Inilah 4 Ciri Mainan Edukatif untuk Anak dan 10 Rekomendasi Mainan Edukatif yang Cocok untuk Anak-anak

Inilah 4 Ciri Mainan Edukatif untuk Anak dan 10 Rekomendasi Mainan Edukatif yang Cocok untuk Anak-anak

Memilih mainan yang edukatif pasti jadi hal yang diutamakan bagi para oarangtua. Tentu saja anak agar anak tidak hanya sekadar main, namun dapat mengambil pelajaran dari permainannya. Nah, Anda sebagai orangtua perlu tahu mainan edukatif bagi anak itu seperti apa. Langsung simak bersama BP-Guide, yuk!

Selain Menjadi Sarana Bermain, Mainan juga Alat untuk Belajar dan Berlatih

Sumber gambar tempo.co

Pada masa tumbuh dan kembang anak, para orangtua sebaiknya memberi perhatian ekstra agar proses ini bisa berlangsung dengan baik. Tidak hanya mendukung proses belajar secara akademis, orangtua juga bisa memanfaatkan mainan agar anak bisa berlatih, belajar dan bersikap mandiri.

Meski kelihatannya digunakan pada saat bermain, nyatanya ada banyak jenis mainan edukatif yang bisa membantu anak-anak untuk belajar serta merangsang kreativitas mereka. Beberapa mainan juga baik untuk mendorong fungsi motorik tubuh sehingga anak-anak tak hanya cerdas tapi juga sehat dengan fisik yang terlatih.

Selain itu, mainan yang dimainkan secara berkelompok juga bisa membantu anak bersosialisasi dengan sekitar. Tidak hanya mengikat atau bonding ketika bermain bersama orang tua, beberapa jenis mainan kelompok juga bisa melatih si kecil untuk bekerja sama atau menjalin relasi bersama teman sebaya atau lingkungan sekitar.

Ciri Mainan Anak yang Edukatif

Melibatkan Si Kecil

Sumber gambar kompas.com

Memilih mainan kadang jadi hal tricky yang harus dilakukan oleh oran tua. Mainan harus bersifat edukatif sehingga anak-anak tidak hanya bersenang-senang sekaligus mempelajari sesuatu. Saat akan membeli mainan, sebaiknya orangtua mempertimbangkan jenis mainan yang bisa melibatkan peran si kecil.

Anda bisa memilih permainan yang tidak memiliki sistem otomatis seperti permainan memasak. Saat bermain alat masak atau yang biasa disebut dengan mainan masak-masakan, anak-anak akan terlibat langsung menggunakan alat atau mainan yang tersedia.

Pada proses ini, anak yang biasanya melihat ibu memasak, akan meniru hal yang sering dilihatnya. Hal ini bisa berdampak pada daya ingat anak dalam merekam kegiatan sehari-hari kemudian meniru saat bermain.

Mendorong Kreativitas

Meski banyak mainan yang tersedia di dalam ponsel pintar alias smartphone, sebaiknya Anda tetap memilih mainan dalam bentuk fisik yang bisa mendorong kreativitas anak. Misalnya permainan balok kayu yang bisa dimainkan segala usia. Mainan ini mungkin saja hadir dalam platform daring tapi keseruan ketika bermain langsung akan menghadirkan sensasi yang berbeda.

Anda sebagai orang tua juga bisa terlibat langsung dengan bermain bersama anak. Pada proses bermain, Anda bisa memberi petunjuk soal desain bangunan yang akan didirikan dan warna balok apa yang akan dipakai. Mainan sejenis ini bisa merangsang imajinasi anak dan membuat mereka mengenali bentuk-bentuk.

Bersifat Konstruktif

Sumber gambar womantalk.com

Mainan yang bersifat konstruktif atau bersifat memperbaiki, membangun dan sejenisnya bisa Anda pilih sebagai mainan edukatif bagi anak. Mainan ini dapat mendorong anak-anak untuk menyelesaikan masalah atau mencari solusi. Mainan yang bersifat konstruktif dapat Anda temukan di jenis mainan bongkar pasang atau merakit. Misalnya robot yang harus dirangkai terlebih dahulu atau mainan bangunan yang harus dirangkai satu per satu semacam 3D Puzzle.

Berfungsi Mengembangkan Kemampuan Anak

Sumber gambar informasitips.com

Arah bakat dan kemampuan anak biasanya bisa dilihat sejak masa usia dini sehingga banyak ahli berpendapat agar orang tua peka dan penuh perhatian di golden age buah hati. Untuk mendukung perkembangan kemampuannya baik secara akadems atau non akademis, Anda bisa memberikan mainan yang juga berfungsi mengembangkan kemampuan anak-anak.

