Nostalgia Masa Lalu, Inilah 10 Rekomendasi Game GBA Terbaik Sepanjang Masa (2018)

Nostalgia Masa Lalu, Inilah 10 Rekomendasi Game GBA Terbaik Sepanjang Masa (2018)

Game Boy Advance atau yang dikenal dengan istilah GBA adalah salah satu game yang dulu banyak digemari sebelum kemunculan game mobile. Mau tahu game terbaik apa saja yang bisa dimainkan lewat perangkat ini? Cek ulasan BP-Guide berikut!

Masih Ingatkah Kamu Dengan Game GBA yang Populer Sebelum Game Mobile

Sumber gambar i.redd.it

Game Boy adalah nama hebat di dunia game. Setidaknya dari 90-an hingga awal 200-an. Sejak diluncurkan pada 1989, konsol ini telah menjadi makanan pokok gamer dunia. Jika Anda kenal Tetris, maka konsol Game Boy inilah yang membawanya.

Ada beberapa seri Game Boy yang telah dirilis, Game Boy Advance (GBA) adalah versi akhirnya, sebelum di-close sama sekali pada 2008, seiring adanya penurunan pamornya dan mulai munculnya dominasi game melalui gadget.

Walau begitu, GBA membawa banyak game bagus yang membawa inspirasi bagi generasi game selanjutnya. Bagi yang kangen dengan game-game tersebut, Anda bisa menggunakan game emulator, sehingga Anda bisa memainkan di komputer atau gadget. Atau bisa juga memberli konsolnya yang masih banyak diperjualbelikan.

Keluarga Gameboy yang Pernah Merajai Permainan Konsol

Game Boy Advance

Sumber gambar www.youtube.com

Game Boy Advance (GBA) diluncurkan pada 2001. Konsol game ini merupakan mata rantai terakhir dari seri konsol Game Boy, sebelum Nintendo meluncurkan konsol yang lebih up-to-date. Sudah menjadi default dari GBA adalah dua buah game top, yaitu Super Mario Advance, Tony Hawk's Pro Skater 2.

Konsol GBA berupa handheld yang praktis, mirip dengan smartphone kini, hanya saja memiliki sayap di kiri-kanan layar sebagai tempat tombol-tombol permainan. Game Boy ini bertahan hingga 2008. Total penjualan dari seri GBA ini mencapai 81 juta konsol. Saat ini Anda masih bisa mendapatkan GBA, misalnya di Tokopedia, dengan harga Rp.4000.000.

Game Boy Advance SP

Sumber gambar www.geek.com

Satu varian dari GBA adalah Game Boy Advance SP. SP merupakan singkatan dari ‘special.’ Fitur yang sangat membedakan seri SP dengan seri GBA reguler adalah bentuknya. GBA SP memiliki bentuk seperti laptop mini, layarnya bisa dilipat ke dalam.

Ukurannya separuh dari GBA reguler saat dilipat. Game Boy SP bisa memainkan semua kartridge mainan dari Game Boy, Game Boy Color, dan Game Boy Advance. Konsol ini telah dilengkapi baterai isi ulang (sanggup main 10 jam per charge), layarnya pun telah memiliki backlight.

Game console ini bisa laku hingga lebih dari 40 juta unit selama masa jayanya. Anda bisa mendapatkan konsol GBA SP di Tokopedia dengan harga Rp 400.000.

Game Boy Micro

Sumber gambar www.youtube.com

Game Boy Micro adalah penerus dari GBA SP. Seperti yang disiratkan namanya, Game Boy ini bentuknya memang mungil, hanya setelapak tangan orang dewasa. Desainnya dianggap sebagai yang terganteng di antara konsol Game Boy yang pernah diproduksi.

Konsol ini juga satu-satunya yang berbodi metal. Produk konsol yang diluncurkan pada 2005 ini bisa dikatakan sebagai seri terakhir dari beberapa seri Game Boy yang telah diluncurkan Nintendo. Layarnya 2 inchi (1inchi lebih kecil dari seri SP), namun lebih jernih warnanya. Jika penasaran, Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 125.000.

Daftar Rekomendasi Game GBA Terbaik Sepanjang Masa

Pokemon Ruby/Sapphire

Sumber gambar gamerant.com

Sebelum Pokemon Go booming, sebenarnya sudah ada Pokemon. Sebut saja sebagai Pokemon zaman old. Seri Pokemon telah ada, hampir berbarengan dengan munculnya Game Boy. Pokemon Ruby/Sapphire merupakan bagian ketiga dari seri Pokemon.

Game ini diterbitkan oleh Game Freak oleh Pokemon Company dan Nintendo. Model permainannya sama dengan seri Pokemon sebelumnya, pokoknya menangkap semua Pokemon dan mengalahkan Elite Four. Game jenis Role-Playing ini cukup laris, terjual hingga lebih dari 6 juta kopi, dan merupakan game terlaris untuk Game Boy Advance.

Metroid: Zero Mission

Sumber gambar www.lukiegames.com

Tidak kalah dengan Pokemon, adalah game Metroid: Zero Mission. Game ini akan membawa Anda ke Planet Zebes. Anda akan menjadi seorang pemburu hadiah bernama Samus Aran yang melakukan misi menantang, yaitu menghancurkan Metroid, Space Pirates, dan lainnya.

Game ini dibuat oleh Nintendo R&D1 dan dirilis pada 2004. Selain itu, Game Metroid mendapat tanggapan positif dari kalangan gamer, dan masuk pada 200 game terkeren menurut Nintendo Power. Angka penjualannya mencapai 500 ribuan kopi di AS dan Jepang dalam satu tahun perilisannya. Game aksi-petualangan ini juga dirilis ulang untuk konsol Wii U Virtual Console pada 2014.

