11 Inspirasi Hadiah Sederhana dan Bermanfaat untuk Orang Tua

11 Inspirasi Hadiah Sederhana dan Bermanfaat untuk Orang Tua

Membalas kasih sayang orang tua tentu diinginkan semua anak. Jika Anda ingin membalasnya dengan memberikan hadiah, BP-Guide punya rekomendasi hadiah orang tua yang bermanfaat dan menyenangkan untuk mereka. Inilah dia rekomendasinya.

Perjuangan orang tua yang telah mengasuh dan membesarkan putra-putrinya hingga dewasa kerap terbayang di benak. Ketika anak-anak sudah dewasa dan memiliki keluarga kecil sendiri, terlintas keinginan untuk membalas jasa orang tua.

Meski belum seberapa, setidaknya dengan selalu memberikan perhatian dan kasih sayang pada orang tua, kita dapat membahagiakan dan mengulaskan senyuman di wajah keduanya.

Cara yang paling simpel dan praktis adalah memberikan hadiah sederhana bagi orang tua. Entah saat hari jadi pernikahan mereka, ulang tahun, atau ketika hari ibu. Jangan bingung, berikut adalah inspirasi hadiah sederhana yang bisa diberikan kepada orang tua kita.

Wireless Speaker

Kado pertama yang bisa dipilih adalah wireless speaker. Kenapa? Karena kemungkinan tidak banyak hal yang dilakukan di rumah saat orang tua memasuki masa pensiun.

Mereka bisa bersantai sembari menikmati musik atau lagu favorit. Tidak perlu repot, karena wireless speaker tidak membutuhkan instalasi yang rumit. Hanya dikoneksikan melalui komputer atau smartphone saja dalam satu kali sentuh.

Selain mendengarkan musik, orang tua dapat mendengarkan ayat-ayat religi, musik religi, ceramah, khotbah dan sebagainya untuk lebih mendalami ilmu agama.

Sketsa Foto

Saat ini, ada seniman lukisan atau ilustrator jalanan yang bersedia menggambarkan wajah seseorang hanya dengan sekilas melihat foto. Gambar ini berupa sketsa atau coretan pensil di atas kertas yang sangat mirip. Anda bisa menemukannya di sekitar Kebun Raya Bogor atau pasar Blok M Square, Jakarta.

Anda cukup membawa foto orang tua, kemudian minta sang pelukis untuk menggambar wajah keduanya di atas kertas yang berukuran besar, misalnya 10 R. Bisa juga dibuat gaya karikatur yang lucu. Dalam waktu satu jam, biasanya sketsa foto sudah selesai dengan tarif antara Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu tergantung tingkat kesulitan dan ukurannya. Setelah itu, tempatkan lukisan ini dalam sebuah pigura yang manis.

Wish List

Hadiah yang paling berguna tentunya adalah memberikan apa yang benar-benar diinginkan orang tua. Terkadang orang tua tidak mau atau enggan mengutarakan keinginan mereka kepada anak–anaknya karena mungkin tidak ingin merepotkan.

Nah, untuk menyiasati hal ini, kita akan membuat semacam game yang secara tidak langsung membuat orang tua mengungkap rahasia keinginan mereka kepada anak-anaknya yang ingin dikabulkan.

Buat saja wish list yang diwujudkan dalam bentuk semacam kupon-kupon bikinan sendiri. Jadi, caranya cukup buat guntingan kertas warna-warni beberapa lembar. Lalu, minta ayah dan ibu untuk menuliskan keinginannya di atas kertas kupon tersebut. Biarkan ayah dan ibu memberikan kepada Anda setiap kali menginginkan sesuatu.

Kupon bisa diisi misalnya dengan keinginan memperbaiki dapur, jalan-jalan bersama, makan di restoran baru, dan sebagainya. Dengan cara ini akan lebih mudah mengetahui apa sebenarnya keinginan orang tua.

Jaket Sepasang

Bila umumnya bagi muda-mudi yang berpasangan ada jenis kaos couple, maka, untuk ayah dan ibu ada jaket couple. Jaket akan membuat mereka tetap nyaman dan hangat selama cuaca sedang dingin. Seperti diketahui, umumnya orang tua lebih mudah jatuh sakit ketika diterpa hawa yang kurang bersahabat.

Pilihkan desain jaket yang uniseks seperti sweater atau jaket kulit yang lebih universal. Jadi, meskipun ayah dan ibu memakai jaket couple, mereka akan tetap modis dan pantas.

