10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Masih Layak Kamu Mainkan di 2018

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik yang Masih Layak Kamu Mainkan di 2018

Sumber gambar blenderartists.org

Playstation Portable atau yang disebut dengan PSP menjadi salah satu modul permainan yang cukup digandrungi karena menawarkan berbagai jenis permainan dengan tampilan yang cukup menarik. Game-game apa saja sih yang masih layak dimainkan di PSP ini? Yuk, simak liputan lengkapnya di artikel berikut ini!

Pasti Tidak Asing dengan Console Game PSP, kan?

Sumber gambar the-gadgeteer.com

Para gamer tentu mengikuti perkembangan alat permainan game dari zaman ke zaman. Salah satu sarana bermain game yang hingga kini masih eksis adalah konsol video game. Perangkat komputer ini bisa menghasilkan sinyal video atau gambar visual untuk menampilkan gim video sehingga bisa dimainkan satu orang atau lebih.

Konsol game PSP begitu populer pada zamannya. Aneka seri konsol dimunculkan dan bahkan pada tahun 2000an konsol game ada juga yang menawarkan fungsi tambahan mulai dari pemutar DVD, pemutar disk Blu-ray, sampai browser web. Berbagai game PSP pun dimunculkan untuk membuat gamer makin betah main PSP.

Bersama BP-Guide yuk mengingat kembali berbagai game PSP yang sempat booming dan meraih penjualan tertinggi di dunia.

Seri Console Game PSP yang Sempat Merajai

PSP 1000

Sumber gambar en.wikipedia.org

PSP 1000 Fat BLACK 8GB BRAND NEW menjadi satu dari beberapa konsol game PSP yang sempat merajai penjualan PSP. Yang satu ini menjadi PSP terbesar dan terberat meski juga bisa dikategorikan sebagai yang paling indah. Desain yang ramping dan bulat membuat konsol ini terlihat unik. Dengan satu tombol bahu di setiap sisi, konsol ini memiliki satu nubel analog sebagai pengganti dual stick PS2.

Dari segi tampilan, konsol ini mempersembahkan resolusi tinggi sehingga memanjakan mata para gamer. Suaranya tak begitu keras, namun dengan bantuan headphone, maka efek suara akan lebih jelas terdengar. Memiliki slot memory stick yang bisa dipakai Memory Stick Duo atau Pro Duo. Konsol yang satu ini bisa juga memutar audio dan video yang disimpan pada Memory Stick.

PSP 2000

Sumber gambar www.ifixit.com

SONY PSP WiFi Slim 2000 ini juga tak kalah keren. Dengan tambahan 16 GB Memory Card Full Games membuat konsol warna hitam ini begitu diminati. PSP yang satu ini adalah seri kedua dari SONY PSP sebagai pembaruan dari PSP Fat.

Layar LCD-nya diperbarui dengan warna yang ditingkatkan dan bisa menyesuaikan kontras dengan baik. Dalam konsol ini sudah dilengkapi WiFi juga, jadi kamu bisa bermain game secara online dan bisa bersaing dengan teman di tempat yang berbeda. Hadir dengan MIPS R4000 32-bit Core, konsol ini bisa mengeksekusi menu secara cepat. Kelebihan lainnya adalah adanya 32 MB eDRAM berkecepatan 222 MHz membuat bermain jauh lebih seru. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 1.599.000.

PSP 3000

Sumber gambar www.amazon.com

Sony PSP 3000 Video Game ini sudah lengkap dengan game gratis juga. Simpel dan mudah dibawa ke mana saja. Ada kapasitas penyimpanan sebesar 8GB memungkinkan menyimpan lebih banyak game. Konsol portable ini lengkap juga dengan MC 16GB dengan game yang bebas dipilih.

Ada sebuah unit power cable dan sebuah unit charger adaptor dalam paket pembelian. Selain itu dalam dus box juga memiliki garansi servis selama 1 tahun. Ada juga garansi tukar baru untuk pemakaian 1 minggu dan garansi spare part 1 bulan. Kamu bisa mendapatkan PSP ini di Blibli dengan harga Rp 1.027.500.

PSP GO

Sumber gambar huntella.net

PSP GO juga banyak dicari sebagai PS populer. Meski tak memiliki dukungan untuk game via UMD, namun lumayan untuk dimiliki. Kekurangan lainnya dari PSP yang satu ini adalah koneksi nirkabel yang lambat dan tak sesuai dengan harganya yang bisa dibilang mahal.

Beberapa kekurangan tersebut ditutup dengan kelebihan dari PSP Go ini. Kelebihannya adalah memiliki penyimpanan dasar sebesar 16GB. Lalu ada fitur download ulang, sehingga kamu bisa mendapatkan kembali game yang pernah diunduh tanpa dipungut biaya tambahan. Kualitas layar dari produk ini juga lebih baik dari sebelumnya. Kamu bisa membeli produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 1.500.000.

