10 Rekomendasi Snack Bayi yang Aman dan Bernutrisi untuk Buah Hati Anda di 2019

10 Rekomendasi Snack Bayi yang Aman dan Bernutrisi untuk Buah Hati Anda di 2019

Melihat buah hati senang memang segalanya. Itu mengapa kesehatan buah hati perlu diperhatikan. Selain memenuhi asupan makanan sehari-hari, buah hati juga perlu tambahan asupan melalui makanan ringan, sama dengan orang dewasa. Tentu saja, snack untuk bayi berbeda dengan orang dewasa, terutama pada teksturnya. Penting sekali memerhatikan nutrisinya juga ketika memilih snack untuk bayi.

Bayi Butuh Nutrisi dan Asupan yang Lengkap untuk Memenuhi Tumbuh Kembangnya

Memiliki buah hati adalah impian dan salah satu momen penting yang dialami banyak ibu. Pada fase ini, biasanya para ibu jadi lebih berhati-hati terutama saat memberi asupan makanan serta minuman termasuk snack atau camilan. Bayi yang memasuki usia enam bulan umumnya telah diberi makanan pendamping air susu ibu alias MPASI dan tentu saja, ada banyak faktor yang harus diperhatikan.

Selain aspek higienitas, para ibu sebaiknya memilih makanan bayi secara cermat terutama dari segi gizi dan tekstur. Pastikan makanan yang akan dicerna memiliki asupan nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang baik serta dapat menunjang kesehatannya.

Untuk camilan bayi yang biasanya diberikan saat bayi berusia sembilan bulan ke atas, juga perlu perhatian khusus. Selain komposisi, ada baiknya para ibu memperhatikan tekstur kudapan karena camilan yang tepat juga dapat berpengaruh pada perkembangan gerak motorik bayi saat mengunyah. Berilah camilan dalam tekstur yang dapat melatih otot serta gigi mulut bayi tetapi tidak sampai terlalu keras yang dikhawatirkan dapat menyakitinya.

Snack Bayi Bisa Membantu Bayi Anda Mendapatkan Lebih Banyak Nutrisi

Camilan untuk bayi ternyata tidak selalu berkaitan dengan makanan ringan karena umumnya kudapan ini justru dapat membantu menunjang kesehatan serta membantu proses tumbuh kembang bayi. Camilan yang cocok dikonsumsi oleh bayi berusia enam bulan ke atas adalah buah-buahan yang umumnya disajikan dalam bentuk puree.

Snack pendamping lainnya seperti biskuit bayi juga bisa dijadikan pilihan jika bayi sudah bisa mengunyah dengan baik. Makanan ringan untuk bayi ini bisa jadi alternatif guna menghindarkan buah hati Anda dari kebosanan terhadap menu yang disajikan. Diharapkan, lewat variasi camilan alias snack, bayi bisa tetap atau bahkan lebih lahap makan makanan utama.

Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Snack Bayi yang Baik

Mudah Lembek di Mulut

Makanan ringan alias snack yang biasa dikonsumsi orang dewasa tentu berbeda dengan kudapan bagi bayi. Anda sebaiknya memilih camilan dengan tekstur yang mudah lembek sehingga dapat dikunyah lebih mudah dan lumer di mulit. Hal ini bisa menghindarkan gusi bayi dari risiko luka serta membuat bayi yang sedang belajar mengunyah dapat memroses makanan lebih nyaman. Camilan yang mudah lembek juga mencegah terjadinya risiko tersedak.

Kaya Nutrisi

Jangan abaikan label komposisi jika Anda memilih kudapan kemasan yang saat ini mudah ditemui di pasaran. Terlebih bagi bayi, maka Anda dianjurkan untuk memperhatikan beberapa hal mulai dari kandungan nutrisi serta gizi juga apakah makanan tersebut mengandung pewarna atau pengawet buatan.

