Sudah Mendekati HPL? Ini 5 Perlengkapan Bayi Newborn yang Perlu Dibawa ke RS dan 10 Rekomendasi Produknya (2020)

Sudah Mendekati HPL? Ini 5 Perlengkapan Bayi Newborn yang Perlu Dibawa ke RS dan 10 Rekomendasi Produknya (2020)

Menjelang HPL, para ibu akan semakin tidak sabar untuk segera bertemu dengan si buah hati. Namun, jangan sampai lupa untuk menyiapkan hospital bag yang berisi keperluan ibu dan bayi saat persalinan nanti. Untuk si kecil, ada 5 perlengkapan yang penting untuk dibawa. Sudahkah Anda menyiapkannya?

Jangan Lupa Mempersiapkan Keperluan Bayi ketika Melahirkan di Rumah Sakit

Hari kelahiran seorang bayi ke dunia adalah hal yang sangat dinantikan bagi orang tua. Hal yang wajar jika banyak orang tua yang sangat antusias menyambut kelahiran bayinya. Terlebih jika bayi yang akan lahir adalah anak pertama yang sangat dinantikan.

Hari Perkiraan Lahir (HPL) janin ke dunia ini dapat diprediksi oleh bidan atau dokter sejak kehamilan diketahui. Oleh karena itu, saat mendekati HPL para orang tua akan mulai sibuk mempersiapkan segala keperluan si kecil yang sebentar lagi akan lahir. Semua keperluan dan perlengkapan bayi sebaiknya disediakan jauh-jauh hari agar nantinya tidak keteteran.

Umumnya para orang tua mulai menyiapkan perlengkapan newborn saat memasuki usia kehamilan 36 minggu. Namun, banyak juga para orang tua yang mulai mencicilnya pada trimester kedua kehamilan. Salah satu alasan mengapa banyak orang tua yang menyiapkan perlengkapan bayi jauh sebelum HPL adalah karena kelahiran bisa saja terjadi lebih awal sebelum HPL.

Alasan lain lainnya adalah agar semua perlengkapan bayi dapat dicuci terlebih dahulu agar kebersihan produk terjamin. Perlengkapan bayi yang biasanya dicuci lebih dulu adalah pakaian, selimut, kasur dan bantal, bedong, topi, sarung tangan dan kaki, gendongan, dan semua produk bayi yang bisa dicuci.

Jika semua perlengkapan dibeli saat mendekati HPL tentu akan membuat para ibu keteteran, belum lagi ukuran perut yang semakin besar dan membuat aktivitas semakin terbatas. Menyediakan semua perlengkapan bayi newborn adalah hal yang pasti dilakukan semua orang tua.

Namun jangan sampai lupa menyiapkan perlengkapan bayi untuk dibawa ke rumah sakit pada hari persalinan nanti. Membawa perlengkapan bayi ke rumah sakit juga merupakan hal yang sangat penting karena setelah dilahirkan bayi juga membutuhkan beberapa perlengkapan.

Lima Perlengkapan Bayi Newborn yang Perlu Dibawa ke Rumah Sakit

Pakaian

Perlengkapan bayi newborn yang harus dipersiapkan cukup banyak. Namun, pada hari persalinan ada beberapa perlengkapan yang perlu Anda bawa, yang pertama adalah pakaian bayi.

Meski umumnya rumah sakit menyediakan pakaian untuk bayi baru lahir, tapi Anda juga perlu mempersiapkannya dari rumah untuk jaga-jaga karena bisa saja rumah sakit atau tempat Anda bersalin tidak menyediakannya.

Lagi pula, saat di rumah sakit bayi juga membutuhkan beberapa pakaian ganti selama di sana dan baju untuk dikenakan saat pulang ke rumah.

Bedong

Bedong juga menjadi perlengkapan bayi newborn yang harus Anda bawa pada hari persalinan. Bedong berguna untuk menyelimuti tubuh bayi agar tetap hangat sehingga ia dapat tidur dengan nyaman. Bawalah beberapa helai bedong untuk di rumah sakit karena bedong akan sering diganti mengingat bayi akan sering buang air kecil.

Bedong bayi tersedia dalam beberapa ukuran dan ada pula model bedong instan yang lebih praktis. Anda pun bisa memilih untuk memiliki kedua model bedong, yang penting bahannya halus dan lembut untuk kulit si kecil dan bebas dari kandungan zat berbahaya.

Selimut

Selain bedong yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi, perlengkapan bayi newborn yang juga harus Anda siapkan adalah selimut bayi. Selimut bayi ini nantinya akan digunakan saat Anda membawa bayi pulang ke rumah.

Dengan memakaikan selimut, selama perjalanan pulang bayi akan tetap hangat dan terlindung dari angin. Namun, jangan lupa untuk memilih selimut bayi yang bahannya halus dan lembut untuk kulit bayi.

