Bingung Cari Tema Menarik untuk Mading Sekolahmu? Temukan 10 Rekomendasinya di Sini, Yuk!

Bingung Cari Tema Menarik untuk Mading Sekolahmu? Temukan 10 Rekomendasinya di Sini, Yuk!

Mading sekolah bertujuan untuk menarik minat baca siswa-siswi dengan menyajikan berbagai informasi. Maka dari itu, mading harus tampil menarik, rapi, dan enak dibaca agar penghuni sekolah juga tertarik dan tidak bosan membacanya.

Majalah Dinding Menjadi Media Komunikasi di Sekolah

Sumber gambar www.darmanreubee.com

Membaca menjadi salah satu kegiatan yang saat ini sedang digalakkan baik oleh pemerintah maupun komunitas membaca. Alasannya pun bisa dipahami karena ternyata minat membaca di Indonesia masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan negara lain seperti Singapura, Kanada, dan Finlandia.

Untuk mendorong minat baca terutama di kalangan pelajar, saat ini pemerintah dengan lembaga terkait sudah meluncurkan beberapa program guna memudahkan pembaca mengakses berbagai jenis bacaan misalnya seperti perpustakaan berbasis daring, iPusnas.

Hal lain yang bisa mendorong meningkatnya ketertarikan terhadap dunia literasi adalah dengan membangkitkan kembali mading alias majalah dinding. Mading merupakan salah satu bentuk dari komunikasi massa yang biasanya memuat berbagai isu terutama yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Media ini populer terutama di tahun 70-an hingga 2000-an lewat pemakaian berbagai macam alat seperti karton, styorofoam, atau papan tripleks yang kemudian dapat dibingkai dalam frame kaca dan ditempatkan di sekolah.

Mading memiliki banyak manfaat, selain untuk memberi informasi, mading juga dapat menaikkan minat baca juga menulis. Saat menyusun mading, para penyusunnya akan dilatih mencari referensi dengan membaca kemudian memilah informasi yang sesuai dengan kebutuhan lewat penulisan ulang.

Juga, mading bisa mengasah kemampuan dan minat bagi mereka yang tertarik pada dunia seni literasi. Nah, apakah kamu sudah siap membuat mading kembali di sekolah?

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Membuat Mading

Tentukan Tema

Sumber gambar twitter.com

Meski tampak sepele, penyusunan mading harus diperhatikan dengan cermat supaya hasil akhirnya bisa informatif dan menarik minat pembaca. Untuk langkah awal, sebaiknya kamu menentukan tema yang akan digunakan.

Tema dapat memudahkan kamu dalam mencari referensi secara maksimal dan tidak terlalu meluas sehingga dapat mempersingkat waktu penyusunan. Tema pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan atau isu yang sedang hangat diperbincangkan.

Misalnya, tema hari pahlawan, maka kamu bisa mencari sejarah tentang pahlawan Indonesia. Kamu bisa mencari referensi tentang pahlawan yang belum terlalu diekspos media juga mengangkat sosok pahlawan yang berada di sekitarmu.

Kamu juga dapat mengundang pembaca untuk berpartisipasi membuat puisi tentang pahlawan atau membuat tulisan singkat mengenai makna pahlawan.

Diharapkan, lewat tema yang humanis dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, pembaca tidak hanya mendapat wawasan tetapi juga terlatih secara mental untuk memperoleh pekerti yang baik.

Rancang Sketsa

Sumber gambar paragram.id

Salah satu keseruan saat membuat majalah dinding adalah merancang sketsa. Seperti namanya, majalah dinding haruslah didesain secara menarik layaknya majalah yang biasa kamu lihat atau baca. Penuh warna, disusun dalam konsep yang kokoh, terarah, informatif, serta tepat sasaran.

Agar keseluruhannya tampak menarik, kamu bisa menambahkan berbagai elemen dan menyatukannya dalam tata letak yang sesuai. Bubuhkan logo, misalnya logo OSIS atau logo klub mading agar mading diketahui dibuat oleh pihak murid.

Jangan lupa menyertakan nama sekolah agar terasa lebih dekat dan tambahkan nomor edisi sebagai informasi sudah berapa kali mading tersebut diterbitkan. Kamu juga bisa menyusun mading dalam kolom-kolom atau panel dan upayakan agar masing-masing kolom tertata rapi jadi lebih mudah terbaca.

