8 Rekomendasi Game yang Seru dan Gratis di Steam untuk Menghabiskan Waktu (2018)

8 Rekomendasi Game yang Seru dan Gratis di Steam untuk Menghabiskan Waktu (2018)

Bermain game tentunya memberi keseruan tersendiri, apalagi ketika sedang gak ada kerjaan. Apalagi, kalau game seru yang dimainkan adalah game yang gratis. Berikut BP-Guide akan ulas game yang bisa kamu mainkan secara gratis di PC atau di smartphone kamu.

Bermain Game di PC atau di Laptop Memang Merupakan Aktivitas Seru Saat Kamu Nggak Ada Kerjaan

Setelah selesai mengerjakan tugas atau pekerjaan harian, tidak ada salahnya bersantai sambil melemaskan pikiran. Melakukan hobi atau menonton acara hiburan bisa jadi pilihan yang pas dantidak menghabiskan banyak uang. Salah satu jenis hiburan yang saat ini jadi pilihan banyak orang adalah memainkan permainan virtual alias game di gawai seperti laptop atau personal computer (PC).

Jika dahulu game memerlukan perangkat khusus mulai dari kaset video hingga alat permainan, kini banyak game yang bisa kamu mainkan dengan mudah di laptop atau PC. Cukup menggunakan tetikus serta keyboard, kamu bisa memainkan aneka game seru yang hadir dalam banyak pilihan.

Kemudahan ini didukung oleh software serta tipe game yang diselaraskan agar mudah dimainkan di PC atau laptop. Banyak pengembang game yang memerhatikan minat gamer dengan menghadirkan game-game yang tidak lagi eksklusif dikemas atau sulit diperoleh. Terlebih, kini muncul PC atau laptop khusus gaming yang semakin mempermudah hobi para gamer.

Dampak Negatif Bermain Game Jika Terlalu Lama

Kecanduan dan Lupa Waktu

Meski tampaknya hanya melakukan relaksasi dengan bermain game, kamu juga harus waspada terhadap efek samping negatif dari game terlebih jika suka kecanduan. Ini bisa jadi dampak yang tidak sehat baik secara fisik maupun mental. Kecanduan game bisa membuat kamu sulit bersosialisasi, terganggu secara kesehatan karena kurang gerak, lupa makan bahkan keengganan beristirahat.

Terlebih jika kamu memiliki rutinitas rutin yang padat seperti sekolah, kuliah atau bekerja. Jika terlalu lepas kontrol dan kecanduan bermain game, bukan tidak mungkin efek negatifnya akan berpengaruh terhadap prestasi atau performa harian kamu. Jadi, sebisa mungkin buatlah batasan agar game tidak merusak kehidupan kamu di dunia nyata.

Kurang Tidur

Salah satu hal yang menarik dari game adalah tantangan serta peningkatan level sebagai reward. Tidak jarang, banyak gamer yang sangat serius menanggapi hal ini sehingga melakukan segala cara untuk menaikkan level-nya termasuk mengorbankan jam istirahat. Meski kelihatannya sepele, kurang istirahat atau kurang tidur bisa jadi masalah serius bagi kesehatan tubuh.

Tidur adalah aktivitas rutin yang setidaknya kamu lakukan minimal 3-4 jam sehari. Tidur dapat membantu otak beristirahat dan menyegarkan tubuh setelah penat beraktivitas. Jika rutinitas ini terganggu atau jam biologis tidur kamu berubah, maka bisa berdampak pada kesehatan. Terjaga terus-terusan di depan layar gawai bisa memicu terjadinya insomnia atau gangguan tidur.

Insomnia tidak bisa disepelekan karena bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan baik fisik maupun psikis. Kamu akan merasa mudah lelah, sakit kepala dan mengalami penurunan konsentrasi yang bisa berakibat fatal pada kegiatan sehari-hari. Jadi, upayakan agar waktu bermain game ini tidak berdampak buruk pada waktu tidurmu, ya.