Final Fantasy VI

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Tentu saja Anda hafal dengan game super hit ini, Final Fantasy. Sejak rilis pertama pada 1987, game buatan Hironobu Sakaguchi dari Square Enix ini memang legendaris. Game Boy memasukkan game ini untuk seri Final Fantasy VI pada 2006, untuk seri konsol GBA.

Game ini termasuk dalam tiga besar game terlaris di dunia. Hingga sekarang, total penjualannya mencapai lebih dari 60 juta kopi. Terakhir Nintendo merilis ulang Final Fantasy IV pada September 2017, sebagai paket dalam Super NES/Super Famicom Classic Edition perusahaan game tersebut.

Super Mario Advance 3: Yoshi’s Island

Sumber gambar www.imdb.com

Game Super Mario Advance 3: Yoshi’s Island muncul pertama kali pada 1995. Game ini masuk konsol GBA pada 2002 dengan update , karena efek-efeknya telah disesuaikan dengan chip baru Super FX2 yang ada di dalam hardware-nya.

Game besutan Nintendo ini juga merupakan satu game GBA paling top. Anda akan diajak mengikuti Yoshi si dinosaurus membawa Mario kecil mencari Luigi yang diculik Kamek. Ada 48 level yang bisa dimainkan. Pada 2009, Super Mario Advance 3: Yoshi’s Island di-remaster dan dimasukkan dalam konsol Wii.

Mario Golf

Sumber gambar www.emuparadise.me

Satu game GBA yang selalu membuat kangen adalah Mario Golf. Di dalam game ini Anda akan bermain dengan Mario plus beberapa karakter lain seperti Marion, Duns, Links, atau Palms. Game yang dirilis pada 1999 oleh Nintendo, dikembangkan oleh Camelot Software Planning.

Berbagai trik dan model lapangan golf, plus musuh-musuh yang lucu, akan menghibur selama permainan. Oleh karena itu, walau masih berformat 2D, game ini tetap mengasyikkan.

Tony Hawk’s Pro Skater 2

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Satu game skateboarding yang menjadi ikon dan revolusioner pada jaman GBA top adalah Tony Hawk’s Pro Skater 2. Game ini dirilis pada 2001, pengembangnya adalah Vicarious Visions. Setelah sekian lama dikepung dengan game 2D dengan penampilan monoton, Anda akhirnya mendapat sajian visual baru dalam game ini.

Selain bermain skateboard dengan berbagai style, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berlari, memanjat, atau pun berjalan dalam lingkungan visual yang mengasyikkan.

Advance Wars

Sumber gambar www.arcadespot.com

Advance Wars adalah game keren GBA yang pernah menyabet juara untuk game handheld terbaik di European Trade Computer pada 2003. Game ini memang menawarkan berbagai kelebihan. Dari sisi grafis, penampilannya sangat luar biasa untuk masa itu.

Untuk plot cerita, jalinan kisahnya juga sangat kompleks dan menantang. Anda bisa memainkannya secara personal, atau juga bisa memainkannya secara multiplayer (maks 4 orang). Game yang dirilis pada 2001 ini dikembangkan oleh Intelligent Systems untuk Nintendo.

Legend of Zelda: A Link to the Past with Four Swords

Sumber gambar zelda.gamepedia.com

GBA tak akan asyik dan lengkap tanpa Legend of Zelda: A Link to the Past with Four Swords. Game ini dirilis pertama kali pada 2002. Game ini merupakan hasil pengembangan oleh Capcom dan Nintendo. Walau plotnya simpel, Anda diajak menyelamatkan kerajaan dan menyelamatkan seorang putri, game ini sangat addictive.

Anda bisa memainkan secara sendirian di GBA, atau secara multiplayer dengan konsol Super Nintendo Entertainment System. Game ini juga masuk dalam game terbaik sepanjang masa versi Carisinyal. Pada 2014 game ini pernah dirilis ulang untuk Nintendo 3DS eShop.

Castlevania: Aria of Sorrow

Sumber gambar castlevania.wikia.com

Pengembang Konami juga memberi warna keren untuk GBA dengan game Castlevania: Aria of Sorrow. Game ini dirilis pertama kali pada 2003 dan menawarkan berbagai petualangan. Plot permainannya terbagi dalam tiga pertandingan.

Game ini menganut model plot non-linear, mirip-mirip dengan Metroid. Di sini Anda akan bermain sebagai Soma Cruz yang memiliki kemampuan menyerap power dari setiap monster yang terkalahkan.

Wario Ware Twisted

Sumber gambar www.neogaf.com

Dibanding dengan beberapa game lain dalam list ini, Wario Ware Twisted memiliiki cara main yang berbeda. Game yang dikembangan oleh Intelligent Systems dan Nintendo SPD ini (dirilis pada 2004) dimainkan dengan dengan dimiringkan.

Mode permainan ini dimungkinkan oleh sensor giroskop yang dipasang pada kartridge game. Sehingga Anda tidak perlu banyak menggunakan tombol untuk bermain, namun cukup dengan memiringkan konsol. Game ini juga menjadi salah satu game terbaik yang pernah dimainkan dengan GBA.

From our editorial team

Jangan Lupa Waktu Saat Bermain Game Ya!

Meski bermain game sangat mengasyikkan termasuk bermain gameboy, jangan sampai kamu lupa waktu dan sampai ketagihan sehingga malas melakukan aktivitas lainnya. Main game bisa dilakukan saat luang dan jangan berlarut-larut karena tidak hanya menimbulkan rasa malas, bermain game terlalu lama juga bisa menimbulkan efek negatif lainnya.