Tambahkan hiasan agar tampilan mading kamu semakin menarik. Kamu bisa menyertakan foto, ornamen, atau memakai kertas warna-warni. Namun, jangan berlebihan dan seimbangkan dengan konten mading agar tampilannya tidak saling tumpang tindih. Jangan sampai karena terlalu banyak hiasan, informasi mading justur sulit atau malah tak terbaca.

Cari Bahan yang Diperlukan

Sumber gambar www.youtube.com

Jika kamu memutuskan memakai rubrik khusus yang mengharuskan adanya wawancara atau menggunakan referensi secara lebih mendetail, upayakan agar kamu bisa mencari bahan yang diperlukan sebelum waktu mading terbit.

Bila harus mewawancarai narasumber, pastikan kamu sudah menjadwalkan interview jauh-jauh hari karena hasil percakapan masih harus diterjemahkan menjadi bahasa tulisan.

Demikian juga dengan pencarian referensi. Sempitkan tema dan carilah referensi dari sumber tepercaya yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan. Jangan lupa untuk menambahkan info-info menarik dan terbaru yang sesuai dengan tema dan referensi sebagai wawasan tambahan agar tulisan di mading bisa menarik pembaca lebih luas.

Sesuaikan dengan Dana

Sumber gambar www.suaramerdeka.com

Tidak dimungkiri, saat menyusun atau membuat mading, kamu dan teman-teman membutuhkan dana agar bisa mengemasnya dalam bentuk menarik. Pemakaian karton, kertas warna-warni, ornamen buatan, atau bahkan frame akan membutuhkan biaya.

Untuk mengantisipasi pengeluaran, sebaiknya kamu mengajukan proposal dana ke pihak sekolah dan sesuaikan anggaran yang diberikan dengan kebutuhan yang akan dikeluarkan. Bila para anggota sepakat, bisa juga menambah anggaran dari saku pribadi.

Selain itu, kamu juga bisa mencari sponsor dari luar sekolah selama tidak melanggar peraturan. Misalnya, kamu bisa memajang kolom iklan untuk membantu pihak-pihak sponsor dalam memasarkan produk mereka.

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan pada para siswa untuk memasang iklan dalam tarif terjangkau mengingat saat ini banyak juga siswa yang menjajal dunia bisnis seperti online shop. Selain mendapat pemasukan untuk kebutuhan mading, kamu juga bisa membantu mereka dalam memasarkan produk secara lebih luas. Asyik, bukan?

Inspirasi Berbagai Tema Mading

Kemerdekaan

Sumber gambar 1.bp.blogspot.com

Salah satu tema yang tak lekang masa dan patut dikenang sepanjang waktu adalah kemerdekaan. Penting bagi generasi muda untuk mengetahui sepak terjang para pahlawan dalam membangun bangsa agar mereka bisa lebih menghargai kedamaian dan kemudahan yang ada pada saat ini.

Tema kemerdekaan juga memiliki beragam topik luas yang bisa kamu gali mulai dari sosok pahlawan, langkah-langkah dalam menjaga kemerdekaan yang diraih, fakta-fakta soal kemerdekaan, dan lainnya.
Kamu bisa mulai menyusun beberapa kolom dengan tema kemerdekaan.

Agar lebih seimbang, kamu bisa menyandingkan esai atau opini tentang kemerdekaan bersama puisi dan bubuhkan juga kuis seru agar mading terasa lebih menyenangkan. Kuis seperti permainan puzzle atau gambar sederhana bisa menjadi pilihan.

Hadiahnya pun dapat kamu tentukan dan ada baiknya diskusikan bersama pihak sekolah atau mencari sponsor. Hadiah tidak perlu mahal karena yang terpenting adalah partisipasi dan tersampaikannya informasi mading pada penghuni sekolah.

Untuk desain tata letak, kamu bisa menghias mading dengan nuansa kemerdekaan yakni warna merah-putih. Sertakan bendera merah putih berukuran kecil, bubuhkan peta perjuangan saat para pahlawan merebut kemerdekaan, atau foto-foto para pahlawan di masa lampau.

Kamu juga bisa, loh, menyertakan foto atau gambaran pahlawan masa kini seperti guru, pekerja sosial, atau bahkan satpam di sekolah. Lewat mading, ungkapkan rasa terima kasih pada mereka yang dianggap pahlawan lewat kutipan atau puisi sederhana.

