Serba-serbi Penting Perlak Bayi dan 10 Rekomendasi Perlak Berkualitas yang Aman untuk Buah Hati (2020)

Serba-serbi Penting Perlak Bayi dan 10 Rekomendasi Perlak Berkualitas yang Aman untuk Buah Hati (2020)

Perlak sudah menjadi kebutuhan dasar bayi baru lahir hingga beberapa bulan masa pertumbuhannya. Perlak bayi yang umum dikenal sebagai alas tidur untuk melindungi kasur dari rembesan ompol ternyata memiliki banyak fungsi yang penting untuk Anda ketahui. Yuk, simak infonya lebih lanjut dan dapatkan rekomendasi perlak bayi yang bagus, berkualitas, serta aman untuk kesehatan bayi.

Perlak Bayi Selalu jadi Perlengkapan yang Wajib Dimiliki

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Menyambut kedatangan buah hati ke dunia menjadi hal yang paling membahagiakan bagi orang tua. Mendekati hari H persalinan, berbagai perlengkapan dan kebutuhan si kecil pun sudah mulai dipersiapkan. Mulai dari kebutuhan dasar dan pokok hingga berbagai kebutuhan penunjang lainnya.

Salah satu yang masuk dalam kebutuhan dasar bayi baru lahir adalah perlak atau alas ompol. Dari dulu hingga sekarang, perlak selalu menjadi kebutuhan dasar bayi yang tak boleh dilewatkan.

Perlak berguna untuk menjaga kasur agar tidak basah dan kotor oleh ompol dan BAB bayi. Selain itu perlak juga dapat membuat bayi lebih nyaman saat tidur. Nah, apakah Anda sudah memasukkan perlak dalam daftar belanjaan kebutuhan si kecil yang sebentar lagi akan lahir?

Apa Saja Fungsi Perlak Bayi?

Alas Ompol

Sumber gambar www.blanja.com

Salah satu fungsi perlak yang sudah umum diketahui adalah sebagai alas ompol. Perlak terbuat dari bahan tahan air sehingga tidak akan basah atau tembus terkena air atau ompol bayi.

Karena itu perlak selalu digunakan sebagai alas tidur sehingga kasur atau matras tidak basah oleh ompol bayi. Tidak hanya itu saja, perlak juga kerap digunakan sebagai alas untuk mengeringkan badan bayi setelah mandi. Bahkan perlak juga dapat menjadi alas saat memandikan bayi.

Mempermudah Orangtua untuk Tahu Saat Bayi BAK dan BAB

Sumber gambar www.appletreebsd.com

Perlak yang terbuat dari bahan microfiber yang tidak menyerap air ini selain melindungi kasur dari kotor dan bau karena kotoran si kecil, juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui apakah si kecil buang air atau tidak.

Seperti yang Anda tahu, bayi akan lebih sering buang air kecil sehingga jika tidak memakai popok, ompol si kecil akan merembes ke kasur dan membasahinya.

Karena itulah, perlak juga akan mempermudah pekerjaan Anda karena tidak perlu mengganti matras atau kasur dan Anda pun tidak perlu sering mencuci kasur bayi jika terkena ompol atau BAB si kecil.

Mengurangi Ruam Akibat Pemakaian Popok

Sumber gambar www.alodokter.com

Memakaikan popok pada bayi agar ia dapat tidur nyenyak dan pipisnya tidak membasahi kasur memang banyak menjadi pilihan. Namun, jika bayi dipakaikan popok secara terus menerus bisa menimbulkan iritasi dan ruam-ruam merah pada kulit bayi. Hal ini dikarenakan kondisi lembap yang terlalu lama dan sering saat memakai popok.

Dan saat bayi tidak dipakaikan popok, maka perlak akan melindungi kasur dari rembesan ompol bayi. Walau demikian, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan perlak karena perlak yang terkena kotoran si kecil jika tidak dibersihkan dengan baik dapat memicu infeksi dan ruam pada kulit bayi.

Tips Memilih Perlak Bayi

Berasal dari Merek Tepercaya

Sumber gambar www.bayibunda.com

Memilih perlak untuk alas tidur bayi juga tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan kualitas perlak yang akan digunakan oleh bayi. Pastikan perlak yang Anda pilih bebas dari kandungan zat berbahaya yang bisa memicu iritasi dan mengganggu kesehatan si kecil.

Agar lebih aman, Anda bisa membeli perlak bayi dari merek ternama yang sudah dijamin kualitasnya. Sebaiknya Anda mempersiapkan perlak bayi minimal 2 lembar agar bisa diganti jika yang satunya kotor dan dicuci.

