Inilah 9 Rekomendasi Mainan Bayi untuk Menstimulasi Otaknya agar Berkembang Pesat

Inilah 9 Rekomendasi Mainan Bayi untuk Menstimulasi Otaknya agar Berkembang Pesat

Sumber gambar www.momjunction.com

Memiliki bayi memang membutuhkan berbagai persiapan, salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah memberikan mainan yang tepat sesuai usia bayi. Jangan sampai bayi Anda tidak terstimulasi dengan baik, ya. Yuk, cari tahu rekomendasi mainan bayi bersama BP-Guide!

Aktivitas Bermain pada Bayi Bisa Menjadi Salah Satu Kegiatan Belajarnya

Sumber gambar www.pbcexpo.com.au

Bayi di bawah usia lima tahun memang sedang dalam masa pertumbuhan yang pesat. Ia sedang mengeksplorasi dunianya melalui berbagai indra perasanya. Bayi akan mulai mencermati tekstur, bentuk, ukuran, hingga warna.

Dalam masa pertumbuhannya, bayi secara aktif akan mencatat aneka hal dalam pikirannya. Ia mulai melakukan dugaan, mengetes, hingga menentukan pilihan sendiri.

Untuk memaksimalkan eksplorasi dan perkembangan otak dan motorik anak, aktivitas bermain sangat penting untuk dilakukan. Si kecil bisa belajar banyak hal dari mainan yang ia mainkan. Maka dari itu, sebagai orang tua, jangan sampai salah memilihkan mainan untuk anak. Bersama BP-Guide, yuk ketahui manfaat memberikan mainan pada bayi.

Manfaat Memberikan Mainan kepada Bayi

Melatih Motorik

Motorik sendiri terbagi menjadi dua yakni kasar dan halus. Untuk motorik kasar contohnya melompat, berjalan dan lainnnya. Sementara motorik halus contohnya kala ia memegang berbagai benda kecil.

Bermain dapat mengembangkan motorik pada proses tumbuh kembang kemampuan gerak anak. Makin banyak ia bergerak, maka makin matang saraf dan juga ototnya. Sesederhana apa pun gerakannya, hal itu merupakan hasil dari pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem dalam tubuh yang dikontrol oleh otak.

Supaya motorik terlatih dengan baik, Anda bisa memberikan sepeda supaya bisa melatih otot anak. Bisa juga memberikan mainan balok dimana si kecil belajar untuk mengontrol ototnya kala ia bermain supaya balok seimbang dan tak mudah jatuh.

Mengasah Tumbuh Kembang

Sumber gambar purch.com

Bermain tentu saja bisa mengasah tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Perlu kita ketahui bahwa bermain bisa menjadi proses paling penting dalam kehidupan awal anak. Sejak lahir, anak akan belajar berbagai macam hal dari yang ia lihat dan rasakan.

Supaya perkembangannya makin sempurna, Anda bisa memberikan mainan yang tepat untuk anak. Misalnya saja mainan yang bisa melatih kerja samanya, atau mainan yang bisa melatik kepekaan indera perasanya. Anda bisa juga memberikan mainan dimana ia bisa mengembangkan kemampuannya berinteraksi.

Mengenal Bentuk

Sumber gambar www.blink102.com.br

Anak kecil bisa belajar mengenal aneka bentuk dan tekstur dengan cara bermain. Ia bisa mulai melihat, meraba, dan akhirnya mengenali bentuk hingga warna suatu benda melalui permainan. Ajak saja si kecil memainkan wooden toys puzzle supaya pengenalan bentuk bisa jadi aktivitas menyenangkan.

Mainan tersebut memiliki aneka bentuk dan juga warna. Si kecil bisa mengenal bentuk bintang, segitiga hingga lingkaran dan juga bujur sangkar. Anda juga bisa mulai mengajarkan warnanya apa saja yang dihadirkan dari berbagai bentuk tersebut.

Membantu Perkembangan Otak

Sumber gambar atibaiaconnection.com.br

Perkembangan anak tentu bikin orang tuanya bahagia. Apalagi jika perkembangan otak anak begitu pesat, orangtua mana yang tidak akan bangga jika anaknya begitu pandai. Nah, perkembangan otak anak bisa diasah dan ditingkatkan melalui permainan.

