Berikan Kenangan Manis untuk Gurumu dengan 12+ Rekomendasi Suvenir Terbaik bagi Gurumu sebagai Ungkapan Terima Kasih

Berikan Kenangan Manis untuk Gurumu dengan 12+ Rekomendasi Suvenir Terbaik bagi Gurumu sebagai Ungkapan Terima Kasih

Melewati hari-hari di sekolah bersama ibu/bapak guru adalah momen-momen yang tak kan pernah tergantikan. Ungkapkanlah rasa terima kasihmu kepada guru dengan beberapa rekomendasi suvenir yang pasti berkesan untuknya. Yuk, langusng cari tahu!

Hari Guru Jadi Momen yang Tepat untuk Mengungkapkan Rasa Terima Kasih

Sumber gambar www.careerkeys.edu.au

Pahlawan tanpa tanda jasa adalah julukan yang disematkan pada seluruh guru yang telah berdedikasi untuk menciptakan generasi penerus bangsa terdidik di negeri ini. Selain orang tua di rumah, boleh dibilang guru adalah sosok yang sangat dekat dengan para siswa. Bagaimana tidak? Murid-murid menghabiskan sebagian besar waktu di sekolah saat menimba ilmu dan banyak dari mereka yang kemudian menganggap guru layaknya orang tua sendiri.

Pekerjaan sebagai guru bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain harus mampu mengajar, guru juga memiliki tanggung jawab moral agar anak-anak didiknya tidak hanya memiliki intelligence quotient alias IQ yang berkualitas tetapi juga moral yang baik.

Mengapresiasi kerja keras tenaga pendidik, tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Pada momen ini, kamu dan teman-teman bisa beramai-ramai memberikan hadiah untuk guru sebagai bentuk penghargaan dan juga terima kasih.

Yuk, Kita Cari Tahu Asal-usul Hari Guru

Sumber gambar tribunnews.com

Hari Guru Nasional bermula dari munculnya perkumpulan guru seluruh Indonesia sejak zaman Belanda yakni di tahun 1912. Kala itu, perkumpulan guru diberi nama Persatuan Guru Hindia Belanda atau PGHBI yang kemudian berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia di tahun 1932.

Selepas kemerdekaan Indonesia dilantangkan, nama perkumpulan ini kemudian berubah lagi. Berlokasi di Surakarta pada tanggal 24 hingga 25 November pada saat berlangsungnya Kongres Guru Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia alias PGRI pun terbentuk. Pada saat itu, Hari Guru Nasional belum diresmikan meski sudah diakui. Baru pada tahun 1994, hari peringatan ini disahkan pemerintah dalam Kepres No. 78 Tahun 1994.

Mau Memberi Suvenir untuk Guru di Hari Guru? Ayo, Lihat 12+ Rekomendasi BP-Guide!

Agenda

Sumber gambar www.blibli.com

Kesibukan guru yang menumpuk serta banyaknya pekerjaan yang harus diorganisir akan membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Salah menulis hari, nomor absen atau nilai, akan berakibat fatal. Oleh sebab itu, penting bagi guru untuk mencatat hal-hal penting agar tidak ada yang terlewat.

Sebagai rekomendasi hadiah yang manis, kamu bisa memberikan Kayo Kulit Buku Memo atau Agenda Kerja - Hitam. Sampul buku agenda ini terbuat dari kulit PU yang menawan. Kamu bisa mengemas hadiah ini dalam kotak cantik agar penampilannya semakin menarik. Buku agenda bisa dipesan di Blibli dengan harga Rp 159.600.

Buku

Sumber gambar tokopedia.com

Seorang guru diharapkan dapat menemukan jawaban dari setiap pertanyaan murid-muridnya. Hal ini mendorong guru untuk senantiasa belajar dan memperluas wawasan sehingga tidak heran jika banyak guru yang gemar membaca. Tidak hanya buku-buku yang berkaitan dengan dunia pendidikan tetapi juga buku-buku umum yang bisa diambil manfaatnya.

