Siap Jadi Pramuka Sejati? Yuk, Cari Tahu 10 Rekomendasi Perlengkapan yang Wajib Dimiliki Anggota Pramuka saat Berkegiatan

Siap Jadi Pramuka Sejati? Yuk, Cari Tahu 10 Rekomendasi Perlengkapan yang Wajib Dimiliki Anggota Pramuka saat Berkegiatan

Kegiatan pramuka sudah bukan hal yang asing lagi bagi anak-anak Indonesia. Beberapa sekolah justru menjadikan kegiatan ini sebagai ekstrakulikuler wajib yang harus diikuti siswa. Nah, apa saja sih tingkatan yang ada di Pramuka dan perlengkapan yang harus dimiliki? Yuk, baca terus artikel ini!

Pramuka adalah Salah Satu Kegiatan yang Cukup Populer di Dunia

Sumber gambar digiyan.com

Tidak hanya di Indonesia, pramuka adalah kegiatan yang sangat populer di seluruh dunia. Pendiri Gerakan Pramuka adalah Lord Robert Baden Powell dari Inggris. Powell lahir di Inggris dari ayah yang bekerja sebagai Profesor Geometri di Universitas Oxford.

Baden Powell adalah nama sang ayah yang meninggal saat ia masih kecil. Nama asli dari pendiri Pramuka adalah Robert Stephenson Smyth. Gerakan Pramuka berawal dari gagasan Powell untuk membina remaja yang ada di Inggris. Seiring berjalannya waktu, kegiatan tersebut semakin berkembang dan mendunia.

Kenali Macam-macam Tingkatan Pramuka

Siaga

Sumber gambar era.id

Tingkatan terendah dalam Pramuka adalah Siaga. Di Indonesia, Siaga biasanya dimulai dari tingkat SD, yaitu anak usia 7 sampai 10 tahun. Dalam golongan Siaga ada lagi kelompok yang lebih kecil bernama Barung. Ada 3 tingkatan pada golongan Siaga yang dibedakan menurut Syarat Kecakapan Umum (SKU) yaitu Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata.

Penggalang

Sumber gambar gizikita.ne

Golongan penggalang adalah anggota Pramuka yang berusia 11-15 tahun. Siswa kelas 4 SD hingga 9 SMP termasuk ke dalam golongan ini. Pada golongan penggalang, siswa laki-laki dan perempuan dipisahkan menjadi Penggalang Putra dan Penggalang Putri.

Dalam satu kesatuan besar tersebut dibentuk regu atau kelompok kecil. Nama regu putra diambil dari nama hewan sementara nama regu putri diambil dari nama tumbuhan. Ada 4 tingkatan yang harus dipenuhi dalam golongan Penggalang, yaitu Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, dan Penggalang Garuda.

Penegak

Golongan penegak memiliki anggota yang berusia 16-20 tahun atau kelas 10 SMA hingga perguruan tinggi. Di dalam penegak terdapat satu kesatuan kecil berisi 6-8 orang bernama Sangga. Pada golongan ini terdapat dua tingkatan yaitu Penegak Bantara dan Penegak Laksana.

Pandega

Sumber gambar karawangtoday.com

Pandega adalah golongan tertinggi pada Pramuka, berisikan anggota yang berusia 21 sampai 25 tahun. Kegiatan yang dilakukan oleh Pandega sama dengan golongan Penegak. Pembinaan Pramuka pada golongan Pandega dimulai dari tingat Gugus Depan. Pada tingkatan ini terdapat satuan yang disebut dengan Racana. Kemudian ada pula pembinaan yang dilakukan di tingkat kwartir dengan Satuan Karya dan Dewan Kerja sebagai bagian yang lebih kecil.

Daftar Perlengkapan Pramuka yang Harus Dimiliki

Seragam

Sumber gambar bukalapak.com

Seragam Pramuka adalah pakaian wajib yang harus dikenakan setiap ada kegiatan pramuka. Seragam pramuka memiliki warna yang khas dan serupa di seluruh dunia. Atasan warna cokelat muda dan bawahan berwarna cokelat tua.

Seragam Pramuka biasanya dikenakan di sekolah pada hari Jumat dan Sabtu serta untuk kegiatan Pramuka di luar sekolah. Dapatkan Setelan Baju Pramuka Pria/Exclusive Pramuka Pria dengan harga Rp 292.000 di Lazada. Tersedia dalam ukuran lengkap yang bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh yaitu mulai SS, S, M, L, XL, XXL, XXXL, dan 5L.

Hasduk

Sumber gambar tokopedia.com

Seragam Pramuka memiliki aksesori khusus berupa dasi yang disebut dengan hasduk. Hasduk berwarna merah dan putih ini berbentuk segitiga dengan panjang 110 cm dan panjang kaki 80 cm. Warna merah terletak di bagian tepi hasduk.

Hasduk dipakai di leher, dengan ditekuk beberapa kali ke dalam hingga tersisa sedikit. Hasduk kemudian diikat dengan ring bergambar tunas kelapa, lambang pramuka. Dapatkan Hasduk Pramuka Putri sebagai pelengkap seragam pramuka yang dijual di Tokopedia dengan harga Rp 6.000 saja.