Untuk camilan sehat dan segar, Anda bisa memilih buah. Namun, jika ingin variasi, Anda bisa memberikan snack dan upayakan agar camilan tersebut tetap mengandung gizi sehingga dapat menunjang kesehatan bayi. Pilih camilan yang mengandung zat gizi seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein, lemak serta omega-3 dan omega-6. Anda juga bisa memilih camilan homemade yang biasanya menggunakan pengawet serta pewarna alami.

Pilih yang Memang Khusus Buat Bayi

Tidak hanya pakaian atau peralatan makan yang memakai bahan aman bagi bayi, makanan ringan pun demikian. Anda sebaiknya memilih snack yang memang ditujukan untuk bayi dan dianjurkan membeli kudapan yang tidak mengandung rhodamin, formalin atau bahan berbahaya lainnya.

Pilih juga camilan rendah kalori dan gula untuk menghindari obesitas pada bayi. Meski bayi gemuk mungkin tampak lucu serta menggemaskan, Anda tetap harus berpegang pada prioritas kesehatan. Jika bayi Anda memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, maka cermatlah pada setiap bahan yang tercantum pada label kemasan snack.

Ukuran Pas di Tangan Kecilnya

Tumbuh kembang bayi membutuhkan pengajaran dari Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menunjang dengan memperkenalkannya pada benda-benda sekitar termasuk makanan. Bila selama ini Anda terbiasa menyuapi makanan utama, maka Anda bisa melatih buah hati menggenggam makanan dengan memberinya snack.

Pilihlah makanan yang ukurannya pas di tangan si kecil. Misalnya biskuit, maka pilihlah biskuit dalam ukuran kecil yang mudah dipegang serta dimasukkan ke dalam mulut. Selain mengenalkan makanan pada bayi, si kecil juga bisa berlatih memegang, menggenggam, dan belajar makan sendiri.

10 Rekomendasi Snack Bayi yang Banyak Disukai

Happy Baby Organic Puffs

Sumber gambar blibli.com

Anda pernah mendengar alergi bahan makanan atau kandungan tertentu? Nah, hal ini mungkin saja terjadi pada bayi Anda. Umumnya, ada bayi yang alergi terhadap buah tertentu, kacang-kacangan bahkan laktosa. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memberikan makanan ringan dengan bahan-bahan organik, misalnya seperti Happy Baby Organic Puffs Sweet Potato N Carrot Makanan Bayi ini.

Snack dikemas dalam botol yang mudah dibawa dengan kandungan bebas gluten. Kudapan ini cocok bagi bayi Anda yang alergi susu sapi atau gandum. Terbuat dari biji-bijian serta buah-buahan, snack ini diperkaya dengan kolin yang berperan dalam perkembangan otak bayi plus dilengkapi vitamin serta mineral. Bisa dipesan melalui Blibli seharga Rp 60.000 juga di Tokopedia dengan harga Rp 59.500.

Gerber Graduates Organic Puffs

Sumber gambar tokopedia.com

Saat melatih bayi untuk makan sendiri, sebaiknya Anda tetap memperhatikan guna menghindari risiko bayi tersedak. Jika biskuit kecil masih terlalu besar untuk ukuran tangan si kecil, Anda bisa memecahnya lagi menjadi beberapa bagian. Selain itu, guna memancing ketertarikannya, Anda bisa memberikan snack yang bentuknya lucu seperti Gerber Graduates Puffs Strawberry Apple Snack Bayi ini.

Camilan bayi ini hadir dalam rasa stroberi apel dan dilengkapi vitamin serta mineral. Dapat dijadikan MPASI dan mudah lumer di lidah juga bisa membantu tumbuh kembang si buah hati. Bisa dipesan di Blibli seharga Rp 66.000 dan varian rasa lainnya seperti Gerber Organic Puffs Apple dapat dipesan melalui Tokopedia dengan harga Rp 69.000.

