8 Rekomendasi Mainan Anak Laki-Laki yang Cocok untuk Tumbuh Kembangnya

8 Rekomendasi Mainan Anak Laki-Laki yang Cocok untuk Tumbuh Kembangnya

Fungsi mainan untuk anak-anak tak cuma sebagai benda penghilang rasa bosan, tetapi juga untuk merangsang kemampuannya dalam berbagai hal. Karena itu sebagai orang tua atau orang dewasa, Anda tidak boleh menyepelekan fungsi dari mainan. Untuk anak laki-laki tentunya ada jenis mainan yang khusus dapat membantunya dalam belajar banyak hal. Ingin tahu apa saja mainan yang baik bagi anak laki-laki? Simak di artikel satu ini.

Biasanya Anak Laki-Laki Menyukai Jenis Mainan yang Bersifat Maskulin

Bermain bagi anak-anak di usianya termasuk hal yang penting. Meski terlihat sepele, bermain bersama teman sebaya secara tidak langsung jadi kegiatan yang melatih anak untuk bersosialisasi, berbagai bahkan mengembangkan daya pikir untuk bisa berkembang secara kreatif.

Selain itu, bermain juga bisa memberi dampak positif bagi kesehatan anak selama dilakukan dalam porsi serta aktivitas yang tepat. Bermain sepeda, lompat tali, atau bahkan sekadar berkejaran bisa membuat otot motorik anak terlatih dan berkembang. Fisik pun menjadi bugar dan anak-anak bisa lebih ceria.

Pada aktivitas bermain, biasanya banyak anak menggunakan alat permainan. Jika anak perempuan cenderung suka memainkan boneka yang mencerminkan figur ibu atau menyukai miniatur dari peralatan dapur, berbeda dengan anak lelaki yang umumnya lebih suka permainan bernuansa maskulin seperti action figure, pedang mainan, topeng super hero, dan lainnya.

Perbedaan jenis mainan ini secara tidak langsung memberi pengaruh pada peran yang ada di pikiran anak-anak. Biasanya, alat permainan yang mereka gunakan mencerminkan figur yang ingin mereka tiru. Jangan diremehkan karena alat permainan yang digunakan juga bisa berdampak besar pada pola pikir, sikap serta kreativitas anak-anak.

Ciri Mainan yang Baik Bagi Tumbuh Kembang Anak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mainan bisa memberi dampak pada sikap, sifat, serta kebiasaan anak-anak. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk mengenali ciri mainan yang baik untuk tumbuh kembang anak seperti dalam daftar berikut ini.

Aman

Mainan anak-anak umumnya dirancang sesuai dengan peruntukan usia dan didesain dalam berbagai bentuk serta terbuat dari beragam material. Bahan-bahan mainan sebaiknya mendapat perhatian ekstra saat Anda memutuskan untuk membeli mainan karena ini bisa berdampak pada kesehatan si kecil kala bermain.

Mainan yang beredar di pasaran terbuat dari macam-macam material seperti plastik hingga kain. Pastikan Anda memilih mainan dengan label “food grade” sebagai indikator keamanan. Perhatikan bagian mainan, apakah ada bagian yang robek atau terkelupas. Hindari pula mainan yang mengandung bahan seperti merkuri, phthalate, arsenic, kadmium dan PVC yang berbahaya bagi si kecil.

Menstimulasi Kreativitas dan Imajinasi

Masa anak-anak jadi masa keemasan yang akan berdampak di masa depan. Pada masa-masa ini, imajinasi serta kreativitasnya berkembang pesat sehingga tidak salah jika Anda membelikan mainan yang dapat menstimulus dan mendukungnya. Pilih mainan yang bisa merangsang sel-sel motorik dan sensorik sehingga anak-anak tidak hanya seru bermain tapi juga belajar di waktu yang bersamaan.

Menarik dan Menyenangkan

Anak-anak mudah tertarik pada mainan yang menurut mereka menyenangkan. Tidak hanya dengan menggunakan alat-alat, Anda juga bisa menyusun agenda kegiatan yang dapat merangsang tumbuh kembang si kecil seperti bersepeda, berkemah, berolahraga.

Kegiatan-kegiatan yang baru bisa membuat si kecil tertarik untuk tahu lebih jauh. Anda juga bisa mengajarkan banyak hal yang belum dikenal si kecil dan menambah wawasan dalam cara yang menyenangkan. Misalnya, cara memancing, mendirikan kemah, mengenali tumbuhan dan lain-lain.

