Yuk Persiapkan 10 Rekomendasi Perlengkapan Bayi Berikut Ini Saat Si Kecil Mulai Makan (2020)

Yuk Persiapkan 10 Rekomendasi Perlengkapan Bayi Berikut Ini Saat Si Kecil Mulai Makan (2020)

Sumber gambar unsplash.com

Memasuki usia 6 bulan, sudah saatnya bayi makan selain ASI. Agar ia semakin bersemangat, bukan hanya menu saja yang perlu dipikirkan, tetapi juga alat makannya. Berikut rekomendasi peralatan makan bayi dari BP-Guide yang murah juga berkualitas.

Setelah Bayi Menginjak 6 Bulan, Saatnya Masa-Masa MPASI Dimulai

Sumber gambar flo.health

Usia 6 bulan adalah saat-saat yang sangat penting untuk bayi. Bagaimana tidak, mulai 6 bulan ia sudah bisa mengonsumsi makanan lain selain ASI. Semua ibu pasti deg-degan sekaligus bahagia menyambut datangnya momen ini bukan?

Menu MPASI atau makanan pendamping ASI adalah penanda berakhirnya masa ASI eksklisif bayi, yang biasanya berlangsung selama 0 sampai 6 bulan setelah kelahiran. Pilih dan modifikasi menu MPASI agar bisa membangkitkan nafsu makan anak. MPASI hendaknya terdiri dari bahan-bahan yang penuh gizi dan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Sesuaikan juga tekstur makanan dengan usia bayi. MPASI pertama harus sangat lembut karena itulah kali pertama bayi mengenal makanan lain selain air susu yang diberikan oleh ibunya. Tekstur makanan ini bisa semakin ditingkatkan seiring dengan bertambahnya usia si kecil.

Perhatikan Hal Ini Ketika Mempersiapkan Sesi Makan Bayi

Cuci Tangan

Sumber gambar theriseandshine.com

Kebersihan adalah hal yang paling utama dalam menyiapkan MPASI bayi. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum mulai mengolah bahan-bahan makanan untuik si kecil. Bahkan selama proses memasak, jaga agar tangan tetap bersih.

Setelah menyentuh bahan-bahan seperti daging, telur mentah dan ikan, cuci kembali tangan untuk membunuh semua bakteri yang masih menempel di semua bahan tersebut dan mencegah baunya mengenai makanan yang lain.

Bukan hanya kebersihan tangan ibu saja yang penting, kebersihan dapur dan alat-alat yang digunakan untuk memasak juga harus diutamakan. Setelah MPASI matang, jangan disimpan di dalam suhu ruangan. Masukkan ke dalam lemari es untuk mencegah MPASI menjadi basi atau berubah warna dan rasanya.

Gunakan Proses FIFO

Sumber gambar inhabitat.com

Persiapan bahan sudah, mengaja kebersihan sudah. Kini memasuki proses memasak, ibu biasanya memasak untuk beberapa porsi makan sekaligus. Terlebih untuk para working mom, trik ini dapat mengemat waktu dan tenaga, tapi tetap menjamin kualitas makanan untuk si kecil.

Jika Mom termasuk yang suka menyimpan MPASI di dalam kulkas, jangan lupa gunakan prinsip FIFO. Apa sih FIFO itu? FIFO adalah First In First Out, yaitu mengambil makanan berdasarkan urutan waktu dimasukkan ke dalam kulkas. Tujuannya tentu untuk menjaga tekstur dan rasa makanan agar tidak banyak berubah.

Terlalu lama menyimpan makanan di dalam kulkas juga tidak baik lho, Mom. Usahakan makanan si kecil habis di hari yang sama pembuatannya dan berganti lagi dengan menu lain keesokan harinya. Ini juga demi menjaga agar ia tidak cepat bosan.

