10 Rekomendasi Handphone untuk para Gamer

10 Rekomendasi Handphone untuk para Gamer

Ponsel pintar saat ini tak hanya digunakan untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Saat seseorang merasa bosan, biasanya mereka mengandalkan smartphone untuk memecah kebosanannya. Tak heran jika banyak aplikasi game seru yang dapat menemani siapa pun yang hobi bermain. Untuk itu, jika kamu seorang gamer, maka kamu membutuhkan ponsel dengan spesifikasi mendukung untuk hobimu.

Industri Game Smartphone Semakin Menanjak Belakangan Ini

Sumber gambar clubsse.com

Dahulu, game identik dengan permainan PC dan konsol, namun sejak memasuki era mobile games, smartphone dan internet menjadi hal wajib yang harus ada kapan dan di mana saja.

Perkembangan sistem operasi mobile, seperti Android dan iOS yang makin canggih ditambah kemampuan prosesor yang menyaingi spesifikasi komputer membuat aplikasi game makin menarik untuk dimainkan. Akhirnya para developer game saling berlomba untuk menciptakan aplikasi permainan untuk smartphone yang menarik dan diminati oleh banyak orang.

Untuk memainkan beragam mobile games terbaru, kamu memerlukan smartphone dengan kualitas dan performa yang bagus juga. Smartphone dengan kualitas gaming, seperti RAM dan prosesor yang memadai sangat dibutuhkan bagi kamu yang tak ingin kalah dalam permainan akibat sistem smartphone yang lag atau down.

Tips Membeli Smartphone Android untuk Gaming

Kenali Jenis Chipset

Sumber gambar www.bukalapak.com

Chipset atau SoC (System on Chip) merupakan komponen penting yang menjadi otak dari suatu smartphone. Komponen ini terdiri dari beberapa bagian, seperti prosesor, GPU, modem, dan berbagai komponen lain yang mengatur pemrosesan data. Bagus tidaknya performa smartphone bisa dilihat dari jenis chipset yang dibawanya.

Sekarang ini chipset yang paling menguasai ranah mobile adalah jenis Qualcoom dan MediaTek. Bagi para pecinta game berbudget lebih, kamu bisa membeli smartphone berchipset Snapdragon 835 dari Qualcoom dan HelioX25 dari MediaTek.

Jika anggaran tak cukup, belilah smartphone dengan chipset Snapdragon 821, Snapdragon 820, Snapdragon 810, atau Snapdragon 808 yang terdapat di smartphone flagship tahun lalu.

Termasuk dalam chipset, jumlah core ternyata bukan jaminan performa suatu smartphone. Contoh prosesor yang dioptimalisasi dan lebih powerful ketimbang jumlahnya, yaitu Apple A10 Fusion dengan prosesor quad core 2.34 GHz yang ada pada iPhone 7 dan 7 Plus.

Versi terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 835, punya 8 inci yang dibagi menjadi dua, empat core performa tinggi dengan clockspeed 2.45 Ghz tiap core-nya dan empat core hemat daya dengan clockspeed 1.9 Ghz tiap core-nya.

RAM dan Memori Internal yang Ideal

Sumber gambar www.digitaltrends.com

RAM merupakan ruang penyimpanan data permainan sebelum diolah ke dalam prosesor dan GPU. Untuk memenuhi kebutuhan gaming, kamu memerlukan ponsel pintar dengan minimal RAM 2 GB atau 3 GB.

Semakin besar RAM yang dimiliki oleh smartphone maka semakin bagus juga untuk bermain mobile games. Hindari smartphone dengan RAM yang kecil karena proses membuka game maupun berpindah aplikasi akan terasa lambat dan berat.

Tak berhenti di situ saja, kamu harus memilih smartphone dengan memori internal minimal 16 GB atau 32 GB. Dengan kombinasi RAM yang besar, memori internal yang luas dan jenis prosesor atau CPU, pengolah grafis atau GPU, serta kecepatan prosesor yang mumpuni bisa menjadi smartphone pilihan pas buatmu yang hobi bermain game di ponsel.