Tiket Menonton Pertunjukan

Setiap bulan, pasti ada banyak agenda kegiatan di dalam kota. Misalnya seperti pertunjukan konser musik, menonton film, seminar, pameran, dan sebagainya. Di ibukota, Jakarta, biasanya pertunjukan teater dan musikal, juga kerap diselenggarakan seperti di Taman Ismail Marzuki, Ciputra Artpreneur, atau Taman Impian Jaya Ancol.

Bila orang tua masih ragu, mereka boleh mengajak serta cucu-cucu kesayangan atau saudara seperti keponakan, paman, dan bibi. Pasti, bila datang rame-rame acara menonton pertunjukan akan jadi lebih seru. Dan, orang tua akan merasa lebih aman dan nyaman bila ditemani oleh orang-orang terdekat saat mencoba hal-hal baru.

Tiket Liburan Berdua

Siapa sih yang tak mau liburan? Orang tua pasti juga senang jika dibelikan tiket berlibur berdua. Misalnya dengan naik kapal pesiar. Mereka bisa mengunjungi atau singgah di beberapa kota-kota populer di seluruh dunia tanpa takut tersesat karena masih berada di atas kapal.

Fasilitas di kapal juga tak jauh berbeda dengan fasilitas hotel bintang lima. Dijamin, orang tua akan merasa lebih nyaman dan memiliki liburan yang berkesan seumur hidup.

Bila tidak ingin liburan terlalu jauh ke luar negeri, bisa juga memesan tiket liburan di dalam negeri. Misalnya, Bali, Lombok, Nusa Tenggara Timur, dan sebagainya.

Dana Ibadah ke Tanah Suci

Bila beragama Islam, biasanya orang tua hanya menginginkan satu hal kepada anak-anaknya. Yaitu bisa beribadah haji atau umrah ke tanah suci. Sayangnya, karena berada di luar negeri, ongkos transportasinya cukup mahal. Bisa mencapai Rp 25 juta per orang.

Jangan bingung, untuk mewujudkan hal ini, Anda bisa menggunakan dana bersama atau patungan dengan saudara-saudara yang lain untuk mengumpulkan dana beribadah bagi orang tua ke tanah suci Mekkah.

Sandal Couple

Sumber gambar twitter.com

Sandal couple bisa diberikan untuk orang tua yang sering pergi ke masjid atau untuk beraktivitas sehari-hari di lingkungan tempat tinggal. Anda bisa memesan sandal couple yang diukir dengan inisial nama ayah atau ibu. Tambahkan pula kata-kata "I Love You" atau frasa lain yang menggelitik agar sandal tampak lebih menarik.

Orang tua setidaknya pasti akan tersenyum bangga melihat pemberian anak-anaknya setiap kali akan mengenakan sandal tersebut.

Kolase Foto Masa Bayi

Foto-foto di masa bayi adalah kenangan termanis yang tak akan terulang. Tanpa terasa, anak- anak mereka sudah menjadi dewasa dan berkeluarga. Tentu kadang orang tua merasa kehilangan dan rindu masa-masa itu kembali.

Ini saatnya untuk “mengembalikan” masa kenangan di waktu kecil dengan membuat kolase foto-foto Anda di masa kecil. Tempatkan dalam sebuah bingkai pigura yang indah, untuk dipajang di ruang kamar tidur atau ruang keluarga.

Memasak untuk Ayah dan Ibu

Untuk yang masih tinggal satu rumah atau mungkin sedang berkunjung ke rumah ayah dan ibu, hadiah sederhana yang bisa diberikan adalah memasakkan makanan favorit keluarga. Misalnya, lobster, kepiting, ayam goreng atau menu-menu lain yang biasanya menjadi kesukaan keluarga, terutama ayah dan ibu. Mereka pasti akan sangat menyukai hadiah sederhana yang sangat mengenyangkan itu.

Bantal Cetak Foto

Sumber gambar www.bagsoflove.co.uk

Hadiah sederhana yang satu ini cukup unik. Anda bisa memesan bantal foto dengan foto cucu-cucu, putra-putrinya, atau bahkan foto orang tua. Biasanya, ada penjual khusus yang menyediakan jasa pembuatan bantal cetak foto wajah. Umumnya, jasa bantal cetak foto ini ditawarkan secara online.

Nantinya, orang tua akan selalu mengingat wajah putra-putrinya ketika menjelang tidur dan meringankan beban rindu.

From our editorial team

Menjadi Anak yang Membanggakan Orang Tua

Orang tua akan merasa senang saat menerima pemberian dari anaknya. Mereka akan bertambah bahagia jika Anda sebagai anaknya bisa menjadi anak yang selalu memperhatikan mereka, berperilaku baik, dan bermanfaat bagi lingkungannya.

Tag