Kurangnya Sosialisasi

Perbandingan permainan di masa dulu dan sekarang banyak dibicarakan. Perbedaan yang paling mencolok adalah soal sosialisasi yang terjalin ketika permainan berlangsung. Jika dahulu permainan fisik lebih dilibatkan sehingga terjalin komunikasi secara langsung dan saling bertemu, kini permainan lebih banyak dimainkan lewat layar gawai masing-masing.

Belum lagi, ada gamer yang hanya suka bergaul dengan sesama gamer saja. Hal ini menjadikan lingkup pertemanan yang sempit bahkan tidak jarang, keengganan bersosialisasi dengan sekitar. Hal ini bisa berdampak buruk pada terjalinnya kontak secara langsung dengan sekeliling. Ingat, manusia adalah mahkluk sosial yang butuh interaksi. Jadi, usahakan agar waktu bermain game dan kehidupan sosial kamu tetap seimbang.

Emosi Tidak Stabil

Ada banyak genre game yang dikemas dalam tema-tema berbeda. Mulai dari permainan misteri seperti teka-teki hingga permainan yang melibatkan unsur senjata atau perang. Beberapa pengembang sebenarnya sudah mencantumkan label rating usia pada game yang diluncurkan. Hal ini sebaiknya dijadikan tolok ukur apakah si pemain cocok atau tidak dengan tema game yang diusung.

Rating usia pada game sebaiknya tidak disepelekan karena beberapa game menampilkan unsur kekerasan yang bisa mengganggu keadaan psikis terutama bagi anak-anak di bawah umur. Game seperti ini bisa berdampak jika dibiarkan. Tidak heran jika kamu kadang melihat gamer yang begitu emosional atau jadi pemarah saat bermain permainan tertentu. Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh tema atau genre game yang dipilih.

Keadaan demikian tidak boleh diremehkan karena bisa berdampak pada ketidakstabilan emosi yang akan berpengaruh pada kegiatan sehari-hari bila tak cepat ditangani. Maka, kamu sebaiknya bijak dalam memilih dan memilah game yang akan dimainkan.

Berikut Ini 8 Game di Steam yang Bisa Dimainkan Gratis

Team Fortress 2

Sumber gambar steampowered.com

Team Fortress 2 adalah game bertipe first-shooter video game multiplayer berbasis permainan tim. Game ini dikembangkan oleh Valve Corporaton dan berkembang menjadi game yang gratis dimainkan pada tahun 2011. Game ini menyuguhkan keseruan permainan tim sehingga cocok bagi kamu yang suka bermain game dengan teman-teman.

Gameplay dari Team Fortress 2 cukup mudah. Para pemain akan dibagi menjadi dua tim yakni Red dan Blu yang masing-masing mencapai sekitar 15 orang atau lebih di tiap server. Lewat 9 karakter yang bisa dipilih berdasar kemampuan unik mereka, kamu dan teman-teman satu tim akan bertarung dalam permainan di lokasi pemetaan yang berbeda-beda hingga jadi pemenang.

Game yang didesain oleh Robin Walker dan John Cook ini memiliki grafis yang mumpuni dan sering menggelar event seru yang dapat dijumpai di Steam Community.

Game ini juga meraih beberapa penghargaan seperti Best Artistic Design (IGN) di tahun 2007, Best Multiplayer Game of The Year dan Most Unique Art Style (GameSpy) di tahun 2007 serta Best Multiplayer Experience dan Best Artistic Direction (1.UP.com) di tahun 2007.

Paladins

Sumber gambar techinasia.com

Paladins yang dikembangkan oleh Hi-Rez Studios dan Evil Mojo Games ini mengusung mode multiplayer dan rilis di tahun 2016 lalu. Game ini bertipe first-person shooter, third-person shooter dengan tampilan grafis yang apik dan bisa dimainkan secara gratis sejak tahun 2018 ini.

Paladins sendiri mengusung tema fantasi dengan karakter disebut champion yang memiliki kemampuan masing-masing. Permainan ini akan mengantar pemain ke misi-misi untuk mempertahankan atau merebut wilayah yang disebut dengan “capture point” serta bisa mengantar payload ke titik tujuan tertentu.

