10 Rekomendasi Game MOBA Terbaik dan Asyik Dimainkan pada Perangkat Android (2018)

10 Rekomendasi Game MOBA Terbaik dan Asyik Dimainkan pada Perangkat Android (2018)

Sumber gambar duniagames.co.id

Game MOBA menjadi salah satu kebutuhan gamer generasi milenial. Berbagai pilihan game MOBA ini tentu semakin menyenangkan untuk dimainkan pada perangkat Android. Pastikan perangkatmu tidak nge-lag agar bisa menunjang kemenangan permainan.

Game MOBA Sedang Booming Belakangan Ini

Siapa nih yang ketagihan bermain game mobile MOBA alias Multiplayer Online Battle Arena? Wajar kalau kamu menyukai game MOBA, karena para pemain dalam game ini dipertemukan secara online dan real time. Sehingga, kamu akan terhubung dengan teman baru dan membentuk tim keren lewat permainan seru ini!

Di Indonesia, game MOBA yang paling banyak dimainkan adalah Mobile Legends: Bang Bang dan Arena of Valor alias AOV. Dua permainan ini mirip, misinya sama-sama ingin meruntuhkan pertahanan musuh. Setiap tim punya lima pemain dan bertarung menerjang lawan lengkap dengan segala cara demi menumbangkan menara musuh.

Agar bisa menang, tentu kamu dan tim harus bekerja sama, serta memaksimalkan kemampuan jagoanmu. Eits, jangan lupa, faktor terpenting justru handphone-mu. Nggak mau kan, masih semangat menyerbu musuh tapi si handphone malah lemot? Aduh, bisa bikin performa timmu lemah, dong. Apalagi kalau sampai kalah? Tenang, ini cara mengatasinya!

HP Kamu Sering Lag? Ini Tips untuk Mengatasinya

Gunakan Koneksi WiFi Bukan Hotspot

Sumber gambar idntimes.com

Agar tidak lemot pastikan koneksi internet yang kamu pakai adalah jaringan tipe 4G LTE, karena biasanya koneksi jaringan ini bagus dibanding hotspot atau WiFi yang tersedia di tempat publik. Intinya sih, handphone-mu harus tersambung ke koneksi internet yang stabil. Bagaimana dengan sambungan 3G? Boleh saja, tapi sebaiknya kamu aktifkan juga speed mode pada tab setting supaya koneksi lebih lancar.

Sebisa Mungkin Posisi Kamu Berada Dekat Dengan Router WiFi

Terasa seperti inframerah ya, harus dekat-dekat. Tapi ini betulan lho, posisi memang menentukan prestasi. Pastikan kamu duduk tidak jauh dari pemancar WiFi atau router. Karena semakin dekat dengan router, semakin kencang sinyal yang kamu dapatkan, semakin mudah pula kamu untuk menang!

Lalu kalau pemancarnya tak terlihat, bagaimana caranya bisa tahu kamu sudah duduk di spot terbaik? Mudah, cek saja di ponselmu, apakah ikon sinyalnya penuh? Jika iya, berarti kamu sudah dekat dengan router. Dengan begini, dijamin kamu bebas main game tanpa takut sinyal buruk!

Tutup Semua Aplikasi

Sumber gambar www.droidlime.com

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, bisa jadi ponselmu lemot karena terlalu banyak aplikasi yang terbuka. Aplikasi-aplikasi ini nantinya bikin kerja perangkat jadi berat dan lama. Apalagi, butuh lebih banyak ruang untuk memainkan game ini, baik pada mesin, memori, maupun baterai. Maka, pastikan kamu menutup aplikasi lain agar handphone tidak lemot. Dengan begitu, permainanmu lancar bebas tanpa halangan.

Matikan Fitur Auto Update

Sumber gambar www.maxmanroe.com

Yap, langkah ini juga perlu kamu perhatikan. Fitur auto-update memang sangat bermanfaat karena membantumu memperbarui aplikasi secara otomatis. Tapi, fitur ini membutuhkan sinyal internet dan memakan memori penyimpanan. Supaya tidak bentrok dengan game MOBA, matikan terlebih dulu fitur ini. Dengan begitu, kerja handphone jadi ringan dan tidak lemot.