Aneka cara bisa dilakukan untuk menstimulasi keterampilan anak agar terbiasa dengan pola pikir yang terasah dan terampil. Dalam usia baru lahir hingga 5 tahun, bayi banyak bermain untuk mengembangkan otaknya. Pilihlah aneka macam mainan edukasi supaya otaknya makin terlatih. Anda bisa mengajarkan mengenal anggota badan, mengenal benda, hingga mengucapkan kata yang sederhana.

Beberapa Jenis Mainan yang Sesuai untuk Bayi

Mainan yang Memiliki Cermin

Sumber gambar www.lazada.co.id

Sejak dini, bayi sudah bisa diajak bermain, lho. Contohnya pada usia 3 hingga 4 bulan dimana fungsi mata bayi sudah kian membaik dari sejak lahir. Anak sudah bisa mulai melihat warna dengan jarak pandang lebih jauh. Meski koordinasi tangan kurang baik, umumnya pada usia ini ia akan mulai belajar menggapai apa saja yang diberikan.

Pada usia ini juga, anak biasanya sudah mulai mengeluarkan suara untuk mengungkapkan komunikasinya. Satu lagi, bayi pun sudah gemar melihat refleksi dirinya pada cermin. Ia akan belajar mengeksplorasi dirinya sendiri melalui cermin.

Veecome Cermin Ikan Kaca Bayi Mainan Balita Bayi ini bisa Anda berikan untuk si kecil. Cermin ini memiliki ukuran 28 x 21 cm. Memiliki fungsi untuk meningkatkan sudut pandang anak, bentuknya kartun imut yang pastinya menarik perhatian anak. Bahan dari prduk ini adalah PP kapas. Cocok untuk anak baru lahir hingga usia 6 tahun. Dapatkan mainan ini di Lazada dengan harga Rp 101.000.

Mainan Karet

Sumber gambar blibli.com

Bayi akan sangat menyukai aneka suara karena bisa menarik perhatian. Ada mainan simpel dan menyenangkan yang bisa Anda berikan untuknya. Berikan mainan karet yang bisa berbunyi kala dipencet. Ini akan membuatnya belajar dari mana suara berasal.

Sophie La Giraffe Natural Rubber Mainan Bayi ini cocok untuk Anda berikan. Mainan karet ini bentuknya lucu dengan model jerapah. Berbahan karet alam yang lembut jadi aman untuk dimainkan. Tak beracun, mainan ini bisa merangsang pertumbuhan gigi, gusi, sekaligus menstimulasi motorik si kecil. Mainan bisa diberikan pada anak baru lahir hingga usia 1 tahun. Anda bisa membeli mainan ini di Blibli dengan harga Rp 399.000.

Mainan Alat Musik

Sumber gambar blibli.com

Berbagai bunyi akan menarik si kecil, apalagi jika ada bunyi asing yang belum pernah ia dengar. Anda bisa melatih indra pendengaran dan motoriknya melalui permainan yang bisa menghasilkan bunyi. Untuk rekomendasi mainannya Anda bisa intip di bawah ini.

Ada Momo Musical Playgym Mainan Bayi untuk si kecil Set permainan ini hadir dalam bentuk gym set. Ada boneka beruang yang digantung dan bisa mengeluarkan suara. Selain mentimulasi pendengaran, mainan ini bisa juga menstimulasi penglihatan si kecil karena hadir dalam aneka warna. Mainan ini dapat melatih motorik kasarnya karena ia akan menggerakkan kaki dan tangan supaya mainannya bergerak dan mengeluarkan suara. Mainan ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 125.000.

Mainan yang Bisa Dipegang

Sumber gambar asibayi.com

Saat baru lahir hingga usia 3 bulan, anak akan mulai belajar memegang dengan tangan. Si kecil akan mulai belajar meraih, memukul hingga tertantang untuk memegang mainan. Desain hingga ukuran mainan bisa menjadi faktor penting yang wajib dipertimbangkan sebelum memberikannya pada si kecil.

Sassy Ring Rattle ini bisa menjadi mainan pilihan Anda untuk si kecil. Bentuknya ring yang mudah dipegang bayi. Bisa mengeluarkan bunyi sehingga menarik perhatian bayi. Hadir dengan bahan lembut dan bisa digigit si kecil.

