Pilih Makanan Terbaik untuk Bayi! Ini 9 Rekomendasi Sereal Bayi Terbaik dari BP-Guide (2020)

Pilih Makanan Terbaik untuk Bayi! Ini 9 Rekomendasi Sereal Bayi Terbaik dari BP-Guide (2020)

Memilih makanan untuk bayi memang tidak boleh sembarangan. Sereal menjadi salah satu makanan bayi yang sering dipilih oleh para orang tua. Sereal lebih mudah dicerna, sehingga lebih aman dikonsumsi oleh bayi. Dengan banyaknya produk sereal yang ada di pasaran, tentu saja perlu memilih yang tepat. Kandungan gizi di dalam sereal perlu diperhatikan agar nutrisi bayi juga tetap terpenuhi.

Sereal Bayi Adalah Salah Satu Pilihan untuk MPASI

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) adalah makanan bertekstur lunak yang diberikan kepada bayi ketika tubuhnya sudah mampu menerima makanan lain selain ASI. MPASI biasanya diberikan kepada bayi yang berusia mulai dari 4-6 bulan dan sudah menunjukkan tanda siap menerima makanan padat.

Di pasaran ada banyak sekali ragam MPASI, seperti bubur instan, sereal bayi, biskuit bayi, dan beberapa jenis makanan lunak lainnya. Dari sekian banyak jenis MPASI tersebut, salah satu yang paling populer adalah produk sereal bayi.

Mengapa demikian? Sebab, sereal bayi kaya akan nutrisi, mudah dicerna, dan tidak mudah menimbulkan alergi. Proses penyiapan atau pembuatannya pun mudah, sehingga para Ibu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa kerepotan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memberikan Sereal Bayi

Pastikan Buah Hati Sudah Boleh Diberi MPASI

Seiring pertumbuhannya, bayi memerlukan nutrisi yang lebih kompleks daripada ASI. Itulah mengapa bayi memerlukan MPASI karena ASI saja tidak lagi cukup untuk memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuhnya.

Sistem pencernaan bayi yang biasanya hanya mencerna ASI, perlu penyesuaian terlebih dahulu untuk menerima makanan padat. Itulah mengapa sebelum masuk ke makanan padat yang sesungguhnya, bayi memasuki tahap MPASI terlebih dahulu.

Pemberian MPASI kepada bayi perlu dilakukan secara tahap. Penyesuaian perlu dilakukan mulai dari pemberian porsi hingga tingkat kepadatan makanan. Jika bayi baru memasuki tahap MPASI, berikan makanan dengan tekstur yang lunak dan porsi yang sedikit. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan porsi makanan bayi dan perlahan-lahan berikan makanan dengan tekstur yang sedikit lebih keras.

Pilih Jenis Sereal Bayi yang Sesuai

Jika Anda ingin memberikan sereal bayi sebagai MPASI, sebaiknya pilih jenis sereal yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi bayi. Jenis sereal bayi dari gandum utuh bisa menjadi pilihan karena kandungan nutrisinya yang lebih banyak daripada sereal dari beras putih.

Selain itu, tekstur pada sereal dari gandum, beras, ataupun oatmeal juga bagus untuk bayi sebagai tahap awal perkenalan terhadap jenis makanan baru. Meski demikian, hindari pemberian makanan yang terlalu keras kepada bayi karena dapat menimbulkan sembelit.

Berikan Sereal Bayi Secukupnya

Poin penting di masa awal memberikan MPASI adalah mengenalkan bayi dengan jenis makanan baru. Oleh karena itu, sebaiknya tidak langsung memberinya makanan dalam porsi yang cukup besar. Tahap awal, cobalah menyuapi sebanyak 1-4 sendok teh terlebih dahulu. Jika ia sudah terbiasa dengan tekstur, rasa, dan jenis makanan tersebut, barulah tambahkan porsinya.

Bayi biasanya akan memberikan tanda-tanda ketika ingin menambah makanan atau ketika sudah merasa kenyang. Bayi lebih baik makan dalam porsi kecil namun sering daripada makan dalam porsi besar namun hanya sekali atau dua kali dalam sehari. Makan dalam porsi kecil ini melatih sistem pencernaannya perlahan-lahan agar dapat bekerja lebih optimal.

