Inilah 30 Hadiah Ulang Tahun Pernikahan Untuk Orang Tua Yang Paling Pas dari Para Ahli Kado (2021)

Inilah 30 Hadiah Ulang Tahun Pernikahan Untuk Orang Tua Yang Paling Pas dari Para Ahli Kado (2021)

Hari ulang tahun pernikahan orang tua adalah salah satu hari yang paling spesial bagi mereka. Untuk memperingati momen spesial ini, kita bisa sedikit membalas budi atas pengorbanan mereka dengan memberikan kado yang istimewa untuk mereka. Simak artikel berikut!

Memberikan Hadiah Ulang Tahun Pernikahan untuk Orang tua yang Paling Tepat

Ayah dan ibu telah setia membesarkan dan merawat kita hingga kita tumbuh dewasa seperti sekarang ini. Kita dibesarkan dengan kasih sayang yang tidak berkesudahan dari kedua orang tua kita. Segala upaya mereka lakukan demi membahagiakan kita anak-anaknya.

Ayah dan ibu pula yang pertama kali mengajarkan kita akan cinta dan kasih sayang yang tulus tanpa mengharapkan imbalan. Sosok mereka menjadi panutan kita dalam menjalani hidup kita ke depannya. Setiap pengorbanan dan jasa mereka rasanya tidak bisa kita balas setimpal.

Untuk menghargai jasa mereka, kita bisa memberikan hadiah yang pas untuk ulang tahun pernikahan mereka. Mau tahu hadiah apa yang cocok? Tips berikut bisa menjadi inspirasi kita membeli hadiah ulang tahun untuk orang tua.

Tips Memberikan Hadiah Ulang Tahun Pernikahan untuk Orang tua

Orang tua mungkin saja mampu membeli sendiri kebutuhan mereka. Membeli segala hal yang mereka inginkan juga mungkin mereka lakukan. Namun dengan memberikan hadiah kita bisa menunjukkan perasaan kita yang sangat menyayangi mereka. Hadiah ulang tahun untuk orang tua ini menjadi simbol dari rasa cinta dan berbakti kita kepada orang tua.

Maka dari itu kita tidak boleh asal-asalan memilih kado untuk mereka. Kamu harus memberikan yang terbaik yang kamu bisa untuk mereka. Sebelum memilih, renungkan kembali apa saja yang mungkin diisyaratkan oleh orang tua kamu melalui percakapan kalian sepanjang tahun.

Apakah mereka menginginkan lebih banyak waktu bersama anak-anaknya? Atau, apakah mereka ingin sesuatu yang spesial untuk mereka berdua? Apa pun itu, pastikan hadiah yang dibeli atau diberikan sesuai dengan kemampuan kamu dan direncanakan terlebih dahulu.

Inspirasi Hadiah Ulang Tahun Pernikahan Orang Tua yang Bermanfaat

1. Sandal Refleksi untuk Kenyamanan saat Melangkah

Bagi beberapa orang tua, saat usia semakin lanjut biasanya semakin rentan untuk mengalami beberapa gejala kesehatan. Salah satunya seperti kaki yang lebih cepat terasa sakit saat berjalan jauh ataupun lebih mudah lelah saat terlalu lama berdiri.

Nah, kamu bisa memberikan hadiah Kozuii K-Walk Sandal Terapi Kesehatan yang punya banyak unggulan dan dapat mengatasi berbagai ketidaknyamanan bagi orang usia lanjut.

Adanya teknologi Cushion EVA yang empuk dapat meredam hentakan dan memberikan efek relaksasi pada titik akupuntur. Sangat direkomendasikan untuk digunakan secara rutin.

Harga Rp. 539.100-970.300

2. Akupuntur Laser Therapy Energy Pen agar Tubuh Lebih Bugar

Akupuntur Laser Therapy Energy Pen adalah pengobatan Traditional Chinese Medicine (TCM) tanpa menggunakan jarum akupuntur. Dengan mengadopsi prinsip fusion bioteknologi modern, alat terapi ini cocok digunakan mengembalikan keseimbangan tubuh.

Alat ini dilengkapi dengan dua mata (besar dan kecil). Cara pakainya cukup masukkan baterai, lalu tekan + atau - untuk mengatur kekuatan yang diinginkan.

Lalu tempelkan di titik akupuntur yang hendak diterapi (boleh ditambah massage cream), maka akan terasa gelombang listrik pelan untuk merangsang/menstimulasi titik akupuntur tersebut.

Harga Rp. 41.000-62.000

3. Lycra's Bantal Pijat Portable untuk Relaksasi Maksimal

Bantal pijat portabel ini bisa digunakan di mana saja, baik saat di rumah ataupun di mobil. Materialnya sangat lembut untuk kulit. Desainnya dibentuk seperti bantal yang memudahkan penggunaan seperti di leher, punggung, ataupun kaki.

Bantal pijat ini dapat dicharge dan memiliki karet penyangkut di bagian belakangnya jika akan digunakan di dalam mobil. Kecepatan pijatnya dapat disesuaikan dengan kenyamanan pengguna.

