Memotong Kuku si Kecil jadi Lebih Mudah dan Aman dengan 10 Rekomendasi Gunting Kuku Bayi Terbaik Ini (2020)

Memotong Kuku si Kecil jadi Lebih Mudah dan Aman dengan 10 Rekomendasi Gunting Kuku Bayi Terbaik Ini (2020)

Hal yang wajar jika Anda seringkali merasa khawatir saat memotong kuku si kecil yang mungil karena kulit bayi yang lembut bisa saja terluka tanpa sengaja. Namun, proses memotong kuku bayi akan menjadi lebih mudah dan aman jika Anda menggunakan gunting kuku bayi yang telah dirancang khusus sesuai dengan kuku si kecil yang mungil.

Pertumbuhan Kuku Bayi Tergolong Sangat Cepat

Kuku bayi menjadi satu hal yang perlu diperhatikan karena kuku bayi yang panjang jika dibiarkan sangatlah berisiko. Kuku bayi yang panjang dapat menjadi sarang bakteri yang bisa mengganggu kesehatannya. Terlebih setelah memasuki fase oral, bayi suka memasukkan tangan ke dalam mulut.

Jika kebersihan kuku bayi tidak terjaga maka kuman dan bakteri yang bersarang di kuku bayi bisa masuk lewat mulut. Selain itu, jika kuku dibiarkan panjang juga bisa melukai tubuh bayi sendiri. Namun, jari-jari dan kuku bayi yang mungil membuat kebanyakan orang tua merasa takut dan khawatir saat memotong kuku bayi. Takut kalau jari mungil bayi akan terluka karena tak sengaja terkena gunting.

Karena itu orang tua membutuhkan gunting kuku bayi yang akan memudahkan proses menggunting kuku. Dibanding kuku kaki bayi, Anda akan lebih sering memotong kuku tangan bayi dikarenakan kuku jari tangan akan tumbuh lebih cepat. Hal ini dikarenakan sirkulasi aliran darah pada jari tangan lebih baik dibanding jari kaki. Selain itu juga ada faktor lain yang turut mempengaruhi, yakni usia, hormon, iklim, dan waktu.

Tips Menggunting Kuku Bayi

Gunting ketika si Kecil Tidur

Memotong kuku bayi bukanlah perkara mudah karena bayi tidak bisa diam dan tenang serta belum bisa diarahkan. Bayi yang terus bergerak saat kukunya dipotong tentu berisiko membuat jarinya terluka. Agar Anda lebih leluasa saat memotong kuku bayi, potonglah kukunya saat ia sedang terlelap tidur.

Saat tidur bayi akan diam dan risiko terguntingnya kulit sekitar kuku bayi bisa dihindari. Jangan lupa pula untuk selalu memotong kuku bayi dengan pencahayaan yang terang agar jelas terlihat perbedaan antara kuku dan kulit bayi. Saat memotong kuku bayi, Anda juga perlu untuk menekan bantalan jari bayi agar menjauh dari kuku yang akan dipotong.

Hindari pula untuk menarik kuku bayi karena hal ini justru bisa menimbulkan luka. Jika Anda memutuskan untuk memotong kuku bayi saat ia bangun, jauhkan posisi tangan dengan mata bayi untuk menghindari potongan kuku mengenai matanya.

Bisa juga Sesudah Mandi

Anda juga bisa memotong kuku bayi setelah ia dimandikan. Sesaat setelah mandi, kuku bayi akan lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dipotong. Hal ini tentunya akan mempercepat proses memotong kuku bayi. Jika Anda memutuskan untuk memotong kuku bayi setelah mandi, mintalah bantuan orang lain untuk memegang bayi sehingga Anda lebih leluasa saat memotong kukunya.

Jika tanpa sengaja jari si kecil terluka saat memotong kuku, basuhlah lukanya dengan air dingin lalu balut dengan tisu. Untuk menghentikan pendarahan pada jari bayi, lakukanlah sedikit penekanan pada area yang terluka menggunakan tisu. Anda juga tidak perlu menempelkan plester pada jari bayi karena jika bayi memasukkan tangan ke dalam mulut lalu plesternya terlepas, maka plester bisa tertelan dan membuat bayi tersedak.

Gunting dengan Teratur

Kuku pada jari tangan dan kaki bayi harus dipotong secara rutin. Terlebih pada masa awal kelahiran bayi yang mana kuku bayi akan tumbuh dengan cepat. Minimal Anda bisa memotong kuku bayi 2 kali dalam seminggu atau di saat kuku bayi sudah terlihat panjang. Namun dibanding jari kaki, jari tangan bayi pertumbuhannya akan lebih cepat. Karena itu, rutinlah untuk mengecek agar kuku panjangnya tidak melukai dirinya sendiri.

