Nostalgia dengan PS3, 10 Rekomendasi Game PS3 Ini Seru Banget Dimainkan dan Berjaya pada Masanya

Nostalgia dengan PS3, 10 Rekomendasi Game PS3 Ini Seru Banget Dimainkan dan Berjaya pada Masanya

Nah, kamu mungkin salah satu penggila PS3 saat konsol ini muncul pada eranya. Jangan salah, game-game seru di PS3 memang memberikan kesan tersendiri bagi pemainnya. Kali ini BP-Guide akan mengajakmu untuk bernostalgia dengan game PS3 yang berjaya pada masanya. Yuk, langsung simak aja!

Jadul? Tidak Juga, Game PS3 Ini Masih Seru Banget Kamu Mainkan

Sumber gambar www.hidayatullah.com

Meskipun keberadaan PS3 telah tergantikan oleh PS4, tetapi di Indonesia PS3 masih tetap berjaya. PS3 adalah konsol video game yang telah memiliki fitur yang lengkap untuk memberikan kepuasan Anda dalam bermain game. Tersedia berbagai game menantang di konsol video game yang dikembangkan oleh Sony ini, bahkan beberapa game di PS3 telah bisa dimainkan secara online.

Keluarga PS3 yang Wajib Kamu Ketahui

PS3 Fat

Sumber gambar cinemablend.com

PS3 Fat adalah generasi pertama dari PS3 dengan bentuk yang tebal. Prosesor yang digunakan PS3 adalah 60 nm dan 65 nm. Generasi awal ini memiliki kapasitas mulai dari 20 GB, 40 GB 60 GB dengan dilengkapi stick sixaxis. Sayangnya, PS3 Fat ini mudah panas dan mengalami kondisi Yellow Light og Death atau kondisi dimana PS tidak bisa dijalankan lagi.

PS3 Slim

Sumber gambar zavvi.es

Generasi selanjutnya adalah PS3 Slim, versi ini dirancang lebih kecil, lebih ringan dan lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, meskipun kecil tetapi memiliki kapasitas yang lebih besar hingga mencapai 120 GB dan dapat diupgrade hingga 320 GB. PS3 slim resmi dirilis pada tanggal 1 september 2009.

PS3 Super Slim

Sumber gambar amazon.com

PS3 Super Slim adalah desain PS3 yang lebih ramping lagi dari seri sebelumnya. Kapasitas hard drivenya lebih besar lagi hingga mencapai 250 GB sampai 500 GB. PS3 Super Slim ini memiliki berat 2,1 kg dan terhitung lebih kecil 25% dan lebih ringan 20% dari seri sebelumnya. Versi ini menggunakan penutp disk geser yang sebelumnya digunakan pada konsol PS2. PS3 Super Slim resmi dirilis pada tahun 2012.

Rekomendasi Game PS3 Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Coba

Demon’s Souls

Sumber gambar gamerant.com

Demon’s Souls adalah game role-playing aksi yang dibuat oleh sutradara Hidetaka Miyazaki dan diproduksi dalam pengawasan oleh Sony Japan Studio. Permainan ini sukses besar di pasar dan banyak mendapatkan pujian karena desain seni fantasi gelapnya, variasi dalam pilihan tempur dan telah didukung pula interaksi secara online. Hal yang menjadi daya tarik dari game ini adalah tingkat kesulitannya yang tinggi.

Dalam permainan ini, Anda memainkan seorang pahlwan yang melakukan perjalanan ke kerajaan fiktif Boletaria. Masalah timbul dari dunia fantasi gelap yang menghadirkan kabut terkutuk, yang mana kabut itu membawa setan yang ingin berpesta pada jiwa manusia.

Heavy Rain

Sumber gambar www.unautreblog.com

Heavy Rain adalah game yang dikembangkan oleh Quantic Dream dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment sebagai game di PS3. Game ini termasuk ke game drama interaktif dan game aksi-pertualangan. Permainan ini menjadi menarik dimainkan karena setiap keputusan Anda atau tindakan Anda mempengaruhi jalan cerita permainan dan akhir yang berbeda.

