Jangan Asal Pilih Bedak Bayi, Inilah 6 Rekomendasi Bedak Bayi Padat yang Aman dan Terjamin (2020)

Jangan Asal Pilih Bedak Bayi, Inilah 6 Rekomendasi Bedak Bayi Padat yang Aman dan Terjamin (2020)

Penggunaan bedak bayi memang tidak boleh sembarangan, sebelum digunakan untuk bayi sebaiknya cek dulu berbagai kandungan yang ada dalam produk tersebut. Jangan sampai kulit bayi yang sensitif berakhir dengan iritasi. Yuk, cek dulu beberapa rekomendasi bedak bayi padat dari BP-Guide!

Penggunaan Bedak Bayi Setelah Mandi Sudah Jadi Ritual Wajib Ya, Moms

Di Indonesia, pemakaian bedak bayi sudah menjadi tradisi yang turun-temurun. Bahkan, di sebagian kawasan di ibukota, masih banyak terlihat bayi-bayi hingga anak-anak yang berlarian dengan bedak tertabur di wajah mereka. Kadang, bedak itu ditabur dengan asal saja, membentuk bercak-bercak putih yang tidak sama rata ketebalannya.

Bedak memang mempunyai segudang manfaat untuk anak. Bedak biasanya mengandung antialergi, antibakteri, bahkan antiirritant, yang berguna untuk melindungi tubuh anak. Tidak sekadar mengharumkan atau melembutkan kulit, pemakaian bedak biasanya dimaksudkan untuk mencegah biang keringat pada anak.

Namun, manfaat ini bisa berbalik kalau pemakaian bedak tidak dilakukan dengan cara yang benar. Ada aturan-aturan penggunaan yang harus diikuti orang tua agar bedak ini tidak malah mengganggu kesehatan atau aktivitas anak yang gatal-gatal karena bedak tersebut.

Cara Penggunaan Bedak Bayi yang Aman

Cermati Kandungan

Tentu kamu tahu, bahwa setiap produk wajib mencantumkan bahan-bahan atau zat-zat yang terkandung di dalam produk. Begitu pula bedak. Sebelum menggunakan bedak bayi, baik untukmu atau untuk anakmu, kamu sebaiknya meneliti kandungan apa di dalamnya.

Dulu, kandungan talc sempat mendominasi pembuatan bedak bayi. Namun, setelah beberapa penemuan, bahan ini tidak lagi dianjurkan untuk bedak bayi. Masalahnya, talc banyak sekali bahan-bahan alami yang digunakan untuk pembuatan bedak.

Seperti, bunga kamomil yang mempunyai banyak manfaat, dari antimikroba, anti radang, hingga antioksidan. Minyak Jojoba juga adalah salah satu kandungan yang baik untuk kulit bayi, karena bisa melembutkan kulit bayi, sehingga mencegah iritasi kulit ringan.

Hindari Area Tertentu

Sekalipun bedak digadang-gadang mengurangi iritasi di bagian lipatan-lipatan kulit, tetap lebih baik menghindari bagian-bagian ini. Bagaimanapun, lipatan-lipatan ini cenderung mengeluarkan keringat lebih banyak. Apabila keringat tercampur dengan lapisan bedak, justru reaksi keduanya bisa mengakibatkan alergi pada kulit bayi yang masih sensitif.

Area wajah adalah salah satu yang sebaiknya dihindari ketika kamu ingin mengaplikasikan bedak pada bayi. Hal ini karena partikel-partikel halus pada bedak bisa terhirup oleh bayi, sehingga menimbulkan gangguan pernapasan. Kalau kamu masih menganggap bayimu perlu bedak, kamu bisa menggantinya dengan tepung jagung atau corstarch. Cornstarch mempunyai partikel-partikel lebih kasar, sehingga tidak akan masuk ke dalam sistem pernapasan bayi.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari aplikasi bedak di area kelamin bayi. Hal ini karena partikel-partikel halus pada bedak bisa menimbulkan iritasi pada area kelamin bayi. Apalagi, kalau kamu biasa mengenakan popok sekali pakai atau clodi yang tertutup rapat pada area kelamin.

