Kegiatan Menggunting Sangat Baik Bagi Perkembangan Anak, Ini 8 Rekomendasi Produk Gunting Khusus Anak (2020)

Kegiatan Menggunting Sangat Baik Bagi Perkembangan Anak, Ini 8 Rekomendasi Produk Gunting Khusus Anak (2020)

Kegiatan menggunting sangat baik bagi perkembangan anak. Tentunya, untuk anak, jangan berikan gunting biasa. Anda mesti memberikan gunting yang cocok untuk anak. Berikut ini adalah rekomendasi gunting khusus untuk anak yang bisa Anda pertimbangkan.

Gunting Adalah Salah Satu Peralatan yang Digunakan Anak untuk Membuat Prakarya

Untuk meningkatkan kreativitasnya, anak biasanya akan diajarkan untuk membuat aneka kerajinan tangan, misalnya dengan membuat suatu bentuk dari kertas. Ibu atau ayah bisa memberi contoh dengan membuat benda yang disenangi oleh si anak, misalnya bentuk hewan, bunga, atau bentuk lainnya.

Salah satu peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi ini adalah gunting. Gunting yang disediakan sebaiknya adalah gunting khusus untuk anak yang tidak terlalu tajam. Gunting untuk anak terbuat dari bahan plastik yang aman dan tidak akan melukai si anak. Tentunya, gunting tersebut sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk memotong kertas. Untuk kertas yang lebih tebal, biasanya gunting plastik tersebut dibekali dengan lempengan besi.

Manfaat Penggunaan Gunting untuk Anak

Melatih Kemampuan Motorik Anak

Kapan anak akan mulai tertarik dengan gunting? Apabila sering melihat orang tuanya menggunakan gunting untuk pekerjaan dan lain-lain, bisa jadi ketertarikan terhadap gunting bisa datang lebih cepat. Anak bisa mulai tertarik dengan sebuah gunting dan membayangkan apa yang bisa dibuatnya dengan gunting tersebut bahkan sejak usianya masih 2 tahun.

Gunting berguna untuk melatih dua jari anak untuk membuat sesuatu. Tentunya, hal itu akan melatih otot jemari, sekaligus melibatkan pikiran dan mata. Maka, mengenalkan pada gunting bisa memberikan pengajaran sekaligus melatih motorik halus anak Anda.

Merangsang Tangan dan Mata si Kecil

Seperti sedikit disinggung sebelumnya, selain otot jemari, tentunya proses kreativitas dengan gunting akan melibatkan dua hal lainnya secara bersamaan, yakni tangan dan mata. Karena itu, anak bisa melatih koordinasi antara kedua organ tubuhnya tersebut dengan baik sejak dini. Hal itu bisa merangsang perkembangan dan pertumbuhan otak anak Anda dengan lebih maksimal.

Gunting bisa menjadi stimulus untuk mendukung hal tersebut. Tangan kanan memegang gunting, tangan kiri memegang kertas, mata terus melihat, pikiran berimajinasi, maka kemampuan anak akan terus terlatih.

Membentuk Konsentrasi dan Kesabaran Anak

Untuk proses menggunting dan menempel kertas, maka yang dibutuhkan adalah kesabaran dan konsentrasi yang tinggi. Anak tidak bisa buru-buru untuk menggunting kertas. Agar hasilnya lebih baik, maka anak mesti lebih sabar dan penuh konsentrasi mengerjakannya.

Karena itu, bila Anda ingin anak Anda memiliki sifat penyabar, melatihnya menggunakan gunting tentunya akan sengat tepat. Beri apresiasi untuk setiap hasil karyanya yang rapi. Tentunya hal ini akan menjadikan si anak lebih serius untuk permainan berikutnya.

Rasa Percaya Anak Menjadi Tinggi

Bagaimana caranya menggunting bisa meningkatkan kepercayaan diri anak? Ya, setelah melakukan suatu proses pengerjaan kerajinan tangan, maka anak Anda akan memiliki hasil karyanya sendiri. Hal itu bisa berdampak baik bagi si anak. Sebab, apabila apresiasi positif didapatnya ketika karyanya telah selesai, maka anak Anda akan percaya diri pula untuk membuat karya-karya berikutnya.