Resolusi dan Ukuran Layar

Sumber gambar www.merdeka.com

Supaya grafis permainan makin memukau, kamu memerlukan smartphone dengan resolusi layar minimal 720 x 1280 piksel atau Quad HD. Meskipun disesuaikan selera, ukuran layar untuk bermain game idealnya adalah 5,2 inci atau 5,6 inci.

Layar yang luas membuatmu makin leluasa untuk mengontrol karakter game yang sedang dimainkan, apalagi kalau gamenya harus dimainkan dengan dua tangan. Luas dan resolusi layar yang memenuhi syarat tersebut pasti membuatmu makin nyaman saat memainkan game kapan dan di mana saja.

10 Smartphone Gaming Android dengan Performa Terbaik

Razer Phone

Sumber gambar www.blibli.com

Memiliki tampilan layar beresolusi Quad HD dan mendukung teknologi UltraMotion dengan refresh rate 120 GHz membuat Razer Phone menjadi ponsel pertama yang direkomendasikan untuk para gamer.

Berlayar 5.7 inci IGZO LCD 1440 x 2560, ponsel pintar ini menggunakan baterai berkapasitas 4000 mAh untuk mendukung kinerjanya. Layar ponsel ini memiliki aspek rasio 16:9 dengan kerapatan hingga 551 ppi yang sudah dilindungi oleh corning gorilla glass 3.

Dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 835, Razer Phone menggunakan CPU Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo) dan GPU Adreno 540. Dirilis pada bulan November 2017, bodi ponsel pintar ini terbuat dari aluminium dengan dimensi 158.5 x 77.7 x 8 mm dan bobot 197 gram.

Razer Phone memiliki RAM 8 GB dengan memori internal 64 GB yang bisa diupgrade dengan microSD up to 256 GB sehingga sangat mumpuni untuk bermain game.

Smartphone ini punya dua kamera belakang beresolusi 12+12 MP dan kamera depan beresolusi 8 MP. Dengan lensa wide angle f/1.7 sampai 2 x telephoto dan dual tone flash, kamera belakang ponsel ini bisa menghasilkan gambar dengan warna yang seimbang, natural, dan sempurna.

Fitur lain yang dimiliki oleh kamera ponsel ini adalah phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, dan mode perekaman video hingga resolusi 2160 dengan 30 fps.

Razer Phone sudah dilengkapi sistem keamanan berupa sensor fingerprint. Sudah mendukung jaringan internet hingga 4G LTE, ponsel pintar ini menggunakan sistem operasi Android versi 7 Nougat dan slot single Nano sim. Untuk segi suara, smartphone tersebut mempercayakan Dolby Atmos sebagai speaker yang memiliki penembak depan dan amplifier ganda.

Kamu bisa membeli Razer Phone secara online melalui Blibli dengan harga Rp 9.384.000, di Bukalapak seharga Rp 9.450.000, atau di Tokopedia dengan harga Rp 9.175.000.

Huawei Mate 10

Sumber gambar www.blibli.com

Huawei Mate 10 merupakan smartphone bersistem Android 8.0 Oreo dengan chipset Hisilicon Kirin 970, CPU Octa-core (4x2.4 GHz Cortex-A73 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), dan GPU Mali-G72 MP12.

Menggunakan layar IPS LCD berukuran 5.9 inci beresolusi 1440 x 2560 piksel dan kerapatan 499 ppi, layar ponsel pintar tersebut sudah dilindungi oleh corning gorilla glass. Smartphone ini dilengkapi dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang bisa di-upgrade microSD up to 256 GB.

Sudah mendukung jaringan internet hingga LTE, Huawei Mate 10 memiliki Hybrid Dual SIM yang bisa standby bersamaan. Dua kamera belakang beresolusi 20 MP + 12 MP pada smartphone ini memiliki tambahan fitur berupa bukaan lensa f/1.6, OIS, 2x lossless zoom, Leica optics, phase detection dan laser autofocus, dual-LED flash, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, panorama, HDR, serta mode perekaman video hingga resolusi 2160 dengan 30 fps.