Jika guru kamu termasuk yang gemar membaca, memberi hadiah seperti buku dari penuls favorit bisa jadi opsi. Salah satu buku berkualitas adalah buku yang berjudul Menjadi Guru Inspiratif: Kado Para Guru yang Ingin Menginspirasikan Perubahan. Buku ini ditulis oleh Mahmud Khalifah dan Muhammad Qutub serta diterbitkan oleh Penerbit Mumtaza. Buku setebal 220 halaman ini bisa diperoleh di Tokopedia dengan harga Rp 70.000.

Parcel Buah

Sumber gambar tokopedia.com

Hadiah untuk guru terkadang tak harus muluk atau mahal. Kamu dan teman-teman bisa menunjukkan rasa sayang dengan membelikan makanan atau buah kesukaan guru. Hadiah ini juga bisa menjadi simbol perhatian murid terhadap kesehatan guru yang mungkin saja kadang-kadang mengalami keletihan saat bekerja.

Salah satu jenis hadiah yang bisa kamu persembahkan adalah Parcel Buah Keranjang Oval S ini. Satu parcel terdiri dari buah apel merah USA, apel Fuji, pir Yaknli, pir hijau Australia, anggur, serta jeruk. Kamu bisa menyertai parcel buah dengan kartu ucapan dan hias secantik mungkin. Bisa dipesan di Tokopedia seharga Rp 100.000.

Kain

Sumber gambar bukalapak.com

Hadiah kali ini cocok bagi guru kalian yang modis. Ya, menjadi guru memang diharuskan memiliki penampilan yang rapi dan memberikan kesan profesional. Maka, tak heran jika para guru memperhatikan penampilan mereka sehari-hari. Jika kamu ragu untuk memberi hadiah pakaian, maka kamu bisa memberi kain sebagai alternatif kado yang berkesan.

Jangan pilih kain biasa, kamu bisa beralih pada kain bercorak etnik seperti Blanket Tenun Motif Lombok ini. Kain ini terbuat dari katun dengan ukuran 120 x 240 sentimeter. Bisa difungsikan sebagai selimut hingga dibuat menjadi pakaian, kain ini memiliki nuansa khas Indonesia yang eksotis. Pesan seharga Rp 99.900 di Bukalapak.

Jam Tangan

Sumber gambar blibli.com

Masa-masa sekolah jadi waktu yang tepat untuk belajar soal kedisplinan. Tidak hanya murid saja, para guru pun dituntut menjadi pribadi yang patuh terhadap waktu dan biasanya tepat disiplin. Untuk membantu guru maksimal dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya selama mengajar, kamu bisa memberi hadiah jam tangan.

Salah satu hadiah yang bisa kamu berikan adalah Fossil Original Boyfriend ES3616 Jam Tangan Wanita—Rose Gold Raisin. Jam tangan cantik ini ditunjang dengan water resistant 50 meter dan terbuat dari bahan stainless steel di bagian bodi serta dilengkapi strap kulit. Terdapat 3 chrono eyes di center dial serta tampilan jendela tanggal di posisi angka 4. Mesin jam ini menggunakan Japan Quartz movement.

Mengingat harganya yang tinggi yakni Rp 2.223.000 di Blibli, kamu bisa mengumpulkan iuran dari seluruh teman-teman untuk memberi kado ini. Tentunya akan jadi lebih berkesan dan tak kalah istimewa.

Mug atau Cangkir

Sumber gambar tokopedia.com

Tahukah kamu kalau masa-masa pengisian laporan siswa alias rapor bisa jadi hari-hari yang melelahkan bagi guru? Waktu pengisian ini memakan waktu serta konsentrasi tinggi agar tidak ada kesalahan nilai pada data siswa. Untuk menemani guru mengerjakan tugas-tugas seperti ini, kamu bisa memberikan cangkir atau mug yang dapat digunakan sebagai wadah minuman favorit mereka.