Permainan ini mendapatkan banyak pujian karena dampak emosional, visual, tulisan, kontrol, akting suara dan musik yang sangat baik. Heavy Rain ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, karena Anda harus menggerakan empat karakter yang berbeda dan tokoh utama bisa saja terbunuh jika Anda salah mengambil pilihan.

Journey

Sumber gambar playstation.com

Journey adalah game video indie yang termasuk sebagai salah satu game terhebat sepanjang masa. Austin Wintory memiliki peran penting didalam pembuatan game ini, karena dia adalah orang yang mengaransemen musik pada game ini, yang mana digame ini musik menjadi unsur utama. Game yang dirilis pada Maret 2012 ini dirilis untuk PS3 melalui PlayStation Network.

Dalam game Journey, Anda adalah sosok berjubah hitam yang berada di tengah padang pasir yang luas. Anda diharuskan melakukan perjalanan ke arah gunung yang berada di kejauhan. Di perjalanan, Anda akan bertemu pemain lain dan dapat saling membantu menyusuri padang pasir tersebut.

Kesulitannya adalah Anda tidak bisa berkomunikasi dengan berbicara atau teks, tidak juga bisa mengetahui nama pemain masing-masing. Satu-satunya media komunikasi adalah musik. Bagaimana, tertantang untuk memainkannya?

Ni No Kuni: Wrath of the White Witch

Sumber gambar youtube.com

Ni No Kuni: Wrath of the White Witch adalah game video role-playing yang dikembangkan dari game seri sebelumnya Ni no Kuni: Dominion of the Dark Djinn oleh Level-5. Game ini secara resmi dirilis di Jepang pada bulan November 2011.

Dalam game Ni No Kuni: Wrath of the White Witch Anda adalah Oliver, seorang anak muda yang ingin menyelamankan ibunya kemudian memulai perjalanan. Game ini menggunakan persfektif orang ketiga untuk memainkannya.

Dalam perjalanan Anda akan bertemu dengan makhluk yang bernama Familiars, Anda bisa mengalahkannya dengan kemampuan sihir. Uniknya, makhluk tersebut dapat ditangkap dan dijinakkan.

Infamous 2

Sumber gambar dualshockers.com

Infamous 2 adalah game video aksi-pertualangan yang merupakan sekuel dari game Infamous yang dirilis pada tahun 2009. Infamous 2 yang resmi dirilis pada 7 Juni 2011 ini dikembangkan oleh Sucker Punch Productions dan diterbitkan di PS3 oleh Sony Computer Entertainment.

Dalam game Infamous 2, Anda adalah Cole MacGrath yang berusaha tumbuh menjadi kuat di New Marais, agar dapat mengalahkan musuh bebuyutan yang bernama the Beast. Anda dibekali dengan kekuatan super listrik yang dapat digunakan dalam pertempuran dan navigasi kota.

Hal yang menarik dari game ini adalah Anda bisa secara egois menggunakan kekuatan untuk tujuan yang tidak baik. Namun, reaksi penduduk kota terhadap Anda akan merubah jalan ceritanya.

Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots

Sumber gambar reviewjunkies.com

Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots adalah game video aksi-pertualangan yang merupakan seri ke enam yang disutradarai oleh Hideo Kojima. Game yang dirilis secara resmi diseluruh dunia pada 12 Juni 2008 ini dikembangkan oleh Kojima Productions dan diterbitkan oleh Konami secara eksklusif untuk konsol PS3.

Dalam permainan ini, Anda adalah Solid Snake yang dapat menggunakan stealth pada pertempuran jarak dekat. Tampilan dari game ini juga telah dikembangkan menjadi tampilan streamline dan kamera over-shoulder untuk membidik senjata, serta menggunakan tampilan opsional first-person pada tombol tonggle.