Topi

Topi juga menjadi perlengkapan bayi yang tak kalah penting. Fungsinya untuk menjaga kepala bayi tetap hangat, terlebih saat Anda membawa bayi pulang dari rumah sakit. Pilihlah topi bayi dari bahan yang halus dan lembut dan sebisa mungkin pilihlah topi yang sirkulasi udaranya bagus. Selain untuk menghangatkan, topi juga akan membuat bayi terlihat modis dan lucu.

Sarung Tangan dan Kaki

Satu lagi perlengkapan bayi newborn yang perlu Anda bawa ke rumah sakit adalah sarung tangan dan kaki bayi. Fungsinya sama dengan yang lainnya, yakni untuk menjaga bayi tetap hangat.

Selain itu sarung tangan dan kaki bayi juga berguna untuk mencegah bayi terkejut saat tidur akibat gerakan tangan dan kakinya sendiri. Tak hanya itu saja, sarung tangan pada bayi juga berfungsi untuk melindungi bayi dari cakaran kuku bayi yang cepat sekali panjang.

Perlengkapan Bayi Newborn Berkualitas untuk si Kecil

Fluffy Baju Panjang Bayi Newborn

Saat membeli pakaian bayi, pilihlah yang bahannya lembut dan halus agar bayi merasa nyaman saat memakainya. Salah satu pakaian bayi yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Fluffy Baju Panjang Bayi Newborn.

Fluffy salah satu brand pakaian bayi yang seluruhnya produknya sudah berstandar SNI. Baju panjang bayi dari Fluffy ini terbuat dari bahan kaos TC, gabungan dari bahan sintetis dan serap kapas alami.

Keunggulan bahan kaos TC ini adalah daya serapnya yang bagus, terasa lembut, dan tidak mudah berubah bentuk. Baju bayi panjang ini cocok dikenakan pada bayi baru lahir dengan berat 3-5 kg.

Harga Rp. 64.000-70.000

Maison Elmesa Newborn Bodysuits Baju Infant Ultrafine Lengan Panjang

Maison Elmesa merupakan brand untuk produk pakaian bayi yang semua produknya terbuat dari benang katun berkualitas. Newborn Bodysuits Baju Infant Ultrafine Lengan Panjang hadir dalam model kimono yang lucu.

Modelnya yang simpel akan memudahkan Anda saat memakaikannya pada si kecil. Terbuat dari material ultrafine cotton membuat pakaian bayi ini terasa sangat lembut.

Ukuran yang tersedia 0/0 (untuk newborn dengan berat 4.5 kg) dan 0/3 (untuk bayi dengan berat 6 kg). Pilihan warnanya juga banyak, yakni ada mint, misty, creme, mustard, denim, dan dusty pink.

Harga Rp. 119.000-364.000

Libby Bedong Motif Boy

Libby menjadi salah satu merk perlengkapan bayi yang populer di kalangan para ibu. Semua produk Libby dibuat pada pabrik modern dan produk yang dihasilkan pun telah bersertifikat internasional (Oekotex Standard 100 and SNI). Anda pun tidak perlu khawatir karena produk Libby bebas dari bahan kimia berbahaya sehingga aman untuk si kecil.

Salah satu produk Libby yang bisa Anda miliki adalah Libby Bedong Motif Boy jika hasil USG menunjukkan si kecil berjenis kelamin laki-laki. Motif pada bedong Libyy ini merupakan print asli dan tidak akan menimbulkan alergi pada kulit bayi.

Bahan bedong terbuat dari kain katun yang lembut, tidak panas, dan menyerap keringat serta memiliki pH netral yang cocok untuk kulit bayi. Saat dicuci pun bahan bedong tidak akan berbulu atau pun melar. Bedong berukuran 110 x 90 cm ini terdiri dari 3 motif berbeda yang lucu dalam satu paketnya.

Harga Rp. 52.000-120.062

Swaddle Cotton Bedong Muslin Katun ASC_Blue Fox Applenana

Swaddle Cotton Bedong Muslin Katun ASC_Blue Fox Applenana terbuat dari bahan 100% katun menggunakan bamboo organik. Bahannya meski sedikit tebal tapi tidak panas, sangat lembut tapi kuat dan tidak menimbulkan alergi pada kulit bayi.

Bedong yang cocok untuk bayi baru lahir ini multifungsi karena juga bisa dijadikan sebagai penutup stroller, alas tempat tidur atau bermain bayi, sebagai burp-clothes, dan bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya.

Harga Rp. 49.000-198.000

Ecobaby Baby Blanket Selimut Bayi 90*90 cm Motif Gajah EMB0307

Jika Anda kebingungan memilih selimut bayi yang bagus dan berkualitas, Ecobaby Baby Blanket Selimut Bayi ini bisa menjadi pilihan. Selimut bayi ini terbuat dari bahan yang ringan dan memiliki sirkulasi udara yang baikserta dapat membantu mengatur suhu tubuh bayi sehingga bayi pun dapat terhindar dari risiko SIDS.