Berani Beda? Gunakan Emulator dan Main di PC

Sudah coba semua langkah di atas, tapi handphone-mu masih lemot saja? Langkah terakhir yang bisa kamu coba adalah pindah ke laptop atau komputer menggunakan emulator. Ada beragam emulator gratis yang bisa kamu pakai di komputermu. Sambungkan lebih dulu ke kabel LAN sehingga jaringan internetmu menyala dengan baik. Secara umum, memakai kabel internet bakal menjadikan koneksi internetmu stabil dan lancar.

Kalau koneksi internet sudah bagus, jangan cuma main game yang itu-itu saja, dong! Supaya tidak bosan, kamu perlu mencoba game MOBA berikut ini. Coba cek, game mana yang sudah kamu mainkan, dan yang belum?

10 Rekomendasi Game MOBA yang Banyak Digemari Saat Ini

Vainglory

Sumber gambar gameandroid.us

Game Vainglory banyak dimainkan karena tampilan grafiknya yang memanjakan mata meski dimainkan di handphone. Permainan ini dilengkapi kontrol gerak mode full touch serta D-Pad virtual. Bagi para gamer, game MOBA satu ini memang lebih susah daripada AOV atau Mobile Legends. Walau begitu, pemain Vainglory tetap setia berkat kehadiran mode tanding 5v5, yang menjadikannya berbeda dari AOV dan Mobile Legends. Bagaimana, kamu tertantang mencoba?

Arena of Valor

Sumber gambar img.okeinfo.net

Tentu saja Arena of Valor alias AOV tak boleh dilewatkan. Game MOBA satu ini jadi favorit karena menghadirkan tokoh pahlawan dan penjahat dari komik keren DC Comics, seperti Batman, Joker, Superman, Wonder Woman, hingga Flash. AOV menggambarkan kisah pertempuran di negeri Antaris, tempatnya iblis, dewa, manusia, juga segala makhluk gaib demi menyelesaikan kompetisi berumur ributan tahun.

Arena of Valor merupakan ide perusahaan teknologi Tencet dari Tiongkok, dan diwakili oleh Garena untuk wilayah Indonesia. Selain karena tokoh DC Comics, game MOBA AOV juga diminati karena gampang dimainkan. Belum lagi grafiknya yang oke punya. Asal koneksi internetmu stabil, dijamin game ini bikin kamu tidak bisa berhenti main!

Mobile Legends: Bang Bang

Pastinya kamu semua sudah familiar dengan game MOBA satu ini, kan? Yap, demam Mobile Legends: Bang Bang memang cukup parah melanda Indonesia, khususnya. Kalau dibandingkan dengan AOV, Mobile Legends popular karena tidak seberat game AOV. Jadi, kamu bisa memainkannya menggunakan handphone dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Tapi, apakah kamu juga sering terganggu saat bermain karena game ini mengalami lag? Ya, itulah masalah klasik Mobile Legends. Ini karena jaringan dan server yang lemah. Meski banyak gamer Mobile Legends yang sering kesal saat bermain, nyatanya game ini tetap melejit dan jadi favorit.

Mobile Arena

Sumber gambar i.ytimg.com

Hayo, siapa yang ketagihan main Mobile Arena? Game MOBA satu ini juga dirilis oleh Tencent dan dikelola Garena di Indonesia. Dianggap versi mobile-nya game League of Legends, Mobile Arena menjadi favorit para gamer Indonesia karena tak hanya bisa dimainkan di PC, tapi juga mudah dijalankan di handphone. Meski kurang populer seperti lainnya, Mobile Arena tetaplah layak kamu jadikan alternatif pengisi waktu senggang.

Onmyoji Arena

Sumber gambar www.kotakgame.com

Ada banyak faktor yang menjadikan Onmyoji Arena beda dari game MOBA lainnya. Permainan dari Jepang ini disempurnakan dengan atmosfer negeri Sakura yang menonjol kuat, salah satunya melalui tokoh-tokohnya yang istimewa. Tak hanya grafis, Onmyoji Arena juga tampil dengan efek 3D yang keren!