God of War III

Sumber gambar playstation.com

God of War III adalah game aksi hack dan slash video yang berdasarkan mitologi Yunani. Permainan yang dirilis secara resmi untuk konsol PS3 pada 16 Maret 2010 ini dikembangkan oleh Santa Monica Studio dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment. Game ini merupakan seri ke 5 dari God of War dan sekuel dari God of War II yang dirilis pada tahun 2007.

Dalam game God of War III, Anda adalah mantan Dewa Perang Kratos. Anda menggerakkan Kratos menaiki Gunung Olympus dengan dipandu oleh roh Athena. Dalam perjalanan, Anda akan dihalangi oleh pertempuran melawan monster, dewa dan Titans. Tujuan dari perjalanan ini adalah mencari Pandora untuk mengalahkan Zeus dan mengakhiri pemerintahan dewa-dewa Olympian.

Uncharted 2: Among Thieves

Sumber gambar youtube.com

Uncharted 2: Among Thieves adalah game video yang dikembangkan oleh Naughty Dog dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment untuk PS3. Game ini merupakan sekuel dari Uncharted: Drake's Fortune yang dirilis pada tahun 2008, sendangkan game ini dirilis pada tahun 2009.

Permainan ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, karena harus menjelejahi daerah yang luas dan mempengaruhi banyak petak poin di sepanjang jalan. Game ini memiliki plot tentang Nathan Drake yang melakukan perjalanan ke seluruh Duni bersama Chloe Frazer, Elena Fisher dan Victor Sullivan.

Perjalanan ini bertujuan untuk menemukan dongeng tentang Cintimani Stone dan Shangri-La dalam perlombaan melawan tentara bayaran Serbia.

Persona 5

Sumber gambar amazon.com

Persona 5 adalah video game yang dikembangkan oleh Atlus untuk konsol permainan Playstation 3 da playstation 4. Permainan yang dirilis pertama kali di Jepang pada Sepetember 2016 ini merupakan seri keenam dari Persona.

Game yang memiliki latar tempat di Tokyo ini memiliki plot seorang yang pindah ke Akademi Shujin fiktif. Pindah sekolah tersebut merupakan masa percobaan bagi tokoh utama karena dianggap sebagai dalang sebuah kerusuhan.

Selama di sekolah, Anda akan membangkitkan kekuatan Persona dan membentuk kelompok bertopeng yang bernama "Phantom Thieves of Hearts". Kelompok ini bertujuan untuk mencuri keinginan jahat orang dewasa, kelompok itu melakukannya dengan cara melakukan penjelajahan terhadap istana supra natural.

The Last of Us

Sumber gambar playstation.com

The Last of Us adalah game yang dikembangkan oleh Naughty Dog dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertaiment. Game ini merupakan video game aksi-pertualangan horos sintasan. The Last of Us resmi dirilis pada PS3 pada pada 14 Juni 2013.

Dalam The Last of Us, Anda akan memainkannya dari sudut pandang orang ketiga. Anda mengontrol Joel yang memiliki tuga untuk mengawal Eliie melintasi Amerika Serikat pasca-apoaliptik. Dalam perjalanan, Anda akan dihadang oleh makhluk kanibal yang terinfeksi oleh mutasi dari jamur Cordyceps.

Anda bisa membunuhnya menggunakan senjata api atau senjata improvisasi. Anda juga bisa menyelinap untuk mengelabuhi musuh atau menghindari perkelahian.

From our editorial team

Kangen dengan Game PS3?

Untuk anak-anak kelahiran tahun 90-an, sebagian besarnya sudah pernah memainkan game PS3 ini. Selain punya keasyikan tersendiri, game PS3 pun digemari bahkan oleh anak-anak milenial. Kamu kangen memainkan game yang mana di PS3 ini?