Warframe

Sumber gambar nintendo.com

Game selanjutnya, Warframe, dikembangkan oleh Digital Extremes yang menggandeng sutradara Steve Sinclair serta Scott McGregor. Game ini rilis di tahun 2013 dengan mengusung genre third-person shooter. Permainan ini menampilkan karakter ninja yang tentu disukai banyak kalangan. Namun, game dengan rating mature ini sebaiknya tidak diakses oleh anak di bawah umur karena mengandung konten kekerasan dan juga kesadisan.

Pada game Warframe, pemain akan bermain sebagai salah satu prajurit dari klan Tenno yang telah tertidur selama berabad-abad hingga akhirnya bangkit kembali. Kemudian, pemain akan melawan musuh yang ada yakni Grineer dari ras humanoid, hasil kloning yang memiliki kehebatan ala militer.

Warframe sendiri menyajikan grafis yang indah sehingga membuat kamu nyaman ketika memainkannya. Pemain juga bisa menjelajah di lokasi pemetaan dengan latar berbeda-beda. Kesan fantasi sekaligus futuristik terasa kental dalam game ini sehingga cocok bagi kamu pencinta game bergenre sci-fi juga fantasi.

Trove

Sumber gambar youtube.com

Satu lagi game yang bisa kamu mainkan di Steam secara gratis, Trove. Game yang dikembangkan serta diterbitkan oleh Trion Worlds ini rilis pada tahun 2015 lalu dengan mengusung tipe sandbox massively multiplayer online-role playing game. Game ini relatif aman dimainkan oleh berbagai kalangan usia dan hadir dalam grafis berwarna dalam bentuk karakter menggemaskan.

Pada game ini, pemain bisa menjelajah ke berbagai lokasi pemetaan yang digambarkan cukup detail dengan grafis yang mumpuni. Pemain bisa berperan sebagai Knight, Ice Sage, Gunslinger, Dracolyte atau Pirate-with-a-parrot sesuai dengan kelas yang bisa ditingkatkan. Kamu akan menjelajah sambil bertarung melawan karakter yang disebut Shadow bersama teman-teman. Selain itu, kamu juga bisa mencari harta karun yang ada atau membangun wilayah sendiri. Seru, bukan?

Dota 2

Sumber gambar steam.com

Agaknya, game satu ini nyaris mustahil tidak dikenal oleh para gamer. Dota 2 yang jadi singkatan dari Defense of the Ancients 2 adalah game bertipe multiplayer yang serupa dengan game real-time strategy alias RTS. Game ini dikembangkan oleh Valve Corporation serta didesain oleh IceFrog dan menggandeng Jason Hayes juga Tim Larkin sebagai komposer.

Game ini meraih nominasi di British Academy Award for Multiplayer di tahun 2014, AMD eSports Audience Award, The Game Award for Best ESportts Game serta Teen Choice Award for Choice Video Game di tahun 2017. Popularitas Dota 2 agaknya memang patut diapresiasi karena game ini tidak hanya menghadirkan grafis mumpuni tapi juga seru untuk dimainkan.

Gameplay Dota 2 tidak sulit untuk dipahami. Permainan dimulai dengan mengadu dua tim yang masing-masing dilengkapi oleh lima pemain serta memiliki markas utama yang disebut dengan istilah “ancient”. Kemudian, masing-masing tim akan berusaha untuk menghancurkan ancient lawan agar bisa keluar menjadi pemenang.

Tidak hanya itu saja, Dota 2 juga disemarakkan dengan adanya pertarungan saat memperebutkan ancient. Pemain yang berbentuk pasukan akan menempuh jalur alias lane dan bertemu musuh atau creeps di sepanjang jalan. Game ini cocok buat kamu yang menggemari permainan petualangan.

Advanture Capitalist

Sumber gambar steam.com

Ingin game yang berbeda kemasan dan rasa dari game-game sebelumnya? Kamu bisa coba memainkan Advanture Capitalist. Game ini dikembangkan oleh Hyper Hippo Productions dan rilis pada tahun 2014 lalu. Mengusung genre incremental game, permainan ini diterbitkan oleh Kongregerate Inc. dan Hyper Hippo Productions dan saat ini gratis untuk dimainkan oleh kamu.