Agar terasa lebih personal dan istimewa, kamu bisa memberi mug unik seperti Gelas Mug Berbentuk Keyboard Wadah Snack Souvenir Peralatan Dapur Cup ini. Tidak hanya unik, hadiah ini juga fungsional dengan bentuk mangkuk kecil seperti tombol “Ctrl, ALT, DEL”. Bisa dipesan seharga Rp 23.500 di Tokopedia.

Bantal Custom

Sumber gambar shopee.co.id

Kamu bisa memberikan bantal untuk guru sebagai bentuk perhatian dan apresiasi atas kerja kerasnya. Ada berbagai ukuran bantal yang bisa kamu pilih, misalnya bantal duduk hingga bantal untuk tidur. Supaya tidak monoton, kamu bisa memberi bantal custom agar lebih istimewa.

Salah satu yang bisa dipilih adalah Bantal Custom Karakter Wanita Ibu/Guru/Boss//Kado Unik Bantal Printing//Bantal Sofa Nama ini. Bantal sudah termasuk bantal dakron dan sarung bantal yang terbuat dari bahan katun. Motif pesanan dicetak di salah satu sisi bagian depan dan polos di bagian belakang dengan dilengkapi ritsleting jepang. Bantal bisa dibeli dengan sistem pre order sekitar 8-10 hari seharga mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 110.000 di Shopee.

Lukisan Karikatur

Sumber gambar tokopedia.com

Saat ini banyak orang yang menyukai hadiah karikatur yang diaplikasikan pada beberapa benda. Mulai dari lukisan karikatur yang dilukis di kertas berukuran A4 seperti Kado Unik Guru Karikatur Soft File Ukuran A4-A3 dalam 1 Kertas Tema Bebas ini. Pemesanan ini melayani lukisan dalam bentuk cetak atau soft file yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dapat dipesan seharga Rp 45.000 di Bukalapak.

Media favorit lainnya yang sedang tren adalah talenan. Banyak talenan berbahan kayu yang saat ini bisa juga digunakan sebagai pemanis ruangan. Misalnya Talenan Lukis 1 Wajah Hadiah Karikatur Ilustrasi Kado Guru Ortu Unik ini. Lukisan diaplikasikan di atas talenan dan bisa dipesan dengan pengerjaan sekitar 3-5 hari. Untuk satu pesanan dibanderol seharga Rp 45.000 di Tokopedia.

Tempat Pensil

Sumber gambar www.bukalapak.com

Seorang guru umumnya akrab dengan alat tulis, baik buku atau pena. Untuk memudahkan penyimpanan pensil, pulpen, dan perangkat menulis lainnya, kamu bisa memberi hadiah seperti tempat pensil. Hadiah ini mungkin tidak mewah dan terkesan sederhana tapi fungsional dan tetap manis untuk diberikan.

Salah satu rekomendasi tempat pensil cantik adalah Kotak Pensil Gulung Bahan Kulit-Multi-Color ini. Bisa digunakan untuk menyimpan perkakas menulis bahkan juga gunting, tempat pensil ini praktis untuk dibawa ke mana saja dan tidak memakan banyak tempat di dalam tas. Terbuat dari bahan kulit, tempat pensil ini bisa dipesan dengan harga Rp 23.900 di Bukalapak.

Tas

Sumber gambar zalora.co.id

Selain tempat pensil, barang fungsional lain yang dibutuhkan guru adalah tas. Terlebih bagi guru wanita, umumnya memilih tas berukuran besar yang tidak hanya mampu menampung perlengkapan mengajar tapi juga kebutuhan lainnya. Menilik hal ini, tas yang stylish bisa jadi salah satu opsi hadiah manis di hari guru.

Kamu bisa membeli Quincy Label-Jessy Tote Bag Wanita-Hitam ini. Desainnya simpel sehingga cocok dibawa ke mana pun dengan kompartemen luas serta terbuat dari material kulit sintetis. Tas ini bisa dipesan seharga Rp 160.000 di Zalora.

