Ladies, Ini Dia 15+ Barang yang Harus Dipersiapkan Jelang Waktu Melahirkan. Jangan Sampai Ada yang Terlewat, Ya!

Ladies, Ini Dia 15+ Barang yang Harus Dipersiapkan Jelang Waktu Melahirkan. Jangan Sampai Ada yang Terlewat, Ya!

Sumber gambar mothermag.com

Melahirkan jadi salah satu momen istimewa yang didambakan sebagian besar wanita. Selain menyiapkan fisik dan mental, persiapan lain seperti baju bayi, baju ganti Anda selama di rumah sakit juga pakaian ganti pasangan yang akan menjaga jangan sampai terlewatkan. Pastikan Anda merasa nyaman setelah melahirkan dengan mempersiapkan barang-barang seperti dalam referensi berikut ini.

Sudah Siapkah Anda Menjelang Persalinan?

Sumber gambar twitter.com

Saat melahirkan adalah proses yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua calon ibu. Namun, dada ibu pasti juga berdebar-debar menantikan saat-saat itu datang. Kebanyakan dari calon ibu pasti khawatir, apakah proses persalinan berjalan lancar atau tidak.

Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang sebelum melahirkan. Dua hal utama yang harus dipersiapkan dengan baik adalah kondisi fisik dan mental ibu. Selain itu, ada beberapa hal yang tidak boleh dilewatkan oleh calon orang tua menjelang saat kelahiran.

Apa Saja yang Harus Anda Persiapkan Menjelang Hari H Tiba?

Beritahu Pasangan di Mana Tas Perlengkapan Diletakkan

Sumber gambar aliceanne.co.uk

Ketika HPL telah mendekat, siapkan tas semua barang yang diperlukan untuk berjaga-jaga jika setiap saat waktu melahirkan tiba, ibu dan ayah siap berangkat menuju tempat persalinan. Beritahu suami tas mana saja yang harus dibawa dan di mana Anda meletakannya.

Anda juga harus mengepak segala kebutuhan dengan baik, meliputi kebutuhan Anda, bayi, dan suami selama menjaga di tempat bersalin. Tas ibu sebaiknya berisi pakaian bersalin, botol air minum, pembalut nifas, bra menyusui, breast pad, kantung pakaian kotor, pakaian ganti, dan barang lain yang mungkin diperlukan.

Sementara itu persiapkan juga tas peralatan bayi yang berisi handuk, sabun, minyak telon, bedak, dan baju ganti untuk bayi. Ibu juga tidak boleh lupa menyiapkan baju ganti untuk suami.

Persiapkan Kamar, Dokter, dan Rumah Sakit

Sumber gambar xconomy.com

Jauh hari sebelum tanggal melahirkan tiba, ibu harus mendaftarkan persalinannya di rumah sakit terdekat. Hal ini akan sangat membantu jika kontraksi tiba-tiba datang, maka ibu dapat segera ditangani tanpa harus direpotkan dengan urusan birokrasi.

Pastikan juga Anda telah memberi tahu dokter yang bersangkutan mengenai estimasi waktu melahirkan. Cari tahu rute terdekat dan tercepat dari rumah menuju rumah sakit, juga rute alternatif untuk mengantisipasi kemacetan.

Dana Harus Dipersiapkan juga

Sumber gambar nbcnews.com

Saat Anda kali pertama tahu akan memiliki buah hati, maka sejak saat itu Anda sudah harus mempersiapkan dana selama kehamilan sampai melahirkan nanti. Biaya yang pasti diperlukan adalah biaya pra persalinan yang meliputi pemeriksaan bulanan rutin selama masa kehamilan. Kedua adalah biaya yang diperlukan saat melahirkan nanti.

Anggaran yang dimiliki akan berpengaruh terhadap metode melahirkan yang dipilih. Melahirkan secara normal adalah cara yang diinginkan oleh hampir semua ibu. Luka bekas kelahiran normal dapat sembuh lebih cepat dan tidak terasa sakit setelah persalinan. Biaya kelahiran normal berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000.

Jika Anda memilih untuk melahirkan secara caesar atau ada keadaan tertentu yang memaksa Anda untuk melahirkan dengan cara tersebut, Anda harus menyiapkan dana setidaknya Rp 11.000.000 hingga Rp 30.000.000.

Ada juga metode melahirkan yang terbaru yaitu dengan waterbirth atau melahirkan di dalam air. Biaya yang dibutuhkan untuk waterbirth sendiri adalah Rp 7.000.000 hingga Rp 15.000.000.

Apa Saja Perlengkapan Kelahiran yang Wajib Anda Bawa Saat Hari H Tiba?

