10 Rekomendasi Game RPG Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Mainkan (2018)

10 Rekomendasi Game RPG Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Mainkan (2018)

Sumber gambar store.steampowered.com

Pencinta game online pasti kenal dengan game RPG atau yang disebut Role Playing Game. Game yang satu ini banyak digandrungi para gamer karena pada game ini pemain berperan sebagai karakter yang disukai atau yang ingin dimainkan. Apa saja sih game yang sedang hits zaman sekarang? Yuk, simak ulasan BP-Guide tentang 10 Game RPG terbaik yang wajib kamu mainkan!

Game RPG Adalah Salah Satu Game Terbaik dan Paling Banyak Peminatnya

Sumber gambar jalantikus.com

Game RPG selalu diminati dan paling banyak disukai hingga kini. RPG merupakan singkatan dari Role-Playing Game. Seperti yang kamu ketahui dari namanya, game ini bisa membuat kamu menjadi salah satu karakter yang ada di dalam game RPG. Kamu bisa bermain sendiri atau umumnya bermain sebagai tim dengan berbagai karakter lain yang dimainkan oleh teman-temanmu.

Game semakin seru karena untuk bermain kamu bersama tim harus bersiasat sambil mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan. Dulu, kamu mungkin hanya bisa memainkan RPG menggunakan konsol, PC/, ataupun laptop gaming un sekarang, kamu pun telah bisa memainkannya di gadget masing-masing, baik yang berbasis Android maupun iOS.

Hal Seru dan Unik yang Bisa Kamu Temui pada Game RPG Ini

Bunuh Monster Dapat Uang

Sumber gambar gamerant.com

Banyak yang menyenangkan saat bermain game jenis RPG ini. Salah satunya adalah kamu bisa mendapatkan uang jika berhasil membunuh monster. Fitur ini mungkin adalah satu ciri khas game RPG. Belakangan, ada juga mode mendapatkan uang yang lain. Pada saat kamu mengalahkan atau membunuh seekor monster, kamu tidak langsung mendapat uang. Namun, sebagai gantinya, kamu akan mendapatkan loot atau harta jarahan dari si monster. Nah, loot ini bisa dijual dan kamu pun akan mendapatkan uang.

Peti Harta Karun

Sumber gambar www.beritateknologi.com

Asyiknya dari game RPG ini adalah kamu akan mendapatkan harta karun suatu waktu. Kesempatan itu mungkin akan terjadi saat kamu sedang mengembara di dunia RPG gaming. Tiba-tiba saja kamu dihadapkan pada peti yang penuh harta karun dan semua harta itu menjadi milikmu.

Di awal game-game RPG ini, harta benda itu ada di dalam kotak yang mencolok warnanya. Namun, belakangan tempat harta karun ini semakin realistis. Mungkin kamu akan menemukannya di dalam sebuah tong kayu, lemari tua, atau lainnya.

Karakternya Tidak Pernah Makan dan Minum

Sumber gambar www.beritateknologi.com

Betapa pun lamanya kamu bermain sebagai sebuah karakter RPG, karaktermu tak akan makan dan minum. Ini mungkin adalah salah satu hal yang mengasyikkan saat bermain game RPG. Kamu tak perlu pusing mencarikan makanan atau minuman bagi karakter yang sedang kamu mainkan. Jadi, kamu bisa lebih fokus pada permainan.

Sebenarnya, ada juga hal yang karakternya mirip dengan kita. Meskipun karakter yang kita mainkan tidak makan dan minum, ia bisa lelah dan memerlukan waktu istirahat.

10 Game RPG Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Mainkan

Final Fantasy XV

Sumber gambar www.microsoft.com

Final Fantasy XV adalah satu dari rangkaian seri panjang Final Fantasy yang muncul pertama kali pada 1987. Final Fantasy XV mengajakmu bertualang sebagai Noctis Lucis Caelum yang mengembara di dunia Eos bersama tiga sahabatnya yang bernama Ignis, Gladiolus, dan Prompto. Kamu akan berpetualang menyelamatkan Kristal ajaib dan mengalahkan Niflheim.

