Bingung Memilih Mainan untuk Anak 1 Tahun? Kami Ada 9 Rekomendasinya

Bingung Memilih Mainan untuk Anak 1 Tahun? Kami Ada 9 Rekomendasinya

Untuk menyenangkan buah hati, biasanya sebagai orang tua akan membelikan mainan bagi anak. Sayangnya, tak semua orang tua memahami jenis mainan seperti apa yang layak untuk diberikan pada mereka. Mainan yang dipilih haruslah sesuai dengan usianya dan penuh dengan nilai edukasi agar bermanfaat untuk perkembangan otaknya. Oleh karena itu, simak rekomendasi mainan terbaik ini untuk anak Anda.

Bermain Adalah Kegiatan yang Banyak Dilakukan Si Kecil dan Dapat Membantu Proses Perkembangannya

Sumber gambar www.gomommy.in

Memiliki buah hati tentu membuat kita sebagai orang tua selalu ingin tahu mengenai tumbuh kembang anak. Dari fisik dan juga mentalnya perkembangan si kecil tetap menarik untuk dipantau. Memasuki usia tertentu si kecil sudah mulai mengerti dan merasa tertarik pada mainan. Perlu diketahui bahwa bermain adalah kegiatan yang banyak dilakukan si kecil.

Jangan larang ia karena bermain bisa membantu proses perkembangannya. Anda bisa memberikan mainan edukatif supaya anak lebih terstimulasi baik dari kemampuan fisiknya, dari pengenalan angka hingga dari warna serta bahasa. Dukung kemampuan motorik dan kognitif anak untuk terus berkembang supaya ia makin pintar.

Sekarang, mari tengok berbagai jenis mainan yang sesuai untuk anak usia 1 tahun bersama BP-Guide. Jangan lewatkan juga tips memilih mainan yang aman untuk si kecil, ya.

Berbagai Jenis Mainan yang Sesuai untuk Anak 1 Tahun

Mobil-mobilan

Sumber gambar www.bukalapak.com

Anak usia 1 tahun sudah mulai tertarik dengan mainan yang bisa bergerak. Anda bisa memberikan mainan serupa kereta atau mobil-mobilan yang digerakkan dengan kaki. Mainan tersebut mampu membuat perkembangan fisik anak lebih sempurna karena ia perlu memakai kakinya supaya mainannya bergerak. Selain itu ia bisa belajar kata-kata seperti berhenti, jalan, belok kanan, dan seterusnya.

Mobil-mobilan bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 165.000. Mainan mobil lucu ini cocok dimainkan anak usia 1 hingga 5 tahun. Mainan ini hadir supaya anak mengerti cara menjalankan mianannya. Produk ini lengkap dengan musik supaya bisa lebih menghibur si kecil.

Mainan Mengenal Warna

Sumber gambar www.bukalapak.com

Saat anak bermain, peran orang tua akan jadi sangat penting. Bermain bisa melatih proses interaksi anak dengan orang tua. Nah, perkenalkanlah mainan untuk membantunya mulai mengenal warna dan bentuk. Ini bisa membuatnya melatih memori untuk mengingat.

Mainan Anak - Buku Edukasi Anak - Buku Kain - Mengenal Huruf & Angka & Warna ini bisa jadi pilihan mainan yang tepat. Mainan ini bisa dipakai anak usia 3 bulan hingga 3 tahun. Mainan bahan kain bertekstur ini hadir dalam aneka warna cerah. Ini bisa mengembangkan kesadaran sensorik anak.

Produk ini bisa dicuci dan tak mudah sobek. Hadir dengan warna menarik sehingga anak tak akan bosan. Mainan ini ukurannya sebesar tangan orang dewasa. Tiap halamannya memiliki pola terpisah dan gambar menarik. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 24.900.

Soft Blocks

Sumber gambar www.tokopedia.com

Soft blocks adalah jenis mainan yang tepat untuk anak. Bagi mereka yang berusia satu tahun, mainan ini akan melatih sensor perasa mereka. Mainan kubus ini biasanya berbahan busa empuk. Ada yang bisa mengeluarkan suara, ada juga yang hadir dengan gambar yang manis.

Mainan anak edukasi - soft blocks - balok - mainan montessori ini berbahan light eva 52 big colorful light. Produk ini hadir dalam ukuran packaging 35x1,5x11cm. mainan ini bisa mengenalkan anak aneka bentuk balok. Bisa disusun sesuai keinginan. Bahannya empuk tak akan melukai si kecil. Produk ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 175.000.