Rajin Ganti Popok

Sekarang ini, popok sudah menjadi salah satu kebutuhan bayi yang tak terpisahkan. Wajar saja, karena popok bisa mencegah pipis dan kotoran bayi terserak ke mana-mana dan menimbulkan bau tak sedap di area rumah.

Selain itu, popok sekali pakai atau cloth diaper (clodi) juga terbukti praktis karena bisa menyerap pipis bayi berkali-kali, sehingga tidak perlu lagi sering-sering mengganti celana bayi. Di sisi lain, hal ini juga membuat baju dan celana bayi tetap bersih, sehingga para orang tua tidak perlu mencuci pakaian bayi setiap waktu.

Area kelamin dan bokong bayi sangat rentan akan kelembaban. Selain karena popok biasanya menutup rapat bagian kelamin dan bokong tersebut, pipis bayi yang terkumpul juga bisa membuat area popok menjadi lembab.

Oleh karena itu, apabila kamu biasa memakaikan bedak untuk bayi, dianjurkan untuk rajin mengganti popok. Hal ini agar bedak tidak mengumpul ketika lembab dan menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Tentu saja, ketika hendak mengaplikasikan bedak, pastikan area yang akan ditutup popok bersih dan kering.

Tuang di Tangan

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bedak bayi mempunyai partikel halus yang bisa terhirup oleh bayi. Apalagi, kalau bedak yang digunakan mengandung talc, yang diwaspadai sebagai salah satu penyebab kanker. Terdapat penemuan di mana, bayi yang sering terpapar zat ini ternyata lebih sering terkena kanker.

Penemuan ini tentunya meresahkan para orang tua yang sering menggunakan bedak untuk menjaga kulit bayi. Untuk itu, para orang tua perlu lebih cermat dalam memilih produk bedak bayi yang memiliki kandungan aman untuk kulit bayi, serta memastikan bedak diaplikasi dengan benar untuk meminimalisir dampak negatinya terhadap bayi.

Apabila kamu biasa menggunakan bedak tabur kepada bayi, sebaiknya jangan langsung menaburkan bedak ke badan bayi. Sebaliknya, kamu bisa menuangkan bedak itu sebelumnya di tangan. Hal ini berguna untuk mencegah partikel halus pada bedak secara langsung terhirup oleh bayi. Jadi, pastikan juga saat menuangkan bedak di tangan, jauhkan dari area wajah bayi, ya.

Rekomendasi Bedak Bayi

Nichii Baby Powder Original / Bedak Padat Bayi

Bedak bayi sebenarnya tidak hanya berfungsi untuk bayi. Bagi orang-orang berkulit sensitif yang tidak mampu menggunakan kosmetik dengan bahan kimia terlalu keras, biasanya membutuhkan kosmetik bayi sebagai gantinya.

Bedak bayi merek Nichii ini dioleh dengan silky formula, membuatnya lembut ketika digunakan di kulit. Tidak hanya lembut untuk bayi, tapi lembut pula untuk ibu-ibu dan remaja putri yang lebih suka menggunakan kosmetik yang ringan. Desainnya yang ringkas juga membuat bedak ini mudah dibawa ke mana-mana. Apalagi, mengingat keperluan bayi yang sangat banyak.

Walaupun mereknya menggunakan gaya bahasa Jepang, Nichii Baby Powder ini justru produk lokal. Diproduksi oleh PT. Astoria Prima, produk-produk dari perusahaan ini telah menjalani tes mikrobiologi, jadi tidak perlu khawatir akan tingkat keamanannya.

Harga Rp. 23.000-33.400

Pigeon Bedak Bayi Padat Biru Jepang - Pigeon Baby Compact

Walaupun sering menjadi pilihan utama, bedak tabur memiliki efek samping pada kesehatan pernapasan bayi. Maka dari itu, banyak ibu-ibu beralih ke bedak padat atau compact, yang tidak menghasilkan terlalu banyak butir-butir halus yang bisa masuk ke sistem pernapasan bayi.

Bedak ini aman untuk bayi dan pemilik kulit sensitif karena sudah teruji secara dermatologis dan terdaftar di BPOM.

Selain itu, bedak ini juga bersifat hypoallergenic, sehingga tidak menyebabkan reaksi alergi, jadi tidak perlu khawatir timbul ruam-ruam pada bayi. Bedak bayi dari Pigeon ini juga memiliki wangi yang lembut dan tidak tajam, sehingga cocok untuk bayi.