Gunakan Talenan Berbeda

Sumber gambar bambuhome.com

Hal lain yang tidak kalah penting dalam menyajikan MPASI yang sehat dan berkualitas untuk si kecil adalah penggunaan talenan. Meski kedengarannya sepele, hal ini sangat penting lho. Gunakan talenan yang berbeda untuk daging dan sayuran. Selain itu, cuci talenan dengan air mengalir sampai bersih saat berganti bahan makanan.

Ini bertujuan untuk mencegah transfer bakteri jenis salmonella dan campylobacter selama proses memasak. Akan lebih baik jika talenan direndam di dalam air sabun yang hangat. Perhatikan juga permukaan talenan. Jika sudah ada bagian yang tersayat dalam sebaiknya langsung dibuang karena dapat menjadi tempat bersembunyi bakteri dan kuman.

Menyimpan Bahan Makanan Secara Terpisah

Sumber gambar johnlewis.com

Jika Mom suka menyimpan bahan MPASI di dalam kulkas, simpan setiap bahan di dalam wadah yang terpisah. Baik itu daging, ikan, ayam, sayuran, dan bahan lainnya simpan di dalam wadah yang terpisah. Satu wadah untuk satu bahan saja.

Pilih wadah yang tertutup dan kedap udara untuk menjaga kualitas dan cita rasanya. Penyimpanan bahan secara terpisah juga dapat mencegah terjadinya cross contamination atau kontaminasi silang, yaitu perpindahan bakteri dari satu bahan makanan ke makanan yang lain.

Cross contamination juga bisa terjadi jika Mom tidak mencuci tangan dengan bersih setelah menyentuh satu bahan makanan ke bahan makanan yang lain.

Tutup Makanan

Sumber gambar theecologist.org

Menyimpan makanan dalam wadah tertutup yang kedap udara memang sangat penting untuk mencegah rasa dan kualitas makanan agar tetap baik. Namun yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa bahan wadah yang digunakan berstandar food grade atau aman untuk bahan makanan.

Label BPA free juga sangat penting untuk menyimpan makanan si kecil. Wadah berbahan plastik akan lebih aman untuk menyimpan makanan yang dimasukkan ke dalam kulkas. Selalu tutup makanan bayi untuk mencegah berbagai macam bakteri dan kuman menghampirinya.

Strategi pemberian MPASI yang tepat menurut IDAI

Tepat Waktu

Sumber gambar pinterest.com

Yang dimaksud tepat waktu adalah memberikan MPASI atau makanan pendamping pada anak tepat ketika usianya menginjak 6 bulan. IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dan WHO (World Health Organization) menyarankan usia 6 bulan adalah saat yang tepat untuk mulai mengenalkan makanan lain pada anak.

Demi kesehatan anak, jangan memberikan makanan pada anak sebelum usianya menginjak 6 bulan. Sayangnya, banyak orang tua yang nekat memberikan makanan pendamping sebelum bayi 6 bulan karena khawatir anak mereka akan kelaparan jika hanya diberi ASI saja.

Padahal ada alasan tersendiri lho mengapa 6 bulan menjadi usia yang pas untuk bayi menerima makanan lain selain ASI. Di usia itu, organ pencernaan makanan bayi sudah kuat dan dapat mencerna makanan, Jika dipaksakan memberi makan bayi sebelum 6 bulan, dikhawatirkan pencernaannya belum siap dan belum terlalu kuat untuk menerima makanan lain.

Adekuat

Sumber gambar halodoc.com

Setiap MPASI yang diberikan kepada bayi haruslah adekuat. Yang dimaksud dengan adekuat adalah mampu memenuhi kebutuhan protein, energi, dan mikronutrien si kecil. Dalam menu lengkap MPASI, kebutuhan makro dan mikor nutrien bayi akan terpenuhi.

Yang termasuk makro nutrien adalah protein, lemak, karbohidrat, dan masih banyak lagi. Sementara kebutuhan mikro nutrien adalah vitamin A, zat besi, kalsium, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, saat memilih bahan-bahan apa saja yang akan diolah untuk MPASI bayi, pelajari juga berbagai kandungan yang ada di dalamnya, pastikan sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan si kecil dan dapat menunjang tumbuh kembangnya juga.