Untuk Bunda

Baju Ganti untuk Beberapa Hari

Sumber gambar shopee.co.id

Ibu harus membawa minimal 3 buah baju ganti selama di rumah sakit, lengkap dengan celana dalam dan bra menyusui. Pilih baju yang nyaman dan longgar seperti daster serta sarung atau jarit untuk dipakai menjelang persalinan. Jangan lupa pula untuk membawa celana khusus melahirkan.

Celana Melahirkan (Elegant Maternity Pants ) Valere terbuat dari bahan PE katun dan hijet. Bahan tersebut memberikan efek dingin dan nyaman, serta memiliki elastisitas tinggi dalam proses persalinan. Celana ini juga terdapat bukaan kecil di bagian paha yang memudahkan dokter memberikan suntikan tanpa harus membuka celana. Produk ini bisa dibeli dengan harga Rp 165.000 di Shopee.

Bra Menyusui dan Celana Dalam

Sumber gambar www.blibli.com

Pakaian dalam juga tidak boleh ketinggalan untuk dibawa selama proses persalinan. Bawalah persediaan bra dan celana dalam setidaknya untuk 3 hari. Pilih pakaian dalam dari bahan katun yang tipis dan ringan. Agar proses menyusui bayi lebih mudah, bawalah bra yang khusus untuk menyusui.

Aily 3003 Flowery Breastfeeding Bra Menyusui terbuat dari bahan katun dengan desain yang nyaman, tanpa kawat, dengan strap yang bisa diatur. Produk ini dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 60.000.

Peralatan Mandi

Sumber gambar www.blibli.com

Setelah melahirkan, ibu harus menjaga kebersihan diri. Pembalut dan tampon memang disediakan langsung oleh rumah sakit. Namun, ibu juga bisa membawa peralatan mandi sendiri untuk membersihkan darah sisa melahirkan, mengeluarkan semua sisa darah dari dalam rahim, dan menghilangkan bau tidak sedap.

Toyoterry Basic Handuk Mandi - Indigo Blue merupakan handuk dengan desain simpel dan elegan. Bahan katunnya lembut, tebal, dan memiliki daya serap tinggi. Anda bisa mendapatkan produk ini seharga Rp 129.900 di Blibli.

Gurita atau Stagen

Sumber gambar www.blibli.com

Perut ibu biasanya akan bergelambir saat melahirkan. Beberapa rekomendasi produk di bawah ini akan bermanfaat bagi para ibu untuk mengembalikan kekencangan tubuhnya seperti sebelum melahirkan:

  • Onemarkets Corset Elastic Breathable Shapewear Korset Pasca Melahirkan-Nude. Berfungsi untuk mengencangkan pinggang dan perut setelah melahirkan, mengurangi nyeri pada pinggang, mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan. Produk ini dijual dengan harga Rp 90.000 di Blibli.
  • Gurita Ibu Post Melahirkan memiliki banyak manfaat antara lain meredakan nyeri pada punggung, memudahkan ibu saat menyusui, mengembalikan kekencangan kulit. Produk ini tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai M hingga XXL, dijual di Shopee dengan harga Rp 18.000.
  • Stagen/bengkung lilit ibu melahirkan. Stagen adalah alat lilit perut tradisional yang dapat dipakai ibu melahirkan untuk mengembalikan kekencangan perutnya. Terdapat dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih. Stagen ini dijual di Lazada dengan harga Rp 52.000.

Dokumen-dokumen Penting

Sumber gambar bdsol.co.za

Jangan lupa mempersiapkan semua dokumen penting yang mungkin diperlukan saat proses persalinan di rumah sakit nanti. Dokumen-dokumen yang harus dibawa antara lain: surat pemeriksaan kehamilan, KTP, KK, Surat Nikah, ATM, Kartu Asuransi, dan dokumen lain yang mungkin diperlukan. Masukkan semua berkas tersebut ke dalam satu wadah yang siap dibawa ketika saat melahirkan tiba.

Untuk Bayi

Set Baju Ganti dan Selimut

Sumber gambar www.tokopedia.com

Perlengkapan bayi yang meliputi baju bayi, selimut, bantal, kasur dan bedong juga tidak boleh ketinggalan untuk dibawa.

  • Paket Perlengkapan Bayi Baru Lahir Isi 72pcs berisi sepaket pakaian untuk bayi. Bahannya dari bahan katun yang ringan, adem, cocok untuk dipakai bayi sehari-hari. Satu set baju ini dijual dengan harga Rp 275.000 di Lazada.
  • Paket Hemat Perlengkapan Bayi dan Persiapan Ibu Melahirkan Baby Gift sangat cocok untuk bayi yang baru lahir. Satu set terdiri atas kain bedong, perlak, tas, popok, gurita, baju, celana, topi, selimut, hingga handuk dan waslap. Satu paket dijual dengan harga 400.000 di Tokopedia.