Pola warnanya kontras karena penglihatan bayi terbatas. Ini ditujukan supaya si kecil bisa mulai belajar dengan gradasi warna yang dihadirkan. Cocok untuk anak usia 1 hingga 24 bulan, mainan ini sudah memiliki sertifikat SNI. Dapatkan di Asi Bayi dengan harga Rp 95.000.

Mainan Teether

Sumber gambar blibli.com

Saat usia mencapai 3 hingga 6 bulan, maka gigi bayi sudah mulai tumbuh. Anda bisa mulai memberikan mainan teether yang bisa ia gigit dan mainkan. Teether bisa menyamankan rasa nyeri saat tumbuh gigi. Namun, Anda wajib meyakinkan bahwa mainannya aman untuk ia gigit, ya.

Vulli Sophie La Giraffe Ring Color Teether ini bisa menjadi pilihan. Mainan yang satu ini desainnya lucu dengan tekstur yang lembut. Bisa merangsang pertumbuhan gigi dan gusi si kecil, mainan ini aman karena bahannya dari karet alam yang lembut. Hadir dengan 4 buah ring, mainan ini tidak beracun. Dapatkan di Babyzania dengan harga Rp 289.000.

Mainan Tekstur

Sumber gambar shopee.co.id

Mainan yang memiliki tekstur juga bisa menjadi pilihan mainan untuk anak. Pilih yang teksturnya tak keras namun juga tak terlalu lunak. Bayi pada usia awal kerap memasukkan benda ke dalam mulutnya dan menggigit benda tersebut. Jika mainannya terlalu lunak maka bisa menimbulkan risiko bayi menelan bagian dari mainan lunak yang mudah terburai.

Sensory Papan Tekstur/Pattern ini bisa jadi pilihan mainan untuk si kecil. Hadir degan 10 tekstur berbeda, mainan ini bisa mengajarkan anak soal aneka tekstur. Bisa dipakai sebagai mainan terapi anak juga. Bahannya kayu dan memiliki berat 650 gram. Dapatkan mainan ini di Shopee dengan harga Rp 149.000.

Mainan Musik

Sumber gambar blibli.com


Fisher Price Musical Lion Walker adalah contoh mainan yang bisa Anda berikan pada si kecil. Mainan ini desainnya lucu dan bisa menarik perhatian anak. Cocok untuk anak usia 6 hingga 36 bulan. Lengkap dengan berbagai fitur yang bisa meningkatkan kemampuan perkembangan anak, produk ini bisa mengembangkan kemampuan sensorik anak. Mainan ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 510.000.

Mainan Merangkak

Sumber gambar tokopedia.com

Mainan untuk bayi usia 7 hingga 10 bulan sudah mulai beragam. Dalam masa ini, bayi belajar merangkak. Berikan mainan yang bisa menstimulasi bayi untuk beraktivitas dengan posisi tengkurap maupun bangun untuk dengan tangan dan lututnya.

Baby Einstein Bendy Ball ini merupakan mainan yang hadir dengan aneka warna utama yang cerah. Memiliki desain karakter caterpillar, produk ini bahannya plastik lembut yang fleksibel. Mainannya tahan lama dan desainnya bisa memudahkan anak untuk memegang dan juga menggulung. Dapatkan mainan ini di Shopee dengan harga Rp 78.000.

Mainan Gantung

Sumber gambar tokopedia.com

Mainan gantung juga bisa diberikan pada bayi. Jenis mainan ini bisa merangsang indera bayi usia 1 hingga 4 bulan. Bagian bawah bonekanya memiliki pola hitam putih sehingga menyenangkan untuk dilihat. Ada banyak variasi mainan gantung untuk si kecil yang bisa Anda berikan.

Set Mainan Gantung Bayi ini unik dan pastinya bisa bikin bayi lebih berkembang. Berbahan flanel lembut, mainannya bisa bikin bayi nyaman kala menyentuhnya. Mainan ini hadir dengan alat musik putar yang dapat memberi stimulasi pendengaran untuk bayi. Si kecil bisa juga menggapai mobil yang berputar-putar sambil mendengarkan musik. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 175.000.

From our editorial team

Yuk, Persiapkan Mainan Bayi Sesuai Tahap Usianya!

Orang tua perlu mengenal berbagai jenis mainan bayi sesuai tahap usianya agar bayi mendapatkan stimulasi yang tepat saat bermain dengan mainannya. Jangan sampai bayi Anda tidak terstimulasi dengan baik, ya!

Tag