Aman dan Higienis

Sumber gambar moving.com

Dua aspek yang sangat penting dalam mempersiapkan MPASI bayi adalah aman dan higienis. Ini harus diterapkan sejak langkah awal persiapan, yaitu dengan mencuci tangan, mencuci perlatan masak yang digunakan, dan menjaga kebersihan dapur tempat memasak.

Peralatan makan yang digunakan bayi termasuk mangkuk dan sendoknya juga harus dijamin bersih. Masak semua bahan makanan si kecil hingga matang sempurna untuk memastikan bakteri dan kuman yang menempel mati dengan sempurna.

Segera setelah makanan masak, usahakan habis dalam waktu 2 jam setelahnya. Tujuannya untuk mencegah resiko kontaminasi pada MPASI.

Diberikan Secara Responsif

Sumber gambar parenting.firstcry.com

Memberikan MPASI tentu harus disesuaikan dengan kondisi bayi. Berikan hanya ketika mereka lapar dan berhenti ketika mereka kenyang. Untuk bayi berusia 6 bulan, jelas mereka belum bisa mengatakan saat mereka lapar dan kenyang. Tugas orang tua adalah mampu membaca sinyal yang diberikan oleh si kecil.

Tanda apa yang mereka keluarkan saat lapar dan kenyang. Bayi memiliki cara tersendiri untuk berkomunikasi, baik itu melalui tangisan, teriakan, atau penolakan terhadap makanan. Kekentalan makanan juga harus diperhatikan, begitu juga jumlah kalorinya.

Makanan yang terlalu encer membuat bayi cepat merasa lapar dan makanan yang kandungan kalorinya rendah akan membuat berat badan bayi tidak bisa naik secara signifikan di bulan berikutnya.

Rekomendasi Perlengkapan Makan Bayi Murah dan Berkualitas

MacBear Perlengkapan Anak BIB Sleber Fox Unisex

Satu hal yang pasti terjadi ketika bayi makan adalah makanannya yang akan berserakan dan mengotori baju mereka. Untuk mencegah hal ini, gunakan BIB yang dikalungkan di sekitar dada anak. BIB untuk bayi biasanya hadir dalam desain yang sangat lucu dan menggemaskan.

MacBear Perlengkapan Anak BIB Sleber Fox Unisex adalah salah satunya. BIB atau celemek dapat meminimalisir makanan mengotori pakaian bayi. Celemek makan ini terbuat dari bahan berkualitas yang sangat halus dan lembut, sangat nyaman digunakan untuk si kecil.

Belum lagi desainnya yang khas anak-akan akan membuat si kecil makin terlihat lucu saat menghabiskan makanannya.

Harga Rp. 6.270-20.900

Bearhug BBX Slaber Bib Bulat Unisex

Saat anak mulai dikenalkan dengan MPASI, biarkan ia memakan makanannya sendiri. Meski akan menjadi sangat kotor dan waktu makan yang dibutuhkan lebih lama, hal ini akan melatih otot anak dan melatih kemandiriannya pula. Tapi untuk mencegah anak menjadi terlalu kotor karena makanannya, jangan lupa kenakan BIB atau celemek pada dadanya.

Bearhug BBX Slaber Bib Bulat Unisex berfungsi mencegah noda makanan agar tidak mengotori baju si bayi. Terbuat dari 100% bahan katun dengan model sleber bulat yang unik. Printing motifnya juga aman, membuat celemek ini terlihat semakin trendy dan stylish.

Celemek yang satu ini telah memiliki sertifikasi SNI, jadi tidak perlu khawatir dengan kualitas dan keamanannya. Varian motifnya juga banyak, bisa dipilih sesuai selera.

