8 Rekomendasi Aromaterapi Terbaik dan Aman untuk Bayi (2018)

8 Rekomendasi Aromaterapi Terbaik dan Aman untuk Bayi (2018)

Aromaterapi tidak hanya digunakan untuk relaksasi orang dewasa, malahan aromaterapi punya banyak manfaat untuk bayi. Namun, karena bayi masih sangat sensitif Anda juga harus memastikan jika aromaterapi untuk bayi yang Anda pilih aman. Ayo lihat apa saja rekomendasinya!

Selain untuk Penyejuk Udara, Aromaterapi juga Berfungsi untuk Menjaga Kesehatan Bayi

Aromaterapi adalah salah satu jenis minyak wewangian berbahan alami maupun rempah alam yang dikombinasikan bahan lainnya. Aromaterapi bisa digunakan untuk mengharumkan ruangan dan juga untuk merilekskan pikiran. Beberapa bahan yang populer dijadikan aroma terapi adalah lavender dan melati karena keduanya bisa memberi aroma wangi yang bikin rileks.

Nah, siapa sangka bahwa ternyata bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mendapat manfaat baik dari aromaterapi loh. Anak bayi juga bisa mendapat manfaat dari aromaterapi. Sehingga selain bisa dipakai sebagai penyejuk udara di kamar si kecil, aromaterapi juga bisa berfungsi menjaga kesehatannya.

Tentunya aromaterapi untuk bayi sedikit berbeda dengan aromaterapi dewasa, ya. Ini karena penciuman si kecil masih dalam tahan penyesuaian. Yuk, kenali bersama manfaat dari aromaterapi untuk bayi.

Manfaat Aromaterapi untuk bayi

Membantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Aromaterapi tak dipungkiri bisa menjadikan tidur si kecil jauh lebih nyenyak. Setetes minyak lavender alami yang diletakkan pada sisi tempat tidur bisa membuat tidur si kecil lebih nyaman. Aromanya akan merelaksasi bayi dan menghilangkan kecemasan si bayi. Berbagai aroma yang bisa dipilih selain lavender adalah aroma melati yang bisa membantu tidur nyenyak.

Mengatasi Batuk dan Pilek

Penyakit seperti batuk dan pilek yang diderita si kecil bisa kok diatasi dengan aromaterapi. Aromaterapi akan bekerja melalui sirkulasi tubuh dan sistem penciuman. Saat aroma terapi diuapkan maka akan lebih mudah terserap oleh si kecil. Aromaterapi akan mampu melancarkan pernapasan bayi supaya tidurnya lebih nyenyak. Cukup teteskan minyak aromaterapi pada selimut atau tepi tempat tidur bayi sehingga si kecil bisa mencium aromanya.

Menghilangkan Gejala Kolik

Sumber gambar bebeclub.co.id

Kolik adalah gejala saat bayi menangis keras dalam waktu lama. Biasanya terjadi saat bayi berusia 2 hingga 4 minggu, memuncak kala ia berusia 2 bulan, dan akhirnya mereda di bulan ke 3 dan ke 4. Bayi akan menunjukkan tanda masuk angin dan juga perut kembung. Gejala lain yang bisa dilihat adalah bayi merintih dan menangis seakan sakit. Tangan bayi mengepal dan lututnya ditarik ke arah dada. Bayi akan rewel dan jadi kesulitan untuk tidur.

Untuk menghilangkan gejala kolik tersebut, Anda bisa memakai aromaterapi untuk bayi. Aromaterapi bisa memberi rasa tenang dan nyaman sehingga bayi juga bisa merasakan efek relaksasi pada tubuhnya.

Cara Memilih Aromaterapi untuk Bayi

Memilih aromaterapi untuk bayi tak bisa sembarangan saja. Salah memilih aromaterapi akan membuat iritasi pada si kecil. Anda bisa memilih minyak alami untuk jadi aromaterapi si kecil supaya lebih aman digunakan.

Pilih saja minyak esensial murni 100 persen. Selain itu, minyak esensial memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Contoh minyak esensial yang aman adalah kayu cedar, lavender, kayu cendana, neroli,dan kamomil Jerman.

Tips dalam memilih aromaterapi bayi selanjutnya adalah hindari minyak esensial yang Anda belum yakin keamanannya. Jangan lupa untuk melakukan tes kulit sebelum memakai minyak esensial supaya tak ada reaksi alergi yang muncul.

Kendati baik untuk diberikan pada bayi, namun tak dianjurkan memberikan aromaterapi pada bayi berusia di bawah 6 bulan, ya.

Pilihan Terbaik Aromaterapi yang Aman untuk Bayi

Beauty Barn Aromatherapy Breathe Easy

Sumber gambar shopee.co.id

Beauty Barn Aromatherapy Breathe Easy ini aman banget untuk Anda pilih menjadi aromaterapi si kecil. Produk ini ampuh mengatasi gejala batuk pilek pada anak bayi. Si kecil akan lebih nyenyak tidurnya karena aromaterapi bisa melancarkan pernapasannya.

Untuk memakainya cukup mudah dan tanpa ribet. Anda tinggal meneteskan 2 tetes produk ini pada bantal atau selimut bayi. Hindari supaya tak terkena kulitnya. Aromaterapi ini cocok untuk semua anggota keluarga. Mengandung beberapa minyak esensial yakni kayu manis, lemon, tea tree, cajuput, peppermint, dan chamomile, membuat aromanya sungguh menenangkan. Anda bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 90.000.

