kebutuhan Bayi Baru Lahir dan Rekomendasi Produknya

Stroller

Sebagian besar bayi yang baru lahir lebih mudah tertidur saat diajak berjalan-jalan. Kalau harus menggendong si kecil terus-terusan, ibu pasti akan merasa sangat lela. Itulah mengapa stroller menjadi salah satu kebutuhan wajib buat bayi baru lahir. Bayi akan merasa nyaman, demikian juga dengan si ibu dan ayah.

Meskipun demikian, penggunaan stroller di masa-masa awal kehidupan di kecil biasanya masih sangat jarang, Gendongan dan sentuhan dari orang tua lebih mereka butuhkan untuk menjalin kedekatan. Tetapi tidak ada salahnya juga lho membeli stroller menjelang persalinan.

Stroller adalah kebutuhan jangka panjang yang masih bisa dipakai bahkan setelah bertahun-tahun. Ini juga akan memudahkan ibu dan ayah saat bepergian. Mendorong bayi dengan stroller memberikan kenyamanan saat harus bepergian dalam waktu lama.

Harga Rp. 5.575.000-7.247.500

Bantal Menyusui

Perlengkapan kedua yang dibutuhkan bayi adalah bantal menyusui. Bantal ini sama pentingnya dengan pompa menyusui itu sendiri. Tidak perlu menunggu jelang masa kelahiran, bantal menyusui bisa dibeli calon ibu sejak masa kehamilan untuk memberikan kenyamanan saat duduk atau tidur.

Saat menyusui, bantal ini bisa membantu membetulkan posisi bayi agar lebih pas dan nyaman. Untuk ibu yang melahirkan dengan cara operasi caesar, bantal menyusui bisa membantu masa pemulihan dengan cara memberi kenyamanan pada perut ibu.

Ketika sang anak sudah agak besar, bantal menyusui bisa dipakai untuk membantunya duduk dan tummy time. Serbaguna sekali bukan?

Bantal donat dengan model U yang unik ini bisa digunakan untuk menyangga tubuh di si kecil selama menyusui. Ibu dan bayi pun akan merasa nyamans elama kegiatan tersebut. Saat usianya sudah 6 bulan, bantal ini bisa alih fungsi menjadi sandaran duduk si kecil.

Tersedia dalam 4 pilihan varian menarik yaitu swan pink, unicorn, blue swan, dan tosca rabbit. Sarung bantal bisa diganti dan dicuci.

Harga Rp. 81.181-336.000

Handuk Bayi

Jangan sembarangan memilih handuk untuk si kecil. Kulit bayi sangat sensitif sehingga rawan terhadap iritasi. Pilih handuk lembut yang bersahabat untuk kulit bayi. Handuk yang terbuat dari kain katun atau flanel yang lembut. Kain campuran nilon juga baik untuk kulit bayi lho.

Tidak perlu digosok-gosok, cukup tekan-tekan lembut saja untuk menyerap air di kulti bayi sehabis mandi. Handuk bayi multifungsi ini bisa digunakan sebagai celemek saat memandikan si kecil.

Dengan demikian, tangan ibu bisa bebas bergerak dan tidak perlu khawatir bayi akan tergelincir. Bathrobe yang satu ini juga dilengkapi dengan tudung kepala yang lucu dengan karakter-karakter menggemaskan.

Satu set produk terdiri dari handuk, bibs, wascloth. Jadikan kegiatan memandikan bayi semakin mudah dan menyenangkan dengan handuk yang lucu ini.

Harga Rp. 140.000-193.100

Perlengkapan Mandi Bayi

Sejak hari pertama kehidupannya, bayi sudah membutuhkan peralatan mandi. Berbagai item ini termasuk yang harus dipersiapkan oleh calon orang tua baru. Pastikan ibu dan ayah sudah berbelanja sabun bayi, sampo bayi, bak mandi bayi, hingga mainan saat mandi.