Lingkungan

Sumber gambar masfikr.com

Semakin hari, kondisi alam di bumi semakin membuat cemas sehingga para ilmuwan dan pencinta alam dari berbagai belahan dunia, berusaha untuk meminimalkan kerusakan dengan cara-cara tertentu misalnya mengurangi penggunaan plastik, memakai bahan pangan atau bahan industri ramah lingkungan, serta melakukan daur ulang.

Sekolah menjadi salah satu lingkungan yang rentan kontribusinya terhadap kerusakan alam, karena bisa saja para siswa belum sadar akan hal ini sehingga mudah membuang sampah sembarangan atau menggunakan bahan plastik secara berlebihan.

Hal ini bisa menjadi salah satu tema mading yang informatif sekaligus sebagai ajakan agar teman-teman di sekolah lebih melek terhadap isu lingkungan.

Kamu bisa menyusun tema lingkungan dan membaginya pada beberapa rubrik, misalnya seperti langkah-langkah kecil yang dapat mendukung kelestarian alam, mengurangi penggunaan sedotan plastik, membawa kotak bekal sendiri saat jajan di kantin, melakukan daur ulang, dan penghijauan di sekitar sekolah.

Supaya lebih menarik, kamu bisa menambahkan pernak-pernik bernuansa alam misalnya seperti ranting, dedaunan, bunga-bungaan, dan lain-lain. Jika memang diperlukan, kamu bisa mencari bunga atau dedaunan imitasi agar tidak perlu memetik yang asli. Untuk ranting, kamu bisa mencari ranting pohon yang sudah terlepas dan sesuaikan ukurannya dengan tata letak mading.

Musik/Kesenian

Sumber gambar fitafiter.blogspot.com

Kesenian termasuk musik menjadi hal yang sulit lepas dari kehidupan remaja sekolah. Pada masa-masa ini, kesenian dianggap hal keren yang mendorong mereka untuk terjun ke dalamnya. Mulai dari musisi, penyanyi idola, model, penulis, pelukis, dan lain-lain.

Untuk tema kesenian, kamu bisa menyusun beberapa topik. Misalnya, pianis dari masa ke masa, perkembangan musik di Indonesia, fenomena K-Pop dan pengaruhnya terhadap globalisasi di Indonesia, atau informasi terkait bidang kesenian lain.

Kamu juga bisa membubuhkan informasi soal bentuk kesenian yang sedang hits atau mulai berkembang di Indonesia. Tidak hanya kesenian modern, kamu juga bisa menyertakan topik tentang kesenian tradisional dan bagaimana keberadaan mereka setelah kesenian modern berkembang.

Lewat informasi yang kamu suguhkan, maka bisa membuat pembaca dapat menilik kesenian tidak hanya dari faktor kesenangan belaka tapi juga esensinya.

Olahraga

Sumber gambar smp.wiyatadharma.sch.id

Selain kesenian, olahraga menjadi salah satu bidang yang paling diminati oleh para remaja. Gegap gempita ASIAN Games 2018 pun seolah semakin membakar semangat para siswa sekolah untuk bisa lebih aktif berkegiatan yang dapat membawa nama bangsa ke kancah internasional.

Bidang ini juga bisa menjadi tema mading kamu bulan ini karena olahraga selalu menarik untuk dikulik. Kamu bisa mulai dengan membuat beberapa panel yang masing-masing memuat informasi menarik.

Seperti, perkembangan olahraga dan jenisnya yang paling populer di Indonesia, para atlet yang membawa nama Indonesia ke kancah internasional, fakta-fakta menarik dari olahraga tertentu, atau para atlet yang sedang digandrungi saat ini.

Kamu juga bisa membuat rubrik tips dan trik singkat seputar olahraga, misalnya tips mengatasi keram ketika bermain sepak bola, pertolongan pertama saat terkilir, menyembuhkan memar, dan lainnya.

Sertakan juga informasi seputar kegiatan olahraga yang ada di sekolah kamu dan jika ada, bubuhkan keterangan soal atlet sekolah yang mungkin saja ada di tempat belajar kamu saat ini.

Tokoh Inspiratif

Sumber gambar disiniaja.net

Masa sekolah menjadi salah satu waktu pencarian jati diri yang paling penting. Pada masa ini, biasanya para remaja mencari figur yang bisa dijadikan tokoh panutan sehingga tokoh yang dianggap penting baginya akan sangat krusial dan berpengaruh terhadap perkembangan diri baik secara fisik dan mental.