Harga Rp. 19.487-28.000

BEBE Feeding Mug White / Gelas Bayi

Selain bahan makanan apa yang akan diolah, alat makan juga harus disiapkan oleh ibu. Meski kedengarannya sepele, pemilihan alat makan sangat penting lho. Jangan hanya memperhatikan bentuk atau warnanya yang lucu saja, pastikan bahan alat makan juga aman untuk si kecil.

BEBE Feeding Mug White / Gelas Bayi, salah satu alat makan yang penting untuk dimiliki. Gelas ini akan membantu bayi minum sendiri dan belajar mandiri. Terbuat dari bahan yang bebas BPA, dijamin aman untuk bayi. Bahan yang digunakan untuk membuat gelas juga tebal dan tidak mudah pecah. Kelebihan lain adalah mudah dibersihkan, sehingga tidak merepotkan untuk ibu juga.

Karena terbuat dari plastik, ibu tidak perlu khawatir saat bayi membanting atau menjatuhkan gelasnya.

Harga Rp. 7.600

Ninio 3in1 Training Cup Gelas Minum Bayi

Ketika bayi sudah mulai menerima MPASI, maka saat itulah sebaiknya ia mulai dilatih untuk minum sendiri dari gelas. Namun tentu saja bayi berusia 6 bulan belum bisa minum langsung dari gelas yang sama seperti gelas orang dewasa. Bukannya bisa minum sendiri, bayi justru bisa tersedak karena banyaknya air yang masuk ke dalam mulut.

Ninio 3in1 Training Cup Gelas Minum Bayi adalah solusi yang tepat. Gelas ini bisa disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan bayi. Saat bayi berusia 3 sampai 6 bulan, gelas ini bisa menjadi nursing cup. Untuk bayi usia 6-9 bulan, gelas ini bisa diganti menjadi spout cup. Sementara pada usia di atas 9 bulan, gelas ini dapat menjadi straw cup.

Ketiga model berbeda itu bisa dilakukan oleh satu gelas yang sama lho. Bersihkan gelas dengan cara mensterilkannya di air mendidih bersuhu 100 derajat celcius.

Harga Rp. 13.300-13.900

Ninio Full Silicone Spoon

Bahan plastik dan silikon yang tahan banting dan tidak mudah pecah adalah pilihan terbaik saat membeikan alat makan untuk bayi. Kedua bahan tersebut juga aman untuk si kecil. Seperti sendok makan yang satu ini.

Ninio Full Silicone Spoon terbuat dari bahan silikon berkualitas yang lembut dan nyaman. Sendok ini tidak memiliki sudut tajam sehingga sangat aman untuk gusi bayi yang sensitif. Pada sendok ini juga terdapat tonjolan yang dapat menenangkan gusi si kecil yang gatal saat ia makan.

Bahan silikon yang digunakan untuk membuat sendok ini anti jamur, anti bakteri, BPA Free, dan DEHP Free, Sangat aman untuk si kecil. Sendok ini juga tahan panas hingga suhu 200 derajat celcius. Desain mobilnya yang unik sekaligus untuk melatih genggaman bayi ketika makan.

Harga Rp. 30.500-50.000

Bunny sendok sensor panas heat sensor

Sendok yang berbahan lembut seperti plastik, silikon, dan karet akam terasa sangat nyaman di mulut dan gusi bayi. Ini akan membuatnya semakin bersemangat saat harus makan sendiri. Bahan sendok yang lembut juga tidak akan menggangu pertumbuhan gusi dan gigi bayi. Selain itu, bahan sendok juga sebaiknya anti panas agar tidak melukai bibir dan lidah bayi saat makan.

Bunny Sendok Sensor Panas Heat Sensor dirancang dengan indikator suhu yang bisa menunjukkan berapa suhu makanan yang akan disantap bayi. Sendok ini sangat unik karena akan berubah warna dengan sendirinya saat bersentuhan dengan makanan atau minuman yang terlalu panas.