Yummy Bites

Sumber gambar blibli.com

Snack bayi memiliki banyak manfaat selama Anda memberikannya secara tepat sesuai dengan porsinya. Camilan ini dapat memperkenalkan bayi Anda terhadap makanan padat dan melatih mereka untuk belajar mengunyah. Bahkan, Anda bisa menggunakan waktu camilan sebagai bentuk pujian atau pengalih kala si kecil bosan pada menu yang dihadirkan di rumah.

Sebagai makanan perkenalan pada bayi usia 6 bulan ke atas, Anda bisa memberikan Yummy Bites Rice Crackers Strawberry Box Snack Bayi berbobot 50 gram ini. Snack ini terbuat dari tepung beras, gula, garam, perisa stroberi alami serta pati kentang. Teksturnya lembut dan mudah digigit dengan kandungan protein serta karbohidrat untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Pesan seharga Rp 51.250 di Blibli.

Nays Soes Vegetable

Sumber gambar tokopedia.com

Jika Anda tidak sempat membeli makanan bayi secara langsung di swalayan, Anda bisa menggunakan marketplace saat membeli camilan si kecil. Anda bisa mencari snack bayi dengan keyword brand atau rasa yang diinginkan. Perhatikan deskripsi kandungan produk dan pastikan tanggal kedaluwarsa pada penjual.

Sebagai pilihan, Anda bisa coba membeli Nays Baby Soes Snack Biskuit Bayi-Vegetable ini. Snack ini terbuat dari telur, tepung, butter serta air tanpa pengawet, tanpa gula dan garam serta mudah digenggam oleh si buah hati. Anda bisa memesannya di Tokopedia seharga Rp 38.000 untuk bobot 80 gram.

Laughing Cow Cheez Dippers

Sumber gambar atozfamilystore.com

Snack bayi juga bisa jadi oleh-oleh yang tepat bagi buah hati saudara atau sahabat ketika Anda datang berkunjung. Namun, perhatikan apakah si kecil punya alergi tertentu atau tidak. Jika bayi tak mempunyai riwayat penyakit atau alergi tertentu, maka umumnya si kecil bisa lebih bebas mengudap makanan ringan.

Salah satu snack bayi yang bisa Anda jadikan pilihan adalah The Laughing Cow Cheez Dippers ini. Makanan ringan ini juga dapat dikonsumsi orang dewasa sehingga Anda bisa menikmatinya bersama si kecil. Mengandung protein, gula, kalsium, karbohidrat, lemak serta sodium, camilan ini dapat dipesan melalui Atoz Family Store seharga Rp 40.000 atau lewat Tokopedia dengan harga Rp 45.000.

Bebenice Rusks Original

Sumber gambar tokopedia.com

Saat melatih anak untuk makan makanan padat, Anda sebaiknya juga sekaligus mengajarkan posisi makan yang benar. Anda bisa menempatkan si kecil pada baby chair yang aman lengkap dengan meja jika bayi sudah belajar duduk. Posisi makan yang benar juga dapat mengurangi risiko tersedak sehingga bayi dapat makan lebih aman dan nyaman.

Sebagai pilihan snack bayi berkualitas, Anda bisa coba membeli Bebenice Rusks Biskuit Snack Bayi Makanan Bayi yang hadir dalam beberapa varian rasa ini. Berbobot 50 gram, camilan ini dibuat dari beras pilihan dan bahan alami tanpa kandungan MSG, perasa buatan atau pewarna makanan berbahaya. Snack yang juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral ini bisa dipesan melalui Tokopedia dengan harga Rp 35.000 juga melalui Shopee seharga Rp 36.000.

Promina Puff

Sumber gambar tokopedia.com

Mungkin brand satu ini sudah tidak asing lagi di telinga para ibu yang ingin memberikan camilan untuk bayi mereka. Ya, Promina kembali menghadirkan snack untuk bayi dengan cita rasa lezat serta ditunjang bahan-bahan berkualitas. Salah satunya adalah Promina Puffs Snack Makanan Bayi ini.