Kepribadian dan masalah yang berbeda di antara para siswa juga dapat mendorong mereka terhadap perbedaan tokoh inspiratif. Untuk memotivasi agar kegiatan sekolah bisa terus berjalan meski kadang para siswa merasa lelah atau bosan, kamu bisa membuat mading dengan tema tokoh inspiratif.

Para tokoh ini dapat kamu ulas lewat wawancara, referensi biografi, tulisan singkat mengenai buku mereka, atau opini soal perjalanan para tokoh. Jangan lupa untuk mengungkap sepak terjang para tokoh terutama ketika mereka menjalani masa-masa berat dan bagaimana mereka menghadapinya.

Misalnya, kesulitan J.K. Rowling saat menulis buku Harry Potter, penolakan belasan penerbit, depresi yang sempat diderita, dan bagaimana penulis wanita ini bisa melewati semuanya.

Lewat tulisan mading bertema tokoh inspiratif, diharapkan para siswa bisa belajar arti pantang menyerah dan dapat meniru semangat para tokoh untuk meraih cita-cita. Kamu bisa menyertakan foto-foto atau kutipan dari para tokoh insipiratif agar tampilan mading semakin menarik.

Film

Sumber gambar kalsel2.kemenag.go.id

Menonton film jadi salah satu kegiatan yang populer di kalangan siswa sekolah. Aktivitas satu ini disukai karena bisa memberi waktu rehat secara menyenangkan lewat penampilan menarik dari tema dan pemain film.

Tidak hanya itu saja, dialog atau latar dari sebuah film pun menjadi hal menarik yang bisa kamu bahas dalam mading. Film memuat banyak cerita yang dapat kamu petik pesannya. Perkembangan film di Indonesia juga tidak kalah seru untuk kamu kupas di mading edisi bulan ini.

Kamu bisa memuat beberapa topik, misalnya, alat-alat dalam dunia film yang dipakai dari masa ke masa dan perkembangannya. Atau, bisa juga membahas film Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional.

Kamu juga bisa membahas film Indonesia berdasar genrenya dan bagaimana persaingan antara film Indonesia dengan film dari luar negeri. Agar tampilannya semakin menarik, kamu bisa mengemas mading dengan membubuhkan aksesori seperti pernak-pernik berbentuk rol film, kursi sutradara, papan adegan, dan lain-lain.

Kemas dalam warna yang kamu sesuaikan dengan tema film yang diambil misalnya hitam-putih atau bisa juga sesuai dengan genre yang sedang dibahas dalam mading.

Ujian Nasional

Sumber gambar www.imgrumweb.com

Ujian Nasional alias UN masih menjadi momok bagi para siswa kelas akhir di sekolah. Tidak mengherankan jika banyak siswa kelas akhir yang merasa stres karena harus belajar lebih giat agar bisa lulus di akhir sekolah. Untuk memotivasi, kamu dan teman-teman bisa membuat mading guna mendukung kegiatan akhir sekolah ini.

Kamu bisa mulai dengan memberi informasi seputar UN, misalnya buku-buku latihan rekomendasi, tempat-tempat diselenggarakannya try uut gratis, juga hal-hal terbaru mengenai UN dari pemerintah yang harus diketahui oleh para peserta UN.

Untuk bagian ini, jangan segan berkonsultasi dengan para guru agar bisa menghadirkan informasi lebih maksimal. Selain itu, kamu juga bisa membuat rubrik mengenai tips dan trik mengusir kelelahan setelah belajar, mengatasi stres pra-ujian, makanan dan minuman yang bisa menaikkan mood, serta tempat-tempat relaksasi rekomendasi setelah ujian selesai.

Jangan lupa untuk menyertakan kata-kata motivasi agar kakak-kakak kelas semakin bersemangat dan optimis untuk menghadapi UN, ya.

Ramadan

Mading dengan tema ini tidak hanya bisa ditempatkan di sekolah tapi juga di masjid atau pondok pesantren tempat kamu melaksanakan ibadah dan belajar agama. Mading bertema Ramadan menjadi salah satu tema musiman yang bisa kamu susun menjelang atau saat bulan puasa berlangsung.