Game ini dirilis pada 2016 untuk konsol Xbox One dan Playstation 4. Sementara itu untuk PC berbasis Window, game ini dirilis pada 2018. Menariknya, hingga September 2018 telah terjual lebih dari 8 juta kopi di seluruh dunia. Selain dengan konsol atau PC, kamu juga bisa memainkannya dengan gadget berbasis Android melalui edisi pocket.

Pokemon Sun & Moon

Sumber gambar dynamiteinthebrain.com

Game RPG yang tentu saja tidak boleh terlewatkan di dalam list ini adalah Pokemon Sun & Moon. Kali ini kamu akan bermain mengikuti petualangan Pikachu dan Ash ketchum menjelajahi wilayah Alola. Kamu juga akan berpetualang di sekolah Pikachu atau belajar menggunakan kekuatan jurus Z.

Selain plot yang keren, game yang dirilis pada 2016 ini juga mendapat update keren dari sisi grafis. Kamu akan mendapatkan game yang sama sekali 3D. Ada pula update fitur permainan serta berbagai desain anyar yang cool. Kamu bisa memainkan game ini dengan menggunakan konsol Nintendo 3DS.

NieR

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Game keren yang satu ini dikembangkan oleh Cavia dan dirilis oleh Square Enix pada 2010. Kamu bisa memainkannya dengan konsol Xbox 360 dan Playstation 3. Plotnya simpel namun menantang. Kamu akan berperan sebagai Nier yang sedang mencari obat bagi Yonah, putrinya.

Dalam petualangan ini, Nier ditemani oleh Emil dan Kaine. Kamu akan mengembara di bumi yang hancur sambil menentang Shades. Grafis game ini sangat asyik dan penuh pemandangan dengan grafis keren. Game ini ditujukan untuk pemain yang cukup dewasa. Nier memiliki lanjutan yang sangat top, NieR: Automata yang dirilis pada 2017.

Suikoden II

Sumber gambar www.mobygames.com

Game Suikoden II adalah garapan dari Konami. Game ini merupakan permainan RPG untuk playstation dan dirilis pertama kali pada akhir 1999. Menariknya dari game ini adalah bahwa kamu tidak perlu berlelah-lelah untuk memainkannya, seperti layaknya memainkan game-game RPG klasik seperti Chronos Cross atau Final Fantasy karena plot game-nya yang panjang.

Suikoden II menyajikan game yang plot dan tempo permainan cepat. Walau begitu, game ini cukup kompleks juga. Karakternya saja ada 108 buah. Jika kamu penasaran memainkannya, mainkan saja di gadget dengan bantuan emulator.

Dragon Quest V: Hand of the Heavenly Bride

Sumber gambar www.popzara.com

Bagi kamu yang terbiasa bermain game dengan perangkat Android atau IOS, kamu mungkin sudah akrab dengan Dragon Quest V: Hand of the Heavenly Bride. Game tersebut dirilis untuk kedua platform tersebut pada 2015. Dragon Quest V sendiri dirilis pertama pada 1992 di Jepang. Kemudian, game keren ini dirilis ulang untuk Nintendo DS pada 2009.

Plot dari game buatan Square Enix ini simpel saja. Kamu akan mengikuti perjalanan dari karakter utama (The Hero) dalam pengembaraan mencari jati diri dan orang tuanya yang telah meninggal. Untuk memainkan game ini secara full, kamu perlu merogoh kocek sedalam US$ 14,99 (sekitar Rp 200 ribuan).

Final Fantasy VII

Sumber gambar blog.ciayo.com

Final Fantasy masuk kembali dalam list game RPG terbaik sepanjang masa ini. Kali ini, Square Enix menghadirkan Final Fantasy VII. Jika ada sebagian pihak mengatakan bahwa game ini merupakan seri Final fantasy yang paling keren, hal itu mungkin ada benarnya. Pengaruh game ini begitu fenomenal, bahkan hingga kini (sejak dirilis pada 1997).

