8 Rekomendasi Essential Oil Ini Aman Digunakan untuk Bayi (2020)

8 Rekomendasi Essential Oil Ini Aman Digunakan untuk Bayi (2020)

Salah satu cara merawat bayi agar tetap nyaman adalah dengan memberikan essential oil. Essential oil terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk kulit bayi. Simak 10 rekomendasi essential oil yang aman untuk bayi.

Apa Itu Essential Oil?

Sumber gambar Shutterstock

Pastinya kita semua pernah mendengar essential oil. Biasanya, essential oil dibuat dari ekstrak bagian suatu tanaman, seperti daun, kulit batang, dan lain-lain. Dengan metode khusus, bagian dari tanaman tersebut diekstrak hingga menghasilkan minyak yang memiliki khasiat sesuai jenis tanamannya.

Cara kerja essential oil adalah mengirimkan pesan kimiawi ke otak untuk memberikan suasana hati dan emosi yang positif.

Essential Oil Aman untuk Bayi dan Orang Dewasa

Sumber gambar Shutterstock

Essential oil tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, tetapi juga bayi dan anak-anak. Namun, penggunaannya harus dilakukan hati-hati untuk anak. Sebaiknya pilih essential oil berbahan dasar bunga untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Sejumlah Manfaat Essential Oil untuk Bayi

Membantu Penyembuhan Pilek

Sumber gambar Shutterstock

Apakah ibu langsung memberikan obat untuk si kecil yang sedang pilek atau flu? Sebenarnya, ketika bayi flu tidak perlu terburu-buru memberikan obat, ya.

Kini, ibu bisa mencoba untuk meredakan gejala flu pada si kecil dengan larutan essential oil. Untuk membantu penguapan, gunakan diffuser yang memang dikhususkan untuk bayi. Jika tidak ada diffuser, teteskan 3-5 tetes essential oil ke dalam baskom berisi air untuk dihirup. Selain itu, essential oil yang telah dilarutkan dengan minyak kelapa juga bisa dioleskan pada dada, punggung, dan leher.

Membuat Bayi Tidur Lelap

Sumber gambar Shutterstock

Beberapa essential oil dipercaya memiliki efek positif untuk relaksasi, seperti essential oil yang berasal dari chamomile. Jika bayi cenderung sulit tidur di malam hari, Anda dapat menggunakan essential oil dari chamomile ini, lho.

Minyak essensial ini akan membuat bayi merasa tenang dan nyaman saat tidur. Tentunya, hal ini akan membuat bayi lebih mudah untuk terlelap. Bebas dari bergadang deh!

Dapat Digunakan untuk Memijat Bayi

Sumber gambar Shutterstock

Essential oil sangat direkomendasikan untuk memijat tubuh bayi. Tuangkan essential oil ke telapak tangan lalu gosokkan secara merata ke seluruh tubuh bayi. Lakukan pemijatan dengan lembut agar si kecil nyaman. Hal ini akan membuat bayi merasa hangat dan tidur nyenyak.

Rekomendasi Essential Oil untuk Bayi

Kimmy Baby Essential Oil Blend

Kimmy Baby Essential Oil Blend merupakan essential oil bayi dengan tiga varian berbeda yaitu Deep Sleep, Bugs Away, dan Mind & Body.

Varian Deep Sleep merupakan essential oil bayi yang terbuat dari perpaduan marjoram dari Yunani, chamomile, dan lavender. Essential oil bayi ini bermanfaat untuk memperbaiki mood sehingga membuat tidur lebih nyenyak dan mengurangi ketegangan pada otot-otot.

Varian Bugs Away dibuat dari tanaman-tanaman herbal yang sejak dulu dipercaya untuk menangkal dari gigitan serangga. Selain itu juga mempercepat penyembuhan luka. Bahan-bahan dari essential oil varian bugs away adalah tamanu, serai, dan kayu putih.

Varian Mind & Body sangatlah cocok untuk menambah tingkat konsentrasi dan mempertajam daya ingat. Essential oil ini mengandung bahan-bahan herbal, seperti daun teh, lemon, dan frankincense. Tanaman frankincense dipercaya dapat menambah tingkat kecerdasan IQ apabila digunakan dalam jangka panjang.

Harga Rp. 65.000-140.000

Sipopo Kids Essential Oil

Sipopo Kids Essential Oil merupakan essential oil yang terbuat dari esktrak bahan alami, seperti tanaman mint, kayu putih, adas, dan minyak mawar.

Formula dalam essential oil ini sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem pernapasan anak dan sebagai antiseptik, antialergen, dan antiinfeksi. Anda bisa menggunakan essential oil ini saat anak mengalami hidung tersumbat dan batuk.