Topi, Sarung Tangan, dan Kaus Kaki Bayi

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jaga tubuh bayi agar tetap hangat setelah ia dilahirkan. Berikut rekomendasi topi dan sarung tangan kaki untuk bayi.

  • Baby jumper Set 5 in 1 (Jumper, topi, celemek, sarung tangan, kaos kaki). Terdapat 3 pilihan warna yaitu merah, biru, dan oranye, sangat cocok untuk bayi. Menjaga bayi tetap hangat saat dibawa ke luar rumah. Produk merk Kenaz ini dijual di Lazada dengan harga Rp 75.000.
  • SET TOPI SARUNG TANGAN KAOS KAKI BAYI merek Aidoru hadir dalam 3 pilihan warna berbeda yaitu hijau, pink, dan biru. 1 set terdiri dari sarung tangan, kaos kaki, dan topi. Produk ini dijual dengan harga Rp 19.900 di Tokopedia.
  • Carter Baby Set Topi Kaos Kaki Sarung Tangan adalah satu set perlengkapan bayi yang terdiri dari topi, kaos kaki, dan sarung tangan. Produk ini dijual dengan harga Rp 45.000 di Bukalapak.

Minyak Telon dan Krim Bayi

Sumber gambar www.blibli.com

Oleskan minyak telon krim pada bayi agar tubuhnya terasa hangat. Wanginya menyegarkan, membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Bebe Roosie Telon Cream terbuat dari bahan alami minyak kayu putih, kelapa, dan anis serta dilengkapi formula anti nyamuk khusus untuk bayi. Minyak telon krim ini memiliki banyak manfaat antara lain meredakan masuk angin dan perut kembung, mencegah gigitan nyamuk, serta melembutkan dan menghangatkan kulit bayi.

Dapatkan Bebe Roosie Telon Cream (60 gr) di Blibli dengan harga Rp 20.900, di Shopee dengan harga Rp 23.000, dan di Tokopedia dengan harga Rp 25.000.

Untuk Ayah

Baju Ganti untuk Beberapa Hari

Sumber gambar robinsonsshoes.com

Kebutuhan suami juga tidak bisa diabaikan, lho. Persiapkan baju ganti untuk suami tercinta selama menunggu ibu melahirkan. Sediakan beberapa potong baju bersih minimal untuk 3 hari. Jangan lupa juga persiapkan alat mandi dan kebutuhan lainnya seperti makanan kecil dan kartu identitas untuk suami.

Sarung atau Selimut

Sumber gambar amazon.com

Mendampingi ibu selama proses melahirkan juga tidak kalah melelahkan. Suami harus menyemangati ibu selama kontraksi berjalan hingga bayi lahir. Ia juga harus berlarian ke sana kemari jika ibu membutuhkan sesuatu.

Bukan hanya ibu, suami juga harus bisa beristirahat dengan nyaman selama di rumah sakit. Untuk berjaga-jaga, bawakan selimut yang hangat agar suami bisa tidur nyenyak. Tidak semua rumah sakit menyediakan selimut tambahan untuk penjaga. Oleh sebab itu, sebaiknya bawa sendiri saja dari rumah.

Bantal Kecil

Sumber gambar www.blibli.com

Selain selimut, barang lain yang tidak boleh ketinggalan adalah bantal kecil. Untuk berjaga-jaga jika rumah sakit tidak menyediakan bantal tambahan, Anda harus menyiapkan bantal sendiri dari rumah.

Atau Anda juga bisa membeli bantal kecil Uchii Travel Neck Pillow Bantal Leher-Green Cactus Forrest Green Forrest Green. Bantal leher ini di dilengkapi dengan kancing pada bagian depan memudahkan saat anda gunakan bersantai, karena posisi bandal tidak akan berpindah tempat. Bahannya terbuat dari micropoly beans. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli seharga Rp 76.890.

From our editorial team

Persiapkan Jauh-jauh Hari

Untuk persiapan melahirkan, sebaiknya jangan mendadak apalagi mepet dengan waktu prediksi melahirkan karena bisa saja situasi panik membuat Anda lupa mengepak barang-barang penting. Buatlah daftar benda yang harus dipersiapkan dan dibawa satu bulan atau maksimal dua minggu sebelum waktu melahirkan. Jika perlu, beri label atau hang tag pada masing-masing tas agar mudah dikenali dan tidak tertukar. Pastikan pasangan Anda juga mengetahui waktu perkiraan melahirkan agar bisa selalu siaga dan siap mengantar Anda ke rumah sakit saat dibutuhkan.