Si Kecil Bisa Lebih Nyenyak di Atas 10 Rekomendasi Kasur Bayi dari BP-Guide (2020)

Si Kecil Bisa Lebih Nyenyak di Atas 10 Rekomendasi Kasur Bayi dari BP-Guide (2020)

Supaya bayi lebih nyenyak tidurnya, Anda bisa berikan kasur bayi terbaik. Jangan asal pilih kasur untuk buah hati, ya. Cek rekomendasinya dari kami!

Persiapkan Aneka Kebutuhan Buah Hati Menjelang Lahiran

Kehadiran buah hati tentu meninggalkan kesan tersendiri. Momen semacam ini patut dikenang dan diabadikan karena merupakan momen yang berharga. Sebelum lahirnya buah hati, hendaknya Anda mempersiapkan segala hal dengan baik supaya kelahiran bayi jadi makin terasa istimewa.

Ada banyak orangtua yang dari jauh hari mempersiapkan segala kebutuhan bayi. Menjelang kelahiran, persiapan Anda harus sudah lengkap. Ada baiknya juga jika Anda membuat check list pada apa yang harus Anda bawa menjelang persalinan. Ini supaya tak ada barang tertinggal dan juga supaya bayi bisa merasa nyaman di masa awal kehidupannya.

Persiapan sebelum melahirkan untuk buah hati ada banyak. Diantaranya baju bayi dan juga popok bayi. Persiapkan juga topi dan kaos kaki bayi supaya si kecil tetap hangat. Jangan lupa membawa selimut supaya si kecil merasa nyaman.

Selain persiapan lain saat menyambut bayi di rumah juga harus ada. Salah satunya adalah kasur bayi. Untuk yang satu ini, Anda tak bisa asal pilih. Jangan hanya memilih berdasarkan bagus desainnya saja namun pertimbangkan kenyamanan dan keamanan bayi juga.

Ada Baiknya Bayi Tidur Sendiri di Kasur Bayi

Banyak orangtua yang kebingungan apakah harus membeli kasur bayi atau tidak. Beberapa memutuskan untuk tidak membeli kasur bayi karena dirasa pemborosan dan hanya akan digunakan saat bayi baru lahir hingga berusia 5 tahun saja. Namun ada juga yang memutuskan untuk tetap membeli kasur bayi dengan tujuan supaya bayi bisa mandiri sejak kecil. Sebenarnya, perlu atau tidak sih membeli kasur bayi?

Bagi bayi baru lahir, tidur merupakan aktivitas utama. Saat tidur, mereka tumbuh dan berkembang dengan baik, terutama di bagian otaknya. Untuk itu aktivitas tidur harus diakomodasi dengan baik supaya bayi bisa tidur dengan nyenyak dan pertumbuhannya bisa maksimal.

Karena itu ada baiknya bayi tidur sendiri di tempat tidurnya. Ini demi menjaga bayi dari sudden infant death syndrome alias kematian mendadak karena kesulitan bernapas. Ada beberapa hal yang berisiko menjadikan bayi mengalami SIDS. Salah satunya adalah jika tempat tidurnya terlalu empuk. Penyebab lainnya adalah saat posisi tidur bayi yang salah. kemudian hal lainnya lagi yang menyebabkan SIDS adalah tidur dikelilingi banyak benda bantal, selimut, boneka, atau mainan.

Anda tetap bisa tidur bersama buah hati dengan cara tidur di kamar yang sama dengan orangtua namun tidur di kasurnya sendiri. Dengan begini kualitas tidur bayi bisa lebih baik. Anda juga tetap bisa mengawasi si kecil kapan saja.

Cara Memilih Kasur Bayi untuk Buah Hati

Pilih Jenis Kasur Bayi yang Diinginkan

Ada banyak jenis kasur bayi yang ada di pasaran. Sebelum membeli pertimbangkan dulu baik dan buruknya jenis kasur bayi tersebut. Selain itu sesuaikan juga jenis kasur bayi yang Anda beli dengan kebutuhan.

Yang pertama ada kasur bayi jenis kelambu. Produk yang satu ini sudah lengkap dengan kelambu. Bayi baru lahir tentu sangat membutuhkan produk semacam ini. Dengan adanya kelambu maka si kecil lebih terlindung dari serangga saat tidur. Ketika kelambu tak digunakan, Anda bisa menggulung kelambunya.

Berikutnya ada kasur bayi karakter yang bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini banyak diburu para orangtua karena desainnya lucu dan bentuknya menggemaskan. Dengan banyak pilihan kartun kekinian, produk ini menambah kesan ceria khas anak-anak. Kasur ini sangat empuk sehingga sedikit kurang aman untuk bayi baru lahir. Kasur jenis ini lebih cocok untuk anak usia 3 bulan ke atas.

Anda bisa juga membeli kasur bayi lipat. Produk yang satu ini cocok untuk dibawa kala Anda bepergian. Kasur bayi lipat ini simpel dibawa ke mana saja. Mudah digulung layaknya tas, kasur ini juga nyaman untuk tempat tidur bayi.