Walker

Sumber gambar www.bukalapak.com

Bayi usia 1 tahun memang sedang dalam tahap belajar berjalan. Anda bisa memberikannya walker yang dilengkapi tombol musik. Anak akan senang belajar berjalan apalagi jika walkernya dilengkapi tombol aneka warna yang bisa mengeluarkan suara kala ditekan.

Push Walker Bayi Belajar Jalan Bermusik hadir dalam ukuran 42x32x45 cm. Produk ini hadir dengan bahan ABS BPA free. Produk bisa digunakan anak bayi usia 6 bulan ke atas. Bayi bisa tetap bermain riang dengan posisi duduk. Walker ini juga bisa digunakan untuk bayi belajar berdiri dan berjalan. Roda belakangnya dilengkapi karet sehingga nyaman dan anti-slip. Produk bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 235.000.

Mainan Mengenal Huruf

Sumber gambar www.bukalapak.com

Anak perlu juga dikenalkan dengan mainan mengenal huruf. Mainan model seperti ini bisa membantu anak memakai memorinya untuk mengingat. Anak bisa sekadar diperkenalkan bentuk huruf dan bunyinya. Hanya sebagai perkenalan saja jangan terlalu dipaksakan karena usia 1 tahun masih lebih suka bermain dengan bebas.

Puzzle Alphabet Angka Premium ini adalah Mainan Edukatif Edukasi Anak Kayu Murah yang bisa Anda berikan pada si kecil. Mainan ini hadir dalam ukuran 30x21x0,8 cm. Puzzle ini berisikan alphabet dan angka. Berbahan MDF tebal dengan finishing cat warna. Mainan ini bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 85.000.

Xylophone

Sumber gambar mainanjakarta.com

Mainan yang bisa mengenalkan anak akan nada dan suara juga bisa diberikan. Misalnya saja xylophone yang bisa mendukung kepekaan anak pada suara. Mainan ini juga bisa menghasilkan suara unik sehingga anak bisa memulai ketertarikannya pada musik. Xylophone berbahan dasar plastik yang bagus ini bisa jadi pilihan.

Xylophone Mainan ini memiliki 6 besi nada dengan suara bagus yang nyaring. Mainan ini bisa untuk anak usia 1 tahun ke atas. Anak bisa mengenal warna dan juga suara. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 30.000.

Hammering Set

Sumber gambar www.bukalapak.com

Mainan edukatif memiliki banyak kelebihan dibanding mainan biasa. Mainan edukatif bisa memperkenalkan warna dan bentuk untuk anak. Bisa juga dipakai untuk melatih problem solving hingga melatih kesabaran. Mainan edukatif bisa juga mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif anak.

Hammering Contest Game Atau Mainan Edukasi Anak Hammering Contest Game bisa dipilih menjadi salah satu mainan edukatif. Mainan ini lucu dan membuat suasana jadi ceria. Anak bisa menekan tombol untuk memainkan permainan ini. Yang menang adalah yang berhasil membuat KO musuhnya. Produk terdiri atas 2 buah petarung dan sebuah papan bermain. Produk ini bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 180.000.

Mainan Gantung

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mainan gantung bisa jadi mainan edukasi juga. Mudah digunakan dan bisa memberikan stimulasi visual pada si kecil karena ia bisa melatih fokus penglihatan dan menstimulasi kemampuan kognitif. Mainan ini juga akan mendorong perkembangan otak pada bayi. Jika mainan gantungnya dilengkapi dengan bunyi, maka akan bisa mengembangkan pendengaran si kecil juga.

Breket dan alat musik lengkap untuk mainan gantung di baby box SS182 ini bisa diperoleh di Tokopedia. Mainan ini akan sangat disukai si kecil. Hal ini karena gerakan mainannya berputar dengan penuh warna menarik. Mainan ini bisa mempercantik kamar tidurnya. Mainan yang bergerak dinamis ini baik juga untuk mengembangkan otaknya dan kemampuan penglihatannya. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 178.000.

Mainan Mengenal Bentuk

Sumber gambar www.bukalapak.com

Untuk anak, berikanlah mainan yang berbahan aman untuknya. Misalnya saja mainan berbahan kayu. Mainan bahan kayu akan lebih alami dan tak akan mengandung bahan berbahaya. Mainan kayu biasanya memakai cat yang aman tanpa bahan beracun.

Pilihlah mainan yang memiliki sertifikat SNI supaya lebih terjamin keamanannya. Mainan Edukatif Ronche Bentuk Geometri Kecil ini bisa dibeli untuk si buah hati. Mainan ini memiliki 16 butiran biji ronche dengan bentuk berbeda dan 1 buah tali. Ada 5 bentuk geo dengan 4 warna.