Anak Menjadi Semakin Kreatif

Setelah rentetan hal di atas, maka muara akhirnya adalah peningkatan kreativitas anak. Gunting menjadi stimulus yang sangat baik untuk menjadikan anak Anda sebagai anak yang kreatif. Ia berani berkarya dan mesti berani pula menampilkan karyanya. Anak Anda juga akan lebih sering berkarya dengan gunting kesayangannya yang menjadikan kreativitasnya terus terasah. Anda tinggal menunggu inovasi berikutnya dari si kecil.

Ini Cara yang Tepat Mengajarkan Anak Menggunakan Gunting

Pilih Gunting yang Direkomendasikan Khusus untuk Anak

Bicara tentang gunting, tentunya Anda tidak bisa sembarangan memberikan gunting pada anak. Memberikan gunting konvensional apalagi yang ukuran tangannya tidak sesuai dengan anak, justru bisa memberikan dampak yang buruk, bahkan mencelakai si anak.

Maka, Anda mesti memilih gunting khusus anak-anak. Selain itu, pastikan juga ukurannya pas dengan tangan anak Anda. Akan jauh lebih baik bila Anda mempertimbangkan kualitas dari produk yang ingin Anda berikan pada anak.

Tidak hanya itu, coba perhatikan anak Anda dengan lebih baik. Misalnya dia kidal, maka ada gunting khusus kidal yang bisa digunakan. Menggunakan gunting biasa untuk anak yang kidal bisa membingungkan anak.

Utamakan Keamanan

Paling penting adalah keamanan. Pastikan bahwa gunting yang Anda berikan keamanannya sangat baik dan meminimalkan kemungkinan anak Anda terluka.

Bagian pegangan jari juga mesti diperhatikan. Jangan sampai terlalu sempit sehingga tangan anak bisa lecet atau terlalu longgar sehingga gunting bisa terjatuh. Cari juga yang memiliki bantalan lembut untuk jari anak. Hal itu agar tangan anak Anda lebih nyaman ketika memegang gunting tersebut.

Anda juga mesti melakukan pendampingan pada anak Anda ketika awal-awal ia memulai eksperimen dengan guntingnya.

Rekomendasi Gunting Anak yang Aman agar Kreativitas Anak Terus Berkembang

Gunting Anak Maped Kidikut

Produk pertama yang direkomendasikan adalah Maped Gunting Kidikut 12 Cm. Tempat pegangannya juga sangat cocok untuk anak kecil, mulai dari usia 2 tahun. Bagian ujungnya bulat dan tidak tajam. Sedangkan bagian bilahnya terbuat dari bahan fiberglass.

Anda tidak perlu ragu memberikan anak Anda gunting satu ini. Sebab, gunting ini hanya mampu memotong kertas saja. Bahkan tidak mampu untuk memotong kain, atau rambut sekali pun. Bahannya juga tidak bisa mengantarkan listrik.

Harga Rp. 12.000-22.000

Deli Gunting Neon Zigzag

Produk berikutnya adalah Deli Gunting Neon Zigzag. Desainnya ergonomis dan bagian ujungnya tumpul sehingga lebih aman digunakan oleh anak Anda. Produk yang diproduksi di China ini terbuat dari bahan stainless steel untuk bilahnya dan ditutup juga dengan plastik. Tidak hanya itu, bahannya juga tahan karat dan tahan lama.

Gunting satu ini sangat pas untuk meningkatkan kreativitas anak. Produk ini tersedia dalam dua warna, yakni merah muda dan biru dengan berat 70 gram dan dimensi 9x19x2 cm.

Harga Rp. 11.900-12.900

Faber Castell Kids Ergonomic Scissors

Produk selanjutnya datang dari merek kenamaan Faber Castell. Produk Kids Ergonomic Scissors Faber Castell adalah jenis gunting anak yang tidak memiliki pisau. Hal itu tentunya menjadikan produk ini sangat aman untuk anak Anda yang sedang belajar menggunting.

Didesain dengan sangat aman, bahannya juga dari plastik berkualitas yang tahan lama dan kuat. Produk ini sangat efektif digunakan untuk memotong kertas.