10 Rekomendasi Game PSP Terbaik dengan Angka Penjualan Tertinggi di Dunia

Crisis Core: Final Fantasy VII

Sumber gambar www.emuparadise.me

Crisis Core: Final Fantasy VII ini muncul tahun 2007. Merupakan game aksi yang dirilis Square Enix untuk PlayStation Portable, sekaligus menjadi prequel untuk video game 1997 Final Fantasy VII. Game ini disutradari oleh Hajime Tabata, sementara perancang karakternya adalah Tetsuya Nomura.

Plot yang dimunculkan bersumber dari skenario yang Kazushige Nojima pikirkan ketika mengerjakan Final Fantasy VII. Fokus pada Zack Fair yang merupakan anggota muda dari organisasi paramiliter SOLDIER. Ia bertugas mencari SOLDIER Genesis Rhapsodos yang hilang. Kala bertugas ia menemukan asal Genesis, Project G, dan bagaimana hal itu terkait dengan dua SOLDIER peringkat tinggi lainnya.

Game ini cukup populer dan bisa terjual lebih dari tiga juta unit di seluruh dunia. Game ini tersedia di Amazon dengan harga Rp 442.323.

Disgaea 2 - Dark Hero Days

Sumber gambar www.youtube.com

Disgaea 2 menjadi sebuah permainan taktis terbitan dari Nippon Ichi Software untuk konsol permainan video PlayStation 2. Hadir dalam DVD ROM dan memiliki film pembuka animasi yang bikin jadi lebih menarik.

Dalam game ini ada 13 bab yang tiap babnya memiliki potongan adegan untuk menjelaskan misi Adell selanjutnya . Pada awal bab maka area baru akan terbuka kuncinya. Pada tiap area ada peta yang harus dipukul untuk maju ke bab berikutnya. Pemain tak boleh melewatkan awal dan akhir setiap bab supaya lebih mengerti alur permainannya. Kamu bisa memilih item apa saja dalam inventaris pihak dan memasukkannya. Game keren ini bisa dibeli di Amazon dengan harga Rp 534.950.

Gran Turismo

Sumber gambar www.emuparadise.me

Gran Turismo juga sangat populer di eranya. Game video balap ini diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment pada tahun 1997. Kazunori Yamauchi adalah perancang dari game ini, sementara Polys Entertainment merupakan penerbit game ini. Game untuk konsol video game PlayStation ini seru banget untuk dimainkan.

Usai dikembangkan dalam waktu 5 tahun, game ini sukses menarik banyak peminat dan menjadi game video balap berperingkat tertinggi sepanjang masa. Game racing ini bisa membuat pemain seolah tengah berada di area balap sungguhan.

Menunya lengkap dan kamu bisa melihat rangkaian screenshot foto realistis mobil-mobil yang bisa kamu gunakan di beragam lokasi ikonik dunia. Ada live preview yang bikin kamu lebih menikmati permainan ini. Perubahan warna mobil diaplikasikan real time sehingga bikin kita makin terpesona. Game ini tersedia di Ebay dengan harga Rp 431.676.

Midnight Club 3: DUB Edition

Sumber gambar www.youtube.com

Midnight Club 3: DUB edition juga merupakan game racing selain Gran Turismo. Diterbitkan oleh Rockstar Games, game ini telah dikembangkan oleh Rockstar San Diego. Bergaya arcade dan fokus permainannya adalah balap liar berkecepatan tinggi.

Selama bermain dalam lomba balap, kamu bisa mendengarkan 98 trek musik berlisensi. Ada sejumlah tampilan grafis setelah kamu menabrak objek tertentu. Kamu bisa memodifikasi penampilan luar dan performa kendaraan.

Game ini menghadirkan lima jenis balapan dari balapan yang diperintahkan, balapan sirkuit, balapan tanpa balapan, balapan autocross, lintasan, dan acara hiruk pikuk. Kamu bisa memperoleh game ini di Ebay dengan harga Rp 1.044.029.

Ratchet & Clank: Size Matters

Sumber gambar www.gamereactor.eu

Ratchet & Clank: Size Matters dikembangkan oleh Game High Impact. Sony Computer Entertainment menerbitkan game ini untuk PlayStation Portable dan PlayStation 2. Game video platformer 2007 ini kisahnya mengenai Ratchet dan Clank yang liburannya dihabiskan untuk mencari seorang gadis yang diculik. Mereka juga harus menemukan ras yang terlupakan yang dikenal sebagai Technomites.