Toiletries gift set dari Pigeon ini bisa jadi pilihan yang tepat. Semua produknya dilengkapi dengan formula hypoallergenic yang bisa merawat kulit bayi dan amat untuk kulit mereka yang sensitif. Satu set terdiri dari baby wash, baby oil, baby cologne, baby hair lotion, baby cream, washlap, hingga compact powder.

Harga Rp. 127.710-157.000

Alat Steril

Jangan lupa persiapkan juga alat sterilisasi buat bayi. Alat ini bisa digunakan untuk mensterilkan botol susu, botol penyimpanan ASI, teether, alat makan, dan masih banyak lagi agar terbebas dari bakteri.

Peralatan bayi ini bisa juga dibersihkan dengan cara konvensional, yaitu merebusnya di air mendidih. Namun alat yang satu ini lebih praktis digunakan oleh para ibu muda.

Teknologi alat sterilisasi dari Acquassimo ini dikembangkan dengan teknologi modern di Jepang, kemudian dibuat dengan bahan baku 100% dari Korea. Keamanan dan kualitas produk tidak perlu diragukan lagi. Produk ini sudah diekspor hingga ke seluruh Asia, Eropa, hingga Amerika.

Mampu membunuh kuman dan bakteri hingga 99,9%. Tidak mengandung bahan kimia, alkohol, pengawet, dan pewangi. Aman untuk mencuci peralatan bayi baru lahir dan bisa menghilangkan bakteri hanya dalam hitungan detik saja.

Harga Rp. 248.000-349.000

Botol Susu

Botol susu yang baik untuk baik adalah yang terbuat dari bahan bebas BPA. Perhatikan juga nomor yang ada di bawah kemasan botol.

Pastikan botol susu yang dipilih memiliki kode 2 atau 5, dan hindari memilih botol dengan kode 7 yang banyak mengandung BPA dan sangat berbahaya untuk bayi.

Selain itu, jangan mencuci botol susu bayi dengan cara merebusnya agar bahan kimia pembuat plastik tidak ikut terurai dan tercampur dengan air susu bayi. Pilih botol susu yang bentuknya bersahabat buat bayi.

Seperti botol bayi dari Avent yang satu ini. Bentuk dot didesain sesuai dengan langit-langit mulut bayi agar si kecil semakin nyaman menggunakannya. Dot terbuat dari bahan silikon lembut, bentuk botolnya mudah digenggam.

Selain itu, lekukan dot dapat merangsang gerakan menghisap alami bayi. Botol tersedia dalam berbagai ukuran, sesuai dengan usia bayi.

Harga Rp. 58.000-88.000

Kelambu

Kelambu atau mosquito net akan menambah kenyamanan si kecil saat tidur dan membuatnya lebih nyenyak. Selain itu, model kelambu yang cantik juga bisa menambah keindahan dekorasi lho.

Kelambu tidur memiliki bentuk yang desain yang beragam. Adan yang digantung mirip lonceng, berbentuk persegi dengan 4 tiang atau pilar, serta kelambu tidur yang bisa dibawa bepergian. Ada juga kelambu yang bisa dilepas pasang dengan mudah. Inilah model yang paling nyaman untuk si kecil.

Kelambu kolong anti nyamuk ini hadir dengan bentuk mirip tudung saji yang mudah digunakan. Cukup letakkan di atas bayi saat si kecil sedang tidur untuk melindunginya dari gigitan nyamuk. Kelambu tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik yang lucu dan menggemaskan.

Harga Rp. 25.900-57.000

Tempat Tidur Bayi

Meski bukan kebutuhan utama, bayi wajib memiliki tempat tidur sendiri. Dengan demikian, bayi bisa istirahat dengan nyaman, demikian pula dengan orang tuanya. Pastikan tempat tidur bayi atau baby crib memiliki pengaman untuk mencegah bayi terjatuh dari tempat tidurnya.

Tempat tidur bayi buatan Hakari ini terbuat dari 100% bahan kayu us yang solid tanpa campuran apapun. Ranjang bayi ini berukuran 136 x 80 x 105 cm dengan kasur setebal 70 x 130 dengan tebal 2,5 cm. Tersedia dalam pilihan warna putih, natural, dan mahogani.