Bahannya lembut meski telah dicuci berkali-kali dan selimut ini diklaim lebih aman melindungi si kecil daripada kain jenis lain. Selimut berukuran 90 x 90 cm motif gajah ini juga bisa digunakan untuk penutup stroller, tikar ganti, perlindungan ketika menyusui, dan sebagainya. Bahkan selimut ini bisa digunakan oleh si kecil hingga ia berusia 4 tahun.

Harga Rp. 152.000-233.600

Ataru Selimut Bayi Shark 40 x 50 cm - Abu-Abu

Selimut bayi tidak bisa dipilih sembarangan mengingat kulitnya yang masih sangat sensitif. Jika bahan selimut tidak bagus bisa membuat bayi tidak nyaman dan rewel berkepanjangan.

Pilihan lain untuk selimut bayi yang mungkin Anda suka adalah Ataru Selimut Bayi Shark yang berukuran 40 x 50 cm. Selimut bentuk ikan hiu ini terbuat dari bahan poliester yang permukaannya terasa lembut dan halus. Selimut ini juga akan membuat bayi merasa hangat dan nyaman.

Harga Rp. 99.900-130.000

I am Cotton Topi Bayi Bulat Pale Blue

Produk untuk bayi termasuk pakaian sebaiknya pilih yang SNI agar aman untuk si kecil. Pakaian bayi yang tidak SNI biasanya mengandung bahan berbahaya seperti formaldehida, azo karsinogen, dan logam yang bisa mengganggu kesehatan si kecil. Zat berbahaya tersebut pun juga bersifat karsinogenik yang bisa menghambat pertumbuhan si kecil.

Topi bayi lucu yang bisa Anda jadikan pilihan adalah I am Cotton Topi Bayi Bulat Pale Blue. Topi model kupluk ini bagian atasnya didesain berbentuk telinga kucing. Topi bayi dari I am Cotton ini terbuat dari bahan pilihan yang bebas dari kandungan bahan berbahaya dan sudah melalui tes laboratorium. Desainnya original dan jahitannya pun halus dan rapi.

Harga Rp. 18.000-24.300

Nbaby Topi Bayi Lucu Striped Bear Beanie 1 Pcs BCP 3318

Pilihan topi bayi lainnya yang tak kalah lucu adalah Nbaby Topi Bayi Lucu Striped Bear Beanie. Bahannya terbuat dari katun yang ringan, lembut, dan nyaman untuk bayi. Topi ini pun aman karena bebas dari bahan berbahaya yang cocok untuk bayi usia 0-18 bulan.

Desainnya elegan dan tersedia dalam pilihan warna coklat, pink, biru, dan abu-abu yang membuat si kecil tampak makin lucu dan menggemaskan. Topi ini akan berguna menghangatkan kepala bayi saat Anda membawa bayi ke luar rumah.

Harga Rp. 31.100-44.980

Luvable Friends Scratch Mittens 2pk

Pemakaian sarung tangan pada bayi tidak hanya sebatas untuk menghangatkan, tapi juga berfungsi untuk melindungi bayi dari cakaran kukunya sendiri. Untuk sarung tangan, produk yang bisa Anda pilih untuk si kecil adalah Luvable Friends Scratch Mittens.

Sarung tangan ini terbuat dari 100% katun combed yang lembut untuk kulit bayi. Sarung tangan ini dilengkapi dengan karet yang tidak menimbulkan gatal sehingga sarung pun tidak akan mudah terlepas.

Harga Rp. 69.000-104.000

Miabelle STK Bayi Polos

Sarung tangan dan kaki bayi bisa dikatakan masuk dalam daftar kebutuhan bayi baru lahir yang cukup penting. Sarung tangan bayi umumnya dipakaikan hingga bayi berusia 2 bulan untuk menghangatkan dan melindungi bayi dari goresan kukunya.

Pilihan untuk sarung tangan bayi lainnya adalah Miabelle STK Bayi Polos. Sepasang sarung tangan dan kaki bayi ini terbuat dari bahan kaos nan lembut dan nyaman dipakai bayi. Cocok sekali dipakaikan pada bayi baru lahir hingga ia berusia 3 bulan.

Harga Rp. 10.000-25.000
From our editorial team

Sudah Lengkapkah Segala Keperluan si Kecil?

Anda yang sedang menanti kelahiran si kecil, sudah lengkapkah segala keperluan si kecil? Mengingat cukup banyaknya perlengkapan dan kebutuhan si kecil, ada baiknya Anda cek ulang kembali segala persiapan bayi yang dibutuhkan karena bisa saja beberapa keperluan si kecil yang penting justru terlupakan.