Harga Rp. 112.000-125.200

Pigeon Baby Powder Medicated Canned 150 gr Bedak Padat Bayi

Kulit bayi bisa dibilang sangat sensitif dan mudah terkena alergi atau ruam-ruam merah yang biasanya membuat bayi gatal dan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, Pigeon secara khusus mengeluarkan produk bedak obat dengan formula khusus yang menjaga kulit bayi dari biang keringat atau penyebab gatal-gatal lainnya.

Sekalipun berupa bedak obat, bedak ini mempunyai aroma yang lembut dan memberikan kesegaran serta memberikan kesan natural pada aroma bayi. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menghirup aroma natural bayi, terutama untuk para ibu.

Harga Rp. 110.000-130.000

Pigeon Bedak Bayi Padat Compact Powder Untuk Kulit Sensitif

Tidak ada yang lebih memberikan manfaat besar yang sekaligus aman daripada sumber-sumber dari alam. Maka, Pigeon kali ini mengeluarkan bedak bayi compact yang mengandung ekstrak jojoba dan chamomile yang berguna untuk merawat kelembutan kulit bayi.

Selain itu, bedak ini juga mengandung squalane, yang bisa melembabkan kulit yang kering. Kandungan ini bisa mencegah iritasi kulit ringan pada bayi. Karena sifatnya yang hypoallergenic, bedak ini cocok untuk bayi yang memiliki kulit sensitif.

Untuk orang dewasa dengan kulit sensitif dan mengalami masalah kulit, bedak bayi seringkali jadi pilihan kosmetik. Tekstur bedaknya cukup padat, sehingga tidak mudah hancur dan lebih awet untuk jangka waktu cukup lama.

Harga Rp. 32.000-48.000

Shiseido Baby Pressed Powder

Fungsi yang biasa ditawarkan bedak bayi adalah menjaga kelembutan kulit bayi, sekaligus menyerap kelembaban pada lipatan-lipatan kulit bayi yang biasanya mengarah pada iritasi kulit atau biang keringat. Shiseido Baby Pressed Powder ini menawarkan lebih banyak fungsi daripada bedak bayi lainnya.

Bedak bayi satu ini bisa mencegah ruam kulit pada bayi, mencegah serangga menggigit kulit bayi, juga mempunyai sifat mendinginkan kulit. Bagi wanita dewasa, bedak ini juga bisa dipakai sebagai pemutih kulit, menjaga kulit tetap kencang, juga menghaluskan kulit.

Shiseido sendiri merupakan merek asli dari Jepang sejak tahun 1872, yang memang terkenal dengan kosmetik antiaging yang disukai kalangan wanita.

Harga Rp. 63.000-105.000

Bambi Baby Compact Powder (40 gr)

Sekalipun bedak tabur mempunyai manfaat untuk kulit bayi, tapi bedak tabur juga memiliki kelemahan terbesar. Karena butir-butir halusnya dapat terhirup ke dalam pernapasan bayi. Oleh karena itu, produk bedak padat menjadi pilihan sekarang ini.

Bambi Baby Compact Powder memiliki karakteristik padat, sehingga tidak ada butir-butir halus yang berhamburan. Produk ini mengandung antiirritant kompleks yang akan mencegah kulit bayi terkena iritasi ringan. Bahan antiirritant ini adalah ekstrak licorice dan bunga kamomil. Selain itu, bedak bayi Bambi ini juga mengandung pro vitamin B5 yang melembabkan kulit bayi.

Selain itu, Bambi Baby Compact Powder ini juga memiliki kandungan aromatherapy yang menyegarkan dan menenangkan.

Harga Rp. 40.500-64.300
From our editorial team

Bedak Bayi Compact Solusi Paling Aman

Bayi dan anak-anak memang memiliki kulit yang sangat sensitif, itu sebabnya penggunaan bedak bayi haruslah dicermati kandungannya. Tidak hanya itu, bagi orang dewasa yang memiliki kulit sensitif pun bisa menggunakan bedak bayi compact ini sebagai make up karena kandungan bahannya aman dan tidak akan mempengaruhi kulit. Jadi, jangan ragu untuk memilih bedak bayi compact, ya!