Pembatas ranjang bisa diturunkan dengan mudah hanya dengan 1 tahun saja. Bahan cat-nya telah teruji bebas racun sehingga sangat aman untuk sang buah hati.

Harga Rp. 2.769.100-3.830.670

Topi Bayi

Keperluan wajib lainnya yang harus dimiliki oleh bayi adalah topi. Pada bayi, topi bukan sekedar aksesori, tetapi penghangat untuk kepalanya. Namun ibu juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melepaskan topi dari kepala si kecil. Misalnya saat suhu dan cuaca sedang panas, tidak perlu memaksakan bayi untuk memakai topi lho.

Topi tali dari Libby ini hadir dalam berbagai varian warna menarik seperti pink, kuning, hijau, dan biru. Warna-warnanya yang cerah tentu membuat bayi akan terlihat semakin menggemaskan. Topi seukuran bayi baru lahir atau newborn ini terbuat dari bahan katun berkualitas yang aman dan nyaman buat si kecil.

Harga Rp. 12.000-25.000

Diaper Cream

Ruam kulit akibat popok adalah kejadian yang sangat sering dialami oleh bayi baru lahir. Kulit bayi yang masih tipis dan sensitif membuatnya sangat sensitif dengan bahan kain atau kapas pembuat popok. Namun masalah ini bisa diatasi dengan krim penghilang ruam kulit bayi.

Cussons Baby Cream ini diformulasikan khusus untuk menyejukkan dan menenangkan kulit bayi serta melindungi kulit bayi. Aromanya yang harum membuat bayi lebih wangi sepanjang hari. Krim ini tidak lengket di kulit bayi, terbuat dari bahan yang alami dan aman, diperkaya kandungan susu yang bisa merawat dan menutrisi kulit bayi.

Tersedia dalam 3 varian berbeda yaitu biru (mild & gentle), pink (soft & smooth), dan ungu (fresh & nourish). Krim ini telah teruji secara dermatologi dengan formula aman dan ringan untuk kulit sensitif bayi.

Harga Rp. 17.500-21.000

Potongan Kuku Bayi

Si kecil harus punya gunting kuku sendiri, berbeda dengan gunting kuku dewasa yang dipakai oleh orang tuanya. Ini karena ukuran produknya sudah disesuaikan dengan kebutuhan si kecil, serta terbuat dari bahan-bahan yang lebih aman untuk mereka.

Dapatkan satu set produk perawatan kebersihan bayi untuk menjaga kesehatan mereka. Barang yang terbuat dari bahan berkualitas ini ramah lingkungan dan aman untuk anak-anak. Selain gunting kuku, ada juga aspirator hidung untuk meredakan hidung bayi yang tersumbat. Ukurannya praktis dan mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 52.000-140.000

Minyak Telon

Jaga bayi agar tetap hangat dengan mengoleskan minyak telon setiap hari sehabis si kecil mandi. Minyak telon juga bisa membantu mengatasi masalah pernapasan pada bayi, meringankan kejang otot, hingga meredakan perutnya yang kembung. Bayi akan tidur lebih nyenyak, tubuhnya lebih rileks, dan tidak rewel.

Minyak telon plus dari My Baby diformulasikan khusus untuk membuat badan mereka tetap hangat. Aroma harumnya khas, membuat si kecil senantiasa wangi sepanjang hari. Minyak telon ini juga menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk selama 8 jam, membuat tidur bayi semakin nyenyak.

Minyak telon ini juga memiliki kandungan citronella oil (minyak sereh) dan chamomile oil. Minyak ini bisa digunakan bayi setiap saat.

Harga Rp. 18.900-29.600
From our editorial team

Periksa Kembali Catatannya, Jangan Sampai Ada yang Terlewat

Sebelum membeli berbagai keperluan bayi sesuai rekomendasi BP-Guide di atas, cek berulang kali daftar belanjaan yang sudah dibuat agar tidak ada yang terlewat. Persiapkan dengan baik semua perlengkapan untuk kelahiran si kecil dan selamat menjalani peran baru sebagai orang tua!