Di bagian depan, kamu akan menemukan kamera beresolusi 8 MP yang cukup bagus untuk berselfie maupun melakukan video call.

Smartphone Huawei Mate 10 menggunakan baterai non-removable Li-Po 4000 mAh dengan fitur tambahan berupa fast battery charging 4.5V/5A. Sudah mengantongi sertifikat IP53, ponsel ini tahan terhadap debu dan cipratan air.

Beberapa sensor yang dimiliki oleh Huawei Mate 10, antara lain fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, barometer, dan kompas. Menggunakan tampilan antarmuka EMUI 8.0, Huawei Mate 10 tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu mocha brown, black, champagne gold, dan pink gold.

Huawei Mate 10 bisa dibeli secara online melalui Bukalapak seharga Rp 8.000.000 dan varian warna black dijual oleh Blibli seharga Rp 8.399.000.

Huawei Mate 10 Pro

Sumber gambar www.blibli.com

Dirancang dengan desain bodi mengilap, Huawei Mate 10 Pro menjadi ponsel flagship berlayar full display beraspek rasio 18:9. Menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo, ponsel pintar ini menggunakan layar berteknologi panel HDR 10 berukuran 6 inci yang mampu menghasilkan warna yang tajam nan cerah. Tampilan antarmuka ponsel ini menggunakan EMUI 8.0 yang lebih intuitif dan responsif.

Performa mumpuni akan kamu rasakan ketika menggunakan Huawei Mate 10. Berbekal prosesor Kirin dengan kecepatan CPU Octa-core (4x2.4 GHz Cortex-A73 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), GPU terbaru Mali-G72 MP12, dan chipset Hisilicon Kirin 970 membuat smartphone ini terasa gahar dengan dukungan RAM 6 GB dan pilihan memori internal 64 GB dan 128 GB. Untuk mendukung aktivitas gamingmu, Huawei memberi baterai berkapasitas 4000 mAh pada ponsel pintar ini.

Dipersenjatai dual kamera dari Leica beresolusi 20 MP + 12 MP membuat Huawei Mate 10 Pro mampu menangkap gambar yang tajam dan bebas blur. Beberapa fitur dan sensor tambahan yang dimiliki oleh kamera belakang ponsel ini adalah OIS, 2x lossless zoom, Leica optics, phase detection, laser autofocus, dual-LED flash, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR, dan mode perekaman video hingga 2160 p dengan 30 fps. Sedangkan kamera depan ponsel pintar tersebut beresolusi 8 MP.

Sudah mengantongi sertifikat IP67, Huawei Mate 10 Pro tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Beberapa fitur dan sensor tambahan yang dimiliki oleh ponsel pintar dari Huawei tersebut, antara lain fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass. Huawei Mate 10 Pro tersedia dalam beberapa varian warna, yaitu midnight blue, titanium gray, mocha brown, dan pink gold.

Huawei Mate 10 Pro bisa dipesan secara online melalui Blibli seharga Rp 10.299.000 untuk varian warna midnight blue atau di Bukalapak seharga Rp 9.490.000.

Huawei Honor V10

Sumber gambar www.tokopedia.com

Membawa desain layar lebar IPS LCD kapasitif dengan bezel yang tipis, Honor V10 menjadi smartphone kekinian berukuran 5.9 inci dan aspek rasio 18:9. Layar smartphone ini memiliki resolusi 2160 x 1080 piksel dengan pemindai sidik jari di bagian bawahnya. Menggunakan sistem operasi Android versi 8.0 Oreo, ponsel pintar ini didukung oleh dua pilihan memori internal, yaitu 64 GB dan 128 GB, serta dua varian RAM, yaitu 4 GB dan 6 GB.

Honor V10 dipersenjatai oleh chipset Hisilicin Kirin 970 dengan kombinasi CPU Octa-core (4x2.4 GHz Cortex-A73 & 4x1.8 GHz Cortex-A53) dan GPU Mali-G72 MP12. Berdimensi 157x75x 7 mm dan bobot 172 gram, ponsel pintar ini dilapisi oleh aluminium di bagian depan dan belakangnya. Smartphone tersebut didukung oleh baterai berkapasitas 3.750 mAh dan fitur tambahan berupa pengisian cepat.