Merangsang Interaksi Anak

Waktu bermain tidak hanya milik anak-anak. Anda juga bisa bergabung dan menjadikan permainan lebih seru. Kegiatan ini juga bisa menjadi proses Anda untuk lebih dekat dalam berinteraksi dengan anak. Anda bisa melihat tumbuh kembang si kecil dari dekat serta tahu apa yang diinginkan, apa yang disukai, serta apa yang sekiranya kurang disukai si kecil.

Pilih mainan yang bisa melibatkan banyak pihak seperti permainan kelompok. Anda bisa merancang permainan seperti puzzle untuk memecahkan solusi, ular tangga, scrabble untuk melatih kemampuan bahasa bahkan permainan sederhana seperti petak umpet yang seru dan bisa melatih anak-anak menyelesaikan teka teki.

Merangsang Keingintahuan dan Pikiran

Cara pikir anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Pada usianya, mereka cenderung selalu ingin tahu dan menganggap hal-hal di sekitarnya sebagai sesuatu yang baru. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk memilih mainan yang bisa merangsang rasa ingin tahu serta mengembangkan pola pikir anak.

Beberapa mainan yang bisa dipilih adalah lego, ular tangga, puzzle, atau bahkan sekadar saling mengikat rambut bagi anak perempuan dengan ibunya. Permainan-permainan ini dapat melatih anak untuk berpikir serta mengambil keputusan. Jangan lupa untuk memberi apresiasi jika anak Anda berhasil menyelesaikan permainan dan mengatakan hal-hal positif yang bisa membuat mereka termotivasi.

Berbagai Jenis Mainan untuk Anak Laki-Laki yang Baik bagi Tumbuh Kembangnya

Bingung memilih mainan untuk anak laki-laki? Intip rekomendasinya di sini.

Puzzle

Sumber gambar Tokopedia

Bermain tidak harus selalu di luar rumah. Anda juga bisa menghadirkan aktivitas seru nan edukatif di rumah bersama si kecil dengan permainan sederhana sekaligus menantang seperti puzzle. Permainan ini dapat merangsang pola pikir anak dalam mencari cara untuk memecahkan teka teki atau masalah.

Tidak hanya itu saja, saat meletakkan kepingan puzzle dalam bentuk-bentuk yang tepat, koordinasi tubuh anak Anda secara tidak langsung juga terlatih. Mereka akan belajar juga soal kecepatan dan ketepatan dalam memutuskan solusi. Jika ingin memberi puzzle, Anda bisa membelikan Mainan Edukasi Anak Edukatif Nail ini.

Hadir dalam warna-warna cerah yang menarik, Mainan Edukasi Anak Edukatif Nail Susun Paku Puzzle ini cocok bagi si kecil yang berusia 3-15 tahun. Terdiri dari 296 buah puzzle, permainan ini tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

Alat Musik

Sumber gambar Bukalapak

Banyak ahli yang menyarankan musik untuk menstimulus otak anak karena diyakini memberi dampak yang positif. Bermain musik juga dipandang sebagai salah satu cara positif untuk mengembangkan kreativitas anak terutama di bidang seni. Salah satu mainan bernuansa musik yang jadi pilihan adalah Xylophone Musikal Disney.

Alat musik kolintang ini terlihat menarik dengan karakter Mickey Mouse dan hadir dalam warna serta alfabet untuk melatih daya pikirnya. Tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 59.000.

Lego

Sumber gambar Blibli

Lego juga termasuk dalam mainan yang disukai oleh anak laki-laki. Permainan ini dapat melatih daya imajinasi anak dan mengembangkan kreativitas mereka dalam membuat bentuk dari kepingan-kepingan lego. Permainan satu ini juga dapat melatih anak-anak untuk mengenali objek dan membantu mereka mengasah otak.

Salah satu permainan lego yang bisa Anda pilih adalah Lego City 60184 Mining Team Mainan Blok yang tersedia di Blibli seharga Rp 255.000. Didesain playful dan cocok untuk anak mulai dari usia 5 hingga 12 tahun, mainan satu ini terdiri dari 82 buah keping lego.

Mobil-Mobilan yang Bisa Dinaiki

Sumber gambar Lazada

Anak-anak suka meniru kegiatan yang dilakukan oleh orang tua mereka. Biasanya, anak lelaki cenderung menjiplak apa yang dikerjakan sang ayah termasuk saat mengendarai kendaraan. Tidak heran jika banyak anak yang ingin menaiki motor atau mobil lalu pura-pura mengemudikannya.