Kamu bisa memainkan karakter Clank yang mampu mengendalikan satu set Gadgebots. Ada aneka senjata yang dapat ditingkatkan seperti Lacerator yang ditingkatkan ke Dual Lacerators. Armor bisa ditemukan dalam level dan dapat dikombinasikan untuk membuat pakaian yang berbeda. Kamu bisa membeli game ini di Amazon dengan harga Rp 8.920.651.

Daxter

Sumber gambar www.emuparadise.me

Daxter merupakan karakter protagonis sekunder dari seri Jak dan Daxter. Sebagai karakter utama dalam permainan spin off self title, Daxter ini sangat seru dimainkan. Bercerita tentang Daxter yang merupakan mantan manusia yang berubah menjadi ottsel Prekursor setelah jatuh ke dalam dark eco silo di The Precursor Legacy.

Tak ada yang bisa diungkap dari masa lalu Daxter. Hanya saja diketahui bahwa ia dipekerjakan Samos untuk membersihkan gubuk. Daxter juga diketahui tumbuh dengan Jak di Desa Sandover sebelum akhirnya bepergian ke masa depan untuk menjadi pahlawan terkenal. Kamu bisa membeli game ini di Amazon dengan harga Rp 1.561.140.

Monster Hunter Freedom 3

Sumber gambar www.darkstation.com

Monster Hunter Portable 3 ini ditujukan untuk PlayStation Portable. Dirilis pada 25 Agustus 2011 di Jepang, game ini merupakan bagian dari seri PlayStation Portable Remaster pada PS3.

Dalam game ini ada wilayah, monster, dan sistem tempur Felyne baru yang telah direvisi. Game ini diciptakan sebagai penerus Monster Hunter Freedom Unite sebagai game ketiga dalam seri portable. Grafis HD sudah ditingkatkan dengan dukungan 3D dan adanya dukungan penyimpanan dengan PSP. Kamu bisa membeli game ini di eBay dengan harga Rp 574.879.

Final Fantasy Type-0

Sumber gambar playingdaily.pl

Final Fantasy Type 0 ini diterbitkan oleh Square Enix untuk PlayStation Portable. Game berjenis role play action ini dirilis pada 27 Oktober 2011 di Jepang. Kamu bisa mengendalikan karakter dalam pertempuran waktu nyata selama misi di Orience. Kamu juga bisa terlibat dalam pertempuran berbasis strategi berskala besar di peta dunia. Selain itu bisa juga mengakses opsi multipemain selama misi cerita berjalan.

Permainan ini menceritakan empat belas siswa dari Vermillion Peristylium, akademi sihir di Dominion Rubrum yang dijuluki Class Zero. Kelompok ini bertugas memobilisasi pertahanan Rubrum. Penjualan game ini begitu tinggi meski sempat dikritik mengenai kontrol kamera dan kecerdasan buatan. Kamu bisa membeli game ini di Amazon dengan harga Rp 193.284.

Monster Hunter Freedom Unite

Sumber gambar www.youtube.com

Monster Hunter Freedom Unite dirilis 27 Maret 2008 di Jepang. Game perluasan dari Monster Hunter Freedom 2 ini hadir dengan lebih lengkap. Banyak misi dan peralatan serta monster yang dimunculkan dalam game ini.

Ada Epic Hunting Quest dalam game di mana kamu bisa mengambil satu per satu hingga 4 monster berbeda dalam satu pencarian. Senjata yang dihadirkan juga lebih tinggi tingkat ketajamannya. Melalui konten yang bisa diunduh bisa memberikan pelindung khusus pemain untuk felyne. Kamu bisa mendapatkan game ini di Amazon dengan harga Rp 431.023.

Harvest Moon Boy & Girl

Sumber gambar skipzen.blogspot.com

Harvest Moon Boy & Girl merupakan port dari game PS1 Back To Nature. Kamu bisa memilih versi mana dari game Playstation 1 yang ingin dimainkan. Untuk versi lelaki tak akan ada akhirnya. Sementara untuk versi perempuan, gamenya berakhir usai kamu mengusulkan pernikahan.

Game yang satu ini kembali dirilis di Jepang pada November 2006. Seru untuk dimainkan, game ini juga menjadi salah satu game dengan penjualan tertinggi di masanya. Kamu bisa memperoleh game ini di Ebay dengan harga Rp 313.432.

From our editorial team

Game PSP Dapat Menjadi Teman Pengisi Waktu Luang

Buat kamu yang memang doyan nge-game, game PSP tentu saja bisa menemanimu menghabiskan waktu luang. Selain tersedia game-game menarik dan menawarkan grafis yang cukup baik, PSP yang bersifat portabel pun akan semakin memudahkan kamu untuk menggunakannya di mana pun. So, mau PSP console yang mana? Atau kamu sudah punya? :)