Selingi Sereal Bayi dengan Makanan Lain

Memasuki tahap MPASI merupakan waktu yang tepat mengenalkan bayi pada berbagai jenis makanan. Anda tidak perlu mengenalkan makanan secara terpisah, cukup dengan mencampurkan jenis makanan tersebut langsung ke dalam MPASI-nya. Misal, Anda bisa menambahkan daging, buah, atau sayur ke dalam sereal yang biasa dikonsumsinya. Tentunya dengan memastikan bahwa teksturnya cukup lembut untuk dikonsumsi.

Bayi memerlukan waktu untuk mengenal makanan-makanan baru. Berikan rentang waktu untuk membantunya mengingat rasa makanan baru. Tambahkan satu jenis makanan baru selama 2-3 hari berturut-turut sambil diselingi dengan sereal polos. Jika ia sudah cukup mengenal makanan yang diberikan, barulah pindah ke jenis makanan yang lain.

Di masa pengenalan makanan tersebut, perhatikan juga apakah bayi mengalami reaksi alergi seperti muntah, mual, atau diare. Segera konsultasikan ke dokter jika bayi Anda mengalami gejala tersebut.

Sereal Bayi Bisa Dicampur dengan Susu atau Air Putih

Mengolah sereal bayi menjadi MPASI perlu dicampur dengan air hangat agar tekstur sereal lebih halus. Ada pula jenis sereal yang bisa dicampur dengan ASI maupun susu formula. Campuran susu ini akan menambah rasa gurih di dalam MPASI. Selain itu, susu juga akan melengkapi kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sereal.

Rekomendasi Sereal Bayi Terbaik untuk Buah Hati Anda

Yummy Bites Cereal Multigrain Cauliflower Broccoli Cheese

Sereal bayi yang mengandung brokoli dan keju ini dilengkapi dengan sembilan jenis vitamin dan tiga jenis mineral yang baik untuk tumbuh kembang bayi. Aman dikonsumsi bayi Anda karena bebas pengawet dan pewarna buatan serta tidak menggunakan gula tambahan.

Cara penyajiannya cukup dengan mencampurkan 1 sdm sereal dengan 3 sdm air hangat, aduk hingga rata. Tunggu sampai sereal melunak selama sekitar 2 menit. Jika sudah tidak terlalu panas, sereal siap dikonsumsi oleh bayi Anda.

Harga Rp. 41.000-47.250

Paradise Organic Baby Oats

Sereal yang satu ini dikenal karena memiliki aroma dan tekstur yang lembut dengan potongan oat yang sangat kecil. Dengan begitu dapat dikonsumsi oleh bayi, khususnya bayi berusia 6 bulan ke atas. Bahkan, produk ini diformulasikan khusus agar dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi dengan kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan berbagai jenis mineral.

Pada bayi, sereal ini memberikan sejumlah manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengoptimalkan fungsi jantung, dan menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu, bermanfaat pula untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta membentuk kecerdasan, kreativitas, konsentrasi, dan daya ingat bayi.

Harga Rp. 58.000-70.000

Nestle Cerelac Bubur Sereal Kacang Hijau

Produk ini cocok untuk bayi berusia 6-24 bulan dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Uniknya, karbohidrat yang terkandung di dalam bubur sereal ini telah melalui proses CHE (Cereals Hydrolysed Enzymatically).

Proses CHE merupakan proses yang memecah karbohidrat yang memiliki bentuk kompleks ke bentuk yang lebih sederhana agar lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Selain karbohidrat, produk ini juga mengandung probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi dan DHA yang berperan penting dalam pembentukan otak, retina, dan sistem saraf pusat.

Harga Rp. 9.500-12.000

Heinz First Step Sereal Instan Bayi

Jika sudah diseduh, Heinz First Steps memiliki tekstur yang halus karena telah disesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda. Sereal ini aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet, pewarna, maupun perasa sintetis. Di dalamnya mengandung 12 vitamin dan mineral.

Anda dapat memeriksa kolom komposisi yang ada di kemasan untuk melihat kemungkinan alergi akibat sereal ini. Tertulis beberapa zat yang mungkin menyebabkan alergi pada bayi.

Cara penyajiannya cukup mudah. Tuang 3-4 sdm sereal ke dalam mangkok bayi. Kemudian tambahkan air hangat sekitar 60 ml atau sesuai selera Anda. Sesuaikan tingkat tekstur sereal dengan kebutuhan bayi Anda.