Untuk mainan, Anda bisa memberikan mobil-mobilan yang dapat dinaiki. Mainan ini dapat melatih sistem motorik sekaligus sensorik. Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat melatih konsentrasi anak dan Anda bisa mengajarkan hal-hal yang boleh dilakukan atau tidak dilakukan selama mengemudi meski si kecil belum sepenuhnya paham.

Sebagai alternatif mainan, Anda bisa memberikan Ocean Toy Ride On PMB Mobil Aki M8188 Road Racer Mainan Anak dalam warna merah yang dilengkapi dengan tombol on dan off ini. Aman dipakai anak karena sudah berstandar SNI, mainan ini dibanderol dengan harga Rp 1.799.910 di Lazada.

Sudah dilengkapi dengan remote control dengan fitur seperti tombol starter, tuas maju, tuas mundur, tuas netral, seatbelt, pintu yang bisa dibuka dan ditutup, serta lampu.

Bola

Sumber gambar Tokopedia

Bermain bola bersama anak bisa jadi kegiatan yang menyehatkan sekaligus dapat menjalin ikatan terutama di antara ayah dan anak. Permainan bola ini mungkin sederhana, tetapi anak Anda akan mengingat momen yang dihabiskan bersama orang tua mereka. Selain bermain bola basket atau sepak bola, Anda juga bisa bermain “mandi bola” yang cocok bagi anak-anak.

Anda bisa membeli Mainan Bola Plastik/Mandi Bola yang terdiri dari 100 buah dalam balutan warna warni yang menarik ini. Bisa dipesan melalui Tokopedia seharga Rp 44.900.

Sepeda

Sumber gambar Tokopedia

Tumbuh kembang si kecil pada usia dini jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Anda bisa melatih sistem motorik anak untuk membantu proses tumbuh kembang badan dengan mengajak mereka berolahraga seperti bersepeda. Kegiatan ini juga bisa melatih anak untuk belajar konsentrasi serta keseimbangan.

Salah satu sepeda yang bisa dipilih adalah Sepeda Roda 3 Family 5983 Tricycle Family Police 5983. Cocok bagi Anda yang ingin memperkenalkan sepeda pada anak, sepeda ini dilengkapi dengan alas kaki nyaman, keranjang, serta spion. Tersedia di Tokopedia seharga Rp 320.000.

Layang-layang

Sumber gambar Tokopedia

Pergi liburan? Tidak ada salahnya jika Anda membawa mainan sederhana seperti layang-layang. Permainan tradisional satu ini mungkin kalah populer dari permainan virtual di era teknologi tapi tidak berarti tak seru untuk dimainkan. Permainan layang-layang bisa jadi kegiatan seru di pantai dan mendekatkan Anda dengan si kecil.

Agar anak-anak tertarik untuk memainkan layang-layang, Anda bisa memberikan Mainan Layangan Hias/Layang-layang Karakter Burung Besar-Mout-178 ini. Dilukis detail dalam warna-warna cerah yang menawan, layangan ini tersedia dalam beberapa variasi seperti green parrot, purple owl, green owl, blue owl dan red owl. Bisa dipesan seharga Rp 18.000 di Tokopedia.

Mainan Remote Control

Sumber gambar Bukalapak

Saat bermain mainan dengan remote control, Anda bisa mengubahnya jadi lebih menarik dengan berlomba bersama si kecil. Lomba seperti ini dapat memberi motivasi serta melatih sikap kompetitif yang positif agar si kecil terlatih untuk meraih tujuan mereka.

Untuk acara bermain yang seru, Anda bisa memilih RC Alat Berat Excavator Armada-Mainan Edikasi Anak Remote Control. Mainan ini dilengkapi dengan lampu depan dan bisa bergerak dengan roda sementara bagian pengeruk dan kepala ekskavator dapat digerakkan secara manual. Tersedia seharga Rp 80.000 di Bukalapak.

From our editorial team

Selalu Perhatikan Keamanan Mainan

Apabila Anda hendak membelikan sebuah mainan bagi anak, keamanan adalah hal yang tak boleh luput dari ingatan. Meski terkadang remeh, tetapi rupanya ada banyak hal yang bisa mengancam anak-anak dari sebuah mainan. Misalnya risiko tertelan, tertusuk, keracunan, dan banyak lagi risiko lainnya jika mainan anak-anak tidak sesuai dengan standar keamanan. Jadi jangan lupa untuk selalu memperhatikan label usia pada mainan, yang tercantum pada kemasan mainan.