Rc Young Living Essential Oil Bayi

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rc Young Living Essential Oil Bayi ini juga cocok jadi pilihan. Mampu mengatasi masalah pernapasan seperti batuk dan pilek pada bayi dengan bahan yang aman. Anda bisa menggunakannya untuk membuat si kecil lebih pulas tidurnya.

Kandungan eucalyptus globulus bisa menjadi antibakteri dari produk ini. Ada juga bahan myrtle yang bisa menjadi pelega pernapasan. Selain itu ada kandungan cemara sebagai pengencer dahak, marjoram sebagai perileks sistem tubuh, dan juga lavender sebagai pengurang rasa sakit. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 185.000.

Beauty Barn Aromatheraphy Virus Free

Sumber gambar www.bukalapak.com

Beauty Barn Aromatheraphy Virus Free ini jangan sampai dilewatkan sebagai aromaterapi si kecil. Ampuh untuk menetralkan virus yang ada di ruangan, aromaterapi ini bisa dipakai untuk mencegah anak tertular penyakit semacam batuk pilek.

Aromanya sangat segar sehingga bisa dipakai untuk menyegarkan ruangan juga. Cukup teteskan 3 tetes saja pada pot aromaterapi lalu campur dengn sedikit air. Dengan bahan seperti rosemary, lemongrass, tea tree, dan lavender, membuat produk yang satu ini aman untuk digunakan. Anda bisa mendapatkannya di Bukalapak dengan harga Rp 200.000.

Imuno Oil Aromatherapy

Sumber gambar micmicstore.com

Bayi biasanya sangat rentan terhadap penyakit menular. Sehingga Anda perlu sesuatu untuk membuat pertahanan imun si kecil makin kuat.

Imuno Oil Aromatherapy ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil. Bahaya demam, pilek, hingga batuk bisa diatasi dengan aromaterapi ini. Hadir tanpa pewangi sintetis dan tanpa minyak nabati sehingga aman digunakan. Dalam produk ini ada kombinasi peppermint dan cajuput yang dipadukan wangi dari fennel dan pine oil. Bisa melegakan saluran pernapasan, aromaterapi ini juga bisa membantu mengeluarkan lendir pilek dari hidung.

Anda bisa mendapatkannya di Micmic Store dengan harga Rp 250.000.

Bonnels Essential Oil - Cough & Flu

Sumber gambar bonnels.id


Ada Bonnels Cough And Flu Essential Oil yang tepercaya untuk memelihara kesehatan bayi. Berbahan minyak esensial eucalyptus, peppermint, serta lemon dan mampu meredakan hidung tersumbat dan susah bernapas. Bisa juga untuk meringankan gejala alergi. Cukup tuang air pada diffuser lalu teteskan produk sebanyak 5 tetes. Anda bisa mendapatkannya di Bonnels dengan harga Rp 198.000.

Belli To Baby Essential Oil Lavender

Sumber gambar www.tokopedia.com

Belli To Baby Essential Oil Lavender akan jadi aromaterapi yang pas untuk di rumah. Hadir dengan karakteristik paling lembut sehingga aman dipakai untuk anak bayi usia 3 bulan ke atas. Aromanya bisa membuat si kecil lebih pulas dan cocok juga untuk dikenakan kala bepergian supaya ia tak rewel.

Cukup teteskan 3 tetes pada air mandi si kecil. Bisa juga diaplikasikan pada perut searah jarum jam jika ingin mengatasi gejala kolik. Anda bisa membelinya di Tokopedia seharga Rp 148.500.

Botanina Cold & Flu Baby & Kid Aromatherapy Spray

Sumber gambar www.naturesmarket.id

Botanina Cold & Flu Baby & Kid Aromatherapy Spray ini juga bisa menjadi pilihan Anda. Produk ini bisa membersihkan bakteri dan virus dalam tubuh. Ampuh juga untuk melegakan saluran pernapasan si kecil. Dengan kandungan manfaat seperti anti jamur dan anti virus sehingga produk ini bisa membantu membersihkan lingkungan. Kocok dulu sebelum memakainya baru bisa diaplikasikan pada kain baik selimut maupun seprai.
Dapatkan di JD dengan harga Rp 110.000.

Plant Therapy Organic Tea Tree Essential Oil

Sumber gambar www.amazon.com

Plant Therapy Organic Tea Tree Essential Oil ini juga bisa banget untuk dipilih. Dengan kekuatan aroma yang medium, aromaterapi ini aman untuk anak karena berbahan melaleuca alternifolia dari Australia. Efeknya luar biasa untuk mengatasi iritasi hingga membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Dibuat dengan metode penyulingan uap dari daun tea tree dan tersertifikasi organik dari USDA. Minyak esensial berkualitas tinggi ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 175.000.

From our editorial team

Aromaterapi Bayi yang Aman untuk Bayi Lebih Sehat

Dengan ulasan dari BP-Guide di atas, kini Anda pasti sudah mengerti mengapa aromaterapi bisa sangat bermanfaat untuk bayi. Dan tak perlu lagi memilih dari banyak merek yang tersedia di luar, Anda bisa langsung mengerucutkan pilihan ke rekomendasi aromaterapi untuk bayi yang terbukti aman di atas. Nah, tunggu apa lagi Moms?