10 Rekomendasi Game Islami untuk Anak yang Bebas Konten Negatif dan Kekerasan (2018)

10 Rekomendasi Game Islami untuk Anak yang Bebas Konten Negatif dan Kekerasan (2018)

Anak zaman sekarang tentunya akan lebih tertarik pada game yang ada pada gadget. Nah, masalahnya, game dan aplikasi yang beredar di internet juga bisa memberikan konten negatif, loh. Sekarang, ada game Islami yang tentunya lebih aman dan nyaman untuk anak. Selain bermain, anak juga bisa meningkatkan keimanan lewat game ini.

Game Islami Cocok untuk Memberikan Sentuhan Nilai Islami kepada Anak di Tengah Gempuran Game Modern

Kemajuan teknologi dan perkembangan gadget harus dimanfaatkan secara maksimal oleh para orang tua. Memberikan pendidikan agama pada anak bisa dilakukan melalui game islami yang bisa diunduh melalui smartphone Anda. Pelajaran agama yang diberikan melalui game kekinian tentu akan lebih asyik dan lebih mudah diterima oleh anak.

Selain itu, orang tua juga bisa menyampaikan nilai-nilai agama dengan lebih interaktif. Game bertema islami tentu memberikan dampak positif bagi anak dibanding games lain yang mengandung unsur kekerasan.

Ini Alasan Mengapa Game Islami Cocok untuk Anak

Memberikan Edukasi Mengenai Agama Islam

Penggunaan gadget oleh anak harus dikontrol dengan ketat oleh orang tua. Jangan sampai anak mengakses konten atau game yang berisi kekerasan. Salah satu konten positif yang bisa diberikan kepada anak adalah game Islami. Banyak manfaat yang bisa didapatkan anak dari memainkan games Islami, salah satunya adalah mendapatkan pendidikan tentang agama Islam.

Anak dapat belajar Al Quran sejak dini sehingga orang tua bisa menanamkan kecintaan terhadap Al Quran. Game Islami juga berisi tentang pertanyaan-pertanyaan pengetahuan tentang Islam. Orang tua dapat memainkan game ini bersama dengan anak.

Menghindarkan Anak dari Konten Kekerasan

Game yang dimainkan anak dapat mempengaruhi sikap dan perilaku mereka secara langsung. Oleh sebab itu, jangan sampai anak memainkan game yang berisi kekerasan dan akhirnya ditiru oleh mereka. Banyak game yang dikembangkan baru-baru ini banyak mengandung adegan kekerasan bahkan adegan dewasa yang tidak pantas dilihat oleh anak.

Dengan game Islami yang edukatif, orang tua tidak perlu terlalu khawatir tentang perkembangan anak. Namun, tetap saja orang tua harus mendampingi anak saat bermain.

Hiburan Terbaik untuk Anak

Bermain adalah kegiatan yang disukai anak-anak. Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, anak lebih tertarik memainkan permainan yang ada di smartphone. Kesukaan anak dalam bermain game tentu tidak bisa dilarang begitu saja.

Dengan bermain, anak merasa bahagia dan bisa bersenang-senang. Tugas orang tua adalah memfasilitasi anak dengan memberikan game yang edukatif. Berikan anak hiburan yang mendidik sehingga anak tidak hanya mendapatkan kepuasan, tetapi juga mendapatkan nilai-nilai agama.

10 Game Islami yang Cocok untuk Anak Anda Dalam Menghabiskan Waktu

Marbel Muslim Kids

Sumber gambar www.educastudio.com

Konten game Marbel Muslim Kids sangat bervariasi dan edukatif untuk anak-anak. Selain game yang bersifat Islami, ada juga pendidikan mengenai cara wudhu, belajar huruf hijaiyah, belajar shalat, dan belajar mengenal para nabi.

Game ini sangat menarik bagi anak karena dilengkapi dengan animasi, musik, dan narasi sehingga membantu anak yang belum lancar membaca. Aplikasi ini berfungsi untuk melatih ketangkasan, kecerdikan, serta mengasah otak dan daya ingat anak. Anak usia 2 sampai 8 tahun dapat memainkan game ini.

Moslem Kids Puzzle

Sumber gambar mobomarket.co.id

Moslem Kids Puzzle menghadirkan konten yang sangat menarik bagi anak-anak. Orang tua dapat memilih gambar, tingkat kesulitan dan tingkat permainan yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Game sederhana ini mudah dioperasikan dengan lebih dari 20 gambar bertema Islami seperti huruf hijaiyah, masjid, serta gambar lain seperti hewan. Game ini bertujuan untuk mengasah ketrampilan kognitif, pemecahan masalah, sosial, dan motorik halus anak melalui permainan.

Rumah Amalia

Sumber gambar twiter.com

Game dari Yayasan Rumah Amalia dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Game ini memiliki sub-judul Fastabiqul Khairaat, yaitu sesuai dengan artinya untuk mengajarkan anak berlomba-lomba dalam kebaikan.