Langkah Mudah Memotong Kuku Bayi

  • Siapkan gunting kuku yang memiliki ujung bundar atau gunting kuku khusus bayi.
  • Letakkan tisu sebagai alas tangan bayi, tujuannya agar potongan kuku bayi tidak berserakan dan bisa dibuang dengan mudah.
  • Pegang tangan bayi dan arahkan bagian jarinya ke depan.
  • Tahan bagian buku-buku jari bayi dan arahkan ke atas.
  • Potong kuku bayi dengan perlahan, jangan memotong terlalu pendek atau terlalu panjang. Memotong kuku bayi terlalu pendek atau terlalu dekat dengan kulit akan membuat bayi merasa sakit.

Gunakan Gunting Kuku Khusus untuk Bayi

Menggunting kuku bayi sebaiknya menggunakan gunting khusus dan tidak menggunakan gunting kuku yang biasa digunakan orang dewasa. Selain desainnya yang tidak sesuai, jika kuku si kecil dipotong menggunakan gunting kuku orang dewasa bisa berisiko terjadi perpindahan kuman dan bakteri yang hinggap di gunting tersebut.

Gunakanlah gunting kuku bayi yang didesain khusus untuk jarinya yang mungil. Gunting kuku yang dikhususkan untuk bayi akan memudahkan Anda saat memotong kuku si kecil. Biasanya gunting khusus bayi didesain sedikit melengkung, ada yang berbentuk gunting dan juga clipper.

Di pasaran pun ada banyak gunting kuku bayi yang bisa Anda pilih. Ada yang dijual satuan dan ada pula yang dijual satu set dengan alat untuk membersihkan kuku dan perawatan khusus bayi lainnya. Untuk memudahkan Anda dalam memilih gunting kuku untuk bayi, berikut ada rekomendasi gunting kuku bayi pilihan BP-Guide.

10 Rekomendasi Gunting Kuku Khusus Bayi

Momo Manicure Set Karakter Gunting Kuku Bayi

Momo Manicure Set Karakter Gunting Kuku Bayi didesain khusus untuk merawat kuku bayi. Set gunting kuku bayi ini terdiri dari nail scissors, nail clippers, nail file, dan clean tweezers. Satu set alat pemotong kuku bayi ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan yang simpel dan ergonomis.

Dengan begitu semua alat tersusun dan tersimpan dengan rapi dan higienis. Produk gunting kuku yang telah ber-SNI ini kemasannya berukuran 12 x 5,5 cm yang mudah dibawa bepergian.

Harga Rp. 23.500-25.000

Little Baby Manicure Set Sisir Gunting Kuku Bayi

Jika Anda kebingungan memilih gunting kuku yang pas untuk jari mungil si kecil, pilihannya ada Little Baby Manicure Set Sisir Gunting Kuku Bayi. Peralatan untuk memotong kuku bayi ini dijual dalam satu set yang terdiri dari 1 gunting kuku biasa + holder dan 1 gunting kuku bayi yang dilengkapi dengan penutup.

Dalam satu set ini juga ditambahkan 2 sisir sikat bayi yang lembut sehingga memudahkan Anda dalam melakukan perawatan untuk si kecil. Pada gunting kuku bayi terdapat plastik clipper yang dapat mencegah kuku bayi terluka karena tergunting terlalu dalam.

Harga Rp. 54.900-72.000

Babysafe RKM 103 Manicure Set

Babysafe RKM 103 Manicure Set merupakan perlengkapan yang didesain khusus untuk menjaga kebersihan kuku bayi. Satu setnya terdiri dari pinset, capit kuku, kikir kuku, dan gunting. Bagian ujung capit dan gunting didesain bulat sehingga lebih aman saat digunakan untuk memotong kuku si kecil.

Dengan set manicure untuk bayi ini Anda tidak perlu khawatir lagi jari-jari bayi terluka tanpa sengaja. Set perawatan kuku bayi ini juga dikemas dalam kemasan mungil yang travel friendly.

Harga Rp. 33.000-131.000

Mothercare Baby Nail Scissors Gunting Kuku Bayi

Untuk menjaga kebersihan dan merawat kuku bayi, Anda akan membutuhkan Mothercare Baby Nail Scissors Gunting Kuku Bayi. Pada bagian ujung gunting didesain bundar untuk memberikan kenyamanan, kemudahan, dan keamanan saat kuku bayi dipotong.

Ukuran dari gunting kuku pun disesuaikan dengan ukuran kuku si kecil. Dengan gunting kuku yang dirancang khusus ini Anda bisa memotong kuku si kecil tanpa rasa khawatir yang berlebihan.