Pilihan lainya adalah kasur tahan air. Jenis kasur yang satu ini cocok untuk bayi yang baru lahir yang umumnya bisa kencing 2 hingga 4 kali dalam 1 jam. Supaya bisa lebih hemat biaya untuk membeli popok, kasur ini bisa jadi alternatif solusinya. Kasurnya mudah dibersihkan sehingga Anda tak kerepotan memakainya.

Anda bisa juga memakai kasur bayi organik. Jenis kasur ini terbuat dari bahan alami yang aman untuk kulit dan kesehatan bayi. Pembuatannya dari busa nabati, kapas, wol, serat kelapa dan bahan alami lainnya. Jenis kasur ini cocok untuk bayi dengan kulit sensitif.

Pilih Bahan Kasur yang Mudah Dibersihkan

Tak ada salahnya untuk memilih kasur bayi yang mudah dibersihkan. Gunakan kasur berbahan poliester supaya bisa mempermudah pekerjaan Anda membersihkan kasur bayi. Kasur jenis ini mudah dicuci, sehingga kasur bayi jadi tetap higienis.

Kasur bahan poliester juga bisa kering dengan cepat. Sehingga meski si bayi ngompol, menumpahkan susu, berkeringat dan lainnya, Anda bisa jemur sebentar lalu kasur akan bisa digunakan kembali. Bahan poliester juga bisa dicuci dengan mesin cuci sehingga lebih praktis.

Pilih Kasur Sesuai Usia Buah Hati

Usia buah hati juga mempengaruhi pemilihan kasurnya loh. Anda bisa gunakan matras dengan ukuran yang besar jika anak sudah berusia 4 hingga 5 tahun. Sementara untuk anak batita Anda bisa memakai matras yang agak kecil. Jadi sebagai contoh, Anda bisa gunakan matras dengan ukuran 60 x 120 cm untuk yang baru lahir hingga usia 1 tahun. Jika anak sudah berusia agak besar bisa memakai matras ukuran 75 hingga 140 cm.

Pilih Ketebalan Kasur yang Sesuai

Ketebalan kasur bayi juga wajib diperhatikan. Anda bisa memilih ketebalan kasur yang sekitar 7 hingga 15 cm. Ini merupakan ketebalan yang pas supaya bayi bisa tidur dengan nyaman. Jika memakai kasur busa, pastikan kepadatan kasurnya juga, ya. Jangan memilih kasur yang terlalu keras atau terlalu empuk sehingga si kecil bisa tetap nyaman tidurnya.

Ini Dia Pilihan Kasur Bayi Terbaik untuk Buah Hati Anda

Playmate Matras Pliko Pretty Pink Baby Toys

Untuk rekomendasi kasur bayi pertama adalah Playmate Matras Pliko Pretty Pink Baby Toys. Kasur bayi ini lebih cocok untuk tempat bermain bayi. Kasur ini memiliki tiang fleksibel yang bisa dibongkar.

Bayi bisa bermain di atas kasur ini dengan aneka posisi, mulai dari duduk, berbaring atau telungkup. Matras bayi ini hadir dalam ukuran 85 x 85 cm sehingga cocok untuk bayi baru lahir hingga berusia 2 tahun.

Produk ini alasnya menyerupai bunga dengan berbagai macam mainan gantung. Kasur ini bisa merangsang anak untuk bergerak lebih aktif.

Harga Rp. 335.000-661.000

Ekslusif Petitmon Cool Mat

Ekslusif Petitmon Cool Mat merupakan rekomendasi produk selanjutnya untuk buah hati. Kasur bayi ini dibuat dengan teknologi Jerman. Ada teknologi Air Circulating system yang bisa melindungi bayi dari kegerahan.

Hal ini juga bisa membuat kulit bayi senantiasa aman dari ruam dan juga biang keringat. Produk yang satu ini terbuat dari bahan katun dengan teknik wrap knitting sehingga terasa nyaman di kulit bayi.

Harga Rp. 840.000-1.305.000

Babybee Matras Pad Latex

Selanjutnya ada Babybee Matras Pad Latex yang bisa jadi pilihan kamu. Produk ini terbuat dari bahan latek yang hypoallergenic sehingga aman di kulit buah hati. Matras ini sudah dilapis katun sehingga mudah dibersihkan.

Kelembapan kasur ini juga terjaga sehingga tak akan berjamur dan tak panas saat digunakan. Matras ini bisa menahan kontur tubuh bayi sehingga bayi tidak mengalami masalah pada tulang belakangnya. Produk ini cocok untuk digunakan bayi sampai kurang lebih berumur 1 tahun.

Harga Rp. 990.000-1.363.000

Cintaka Kasur Bayi Kelambu Animal Biru

Cintaka Kasur Bayi Kelambu Animal Biru tentu wajib jadi pilihan Anda. Ini merupakan kasur bayi yang praktis dibawa kemana saja. Kasurnya terbuat dari bahan katun dengan isian dakron.