Tidak hanya itu, pilihan warnanya sangat cerah, antara lain merah, biru, dan pink. Tentunya, bisa menjadikan anak Anda lebih tertarik. Fitur spring action mechanism berguna untuk proses menggunting yang dibantu pegas, jadinya sangat aman dan mendukung kinerja menggunting.

Harga Rp. 11.000-15.000

SCISSOR Maped Gunting Anak Koopy Panda 13 cm

Berikutnya adalah Scissor Maped Gunting Anak Koopy Panda 13 cm. Gunting satu ini didesain pas untuk anak berusia 4 tahun ke atas. Motif panda pada gunting menjadikan anak lebih tertarik menggunakan gunting ini.

Desainnya ergonomis, sehingga mudah digenggam dan digunakan. Tentunya, dengan gunting yang berdesain lucu ini, anak akan menjadi lebih semangat saat menggunting.

Jadikan produk ini sebagai gunting pertama anak Anda. Produk ini juga didesain aman untuk digunakan, tentunya perlu pendampingan agar lebih tepat guna.

Harga Rp. 19.000-43.400

Gunting Anak PENHA 1765

Gunting yang direkomendasikan berikutnya adalah Gunting Fancy Gunting Penha 1765. Gunting satu ini ditujukan untuk anak dan harganya sangat terjangkau. Modelnya sangat disukai anak dengan warna-warna yang cerah. Tentunya, menjadikan anak lebih semangat menggunting dan lebih kreatif.

Produk satu ini didesain aman dan ergonomis. Material yang digunakan adalah bahan besi yang tidak mudah rusak. Tidak hanya itu, ada penutup di bagian mata gunting sehingga Anda lebih tenang membiarkan anak berkreasi.

Harga Rp. 8.250-28.300

Gunting Anak Novus SK04

Gunting anak berikutnya yang juga bisa Anda pertimbangkan adalah Novus Gunting Anak SK-04. Untuk keamanan, ada bahan plastik untuk perlindungan pada bilah gunting. Produk ini dibuat dari bahan stainless steel yang tahan lama dan kuat. Pegangannya berbahan karet sehingga nyaman digenggam.

Harga Rp. 9.700-15.000

Gunting Anak Soft Touch 3M

Berikutnya ada produk yang cukup populer dan menjadi pilihan banyak orang tua untuk gunting pertama anaknya. Produk tersebut adalah Scotcht 1442 Kid Scissor 5 Gunting anak.

Produk ini menjadikan anak bisa menggunting dengan baik dan cepat, namun tetap aman. Gunting ini bisa digunakan untuk anak yang bertangan kanan maupun kidal. Bagian ujungnya tumpul untuk keamanan lebih. Bagian pegangan ada bantalan karet, sehingga tangan lebih nyaman memegangnya. Gunting berbahan stainless steel ini sangat pas untuk mengerjakan tugas prakarya dan sebagainya tanpa takut terluka.

Harga Rp. 21.000-39.500

Gunting Anak Kangaro KR53

Berikutnya adalah gunting KR53 gunting kertas Kangoro. Gunting berukuran 14 cm ini sangat pas untuk menggunting kertas, keperluan membuat prakarya, dan sebagainya.

Dirancang untuk membuat anak lebih nyaman menggunting dengan baik dan aman. Bagian ujungnya tidak ada yang tajam, sehingga anak bebas menggunting tanpa takut terluka.

Lebih dari itu, produk ini memiliki 4 desain berbeda, yang ditujukan untuk pengguntingan yang berbeda pula. Gunting warna hijau didesain untuk memotong zig-zag, sedangkan warna oranye untuk menggunting bentuk awan. Warna biru untuk membuat gelombang, sedangkan warna merah untuk menggunting bentuk gunung.

Harga Rp. 8.250-33.300
From our editorial team

Gunting Khusus Anak, Didesain Khusus dan Sangat Tepat untuk Kenyamanan dan Keamanan Anak

Hindari menggunakan gunting biasa yang bukan untuk anak. Tentunya, Anda bisa mempertimbangkan salah satu dari produk yang direkomendasikan di atas untuk menjadi gunting terbaik bagi anak Anda. Selanjutnya, bebaskan kreativitas anak Anda sehingga bisa lebih optimal mengasah bakatnya.

Tag