Hiasan Ruangan

Sumber gambar tokopedia.com

Menyambut Hari Guru Nasional bisa kamu lakukan bersama teman-teman sekelas agar lebih kompak. Kamu bisa membersihkan seluruh ruangan dan cobalah untuk mendekorasinya agar suasana dan nuansa belajar jadi lebih ceria. Ada baiknya jika kamu tetap memilih konsep dekorasi yang sederhana dan tidak terlalu mencolok supaya tidak mengganggu kegiatan belajar. Pilih warna-warna manis yang dapat membantu konsentrasi belajar dan tentu saja, membuat guru lebih semangat mengajar.

Bagi kamu yang bersekolah di madrasah atau sekolah berbasis agama Islam, bisa memilih dekorasi seperti Hiasan Dinding-Shabby-Susun 6 Rukun Islam Model B ini. Selain mengingatkan seluruh penghuni kelas agar senantiasa mengingat tuntunan agama, hiasan cantik ini juga bisa jadi pemanis ruangan yang elegan.

Hiasan ini terbuat dari bahan MDF 9MM dilengkapi print ivory dengan laminasi doff. Masing-masing slot berukuran 30 x 7,8 sentimeter dan diperindah dengan berbagai motif, misalnya motif background bunga. Hiasan ini bisa diperoleh di Tokopedia dengan harga Rp 120.000.

Kolase Foto dan Video

Sumber gambar ikea.com

Sekolah tidak melulu identik dengan kegiatan belajar menegangkan dan melelahkan. Bahkan, ada kalanya sekolah juga menghadirkan kegiatan-kegiatan yang seru dan meriah. Tak jarang dari kamu yang tentu ingin mengabadikan momen ini, bukan? Foto-foto kenangan keakraban ini juga bisa jadi hadiah berkesan bagi guru agar beliau bisa tetap mengingat kamu dan teman-teman. Kamu bisa mencetak foto atau membuat kolase video.

Jika memberikan foto, tempatkan pada bingkai unik agar keseluruhan tampilannya jadi menarik. Salah satu bingkai yang bisa kamu gunakan adalah Vaxbo Collage Frame for 8 Photos yang berwarna putih ini. Terbuat dari bahan plastik ABS daur ulang di bagian bingkai, kertas karbon di panel belakang, serta plastik polikarbonat untuk pelindung depan, bingkai ini dibanderol seharga Rp 129.000 di situs Ikea Indonesia.

Untuk Sentuhan Terakhir yang Mengesankan, Berikan Kartu Ucapan pada Hadiahmu

Sumber gambar tokopedia.com

Mengungkapkan perasaan terima kasih dan kesan-kesan tentang guru mungkin sulit diucapkan secara lisan. Entah karena malu atau canggung, kadang-kadang ada murid yang tidak pandai menyampaikan perasaannya secara langsung. Jika kamu termasuk tipe seperti ini, kamu bisa coba menulis surat atau kartu ucapan.

Tuliskan hal-hal yang menurut kamu berkesan, hal-hal yang memotivasi serta bagaimana pendapatmu tentang guru yang dikirimi surat atau kartu ucapan. Jangan lupa untuk memberi beliau semangat dan motivasi agar terus semangat untuk mengajar. Curahkan perasaan secara jujur tanpa kesan klise dan berlebihan, ya.

Untuk mendukung agar tampilan surat tak monoton, kamu bisa menulisnya di Kartu Ucapan dengan Bunga Kering ini. Kartu ini berukuran A6 dengan hiasan bunga kering yang elegan di bagian depan kartu. Kamu bisa memesannya seharga Rp 17.500 di Tokopedia.

From our editorial team

Berikan Suvenir Terbaik Bagi Gurumu

Memberikan suvenir atau hadiah kepada guru akan menjadi momen yang mengesankan dan selalu diingat oleh kamu dan gurumu. Kamu bisa bersama-sama mengumpulkan uang bersama teman-teman untuk memberikan suvenir terbaik bagi gurumu tercinta. Meski jasanya tak kan pernah terbalas, namun memberikan kenang-kenangan yang mengesankan bagi gurumu pasti akan sangat berarti.