Produk ini hadir dengan kelambu bayi yang sudah terpasang. Di dalam kasur ini sudah lengkap dengan bantal dan guling bayi. Kasur ini hadir dalam ukuran 90 x 50 cm. Produk yang satu ini motifnya menggemaskan.

Harga Rp. 135.000-293.000

Kasur Bayi Lipat Oval Bumper Seri Sailor + Kelambu Bordir

Ada juga Kasur Bayi Lipat Oval Bumper Seri Sailor + Kelambu Bordir yang bisa jadi pilihan. Produk ini bisa dilipat dan hemat tempat saat tak digunakan.

Dalam paket ini ada sebuah bantal yang bisa mencegah kepala bayi agar bentuknya terjaga. Selain itu ada juga 2 buah guling. Produk ini memiliki ukuran 90 x 60 cm.

Kasur bayi terbuat dari bahan poliester sehingga sangat mudah untuk dibersihkan. Kasur juga dilengkapi kelambu sehingga bisa melindungi bayi dari serangga.

Harga Rp. 165.000-202.000

Cintaka Kasur Bayi Lipat Kelambu Mainan Musik YKK 2002

Cintaka Kasur Bayi Lipat Kelambu Mainan Musik YKK 2002 tentu tak bisa dilewatkan jadi pilihan. Kasur bayi ini berukuran 90 x 60 cm. Dalam produk ini sudah lengkap dengan kelambu untuk melindungi anak dari nyamuk.

Kasur ini juga lengkap dengan bantal dan 2 buah guling. Selain itu kasur juga dilengkapi mainan gantung yang ada musiknya. Hal ini tentu bisa menstimulasi si kecil. Kelambu bisa dilepas dan bisa dicuci. Kasurnya elastis dan mudah dibentuk.

Harga Rp. 305.000-354.000

Kasur Bayi Tenda Bess

Kasur Bayi Tenda Bess adalah produk yang bisa Anda andalkan berikutnya. Kasur yang satu ini sudah lengkap dengan dua buah guling dan satu buah bantal. Produk ini bahannya halus dan lembut sehingga aman di kulit bayi.

Sudah ada kelambu sehingga bayi lebih terlindung dari serangga. Kasur ini memiliki ukuran 85 x 60 cm. Produk ini terbuat dari bahan katun dengan isian dakron. Ketebalan kasurnya adalah 10 hingga 12 cm.

Harga Rp. 194.000-375.000

Set Matras Kasur Bayi Dan Bantal Guling Bayi Perlengkapan Bayi - Moon Blue

Anda bisa juga menggunakan Set Matras Kasur Bayi Dan Bantal Guling Bayi Perlengkapan Bayi - Moon Blue. Produk yang satu ini hadir 1 set lengkap. Ada sebuah perlak, 2 guling dan juga sebuah bantal.

Kasur ini cocok untuk dibawa bepergian. Lapisan atasnya diberi katun sehingga nyaman dan tak panas digunakan. Lapisan bawahnya waterproof sehingga aman untuk bayi dan mudah dibersihkan. Kasur ini berisi dakron silikon yang tahan lama.

Harga Rp. 94.000-127.000

Baby Joy Kasur Bayi Lipat Sofa Melody Series - BJK4007

Baby Joy Kasur Bayi Lipat Sofa Melody Series - BJK4007 ini tak bisa ketinggalan jadi pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari bahan PE yang aman dan nyaman.

Sudah lengkap dengan bantal dan guling, kasur ini juga dilengkapi kelambu yang bisa dilepas dan dipasang. Kasur bayi ini bisa dicuci dengan bagian samping kasur diberikan batasan.

Harga Rp. 368.000-444.000

Catenzo Junior - Kasur Bayi CTH 009 Grey

Catenzo Junior Kasur Bayi CTH 009 Grey ini juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Kasur bayi ini berbahan tun dengan ukuran 47 x 14 x 79 cm. Produk ini sangat kuat dan nyaman digunakan.

Desainnya lucu dan trendi sehingga kesannya menggemaskan. Kasur bayi ini simpel dan praktis digunakan. Produk ini cocok untuk dibawa bepergian.

Harga Rp. 335.000-593.000
From our editorial team

Kasur Bayi Bisa Menentukan Kenyamanan Tidur Buah Hati

Anak yang baru lahir membutuhkan tempat yang nyaman untuk tidur. Saat tidur, ia berkembang dan tumbuh dengan baik. Kasur bayi yang baik bisa membuatnya nyaman dan tidur lebih nyenyak. Jangan asal pilih karena desainnya bagus saja ya. Percuma desain yang bagus kalau si kecil tak nyaman dengan bahan kasurnya. Simak tips memilih kasur bayi dan juga rekomendasinya dari kami di atas!