Salah satu jenis mainan yang bisa Anda pilih adalah open ended plaything. Mainan ini bersifat fleksibel dan bisa terus dimainkan nyaris tanpa batas, diiringi kreativitas anak. Mainan yang masuk dalam jenis open ended plaything adalah lilin, pasir sintetis dan sejenisnya. Mainan ini bisa merangsang daya imajinasi dan juga krativitas yang bisa mencerminkan kemampuan anak ketika memainkannya.

Ini Mainan Baru untuk Anak Anda Mainkan

Police Patrol Playset

Sumber gambar tokopedia.com

Permainan pemeran bisa jadi salah satu jenis mainan yang Anda pertimbangkan. Lewat permainan figur ini, biasanya anak menyerap hal yang dilihat atau diketahui sehari-hari. Misalnya, saat anak melihat petugas polisi.

Umumnya, anak-anak akan bertanya tentang tugas mereka. Anda bisa memberikan mainan yang berkaitan dengan pekerjaan tertentu. Tidak hanya menyenangkan, anak-anak juga mendapat wawasan baru tentang profesi orang dewasa.

Salah satu jenis mainan yang bisa Anda pilih adalah Police Patrol Playset. terdiri dari satu set mobil yang bisa dirakit sehingga dapat merangsang kreativitas anak, mainan ini cocok bagi si kecil yang berusia mulai dari 3-10 tahun. Bisa diperoleh di Bukalapak seharga Rp 114.000.

Squishy

Sumber gambar bukalapak.com

Jadi mainan kekinian, squishy juga bisa Anda jadikan mainan pilihan bagi si buah hati. Permainan ini biasanya menggunakan sistem motorik anak dengan cara diremas atau dipijat. Bentuk squishy yang lucu dan menggemaskan juga bisa menaikkan mood anak agar bisa lebih ceria.

Umumnya, squishy terbuat dari bahan dasar spons yang nyaman di tangan. Anda bisa mendapat Squishy Paket Murah seharga Rp 175.000 di Tokopedia. Hadir dalam bentuk lucu seperti hewan atau makanan, squishy ini juga bisa mempermanis ruang kamar anak Anda.

LEGO Disney 41155 Elsa's Market Adventure Blocks

Sumber gambar www.johnlewis.com

Anak-anak biasanya mengenali mainan dari karakter animasi yang sedang booming atau terkenal. Salah satu karakter yang masih dicintai hingga saat ini adalah Elsa dari film animasi Frozen besutan Disney. Permainan yang mengusung karakter putri cantik berkemampuan luar biasa dengan es ini jadi salah satu karakter ikonik yang mulai diadaptasi dalam berbagai bentuk mainan. Salah satunya adalah LEGO Disney 41155 Elsa’s Market Adventure Blocks.

Mainan ini hadir dalam satu set yang bisa dibentuk menjadi gerobak, pasar bahkan ada juga perahu. Tidak hanya karakter Elsa, mainan ini juga menghadirkan Olaf, si manusia salju lucu. Bentuk mainan hingga Elsa berada di pasar dan rasakan keseruan imajinasinya. Bisa dipesan melalui Lazada seharga Rp 675.500.

Mainan Kereta Set

Sumber gambar www.lazada.co.id

Saat akan membeli mainan anak, sebaiknya Anda cermat membaca label karena tidak semua jenis cocok dimainkan segala umur. Umumnya, mainan yang dirakit dan memiliki komponen-komponen kecil tidak sesuai bagi anak berusia di bawah 3 tahun. Hal ini didasarkan pada kekhawatiran part mainan bisa tertelan dan menyebabkan si kecil tersedak. Oleh sebab itu, pilih mainan berdasarkan kategori usia agar anak terhndar dari hal-hal berbahaya.

Salah satu jenis mainan yang cocok untuk anak usia 3 tahun adalah Mainan Kereta Set, StarWego Mainan Kereta Roller Coaster 661D-3 ini. Sudah mendapat jaminan SNI, mainan ini terdiri dari 129 part yang bisa dirakit dan dapat merangsang kemampuan anak dalam merangkai benda. Terbuat dari bahan plastik ABS berkualitas, mainan ini bisa diperoleh melalui Lazada seharga Rp 357.500.

Best Kitchen Set Koper Mainan Masak - Masakan

Sumber gambar tokopedia.com

Mainan masak-masakan adalah salah satu jenis mainan yang tak lekang dimakan zaman. Sedari dulu hingga sekarang, banyak anak perempuan yang masih suka permainan ini. Anda pun bisa turut serta bermain masak-masakan bersama anak menggunakan Best Kitchen Set Koper Mainan Masak-masakan berikut ini.

Terdiri dari 1 set kompor lengkap dengan 2 buah tungku, oven, peralatan memasak, sayuran bahkan wastafel, mainan masak-masakan modern ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi si kecil yang sedang tertarik di dunia memasak. Anda bisa memesannya di Tokopedia dengan harga Rp 254.900.