Pada game ini Square Enix mulai berinovasi dengan grafis 3D, setelah sekian lama menggunakan basis grafis 2D untuk game-gamenya. Di dalam game ini, kamu akan bertualang mengikuti aksi Cloud Strife, seorang pembunuh bayaran yang menentang perusahaan konglomerat yang ingin menghancurkan bumi. Karena masih sangat populer, game ini juga akan diremaster untuk bisa dimainkan pada konsol Playstation 4.

NieR: Automata

Sumber gambar store.steampowered.com

NieR: Automata merupakan kelanjutan dari game Nier. Game yang dikembangkan oleh Yoko Taro dan Platinum Games ini dirilis oleh Square Enix. Plot game ini terdiri dari tiga babak. Masing-masing babak memiliki ending tersendiri.

Sebuah tokoh protagonis yang paling top mungkin adalah adalah 2B, sosok Android paling keren dan paling seksi dalam dunia RPG. Game ini mengajak kamu untuk beraksi dalam pertempuran antara robot Android dan penjajah luar angkasa. Game ini dirilis pertama kali pada 2017 untuk Playstation 4.

Chrono Trigger

Sumber gambar wccftech.com

Jika kamu penyuka game RPG, tentu saja tidak akan melupakan Chrono Trigger. Game ini memang layak dikatakan sebagai satu game top. Semua aspek gaming menyatu menjadi game yang sangat interaktif. Setiap gamer pasti ingat dengan musiknya yang sangat ikonik itu.

Game ini merupakan buatan Square Enix. Di dalam game ini, kamu akan menjadi petualang yang akan menjelajah dunia yang hancur lebur setelah terjadi bencana global. Chrono Trigger merupakan salah satu game Square Enix yang sangat laku di pasaran.

Dragon Quest III: The Seeds of Salvation

Sumber gambar appadvice.com

Game top RPG sepanjang masa yang tidak boleh terlupakan adalah Dragon Quest III: The Seeds of Salvation. Game ini dirilis oleh Chunsoft untuk Enix pada 1988. Game ini dibuka di kota kastil Aliahan. Kamu akan diajak mengembara di berbagai setting abad pertengahan.

Game ini diremaster pada 1996 untuk Super Famicon dan, pada 2009, untuk Wii. Ada pula versi untuk Android atau iOS (dirilis pada 2014) dengan grafis yang semakin menawan.

Persona 5

Sumber gambar www.polygon.com

Game terlaris sepanjang masa yang terakhir dalam list ini adalah Persona 5. Game RPG ini dikembangkan oleh Atlus. Kamu bisa memainkannya dengan konsol Playstation 4 dan 5. Game ini pertama dirilis di Jepang pada 2016.

Di dalam game ini, kamu akan mengikuti petualangan para karakternya yang sedang berada di Shujin Academy. Kamu akan menjadi pelajar sekaligus petualang metaverse (saat sedang tidak belajar) dalam kelompok bernama Phantom Thieves of Hearts. Game Persona 5 banyak mendapatkan pujian dan review positif. Hingga 2017, Phantom Persona 5 terjual lebih dari 2 juta kopi menjadikannya salah satu game RPG terlaris.

From our editorial team

Game RPG Paling Hits yang Mendapat Banyak Penggemar

Zaman sekarang, bermain game semakin mudah dan banyak pilihan. Kamu bahkan bisa memainkan game kegemaranmu melalui telepon genggam. Game RPG adalah salah satu game yang digandrungi seluruh antero jagat oleh para pencinta game. Mulai dari yang bebas biaya hingga berbayar kamu bisa menikmatinya dengan mudah. Tinggal memilih mana yang menjadi minat kamu karena setiap game memiliki keunikan dan keseruan tersendiri.