Terbuat dari bahan seperti beras, gandum dan buah asli, kudapan ini dilengkapi 7 vitamin, kalsium, zat besi serta omega-3 dan omega-6 yang dapat mendukung pertumbuhan serta perkembangan otak bayi. Hadir dalam rasa pisang dan blueberry, snack ini bisa diperoleh melalui Tokopedia seharga Rp 5.500.

Heinz Biscotti Apple Snack Bayi

Sumber gambar tokopedia.

Snack bayi bisa Anda jadikan makanan untuk bayi saat melakukan perjalanan. Kudapan ringan kering ini juga awet dan bisa juga diencerkan menggunakan air hangat. Agar bayi bisa lebih lahap, pilihlah snack dengan rasa kesukaan sehingga si kecil lebih mudah tertarik untuk makan. Misalnya seperti Heinz Apple Biscotti Snack ini.

Camilan ini dilengkapi vitamin dan mineral serta mengandung susu, kacang kedelai juga gluten. terbuat dari tepung gandum berpadu susu skim bubuk, malt, minyak nabati, gula, pengembang aluminium bikarbonat serta perisa vanili, snack ini dapat membantu menunjang koordinasi mata dan tangan si kecil. Pesan melalui Tokopedia seharga Rp 19.000.

Teri Rufani Crispy Crunchy Snack

Sumber gambar tokopedia.com

Snack satu ini mungkin masih asing bagi Anda tapi tidak kalah dengan kudapan sebelumnya. Rufani Teri Crunchy Snack terbuat dari bahan teri yang diolah bersama bahan-bahan lain, menjadikan snack MPASI ini beda dari yang lain. Snack dengan cita rasa beda ini diperkaya dengan protein, fosfor, zat besi, lemak, kalsium serta vitamin A dan vitamin B1.

Selain itu, snack ini juga diproduksi tanpa MSG dan gula sehingga cocok bagi Anda yang ingin memberi kudapan sehat bagi si kecil. Bisa diperoleh melalui Tokopedia dengan harga Rp 18.800 serta di Bukalapak seharga Rp 18.000.

Sprout Organic Quinoa Puffs Apple Kale

Sumber gambar bukalapak.com

Bahan seperti sayuran dan buah serta biji-bijian masih jadi kandungan andalan yang digunakan saat membuat camilan untuk bayi. Hal ini wajar karena sayur dan buah mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dapat membantu menunjang tumbuh kembang bayi. Ini juga bisa jadi pertimbangan Anda saat memilih kudapan sehat bagi si kecil.

Salah satu snack bayi dengan kandungan biji-bijian, sayur dan buah berikutnya yang bisa Anda pilih adalah Organik Quinoa Puffs Bayi Cereal Snack Apple Kale dari Sprout ini. Kudapan dikemas dalam botol bebas BPA dengan kandungan organik bebas gluten, tanpa bahan pengawet, bebas aroma serta warna buatan.

Snack ini terbuat dari biji-bijian organik dalam ukuran yang mudah digenggam tangan si kecil serta cukup lunak sehingga mudah dikunyah. Produk mengantongi sertifikat Non-GMO dan bisa diperoleh melalui Bukalapak seharga Rp 125.000 dan di Lazada senilai Rp 142.500.

From our editorial team

Pastikan Snack untuk Bayi Aman dan Bernutrisi

Jangan sembarangan ketika memilih snack untuk bayi. Perhatikan tekstur makanan apakah mudah lembek di mulut atau tidak. Makanan yang sulit dikunyah sangat tidak aman untuk bayi karena kemampuan mengunyah bayi berbeda dengan orang dewasa. Pastikan pula snack tersebut mengandung nutrisi yang tepat untuk bayi agar proses pencernaannya pun tidak terganggu.