Ketahui Pentingnya Memilih Mainan untuk Anak dan 10 Rekomendasi Mainan Edukasi yang Bisa Membantu Perkembangannya

Ketahui Pentingnya Memilih Mainan untuk Anak dan 10 Rekomendasi Mainan Edukasi yang Bisa Membantu Perkembangannya

Memilih mainan untuk anak memang tak boleh sembarangan. Ada baiknya jika orangtua memilih mainan edukasi yang bisa merangsang perkembangan dan pertumbuhannya. Tak perlu bingung, BP-Guide sudah sediakan rekomendasinya berikut ini!

Mainan Edukasi yang Bisa Membantu Perkembangan Si Kecil

Sumber gambar www.easternct.edu

Dalam memilihkan mainan untuk anak, orang tua harus bijaksana. Mainan yang diberikan harus bisa memberikan nilai edukatif pada anak. Setiap mainan ternyata memberi dampak psikologis tersendiri terhadap perkembangan anak lho. Dari mainan yang dimiliki anak dapat belajar konsentrasi, mengembangkan imajinasi, hingga melatih otot motoriknya.

Misalnya saja saat anak bermain puzzle, ia belajar untuk berkonsentrasi penuh dan bagaimana memecahkan masalah yang ada di hadapannya. Begitu pula dengan mainan yang memiliki bermacam-macam bentuk seperti segitiga, lingkarang, atau kubus. Anak bisa belajar banyak hal dari permainannya.

10 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak

Mainan Edukasi Puzzle Knob Huruf

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mainan Edukasi Puzzle Knob Huruf dijual di Tokopedia dengan harga Rp 35.000. Mainan edukatif ini bisa diberikan pada anak usia 2-6 tahun. Mudah dipegang dengan pin knob besar pada setiap potongan puzzle.

Manfaat dari permainan ini adalah memperkenalkan jenis alat transportasi pada anak, melatih otot motorik anak, melatih kesabaran dan fokus, mengembangkan ketangkasan manual, dan latihan koordinasi antara mata dan tangan. Mainan ini aman untuk anak karena terbuat dari kayu. Satu paket mainan terdiri atas 2 set puzzle huruf dan puzzle angka.

Carters Softbook and Teether Sun

Sumber gambar www.blibli.com

Carters Softbook and Teether Sun dijual di Lazada dengan harga Rp 51.000 dan di Bukalapak dengan harga 49.000. Mainan berbentuk lembaran buku dengan teether di bagian tepinya. Fungsi mainan ini adalah melatih pendengaran dan kekuatan otot anak.

Teether dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi anak. Tersedia dalam 4 pilihan motif lucu yang disukai anak yaitu gajah, beruang, matahari, dan bebek. Mainan akan mengeluarkan bunyi gemerisik saat buku dipegang sehingga dapat melatih indera pendengaran anak.

4M Dream Professions

Sumber gambar www.blibli.com

4M Dream Professions dijual di Blibli dengan harga Rp 185.000. Permainan edukatif yang mengajarkan anak mengenal 10 jenis profesi yang berbeda, dengan desain fun dan playful yang disukai anak. Anak sekaligus diajarkan untuk mengenal cita-citanya dan melakukan role play dengan permainan yang ada.

Fungsi utama dari permainan ini adalah melatih daya imajinasi dan kreativitas anak. Permainan ini dapat dimainkan bersama dengan orang tua. Dengan permainan role playing, anak belajar memainkan peran tertentu di masyarakat dan membantu proses bersosialisasi nantinya.

MOMO Funny Truck Bongkar Pasang B

Sumber gambar www.blibli.com

MOMO Funny Truck Bongkar Pasang B dijual di Blibli dengan harga Rp 20.000. Mainan ini hadir dalam 1 paket yang terdiri 1 buah mobil bongkar pasang, 1 boneka kecil, dan 1 obeng mainan.

Berfungsi untuk melatih motorik anak, lengkap dengan stimulasi visual, stimulasi audio, dan keterampilan koordinasi mata dan tangan. Permainan ini tentu cocok untuk anak laki-laki Anda. Bermain bongkar pasang dapat mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas anak.

SPEKTAFLASH - Ocean Toy Papan Tulis Magic Board

Sumber gambar www.blibli.com

SPEKTAFLASH - Ocean Toy Papan Tulis Magic Board dijual di Blibli dengan harga Rp 24.900.
Mainan papan ini terdiri dari 1 pena dan 2 buah sempoa. Dengan ukuran 27x20x2 cm yang dapat dimainkan anak dengan nyaman. Terbuat dari bahan yang aman untuk anak.

Mainan ini membantu anak untuk lancar menulis, membaca, dan berhitung. Cocok untuk mengalihkan perhatian anak dari smartphone dan gadget lainnya. Selalu dampingi dan bimbing anak dalam setiap permainan sehingga tumbuh kembang anak bisa lebih optimal.

Image IM-3007 Puzzle Bola

Sumber gambar www.blibli.com

Image IM-3007 Puzzle Bola dijual di Blibli dengan harga Rp 26.000. Mainan yang terdiri dari 20 buah bentuk yang harus dimasukkan sesuai lubang yang ada. Berfungsi untuk mengenalkan bentuk dan warna pada anak usia 1 tahun ke atas.

Terdapat banyak bentuk pada permainan ini seperti segitiga, kali, plus, minus, dan kotak. Mainan terbuat dari bahan plastik yang relatif aman untuk anak.