OEM Penguin Trap Mainan Anak

Sumber gambar blibli.com

Ada beberapa jenis mainan yang juga bisa merangsang kecepatan motorik anak. Mainan ini cocok bagi anak-anak yang memiliki energi berlebih dan gemar melakukan permaian adu ketangkasan. Salah satu mainan yang bisa Anda pilih adalah OEM Penguin Trap Mainan Anak.

Mainan ini mudah dan cocok untuk dimainkan secara beramai-ramai. Pemain yang membuat si penguin terjatuh dari balok es adalah pemain yang kalah. Mainan ini juga bisa merangsang ketelitian dan kecermatan anak. Terdiri dari meja, spinner, palu dan balok es buatan, mainan ini di banderol seharga Rp 125.800 di Blibli.

Kinetic Sand

Sumber gambar tokopedia.com

Termasuk dalam jenis mainan open ended plaything yang bersifat konstruktif, pasir kinetic bisa jadi pilihan mainan yang membebaskan imajinasi si kecil. Mainan ini juga cocok jadi alternatif jika Anda belum sempat membawa anak-anak bermain di pantai. Salah satu mainan pasir kinetik yang bisa Anda pilih adalah Pasir Kinetik Tray Set 1.500 Gram Super Lengkap Pasir Kinetic Le Sand.

Terdiri dari kotak tray besar dengan tatakan plastik, pasirnya terdiri dari berbagai macam warna yang bisa Anda pilih ketika memesan. Tersedia juga cetakan besar dan kecil, sekop serta alat pemotong plastik juga boneka pasir isi 7 bagian. Mainan ini telah memenuhi standar SNI dan bisa dipesan di Tokopedia seharga Rp 149.000.

Tobot Mini

Mainan yang bersifat futuristik masih jadi kegemaran terutama bagi anak laki-laki. Anda bisa memilih mainan robot sebagai hadiah kenaikan kelas yang berkesan kali ini. Salah satu mainan robot yang bisa dipilih adalah Tobot Tritan Robocar Transformer Combine 3 Car XYZ.

Mainan ini terdiri dari 3 mobil yang bisa dirangkai menjadi robot dan hadir dalam warna merah, biru serta oranye. Mainan ini bisa melatih kemampuan anak dalam merangkai benda dan membuat bentuk. Bisa dipesan lewat Lazada dengan harga Rp 240.000.

NERF ELITE Pistol Nerf Blaster

Sumber gambar walmart.com

Saat memberi mainan yang merepresentasikan senjata, Anda sebaiknya juga memberi imbauan pada si kecil tentang mainan tersebut. Awasi ketika anak bermain dengan teman agar tidak kebablasan karena saat ini banyak game yang memperlihatkan permainan menggunakan senjata dengan unsur kekerasan di dalam kontennya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa membuat permainan tembak menembak jadi tidak menyenangkan. Anda bisa pilih mainan yang aman seperti Nerf Elite Pistol Nerf Blaster berikut ini.

Peluru pistol terbuat dari peluru busa yang lunak dan bisa ditembak secara otomatis. Mainan ini cocok bagi anak yang suka memainkan permainan strategi dan menyerang tapi sebaiknya selalu Anda awasi, ya. Mainan ini bisa diperoleh melalui Blibli seharga Rp 1.499.000

Mainan Telur / Suprise Egg

Sumber gambar tokopedia.com

Masing-masing anak memiliki selera berbeda-beda untuk mainan. Jika Anda sedang kehabisan ide untuk memberi mainan yang cocok, Anda bisa coba mainan telur kejutan seperti Telur Isi Kejutan Mainan Surprise Egg ini. Hadir dalam motif terbaru dengan karakter yang disukai anak-anak, telur ini berisi mainan kejutan yang dikemas secara acak.

Anda bisa menjadikan mainan ini sebagai komponen melengkapi permainan lain. Cocok juga dijadikan hadiah ketika si kecil bermain bersama teman-temannya. Harga per satu buah dibanderol senilai Rp 1.049 tapi Anda juga bisa memilih 1 jaring yang terdiri dari 20 telur atau 1 dus berisi 6 jaring atau setara dengan 120 telur. Bisa dipesan di Tokopedia.

From our editorial team

Sudah Memutuskan Mainan yang Tepat Bagi Anak?

Pemberian hadiah kepada anak berupa mainan sangatlah lumrah dan boleh-boleh saja. Apalagi jika anak Anda berhasil meraih sesuai, maka memberikan reward berupa hadiah mainan tentu tidak ada salahnya. Catatan pentingnya, pilihlah mainan edukatif yang dapat mengasah kemampuan anak Anda saat ia bermain.

Tag