Harga Rp. 180.000-373.000

Mommy Time Lavender Baby Essential Oil

Apakah Anda mencari essential oil yang bisa digunakan saat mandi? Inilah jawabannya. Mommy Time Lavender Baby Essential Oil merupakan essential oil bayi yang dapat diteteskan pada bath tub saat si kecil mandi.

Essential oil ini terbuat dari 100% bahan-bahan alami organik, seperti minyak kesumba, minyak bunga matahari, minyak alpukat, minyak biji anggur, minyak almond, minyak bunga chamomile, minyak daun zaitun, minyak buah tangerine, dan vitamin C.

Keseluruhan minyak tersebut bermanfaat secara maksimal untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit bayi. Selain itu, dapat juga digunakan untuk meredakan ruam dan kemerahan pada kulit bayi.

Essential oil dalam Mommy Time dengan aroma lavender ini memberikan efek menenangkan pada bayi, sehingga akan membuat tidur bayi lebih nyenyak di malam hari.

Harga Rp. 250.000-350.000

Rebotanica Cold & Flu for Babies Essential Oil

Sedih ya melihat bayi sedang demam dan hidungnya tersumbat. Tidak perlu khawatir karena Rebotanica Cold and Flu memiliki essential oil bayi yang khusus untuk meringankan gejala flu, seperti hidung tersumbat.

Dengan komposisi 100% terbuat dari essential oil murni, yakni lavender essential oil dan tea tree essential oil, yang pastinya aman untuk pernapasan bayi. Penggunaannya pun mudah, campurkan 3-10 tetes essential oil bayi Rebotanica Cold and Flu dengan air ke dalam diffuser.

Untuk penggunaan secara oles, campurkan essential oil dengan carrier oil. Perbandingan campurannya yakni essential oil 10% dan carrier oil 90%.

Harga Rp. 149.000-187.000

Belli to Baby Cold and Flu Essential Oil

Essential oil bayi berikutnya yang bisa diandalkan untuk mengatasi gejala flu adalah Belli To Baby Cold and Flu. Seperti yang kamu ketahui, pohon minyak kayu putih telah dipercaya sejak zaman dulu berfungsi sebagai dekongestan dan analgesik.

Belli To Baby mengandung essential oil yang dapat melegakan hidup si kecil yang sedang tersumbat karena pilek. Tak hanya itu essential oil bayi ini juga mengandung lavender oil dan tea tree oil yang berfungsi sebagai antiseptik dan antibakterial. Essential oil bayi ini terbukti ampuh untuk meredakan sakit bayi Anda.

Harga Rp. 181.900-360.000

Cessa Baby Essential Oil

Flu dan batuk memang sangat mengganggu. Terlebih, si kecil akan mudah rewel saat seperti itu. Dengan Cessa Cough and Flu yang 100% terbuat dari bahan-bahan alami dan sangat aman untuk bayi, masalah pilek dan batuk si kecil dapat teratasi.

Essential oil bayi ini telah dipercaya oleh para ibu di seluruh dunia. Karena tidak menggunakan bahan kimia, Cessa Cough and Flu aman untuk kulit bayi.

Harga Rp. 28.000-35.000

Dilute Stressaway Baby / Kids / Adult Young Living Essential Oil

Dilute Stressaway Baby / Kids / Adult Young Living Essential Oil mengandung Copaiba, Lime, Cedarwood, Vanilla, Ocotea, dan Lavender.

Produk ini cocok untuk anak berusia 2-10 tahun. Oleskan pada dada, punggung, belakang leher. Khasiatnya adalah dapat memberikan kenyamanan dan relaksasi pada anak.

Harga Rp. 80.000-132.000

Henature Fever & Teething Penurun Panas Demam Bayi Essential Oils

Henature Fever and Teething Penurun Panas Demam Bayi Essential Oil terbuat dari minyak tumbuh-tumbuhan, seperti sunflower oil, peppermint oil, lemon oil, eucalyptus oil, green tea oil, dan clove oil.

Tentu Anda telah mengetahui bahwa tumbuh-tumbuhan tersebut dipercaya sejak lama untuk meredakan nyeri pada si kecil karena akan tumbuh gigi. Kabar baiknya, Henature Essential Oil bayi ini dapat digunakan juga untuk bayi baru lahir.

Harga Rp. 57.000-66.000
From our editorial team

Essential Oil untuk Bayi

Merawat bayi memang lebih baik menggunakan produk alami, salah satunya dengan essential oil. Namun tak semua jenis essential oil cocok untuk bayi. Untuk itu, merek-merek di atas bisa dijadikan pilihan untuk digunakan pada si kecil.