Di sektor kamera, Honor V10 memiliki dua kamera belakang beresolusi 16 MP (f/1.8) + 20 MP, lengkap dengan fitur phase detection autofocus, LED Flash, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR, dan mode perekaman video 2160p dengan 30 fps. Kamera depan ponsel pintar tersebut mempunyai resolusi 13 MP f/2.0 dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Huawei Honor V10 bisa kamu beli secara online di Shopee seharga Rp 8.000.000 untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Huawei P10

Sumber gambar www.blibli.com

Terlihat ramping, elegan, dan modern, Huawei P10 merupakan ponsel pintar bersistem Android versi 7.0 Nougat. Menggunakan prosesor Octa-core (4x2.4 GHz Cortex-A73 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), smartphone dari Huawei ini dibekali oleh layar berukuran 5.1 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Memiliki memori internal 128 GB dan RAM 6 GB, ponsel pintar ini tampaknya sangat mumpuni untuk bermain game. Dibekali fitur Super Charge Technology, Huawei P10 memiliki sistem navigasi yang dapat diakses dengan mudah berkat sensor pendeteksi sidik jari yang responsif pada bagian depan layar.

Sektor yang diunggulkan oleh Huawei P10 adalah kamera. Menggunakan Leica Dual Camera 2.0 yang memiliki dua lensa SUMMARIT-H dengan bukaan f/2.2, kamu akan menemukan kamera belakang beresolusi 20 MP + 12 MP yang mendukung mode perekaman video berkualitas 4K.

Fitur lain yang dimiliki oleh kamera ponsel ini, yaitu Optical Image Stabilisation dan Superior low-light photography yang mampu menghasilkan gambar optimal, tajam, dan jelas. Di bagian depannya, kamu akan menemui kamera beresolusi 8 MP yang sangat cantik untuk berselfie.

Huawei P10 bisa kamu beli secara online melalui Blibli dengan harga Rp 8.607.000 untuk variasi warna dazzling gold.

Samsung Galaxy Note 8

Sumber gambar www.blibli.com

Memiliki ukuran layar Quad HD dan Super AMOLED yang lebar tanpa bezel, Samsung Galaxy Note 8 rupanya masuk dalam list smartphone terbaik untuk para gamers. Dilengkapi dengan S pen yang terletak di bagian sisi layar, ponsel pintar ini terlihat sangat mewah dan elegan. Layar smartphone ini berukuran 6.3 inci yang sudah dilindungi oleh corning gorilla glass 5.

Menggunakan sistem operasi Android versi 7.1.1 Nougat, Galaxy Note 8 memiliki prosesor Exynos 8895 Octa-core (4x2.3 GHz & 4x1.7 GHz) dengan kombinasi RAM 6 GB dan memori internal 64 GB. Kapasitas baterai yang dimiliki oleh ponsel ini adalah 3300 mAh.

Menjadi sektor unggulan, kamera Samsung Galaxy Note 8 memiliki fitur tambahan berupa perbesaran optik dua kali lipat dan OIS atau Optical Image Stabilization. Kamera depan ponsel pintar ini beresolusi 12 MP+ 12 MP dengan bukaan f/1.7, sedangkan kamera depannya beresolusi 8 MP dengan bukaan f/1.7.

Samsung Galaxy Note 8 dapat dibeli secara online melalui Blibli seharga RP 11.480.000 untuk variasi warna hitam dengan memori internal 64 GB dan RAM 6 GB. Di Bhinneka, kamu akan menemukannya dengan harga Rp 11.999.000 untuk variasi warna yang sama.

Samsung Galaxy S8

Sumber gambar www.blibli.com

Menjadi salah satu ponsel terbaru di tahun 2017, Galaxy S8 merupakan ponsel pintar dengan desain modern nan elegan. Didesain secara presisi, layar ponsel pintar ini menggunakan teknologi Quad HD dan Super Amoled berukuran 5.8 inci dengan resolusi 2960 x 1440 piksel. Ponsel ini memiliki dimensi 14.89 x 6.81 x 0.8 cm dengan bobot 155 gram. Smartphone tersebut memiliki baterai berkapasitas 3000 mAh.