ELC Rockin Robot Game

Sumber gambar www.blibli.com

Ini adalah sebuah mainan edukatif dengan desain fun dan playful untuk anak usia 2 tahun ke atas. Robot dapat disusun sesuai gambar yang ada di kartu dan harus selesai dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Robot akan muncul saat waktu habis. Permainan ini baik untuk melatih ketangkasan anak. Satu set permainan terdiri dari 20 buah kartu robot 2 sisi, 12 bagian robot dan 1 dudukan kartu. Mainan ini dijual di Blibli dengan harga Rp 299.000

Ocean Toy 3660A Papan Tulis Standing Learning Easel

Sumber gambar www.blibli.com

Ocean Toy 3660A Papan Tulis Standing Learning Easel dijual di Blibli dengan harga Rp 249.900.
Mainan edukasi yang aman untuk anak dengan sertifikasi dari SNI.

Produk terdiri atas papas tulis standing berwarna putih untuk menulis yang bisa dihapus. Papan ini juga bisa ditempeli huruf, simbol, dan angka magnetik. Dapat melatih kecerdasan anak dalam menulis, menggambar, dan berimajinasi.

Genius Blocks G8028A Dinosaurs

Sumber gambar www.blibli.com

Genius Blocks G8028A Dinosaurs dijual di Blibli dengan harga Rp 144.700. Mainan blok ini cocok untuk anak 6 tahun ke atas. Fungsi mainan adalah melatih motorik dan ketelitian anak. Terbuat dari bahan plastik ukuran 43x7x30 cm. Mainan dilengkapi dengan baterai dan spare part. Anak dapat melatih keterampilan manipulatif dan meningkatkan kreativitas melalui permainan ini.

Oribel Door Knocker Busy Woodpecker

Sumber gambar www.blibli.com

Oribel Door Knocker Busy Woodpecker dijual di Blibli dengan harga Rp 319.000. Mainan edukasi yang dapat dipasang di dinding secara vertikal ini cocok untuk anak usia 9 bulan ke atas. Door knocker ini membantu melatih sopan santun pada anak sekaligus mempersiapkan anak untuk bersosialisasi.

Mudah ditempel di dinding dengan bentuk lucu sehingga anak akan senang untuk mengetuknya sebelum masuk ke dalam ruangan. Mainan yang terbuat dari kayu ini dapat melatih kemampuan motorik kasar anak.

Tips Memilih Mainan Edukasi untuk Anak

Pilih yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak

Sumber gambar www.rd.com

Mainan yang sifatnya edukatif dapat melatih kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi pada anak. Terlebih bagi anak usia 4 tahun ke atas yang mulai mengenal teman-teman di sekolah, permainan yang dapat dimainkan bersama dapat melatih perkembangan anak dalam bermasyarakat.

Sehingga anak bisa lebih percaya diri tampil di depan umum dan tidak takut untuk mencoba hal baru atau berkenalan dengan teman yang baru.

Pilih Mainan yang Bisa Membangkitkan Imajinasi

Sumber gambar mumsgrapevine.com.au

Mainan anak harus bisa merangsang motorik dan daya imajinasi anak. Hal ini penting agar perkembangan otaknya bisa berjalan dengan maksimal.

Mainan seperti bongkar pasang atau memasukkan bentuk ke dalam bola adalah jenis mainan yang bisa merangsang imajinasi anak. Biarkan anak berkreasi sesuai dengan keinginan dan imajinasinya.

Pilih Mainan yang Mempertajam Kreativitas

Sumber gambar www.fisher-price.com

Salah satu manfaat dari mainan edukasi adalah melatih kreativitas anak. Dengan kreativitas yang baik, maka kecerdasan dan kemampuan anak akan terasah sejak dini.

Sehingga ia dapat mengekspresikan diri dengan baik dan mampu menghasilkan sesuatu yang baru. Jika anak dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara maksimal, maka ia akan mampu mengaktualisasikan diri dan menemukan identitasnya.

Sesuaikan Mainan dengan Usia Anak

Sumber gambar www.noonanlawma.com

Sesuaikan mainan yang diberikan dengan usia anak. Untuk anak usia 0-3 bulan, misalnya, mainan yang tepat adalah yang permukaannya datar dengan warna cerah menyala. Di usia ini kemampuan melihat dan meraba anak belum cukup baik. Saat anak sudah berusia 6 bulan, berikan teether untuk merangsang pertumbuhan giginya.

Permainan yang membantu anak berkomunikasi bisa diberikan di usia 9 sampai 12 bulan. Untuk anak usia 2-3 tahun, mainan yang mengembangkan kreativitas sangat dibutuhkan seperti lego atau block. Anak yang berusia 4 tahun sebaiknya diberikan mainan yang bisa dimainkan bersama dengan teman-teman untuk melatih kemampuan bersosialisasinya.

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Berikan Mainan Edukasi yang Bermanfaat untuk Si Kecil

Anak kecil tentunya lekat dengan yang namanya mainan. Meski mainan adalah salah satu hal wajib bagi anak kecil untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhannya, ada baiknya jika memilih mainan edukasi yang bermanfaat. Jangan lupa untuk memilih mainan sesuai usia si kecil agar tidak berbahaya dan periksa juga keamanannya agar aman saat dimainkan.

Tag