Melalui game yang dikembangkan pada tahun 2013 ini, anak akan dilatih untuk melakukan berbagai perilaku yang baik seperti seperti berdoa setiap saat, rajin belajar, merapikan tempat tidur sendiri, membuang sampah pada tempatnya, dan mengajarkan anak untuk berbakti pada orang tua dan memiliki akhlak yang baik.

Game Tajwid

Sumber gambar id.techinasia.com

Game Tajwid dapat diunduh secara gratis melalui aplikasi Google Play Store di smartphone Android Anda. Lewat game ini, anak bisa belajar Al Quran melalui cara yang sangat menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi. Dalam game ini diberikan contoh-contoh tajwid dan bagaimana cara membacanya. Tidak hanya menghibur, tapi games ini sangat mendidik untuk anak.

Game Edukasi Belajar Iqro

Sumber gambar 9appsdownloading.com

Belajar Iqro semakin menyenangkan melalui game Game Edukasi Belajar Iqro. Game ini bisa diunduh secara gratis melalui smartphone atau tablet Android Anda. Melalui game ini, anak menjadi semakin tertarik untuk belajar Iqro dengan adanya gambar berwarna-warni dan audio untuk memudahkan anak belajar. Anak dapat belajar membaca huruf hijaiyah mulai dari tingkatan yang paling mudah, yaitu Iqro 1 hingga pengenalan awal terhadap Al Quran pada Iqro 6.

Marbel Doa Islam

Sumber gambar cdnandroid.com

Marbel Doa Islam adalah game yang dikembangkan oleh Educa Studio yang berisi kumpulan doa dan zikir. Doa yang ada dalam game ini sangat lengkap, mulai dari doa shalat hingga doa yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Terdapat lebih dari 30 macam doa termasuk doa makan, doa tidur, doa masuk dan keluar kamar mandi, serta doa-doa lainnya. Doa ditampilkan dalam huruf Arab dan huruf latin lengkap beserta artinya. Game ini juga dilengkapi dengan bantuan audio untuk membantu cara pengucapan yang sulit dipahami.

Marbel Mengaji Hijaiyah

Sumber gambar teknojurnal.com

Mampu mengaji dan membaca huruf hijaiyah dengan baik adalah keharusan bagi setiap umat Islam. Mengaji Al Quran harus diajarkan sejak kecil, mulai dari mengenal huruf hijaiyah dan harokat dasar yaitu Fathah, Kasroh, dan Dummah. Anak yang belum lancar membaca akan menikmati permainan ini dan belajar Al Quran melalui cara yang menyenangkan.

Game ini dilengkapi dengan gambar, narasi suara, dan animasi untuk meningkatkan minat anak-anak dalam belajar. Perlahan tapi pasti, anak dapat membaca Al Quran dengan lancar. Marbel Mengaji Hijaiyah dapat diunduh secara gratis lewat Google Play Store.

Game Anak Sholeh

Sumber gambar www.kaorinusantara.or.id

Permainan edukatif Game Anak Sholeh bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan anak, dengan metode pembelajaran Islami yang menarik untuk anak. Game ini berisi berbagai konten mulai dari tata cara wudhu, sholat, mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak, serta konten eduktaif lainnya. Semua permainan dibuat untuk mendidik anak menjadi lebih saleh dan religius.

Selain itu, orang tua tidak perlu khawatir dengan kehadiran iklan-iklan yang tidak layak dilihat anak karena game ini bebas iklan. Game ini juga dilengkapi dengan fitur pendamping anak saleh sehingga orang tua dapat mengawasi anak kapan saja dan di mana saja.

Islamic Girl Puzzle Toddlers

Games teka-teki Islamic Girl Puzzle Toddlers dibuat untuk anak perempuan dengan gambar latar belakang yang sangat Islami. Game ini berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi anak melalui fitur suara dan visual. Dengan tampilan yang menarik bagi anak sehingga game ini sangat menghibur bagi mereka.

Puzzle ini dapat dimainkan anak usia 2-3 tahun dengan cara yang mudah melalui petunjuk tombol yang ada dalam permainan. Orang tua sebaiknya tetap mendampingi dan membimbing anak saat memainkan game ini.

Game Tajwid Petualangan

Sumber gambar play.google.com

Game Tajwid Petualangan dapat membantu anak belajar tajwid agar lebih lancar membaca Al Quran. Game ini dapat dimainkan dengan mudah, sehingga cocok sebagai sarana belajar sekaligus bermain. Cara memainkannya, baca terlebih dahulu petunjuk permainan kemudian selesaikan misi. Dalam game ini juga terdapat contoh bacaan yang bisa dikumpulkan dalam menu koleksi. Belajar menjadi lebih asyik dan tidak lagi membosankan.

From our editorial team

Game Bernafaskan Islami Membuat Orang Tua Lebih Tenang

Tidak perlu takut lagi anak Anda akan terpapar konten kekerasan, pornografi, dan hal-hal negatif lainnya. Asalkan, Anda memberikan game Islami yang direkomendasikan BP-Guide di atas. Jadinya, anak atau remaja yang bermain gadget tetap bisa berada di koridor yang benar. Nah, jadi lebih tenang bukan?

Tag