Samsung Galaxy S8 dibekali dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Smartphone tersebut menggunakan sistem operasi Android versi 7.0 Nougat lengkap dengan prosesor Octa-core (4x2.3 GHz & 4x1.7 GHz). Ponsel pintar ini sudah dilengkapi dengan teknologi IP68 yang tahan debu dan air hujan. Tak hanya itu saja, kehadiran asisten virtual bernama Bixby menjadi salah satu kelebihan ponsel tersebut karena bisa memahami perintahmu dalam bentuk tulisan, suara, bahkan sentuhan.

Untuk mendukung aktivitasmu, Samsung Galaxy S8 dilengkapi oleh banyak sensor, seperti iris sensor, pressure sensor, accelerometer, barometer, fingerprint sensor, gyro sensor, geomagnetic sensor, hall sensor, HR sensor, proximity sensor, dan RGB light sensors.

Fitur lain yang dimiliki oleh smartphone ini adalah kamera dual piksel di bagian belakang dengan resolusi 12 MP + 12 MP dan kamera depan beresolusi 8 MP. Sudah mendukung jaringan LTE Cat.16 dan audio UHQ 32-bit dan DSD support, ponsel pintar tersebut sangat nyaman digunakan untuk bermain game.

Samsung Galaxy S8 bisa kamu beli secara online dengan harga Rp 8.425.000 di JD dan Blibli dengan harga Rp 8.449.000 untuk variasi warna midnight black.

Motorola Moto Z2 Play

Sumber gambar www.blibli.com

Merupakan penerus seri Z Play, Motorola Moto Z2 Play adalah smartphone super tipis dan ringan dengan konsep modular dengan banyak aksesori tambahan bernama Moto Mods. Berbekal chipset Qualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626 dan prosesor Octa-core 2.2 GHz, ponsel pintar ini memiliki RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Di bagian layarnya, Motorola Moto Z2 Play menggunakan Super Amoled dengan kerapatan hingga 401 ppi berukuran 5.5 inci yang sudah dilindungi corning gorilla glass 3. Memiliki baterai berkapasitas 3000 mAh lengkap dengan teknologi Charger TurboPower, smartphone dari Motorola tersebut menggunakan sistem Android versi 7.1 Nougat dengan dual SIM berjaringan internet LTE.

Motorola Moto Z2 Play mengusung kamera utama beresolusi 12 MP dengan bukaan f/1.7 dan kamera depan beresolusi 5 MP yang mampu menghasilkan gambar terang, jelas, dan warna yang tajam. Kamera pada ponsel ini dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti Laser Autofocus dan Dual CCT Flash.

Smartphone dari Motorola ini tampaknya memiliki navigasi super simpel. Sudah memiliki sensor pemindai sidik jari, kamu bisa melakukan tugas maupun perpindahan aplikasi dengan cepat hanya dengan mengusap layar ponsel atau Moto Action dan menggunakan Moto Voice untuk memerintahkan dengan suara.

Untuk membelinya, kamu bisa mengunjungi website milik Bhinneka yang menawarkan Motorola Moto Z2 Play varian warna grey dengan harga Rp 4.748.900 atau varian warna fine gold dengan harga Rp 4.590.000.

OnePlus 5T

Sumber gambar www.blibli.com

OnePlus 5T adalah smartphone dengan chipset terbaru dari Qualcomm Snapdragon 835 dan prosesor Octa-core (10mm, up to 2.45GHz). Memiliki kapasitas baterai 3300 mAh, ponsel pintar ini sudah mendukung fitur Charge & GO. Didukung dual sim card GSM dan CDMA dan jaringan internet LTE, OnePlus 5T dibekali dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB lengkap dengan teknologi Dual-Lane yang memungkinkan respons aplikasi dan proses transfer data jadi lebih cepat.