Harga Rp. 109.000-110.000

Babybio Organic Vanilla Cereals

Sesuai dengan namanya, Babybio Organic terbuat dari bahan-bahan pertanian organik berkualitas tinggi. Produk ini tidak mengandung jenis-jenis pestisida yang kurang baik untuk pertumbuhan bayi Anda.

Produk ini terbuat dari tepung beras, tepung quinoa, penyedap vanilla alami, dan thiamin. Selain menggunakan bahan-bahan terbaik, proses pembuatannya juga memenuhi standar pembuatan makanan untuk bayi secara modern dan higienis. Dengan rasa vanilla yang lezat, dijamin bayi Anda akan senang mengonsumsi sereal yang satu ini.

Harga Rp. 224.000-232.000

SUN Bubur Sereal Susu Beras Merah

Beras merah dikenal sebagai bahan makanan yang baik untuk tubuh. SUN mengeluarkan produk sereal bayi yang berbahan dasar beras merah. Bukan sekadar beras merah biasa, SUN Beras Merah terbuat dari beras merah pilihan berkualitas tinggi dengan kandungan gizi yang baik untuk mendukung pertumbuhan bayi. Beberapa kandungan gizi di dalam SUN Beras Merah, yaitu zat besi, 11 jenis vitamin, dan 6 jenis mineral.

Untuk penyajiannya, Anda dapat mencampurkan SUN Beras Merah dengan air putih hangat atau dengan susu formula untuk menambah rasa gurih.

Harga Rp. 8.300-9.600

Gerber Lil' Bits Oatmeal Banana Strawberry Cereal Baby

Produk sereal bayi yang satu ini cukup berbeda daripada rekomendasi produk-produk sebelumnya. Sereal ini menawarkan kelezatan dari buah-buahan untuk dikonsumsi bayi.

Tidak perlu khawatir, rasa buah pada sereal ini diperoleh dari buah-buahan asli yang menjadi bahan dasar pembuatan sereal. Buah-buahan tersebut diolah sedemikian rupa sehingga memiliki tekstur yang lembut untuk bayi Anda.

Campurkan sereal ini dengan air hangat maupun susu untuk menambah kandungan nutrisinya. Bahkan, jika bayi Anda sudah di atas 12 bulan, Anda dapat mencampurkan sereal ini dengan jus buah yang semakin memperkaya rasa di dalamnya.

Harga Rp. 85.000-105.000

Promina Sweet Cereal Chocolate Avocado

Sedikit berbeda dengan bubur sereal sebelumnya, bubur bayi yang satu ini memiliki tekstur lebih kasar. Promina Sweet Cereal Chocolate Avocado ini diperuntukkan bagi bayi berusia 9 bulan ke atas. Tekstur agak kasarnya tersebut dapat membantu menstimulasi kemampuan mengunyah dan menggigit bayi.

Aman untuk dikonsumsi oleh bayi karena diproduksi secara higienis dan tidak mengandung perasa maupun pewarna buatan. Memiliki kandungannya yang baik untuk bayi, yaitu Omega 3 dan Omega 6 yang membantu perkembangan otak bayi. Adapula kandungan Prebiotik FOS untuk mengoptimalkan fungsi saluran cerna dan melindungi bayi dari penyakit.

Harga Rp. 16.500-18.000

Happy Baby Organic Probiotic Baby Cereal Multi Grain Sereal Bayi

Happy Baby Organic Probiotic Baby Cereal merupakan sereal bayi berkualitas premium yang cocok dijadikan sebagai makanan pertama bayi Anda. Di dalamnya mengandung zat besi, kolin, dan probiotik yang baik untuk tubuh.

Sereal ini juga tidak mengandung perasa maupun pewarna buatan, sehingga sangat aman dikonsumsi oleh bayi Anda. Selain air hangat, Anda juga dapat menambahkan ASI maupun susu formula. Tingkat kekentalan sereal dapat Anda atur sendiri sesuai kebutuhan bayi Anda. Idealnya, untuk 1 sendok sereal, dapat diseduh menggunakan 4 sendok air hangat atau susu.

Harga Rp. 120.000-130.000
From our editorial team

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Bayi dengan Sereal yang Tepat

Proses perubahan makanan dari ASI ke MPASI memerlukan perhatian khusus. Pencernaan bayi yang sensitif tentu membuat orang tua harus hati-hati dalam memilih makanan. Pilih sereal sebagai MPASI yang memiliki nutrisi terbaik dan tepat untuk bayi Anda agar gizinya tetap terpenuhi.