Satu pak berisi 2 sendok yang bisa digunakan secara bergantian. Bahan pembuatnya sangat aman, BPA Free, dan dirancang untuk anak berusia 6 bulan ke atas.

Harga Rp. 23.478-24.900

Freemir Piring Makan Anak/

Piring anak yang bentuknya lucu dan imut pasti akan membuatnya semakin bersemangat dalam menyantap makanan. Datang dari brand yang terkenal memproduksi berbagai produk kebutuhan sehari-hari, Freemir Piring Makan Anak tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Terbuat dari bahan wheat straw yang aman dan sehat untuki si kecil. Belum lagi berbagai desain yang menggemaskan untuk si kecil. Piring ini juga tersedia dengan desain sekat tebal dan dalam, bisa digunakan untuk menyajikan beberapa jenis makanan sekaligus.

Bahan piring tidak menimbulkan bau, nyaman digunakan, dan sangat mudah dibersihkan. Satu set alat makan sudah termasuk piring, sendok, garpu, dan sumpit. Tersedia dalam pilihan warna seperti pink, hijau, krim, dan biru.

Dikemas dalam kotak dus, cocok juga untuk kado.

Harga Rp. 20.900-26.800

Inone Silicone Mickey Baby Tray Piring Anak Bayi Bahan Silikon BPA Free

Yang terpenting saat memberikan makanan pada anak bukan hanya menu apa yang akan diberikan pada si kecil, tetapi juga wadah makanan yang aman dan berkualitas, sehingga tidak akan merubah rasa dan tekstur makanan itu sendiri.

Pastikan alat makan anak dilengkapi dengan label BPA Free atai bebas BPA, yaitu zat kimia dalam pembuatan plastik yang bisa berpindah ke makanan dan mengakibatkan masalah kesehatan. Inone Silicone Mickey Baby Tray Piring Anak Bayi Bahan Silikon BPA Free adalah pilihan alat makanan yang tepat untuk anak.

Tersedia dalam warna biru dan pink, piring ini juga memiliki motif Mickey yang lucu. Bahan pembuatnya adalah Food Grade Silicone yang dijamin aman untuk bayi.

Harga Rp. 34.900-59.900

Claris 2717 Tempat penyimpanan Makanan

Terkadang Mom terlalu bersemangat dalam membuat MPASI hingga hasilnya berlebih. Karena bayi tidak mungkin menghabiskannya dalam satu kali makan saja, simpan sisanya agar bisa dimakan lagi nanti.

Perhatikan juga wada penyimpanannya, pastikan aman untuk bayi. Claris 2717 Tempat penyimpanan Makanan terbuat dari bahan BPA Free yang aman untuk bayi. Bisa digunakan untuk menyimpan makanan matang atau bahan mentah. Dilengkapi dengan tutup kedap udara yang bisa menjaga kualitas makanan.

Harga Rp. 6.960-8.400

BabySafe AP009 Multi Food Container Set Peralatan Makan Anak

Satu lagi rekomendasi food container yang aman untuk menyimpan bahan makanan anak dan cukup multifungsi. BabySafe AP009 Multi Food Container Set Peralatan Makan Anak nama produknya.

Wadah makanan ini aman dimasukkan ke dalam kulkas dan bisa digunakan untuk dipanaskan di dalam microwave juga. Wadahnya memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, hanya 50 ml saja. Terbuat dari bahan polypropylene yang aman dan berkualitas, bebas BPA.

Harga Rp. 24.500-25.500
From our editorial team

Buat Si Kecil, Jangan Coba-Coba Ya!

Masalah perlengkapan makan si kecil, jangan suka coba-coba ya Mom! Pastikan piring, sendok, dan gelas yang digunakan si bayi terbuat dari bahan aman, tidak berbahaya, dan tidak akan mengganggu tumbuh kembangnya. Jadi, mau pilih yang mana? Cek lagi yuk di artikel rekomendasi BP-Guide di atas!