Memiliki Ukuran yang Cukup Besar

Sumber gambar www.tokopedia.com

Selain kualitas perlak, Anda juga harus perhatikan ukuran perlak yang akan dibeli. Perlak bayi dijual dalam beberapa ukuran, ada yang besar dan ada yang kecil. Sebaiknya Anda memilih perlak yang berukuran cukup lebar agar bisa melindungi kasur dengan maksimal tapi tidak pula terlalu besar agar mudah untuk dibawa-bawa.

Pilih yang Tahan Air

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Perlak termasuk alas multifungsi karena selain sebagai alas tidur dan alas mandi, perlak juga bisa menjadi alas bayi saat didudukkan atau ditidurkan di lantai. Meski perlak umumnya terbuat dari bahan tahan air, namun perlak dari bahan yang kurang bagus tetap saja masih bisa tembus. Karena itu, pastikan pula perlak terbuat dari bahan yang bagus dan berkualitas sehingga tahan air dan tidak tembus ke bawah.

Terbuat dari Bahan yang Aman

Sumber gambar rababyshop.com

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan saat membeli perlak adalah memilih perlak yang nyaman untuk kulit bayi. Yakni perlak yang permukaannya halus dan lembut serta terbuat dari bahan yang aman.

Bahan yang umum digunakan untuk membuat perlak adalah polyethylene vinyl acetate (PEVA), vinyl (PVC), Ethylene vinyl acetate (EVA), dan polyurethane. Namun bahan perlak yang paling aman untuk bayi adalah polyurethane. Jika Anda ragu, akan lebih baik lagi jika Anda membeli perlak yang telah berlabel SNI.

10 Rekomendasi Perlak Bayi yang Bagus untuk Buah Hati

Drypad Cuddle Me

Drypad Cuddle Me memiliki permukaan yang halus karena terbuat dari bahan micro polar fleece sehingga dapat membuat bayi nyaman. Bagian dalamnya terbuat dari bahan polyurethane yang kuat dan tidak bocor.

Sementara lapisan paling bawah dari bahan poly woven yang lembut dan tidak menimbulkan suara gemerisik saat dipindahkan. Perlak untuk bayi ini aman digunakan karena bersifat nonallergenic. Pada sekeliling pinggiran perlak juga memiliki desain yang cantik.

Bahannya yang tipis dan ringan membuat perlak ini juga mudah untuk dibawa bepergian. Perlak bayi multifungsi ini berukuran 70 x 100 cm dengan perawatan yang mudah dan dapat dicuci dengan mesin cuci.

Harga Rp. 70.000-335.000

Perlak Bayi Waterproof Sugar Baby

Perlak Bayi Waterproof Sugar Baby hadir dalam berbagai pilihan motif yang lucu-lucu dengan ukuran 90 x 60 cm. Keamanan dan kualitas bahan perlak terjamin karena telah bersertifikasi Eropa EN 71-3.

Perlak didesain khusus untuk melindungi bayi dari paparan bahan kimia berbahaya dan bebas BPA karena terbuat dari 100% karet alami.

Perlak ini kuat karena dibuat double layered dan pastinya waterproof. Untuk mencegah perlak lengket saat dikemas, maka perlak pun dilapisi tepung jagung yang aman untuk kesehatan.

Harga Rp. 63.000-68.000

Little Palmerhaus Wonderpad Perlak Bayi

Little Palmerhaus Wonderpad Perlak Bayi memiliki keunggulan yaitu tahan air, higienis, non-alergi, dan bebas dari zat warna beracun yang bisa membahayakan kesehatan si kecil.

Perlak ini terbuat dari bahan fleece yang ringan dan lembut serta bagian belakang yang didesain antislip.

Perlak ini selain memberikan perlindungan terhadap rembesan cairan, juga bersifat antijamur, antitungau, dan antibakteri. Bahkan perlak bayi ini juga cocok digunakan untuk orang tua lanjut usia.

Harga Rp. 65.000-89.000

Perlak Bayi Mothercare

Perlak Bayi Mothercare hadir dengan berbagai motif yang lucu dan menggemaskan. Ukurannya 90 x 60 cm. Bagian atas perlak berbahan katun yang nyaman dan tidak panas sehingga membuat bayi dapat tidur dengan nyenyak tanpa rewel.

Sementara bagian bawahnya terbuat dari bahan waterproof yang mencegah rembesan ompol bayi mengenai kasur. Perlak ini ringan dan mudah dicuci serta lebih cepat kering. Anda mudah membawanya bepergian dan dapat juga menggunakannya sebagai alas stroller maupun boks bayi.

Mothercare merupakan retailer produk ibu dan anak-anak yang sudah dipercaya banyak keluarga lebih dari 50 tahun. Kini, Mothercare sudah ada di 55 negara dengan jumlah toko lebih dari 1200 toko. Di Indonesia sendiri, Mothercare sudah ada sejak tahun 2005 lalu.