Mainan ini bisa membuat anak mengenal bentuk dan warna. Mainan juga bisa melatih konsentrasi dan motorik halusnya. Produk ini berbahan kayu pinus dengan ketebelan 2,5 cm. Produk memakai cat nontoxic sehingga lebih aman untuk anak. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 41.000.

Cara Memilih Mainan yang Tepat dan Aman untuk Si Kecil

Sesuaikan dengan Perkembangan Motoriknya

Sumber gambar ygrowup.net

Memilih mainan untuk si kecil merupakan tugas kita sebagai orang tua. Sesuaikan usianya dengan mainan yang kita berikan. Mainan yang tepat adalah mainan yang sesuai dengan perkembangan otak dan pengetahuan anak. Contohnya saja untuk bayi usia 6 bulan, kita bisa mulai memberikan mainan dengan warna cerah yang mengeluarkan bunyi.

Mainan ini bisa melatih indra penglihatan dan pendengarannya. Anda bisa juga mulai memberikan mainan yang bisa mengasah logika anak dan juga kreativitasnya. Untuk anak usia 1 tahun, Anda bisa memberikan puzzle simpel yang menarik untuk mengenalkan bentuk dan warna.

Cari yang Aman

Sumber gambar bebezclub.com

Untuk si kecil tentu kita akan memberikan segala sesuatu yang terbaik. Begitu juga dalam hal mainan, tentu kita akan memberikan mainan terbaik yang tak akan membahayakan si kecil. Sesuaikan usia si kecil dengan mainan yang akan Anda berikan untuk memastikan keamanannya. Misalnya untuk anak baru lahir hingga usia 1 tahun, hindari memberikan mainan yang berujung runcing dan mainan yang terbuat dari bahan kimia.

Anak usia 1 tahun suka memasukkan aneka mainan ke dalam mulutnya, sebaiknya hindarkan mainan tajam dan mainan berbahan kimia supaya tak tertelan dan melukai kulitnya.

Ukuran Mainan Jangan Kecil

Sumber gambar bfaacademy.ca

Mainan adalah salah satu alat untuk mendukung perkembangan si kecil. Jika kita dengan tepat memilihkan mainannya, maka si kecil bisa mengembangkan kemampuannya secara lebih baik. Pilihlah bahan mainan yang aman untuk anak supaya tak melukai kulitnya yang masih sensitif dan rawan tergores. Hal lain yang patut diperhatikan kala memberikan mainan untuk si kecil adalah masalah ukurannya.

Sesuaikan ukuran mainan yang Anda berikan dengan usia si kecil. Jika ia masih berusia 1 tahun, maka Anda bisa memberikan mainan yang tak terlalu kecil. Ini supaya ia tak memasukkan mainan ke dalam mulutnya dan akhirnya tertelan olehnya. Mainan yang terlalu kecil dikhawatirkan bisa masuk ke dalam tubuhnya seperti lubang telinga atau lubang hidung. Maka pilihkan mainan yang ukurannya sedang untuk anak seusianya.

Bermain Sambil Belajar

Sumber gambar o4uxrk33.com

Usahakan mainan yang Anda berikan pada si kecil bisa juga membuatnya belajar. Anda bisa berikan mainan edukatif supaya bisa mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak. Dengan permainan edukatif, maka bahasa, kecerdasan, dan motorik anak bisa lebih baik lagi berkembangnya. Memilih mainan edukatif berarti kita mengajari anak bermain sambil belajar.

Memilih mainan edukatif merupakan tantangan tersendiri, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi kala memilih mainan edukatif. Mainan edukatif memiliki desain yang mudah dan sederhana. Sebaiknya mainan edukatif multifungsi sehingga bisa diguanakan anak lelaki dan perempuan. Mainan edukatif harus menarik dan kalau bisa awet untuk digunakan.

From our editorial team

Mainan Edukatif Memiliki Banyak Manfaat bagi Anda dan Anak

Tak hanya soal asupan, orang tua juga perlu teliti dalam memilihkan mainan yang tepat dengan usia anak. Jika salah memilih, tentunya mainan juga tak akan bermanfaat bagi mereka, khususnya bagi perkembangan motorik dan kognitifnya. Apalagi jika anak Anda berusia 1 tahun yang sudah pasti Anda perlu kecermatan dalam memilih mainan bagi mereka. Mainan edukatif ini pasti sangat membantu Anda untuk mengajarkan pendidikan di usia dini sekaligus dapat mempererat jalinan antara Anda dan buah hati.