Menampilkan grafis yang friendly dan penuh warna, game ini merupakan game simulasi yang akan mengajak pemain untuk menjalankan bisnis. Pemain kemudian akan dituntun untuk mengembangkan bisnis dan memulai prosesnya selama beberapa saat hingga mendapat profit atau keuntungan. Jika mengalami peningkatan, maka level perusahaan dalam permainan ini juga akan berubah.

Game ini jadi salah satu game yang cocok bagi para pencinta dunia bisnis. Selain menghibur, game ini juga jadi ilustrasi kerja kaum kapitalis dalam memperoleh uang atau menjalankan dunia bisnis.

Advanture Capitalist mendapat beberapa penghargaan seperti Most Played Game if the Year (Kongregerate.com) di tahun 2014, Game of the Year 2014 (Miniclip.com) serta Game of the Year Finalist (Simulation) di Armorgames.com.

Marvel Heroes 2015

Sumber gambar cronosal.web.id

Pencinta karakter dari Marvel dan ingin memainkan karakter-karakter kesayangan? Kamu bisa coba game Marvel Heroes 2015 berikut ini. Game yang didesain oleh David Brevik ini diluncurkan pada tahun 2013 dengan Gazillion Entertainment, Cryptic Studios serta Secret Identity Studios sebagai pengembang. Mengusung genre massively multiplayer online role-playing game/action role-playing game, Marvel Heroes 2015 bisa dimainkan secara gratis oleh para penggemarnya.

Marvel Heroes 2015 memanjakan mata para gamer dengan grafis berkualitas tinggi dan tentunya, karakter yang sudah dikenal luas seperti Iron Man, Black Widow, Captain America, Hulk, Thor dan kawan-kawan. Pemain yang bermain sebagai salah satu karakter dari Marvel Heroes ini akan menghadapi Dokter Doom yang akan menghancurkan dunia menggunakan kekuatan dari Cosmic Cube.

Permainan ini jadi lebih seru dengan lokasi pemetaan berkesan futuristik khas dunia Marvel. Kamu akan menjelajah berbagai lokasi mulai dan mengalahkan musuh-musuh yang menghadang. Game yang sarat unsur aksi ini akan memberi pemain misi sederhana yakni membentuk grup super kemudian menyelesaikan misi secara bersama-sama. Tertarik memainkannya?

Wakfu

Sumber gambar ankama.com

Game selanjutnya adalah Wakfu yang dikembangkan oleh Ankama Games dan Ankama. Mengusung genre fantasy, massively multiplayer online role-playing game, permainan ini dirilis pada tahun 2012 dengan menggandeng Ankama, Square Enix Co., Ltd., Ubisoft serta Square Enix Europe untuk menerbitkannya.

Wakfu mengusung permainan dengan sistem combat turn-based strategy dengan grafis sederhana yang memberi sudut pandang terbatas. Pemain bisa memilih karakter dari kelas berbeda yang masing-masing memiliki kekurangan serta kelebihan untuk dimanfaatkan dalam permainan.

Wakfu sendiri mengusung sistem pertarungan yang mengandalkan strategi dan umumnya sama seperti konsep tactical game lainnya yakni menyerang secara bergantian juga berjalan dalam batas wilayah tertentu. Pemain juga bisa bergabung dalam guild dan membangun wilayah mereka sendiri. Kamu juga bisa menjelajah ruang bawah tanah dalam permainan untuk sensasi petualangan yang lebih seru. Asyik, kan?

From our editorial team

Game Seru Gratis Menjadikan Kamu Asyik Menikmati Petualangannya

Game yang seru tetapi gratis, tentunya tidak sulit ditemukan. Kamu juga bisa memilih satu di antara game yang direkomendasikan BP-Guide di atas untuk menjadi pilihanmu. Nah, sudah siap menghabiskan waktu dengan game terbaik yang gratis?