Harga Rp. 64.000-89.000

Kiddy Baby WTP08-019 Manicure Set Pembersih Kuku & Rambut Bayi

Kiddy Baby WTP08-019 Manicure Set Pembersih Kuku & Rambut Bayi ini akan Anda butuhkan dalam merawat kuku dan rambut bayi. Set peralatan ini dikemas dalam wadah penyimpanan yang cantik dan praktis sehingga peralatan tidak tercecer.

Dalam satu setnya terdiri dari gunting kuku bayi yang dilengkapi dengan kikir, gunting dengan ujung bulat, sisir lurus, dan sisir bulu. Gunting kuku yang didesain khusus untuk bayi ini akan membuat Anda nyaman saat memotong kuku si kecil. Manicure set khusus bayi ini juga aman untuk kesehatan karena terbuat dari bahan yang bebas BPA.

Harga Rp. 47.000-104.000

Bim Bim Baby Nail Scissor Gunting Kuku Bayi

Bim Bim Baby Nail Scissor Gunting Kuku Bayi merupakan gunting kuku yang aman digunakan dan dapat menghindari kuku bayi terluka tanpa sengaja. Bagian ujung pisau didesain bundar, tipis, dan kecil sesuai dengan ukuran jari bayi.

Gunting kuku ini juga ringan dan dirancang antislip. Untuk menghindari gunting kuku karatan, jagalah gunting kuku tetap kering dan bersihkan dengan tisu jika gunting basah atau lembap.

Harga Rp. 29.000-80.000

Chicco Forbicine Baby Nail Scissors Gunting Kuku Bayi

Chicco Forbicine Baby Nail Scissors Gunting Kuku Bayi ini dirancang khusus untuk menggunting kuku bayi agar kebersihan kuku tetap terjaga. Menggunting kuku bayi juga membuat kulit bayi terhindar dari luka akibat goresan kuku. Gunting kuku bayi ini dilengkapi juga dengan pengaman ekstra.

Bagian ujung gunting berbentuk bulat untuk mencegah terguntingnya kulit bayi secara tidak sengaja. Bahannya terbuat dari material stainless steel yang aman, bebas dari nikel, dan kandungan kimia berbahaya lainnya. Gunting kuku ini juga memiliki penutup sehingga lebih higienis.

Harga Rp. 86.500-90.000

Reliable Nail Clipper Gunting Kuku Bayi

Reliable Nail Clipper Gunting Kuku Bayi juga bisa Anda pilih sebagai peralatan untuk menggunting kuku bayi dengan aman. Satu set peralatan terdiri dari gunting biasa dan gunting kuku bayi dengan ujung bulat.

Gunting kuku ini juga dirancang dengan pelindung untuk menghindari jari bayi terluka dan memudahkan Anda dalam memotong kuku bayi. Material gunting dari bahan yang berkualitas sehingga aman digunakan. Agar gunting bebas dari kuman dan bakteri, selalu sterilkan gunting setelah digunakan.

Harga Rp. 18.367-23.000

Babysafe Scissor for Nail Gunting Kuku Bayi



Gunting kuku bayi yang bisa Anda gunakan adalah Babysafe Scissor for Nail Gunting Kuku Bayi. Gunting kuku ini didesain dengan ujung kecil dan bulat sehingga lebih aman digunakan untuk memotong kuku si kecil yang mungil. Gunting kuku ini terbuat dari stainless steel berkualitas tinggi dan pegangannya dari material plastik yang bebas BPA.

Harga Rp. 15.500-19.900

Pigeon Baby Safety Nail Scissors Gunting Kuku Bayi

Pigeon Baby Safety Nail Scissors Gunting Kuku Bayi memiliki desain yang unik dan cocok untuk bayi. Gagang guntingnya juga didesain khusus sehingga nyaman digenggam. Pisaunya yang kecil dan tipis membuat Anda lebih mudah dalam memotong kuku si kecil.

Gunting kuku pun didesain aman agar tidak menusuk jari maupun kulit di sekitar kuku bayi. Bahannya terbuat dari baja karbon berkualitas tinggi sehingga lebih optimal dalam memotong kuku si kecil.

Harga Rp. 134.000-169.500
From our editorial team

Yuk, Lengkapi Peralatan untuk Perawatan Kuku si Kecil!

Dalam merawat bayi memang dibutuhkan peralatan khusus yang desainnya telah disesuaikan dengan tubuhnya yang mungil. Peralatan untuk merawat bayi sebaiknya juga selalu dijaga kebersihannya agar tidak membawa kuman dan bakteri yang bisa membuat si kecil sakit. Nah, sudahkah Anda memiliki peralatan yang memudahkan Anda dalam merawat kuku si kecil?