Alasan berikutnya kenapa kamu harus memainkan Onmyoji adalah karena kamu dapat memilih waktu bermain, entah malam hari atau siang hari. Di game ini, karakter pahlawan dinamai Shikigami, dan semua Shikigami memiliki 5 kemampuan maksimal dan 2 battle spell yang dapat kamu optimalkan. Tentunya, khas game MOBA lainnya, untuk memenangkan game Onmyoji kamu juga perlu memburu musuh-musuh di hutan agar bisa naik level dengan cepat.

War Song

Sumber gambar cdn.apkmody.io

Masih dari Jepang, War Song merupakan game yang muncul tidak lama setelah Mobile Legends. Banyak yang menyebutnya “MOBA Anime” gara-gara permainan ini mengusung suasana bernuansa Jepang, seperti Onmyoji. Kamu juga bisa menentukan kekuatan pahlawan pilihanmu lebih bertenaga di malam atau siang hari. Entah kamu penyuka game atau anime, dijamin War Song bakal memanjakanmu dengan kualitas gambar berkualitas.

300 Heroes Mobile

Sumber gambar i.ytimg.com

Sudah pernah dengar game satu ini? Awalnya, 300 Heroes Mobile memang muncul dalam versi PC. Karena laris, kini game-nya dibuat dalam versi mobile. Meski berasal dari China, 300 Heroes Mobile hadir dengan nuansa Jepang. Ada aneka pilihan tokoh anime Jepang yang bisa kamu pilih, misalnya anime Inuyasha atau Seshoumaru. Pengalaman bermainmu jadi menyenangkan karena 300 Heroes Mobile disempurnakan dengan kualitas kontrol dan gambar yang enak dilihat.

Heroes Arena

Permainan yang dirilis uCool ini memang serupa Arena of Valor, tapi Heroes Arena menggunakan sistem runa dan bukan arcane. Di sini, kamu bisa memilih tim battle dengan komposisi 1 vs 1, 3 vs 3, atau 5 vs 5. Permainan makin menyenangkan karena kualitas visualnya yang bagus meski kamu memainkannya di handphone.

Game MOBA jenis 3D ini mengajak kamu membentuk tim hero dan bertarung memperebutkan menara. Ada 20 karakter lebih dengan kekuatan masing-masing yang bebas kamu pilih. Tentunya, kamu juga bisa menambahkan skin untuk hero pilihanmu.

Light x Shadow

Sumber gambar img.youtube.com

Apa yang menjadikanmu susah move on dari game MOBA Light x Shadow? Tentu saja karena keunikan karakter anime yang berhasil membuat game besutan Electric Soul ini melejit di kalangan gamer. Apalagi, efek audio Light x Shadow memang layak diacungi jempol. Kedua faktor tersebut menjadikan Light x Shadow dipertimbangkan di kalangan gamer, meski popularitasnya belum sebesar game MOBA lainnya.

Heroes of Order & Chaos

Sumber gambar cloudfront.net

Para gamer pasti sudah familiar dong dengan Gameloft. Perusahaan game ini merilis Heroes of Order & Chaos sebagai game MOBA pertamanya dalam versi mobile. Umumnya sih, game ini jadi pilihan penggila DotA yang ingin tahu serunya memainkan game MOBA di handphone. Di sini, tersedia 30 pahlawan keren yang bisa kamu pilih, dengan kualitas gambar keren yang membuatmu betah bermain. Sudah coba game MOBA ini, belum?

From our editorial team

Siapkan Perangkat Android Kamu, Jangan Sampai Lag Ketika Tempur

Beragam game kini sudah bisa dimainkan di mana saja dan kapan saja. Jangan sampai permainan kamu berhenti di tengah-tengah karena handphone lag. Sangat penting memang mengecek semua aplikasi yang ada di perangkat Android dan gunakan aplikasi yang penting saja. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan koneksi internet agar pertempuranmu berjalan lancar.