Ada banyak topik yang bisa kamu bahas guna menjadikan mading Ramadan lebih informatif dan menarik. Mulai dari jadwal imsakiyah sesuai daerah tinggal, tips dan trik agar tetap aktif dan bugar selama puasa, serta kegiatan bermanfaat lainnya seperti pengajian rutin, kegiatan pesantren Ramadan, buka bersama, dan lainnya.

Kamu juga bisa mengajak pembaca untuk mengirimkan karya seperti puisi bertema Ramadan. Selain itu, gunakan juga mading untuk mengajak sedekah lebih giat dengan menginformasikan penerimaan zakat, infak, sedekah dari lembaga terpercaya.

Untuk tampilan mading yang lebih segar, kamu bisa menggunakan warna hijau dan pernak-pernik pendukung. Misalnya, gambar atau ilustrasi masjid, Kakbah, foto-foto kegiatan pesantren Ramadan, dan lain-lain. Mading Ramadan ini bisa kamu perbaharui setiap seminggu sekali agar tidak cepat membuat bosan.

Sejarah

Sumber gambar i2.wp.com

Indonesia memiliki sejarah panjang terutama pada masa penjajahan baik oleh bangsa Belanda maupun Jepang. Masa-masa tersebut menjadi salah satu waktu paling berat yang dialami bangsa Indonesia sebelum kemerdekaan sampai ke masa sekarang.

Sejarah menjadi salah satu bagian penting yang sebaiknya tidak dilupakan oleh generasi mana pun. Bahkan, presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno sampai berkata, “Jangan sekali-kali melupakan sejarah.”

Untuk terus menghidupkan semangat Soekarno, sejarah bisa menjadi salah satu tema yang kamu angkat di mading edisi kali ini. Ada berbagai topik bertema sejarah yang bisa kamu angkat. Misalnya, perkembangan pendidikan di masa penjajahan dan perbandingannya di masa sekarang.

Kamu bisa mengupas tokoh-tokoh pendidikan yang berjasa di masanya dan ulas bersama mereka yang berperan dalam dunia pendidikan saat ini. Kamu bisa menghias mading dengan menyertakan foto atau gambar pahlawan di dunia pendidikan seperti R.A. Kartini atau Ki Hadjar Dewantara.

Sertakan juga foto-foto tempat atau sekolah pertama di Indonesia dan bagaimana keadaannya saat ini. Tulis juga puisi atau esai mengenai pendidikan dan bagaimana seharusnya generasi terkini dalam menjalani pendidikan yang sedang diemban.

Lewat tema sejarah ini, diharapkan pembaca bisa lebih menghargai apa yang terjadi di masa lalu dan termotivasi untuk terus berkembang di masa sekarang.

Hari Pahlawan

Hari pahlawan menjadi salah satu tema yang selalu menarik untuk dibahas. Tentunya, para siswa sekolah sudah mempelajari para pahlawan yang berjaya dan berperan besar terhadap kemerdekaan bangsa Indonesia.

Jasa para pahlawan ini tentu tidak cukup dikenang setiap tanggal 10 November saja tetapi semangat juangnya harus terus dihidupkan dari partisipasi masyarakat dalam menjaga bangsa Indonesia.

Untuk menumbuhkan semangat juang dalam mengembangkan keberhasilan bangsa Indonesia, kamu bisa membuat mading dengan tema hari pahlawan. Ada beragam hal yang bisa kamu bahas mulai dari definisi pahlawan, para pejuang di masa kemerdekaan dan kebangkitan Indonesia di bawah penjajahan bangsa asing, kehidupan pahlawan tertentu dari masa kecil hingga dewasa serta buah pemikiran mereka yang ada sampai saat ini, misalnya buku.

Kamu bisa memuat topik yang lebih spesifik, misalnya biografi pahlawan tertentu. Ada baiknya, kamu mengangkat pahlawan yang kurang terekspos media atau jarang diceritakan dalam buku pelajaran. Carilah referensi memadai yang kredibel dan jangan lupa untuk menyemarakkannya dengan membuat cerita pendek atau puisi tentang pahlawan.

From our editorial team

Suka Dunia Menulis? Kamu Harus Masuk Ekskul Mading Sekolah!

Kamu yang suka dunia tulis menulis baiknya ikut dalam ekstrakurikuler mading di sekolah. Di situ kamu bisa mengasah dan mengembangkan kemampuan menulismu. Selain itu, kamu juga ikut berpartisipasi menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi pembaca di sekolahmu.