Menggunakan rasio 18:9, layar ponsel ini berukuran 6.01 inci berteknologi Amoled Full Optik beresolusi 1080 x 2160 piksel yang terproteksi corning gorilla glass 5. Memiliki fitur tambahan berupa sunlight display, ponsel pintar tersebut bisa beradaptasi dengan kondisi pencahayaan sekitar dan aplikasi yang sedang digunakan sehingga sangat cocok untuk para gamers. Ponsel pintar ini menggunakan OxygenOS dan bodi full aluminium.

OnePlus 5T bisa dibeli secara online di Blibli seharga Rp 9.799.000 untuk varian warna hitam dengan memori internal 128 GB dan RAM 8 GB., sedangkan untuk variasi RAM 6 GB dan memori internal 64 GB, kamu bisa membelinya seharga Rp 7.800.000.

Di sektor kamera, OnePlus 5T mampu memberi hasil foto bokeh yang hampir sama dengan kamera profesional. Kamera belakang ponsel ini memiliki resolusi 16 MP + 20 MP lengkap dengan mode perekaman video hingga 4K dan fitur EIS, sedangkan kamera depannya beresolusi 16 MP. Kamera ponsel pintar ini menggabungkan 4 piksel menjadi 1 sehingga meminimalisir noise saat memotret dalam kondisi minim cahaya.

Sony Xperia XZ Premium

Sumber gambar www.blibli.com

Sony Xperia XZ Premium merupakan smartphone yang diluncurkan tahun 2017 dalam ajang MWC Barcelona. Sudah mengantongi sertifikat IP68, smartphone flagship Sony ini tahan debu dan air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Menggunakan CPU Snapdragon 835 Octa-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo), ponsel pintar tersebut membenamkan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang bisa diupgrade dengan microSD hingga 256 GB.

Smartphone Sony Xperia XZ Premium menggunakan layar 5.46 inci berteknologi IPS LCD capacitive touchscreen. Bersistem operasi Android versi 7.1 Nougat, layar ponsel ini sudah terlindung oleh corning gorilla glass 5. Tak hanya itu saja, ponsel pintar tersebut sudah dibekali dengan layar beresolusi 4K plus HDR yang mampu menampilkan gambar dengan kontras, warna, dan detail yang sangat baik.

Di sektor kamera, Sony melengkapi ponsel pintarnya dengan kamera belakang beresolusi 19 MP dengan bukaan aperture f/2.0. Fitur tambahan yang dimiliki oleh kamera ponsel ini, yaitu predictive hybrid autofocus, triple image sensing, steadyshot, BIONZ, motion eye, dan LED flash yang dapat menghasilkan gambar dengan sangat bagus.

Di bagian kamera depan, smartphone tersebut memiliki kamera beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0, lensa 22mm wide-angle, dan steadyshot yang bisa menghasilkan foto selfie maupun wefie dengan bagus.

Dengan baterai kapasitas 3230 mAh dan fitur Quick Charge 3.0 dan Qnovo, baterai Sony Xperia XZ Premium berdaya tahan tinggi meskipun digunakan untuk bermain game. Terbuat dari material logam berlapis kaca, ponsel pintar ini terlihat sangat cantik.

Sudah mendukung sensor fingerprint, smartphone tersebut memiliki beberapa fitur tambahan lain, seperti Type-C, NFC (Near Field Communication), jack audio 3,5 mm, dan dukungan jaringan 4G-LTE.

SONY Xperia XZ Premium varian hitam bisa kamu beli secara online di Lazada dengan harga Rp 7.800.000 atau di Blibli dengan harga Rp 7.300.000. Ponsel ini tersedia dalam dua varian slot sim, yaitu single sim dan dual sim.

From our editorial team

Pilih Ponsel Gaming yang Sesuai dengan Bujetmu

Bagi kamu seorang gamer yang sedang mencari ponsel yang mendukung hobimu, maka kamu bisa memiliki salah satu ponsel hebat ini. Memiliki RAM yang cukup, kamu pasti puas bermain game dengan ponsel canggih tersebut. Selain itu, resolusi layar yang dimiliki juga akan membuatmu puas bermain. Sesuaikan dengan bujetmu, ya, agar tidak menjadi beban bagi dirimu sendiri.