Harga Rp. 49.500-79.300

Carter Perlak Bayi Waterproof

Carter Perlak Bayi Waterproof menjadi alas multifungsi yang dapat digunakan sebagai alas tidur, alas ompol, alas tempat mengganti popok, alas mandi, dan alas setelah mandi.

Perlak bayi ini bagian atasnya terbuat dari bahan flanel yang adem sehingga membuat bayi merasa nyaman. Pada bagian bawahnya berbahan seperti karet yang waterproof. Perlak berukuran 75 x 120 cm / 76 x 115 cm ini juga mudah untuk dibawa travelling.

Harga Rp. 58.500-59.500

Snuggle Perlak Ondo Waterproof by Crown Baby

JIika Anda membutuhkan perlak bayi yang mudah dibawa bepergian, Snuggle Perlak Ondo Waterproof by Crown Baby bisa menjadi pilihan. Perlak berukuran 90 x 60 cm dan mudah untuk dilipat. Bahan perlak dari karet berkualitas super dan dirancang khusus untuk membuat bayi tetap nyaman di atasnya.

Perlak dengan lapisan ganda ini tidak mudah robek, waterproof, BPA free, dan bebas dari kandungan zat-zat berbahaya. Untuk perawatan agar perlak awet, jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung dan cucilah perlak menggunakan sabun yang lembut.

Harga Rp. 60.000-90.250

Perlak Bayi Waterproof Happy Day

Perlak Bayi Waterproof Happy Day merupakan produk best seller yang cocok digunakan oleh bayi hingga lansia. Perlak ini terbuat dari bahan microfiber yang waterproof dengan permukaan halus dan tidak panas. Lapisan atas perlak mampu menyerap air dengan cepat dan lapisan bawah mencegah cairan tembus ke kasur.

Perlak berukuran 75 x 75 cm ini akan membuat bayi Anda tetap terlelap dan tidur dengan nyenyak dan nyaman karena tidak akan menimbulkan bunyi gemerisik. Kelebihan perlak ini adalah antitungau dan antialergi sehingga aman untuk kesehatan.

Harga Rp. 25.500-67.000

Baby Bee Reversible Waterproof Layers

Baby Bee Reversible Waterproof Layers akan membuat bayi Anda tetap kering selama tertidur meskipun ia mengompol. Pelindung matras berukuran 88 x 75 cm ini terdiri dari 2 sisi yang terbuat dari bahan katun jersey dan katun flanel. Pastinya perlak ini juga aman untuk kulit bayi yang masih sangat lembut dan sensitif.

Alas multifungsi ini melindungi kasur dari kotor dan basah yang cocok dijadikan sebagai alas stroller, alas tidur, alas mengganti popok, dan alas untuk mengeringkan badan bayi setelah mandi. Perlak ini ringan dan awet serta mudah untuk dibersihkan.

Harga Rp. 189.000-264.140

Parklon Double Side Prime Mat

Parklon Double Side Prime Mat merupakan perlak bayi yang terbuat dari bahan PE (Polyethylene) yang aman. Bahan perlak juga non-phthalate, tidak beracun, bebas BPA, dan telah mendapat sertifikat keamanan SGS.

Bahan perlak sangat ringan dan tahan air dengan tekstur yang empuk sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Perlak berukuran 200 x 150 x 1,5 cm ini tidak hanya dapat digunakan untuk bayi, tapi juga untuk orang dewasa dan berbagai keperluan lainnya.

Harga Rp. 499.900-1.044.095

Baby Diapers Travel Matras Perlak Alas Ganti Popok Bayi Clutch F314

Baby Diapers Travel Matras Perlak Alas Ganti Popok Bayi Clutch F314 bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sering bepergian.

Baik sebagai alas untuk si kecil atau untuk keperluan lain karena perlak mudah dibawa dengan dibentuk seperti clutch lengkap dengan tali pendek yang mudah ditenteng.

Bahannya terbuat dari nilon yang antiair dan aman untuk kulit bayi. Pada bagian dalam perlak juga terdapat busa tipis untuk memberikan kenyamanan pada bayi di mana saja.

Harga Rp. 58.000-97.000
From our editorial team

Sudah Temukan Perlak Terbaik untuk Buah Hati?

Anda yang sebentar lagi akan menyambut kehadiran si kecil ke dunia, sudahkah mempersiapkan segala kebutuhannya? Termasuk perlak bayi? Dan pastikan perlak yang Anda pilih berkualitas bagus agar si kecil nyaman dan terlindung dari zat kimia berbahaya yang bisa saja terkandung dalam bahan perlak.