Baret

Sumber gambar lazada.co.id

Saat hadir ke kegiatan pramuka, aksesori yang dikenakan harus lengkap. Selain hasduk, topi baret adalah perlengkapan pramuka yang wajib dipakai. Baret ditujukan untuk anggota pramuka, sementara untuk pembina pramuka biasanya mengenakan peci dengan pin tunas kelapa yang disematkan di sana.

Warna topi baret biasanya cokelat tua, senada dengan warna bawahan seragam pramuka. Dapatkan produk BEST SELLER!!! Topi Baret Pramuka - XDHWWP yang dijual di Lazada dengan harga Rp 35.000 dari harga awal Rp 52.500.

Buku Saku

Sumber gambar tokopedia.com

Buku saku adalah "kitab suci" dalam kegiatan pramuka. Dalam buku ini berisi panduan lengkap tentang segala hal yang berkaitan dengan kepramukaan, termasuk simbol-simbol semaphore. Jangan lupa untuk selalu membawa buku saku setiap kali ada kegiatan pramuka. Dapatkan HARGA SPESIAL!!! Buku Saku Pramuka - 64El12 di Lazada yaitu Rp 20.950 dari harga awal Rp 31.425.

Lambang Kepanduan Dunia, Tunas Kelapa & Daerah Provinsi/Kota

World Organization of the Scout Movement (WOSM) atau Organisasi Kepanduan Dunia telah menetapkan lambang pramuka sedunia yang harus ada di setiap seragam pramuka. Lambang tersebut bernama fleur-de-lis, yaitu bunga lili dengan 3 ujung serta gambar kompas, dua bintang yang dilingkari tali simpul mati.

Warna gambar adalah putih dengan latar belakang ungu. Pada laki-laki, simbol ini ditempelkan di dada sebelah kanan sementara untuk perempuan ditempel di kerah baju sebelah kanan. Selain simbol kepanduan dunia, simbol tunas kelapa dan lambang masing-masing daerah harus ada di seragam pramuka.

Tanda Kecakapan Umum

Bagi anggota pramuka yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) akan diberi lambang kecakapan umum yang ditempel pada seragam pramuka. Pada masing-masing golongan, tanda kecakapan umum memiliki bentuk berbeda-beda.

Untuk Siaga adalah jajar genjang miring dengan warna dasar hijau dan bunga kelapa warna putih di bagian tengah. Sedangkan untuk Penggalang berbentu huruf V warna merah dengan gambar bunga kelapa bertangkai tiga warna putih.

Lambang untuk Penegak berbentuk trapesium berwarna hijau dengan dengan gambar bintang, dua tunas kelapa dan tulisan "Bantara" atau "Laksana" yang berwarna kuning. Semua lambang ini ditempelkan di lengan sebelah kiri.

Tanda Jabatan

Sumber gambar bukalapak.com

Setiap jabatan dalam pramuka memiliki lambang berbeda. Untuk jabatan Sulung, Pratama, Pradana, dan Ketua adalah janur yang disusun tiga. Sedangkan untuk ketua Barung, Ketua Regu, Ketua Sangga, dan Ketua Reka adalah janur yang disusun tiga. Untuk masing-masing wakil ketua dilambangkan dengan satu janur.

Warna dasar dari janur berbeda-beda, yaitu hijau untuk Siaga, merah untuk Penggalan, kuning untuk penegak, dan cokelat untuk Pandega. Lambang yang dikenala oleh Pengurus Dewan Ambalan/Racana adalah roda dengan 10 buah gigi dan bintang bersudut lima. Seangkan lambang untuk Pengurus Dewan Kerja Penegak dan Pandega adalah roda kemudi dengan 10 buah pegangan.

Tanda Barung (Siaga)

Barung adalah kelompok terkecil dalam golongan Pramuka Siaga. Tanda Barung ditempelkan pada lengan sebalah kiri atas. Bentuknya adalah segitiga sama sisi dengan panjang 4 cm dengan warna yang disesuaikan dengan pilihan kelompok masing-masing.

Tanda Regu (Penggalang)

Regu adalah satuan terkecil dari golongan Pramuka Penggalang. Tanda regu berbentuk persegi dengan masing-masing sisi 4 cm. Tanda regu penggalang bergambar dan berlabel binatang atau bunga, sesuai dengan nama regu masing-masing. Untuk putra adalah binatang sementara untuk putri adalah gambar bunga.

Tanda Sangga (Penegak)

Sangga merupakan satuan terkecil dari golongan Pramuka Penegak. Tanda Sangga berbentuk persegi dengan panjang sisi 4 cm. Gambar dan label pada tanda Sangga disesuaikan dengan nama kelompok masing-masing. Biasanya mengambil nama dari tahap perjuangan bangsa yaitu Perintis, Pencoba, Penegas, Pendobak, dan Pelaksana.

From our editorial team

Sudah Siap Jadi Anggota Pramuka?

Beberapa sekolah mewajibkan muridnya untuk mengikuti pramuka sehingga perlengkapan yang harus dimiliki harus tersedia. Kegiatan pramuka memiliki banyak manfaat bagi anak-anak agar semakin mandiri dan selalu siaga bagaimanapun situasi yang sedang mereka hadapi.

Tag