Harga Rp. 11.400-433.600

4. Alat Pijat Kaki yang Mengatasi Keluhan Penyakit

Manjakan kakimu dengan alat pijat kaki yang membantu meningkatkan kesehatan dan melancarkan sirkulasi darah. Alat ini menggunakan sistem kompresi dan rol yang membantu mengatasi segala keluhan penyakit.

Tidak hanya itu, alat ini dapat membantu orang tuamu untuk tidur lebih lelap. Yuk, segera hadiahkan alat pijat ini untuk kesehatan keduanya!

Harga Rp. 299.000

5. Alat Pijat Mata agar Aliran Darah Lebih Lancar

Berikan kenyamanan untuk mata orang tuamu dengan menggunakan alat pijat ini. Alat ini berfungsi untuk membuat aliran darah di sekitar mata lebih lancar.

Selain itu, mata dapat lebih rileks karena otot-otot di sekitar mata tidak lagi tegang. Jika digunakan secara rutin, alat ini membantu mengurangi rabun jauh atau myopia.

Harga Rp. 46.640-89.400

6. Cangkir Modern untuk Melengkapi Momen Santai

Menghabiskan banyak waktu berdua mungkin sudah menjadi rutinitas yang biasa bagi kedua orang tuamu. Berikan hadiah sepaket cangkir modern ini untuk menemani keduanya menikmati teh atau kopi di sore hari.

Paket cangkir ini berisi dua cangkir, dua piring kecil, dan dua sendok. Tersedia dalam pilihan warna abu-abu dan pink. Jangan khawatir, paket cantik ini sudah dilengkapi dengan gift box-nya, lho.

Harga Rp. 139.900-279.000

7. Piring Mangkuk Keramik dengan Desain Unik

Hadiah eksklusif ini semakin memukau karena desainnya yang tidak kalah cantik. Perlengkapan piring dan mangkuk keramik ini cocok untuk dijadikan hadiah di ulangtahun pernikahan orang tuamu.

Dalam satu paket terdiri dari mangkuk berukuran 1.5 cm x 6 cm yang dapat digunakan untuk sup atau nasi, dan piring bekukuran 20,8 cm x 4,5 cm.

Harga Rp. 99.900-699.000

8. Classic Chinese Pot Tea untuk Melengkapi Momen Ngeteh

Secangkir teh di pagi atau sore hari akan semakin spesial jika menggunakan teko teh yang estetik ini. Dirancang untuk melengkapi momen ngeteh agar semakin berkesan,

Dalam satu set ini berisi satu teko dan empat cangkir. Bahannya terbuat dari keramik dan tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti putih, hitam, tosca, dan pink.

Harga Rp. 88.000-158.000

9. Prasmanan Jasmine Serving Set agar Hidangan Tertata Rapi

Hadiah yang satu ini mungkin akan membuat ibumu semakin gembira. Yap, satu set tempat makanan untuk acara kumpul keluarga atau acara lainnya ini didesain dengan sangat cantik.

Ada dua jenis prasmanan jasmine set yang tersedia, yaitu yang berjulmah 8 pcs dan 16 pcs. Untuk set 16 pcs, kamu akan mendapatkan 4 sendok, 4 garpu, 4 piring, 4 mangkok, 1 wakul nasi, 1 round big bowl, 1 serving M, 1 serving L, 2 sendok sayur, dan 2 centong.

Harga Rp. 65.000-125.000

10. Toples Set untuk Wadah Camilan Favorit

Rumah orang tua adalah tempat berkumpul seluruh keluarga. Jadi, sudah tidak asing lagi jika orang tua biasanya menyediakan banyak makanan untuk anak-anak dan cucu-cucunya.

Nah, sebagai pelengkap, kamu bisa memberikan hadiah berupa satu set toples dengan pilihan warna yang keren seperti hijau, tosca, pink, dan kuning.

Toplesnya terbuat dari bahan polypropylene plastic berkualitas. Satu setnya berisi 4 buah container kotak dengan ukuran 12,5 x 12,5 x 15,5 cm lengkap dengan tutup. Dijamin awet dan tahan lama, deh.

Harga Rp. 36.900-72.000

11. Gardening Tools Set untuk Hobi Berkebun

Kegiatan berkebun bisa jadi pilihan tepat untuk kedua orang tuamu agar mereka tetap produktif. Kamu bisa mulai memberikan hadiah satu set alat berkebun yang terbuat dari bahan iron yang kuat dan tahan lama.

Dalam satu koper gardening tools ini, kamu akan mendapatkan 10 pcs peralatan yang terdiri dari 1 weeding knife, 1 pruning shears, 1 hedge shears, 1 small round shovel, 1 small sharp shovel, 1 big round shovel, 1 big sharp shovel, 1 small rake, 1 three tine rake, dan 1 spray bottle.

Harga Rp. 162.100-236.500

12. Chopper agar Memasak Nggak Perlu Ribet

Hadiah ulang tahun untuk orang tua selanjutnya yang bisa kamu berikan kepada ayah dan ibu adalah peralatan rumah tangga.

Kado ini cocok diberikan karena pasti sangat bermanfaat dan bisa digunakan sehari-hari. Kado tidak perlu mahal dan mewah karena yang terpenting adalah berguna bagi penerima kado.

Salah satu peralatan rumah tangga yang bermanfaat adalah chopper. Chopper dapat memudahkan ibumu mulai dari menghaluskan bumbu sampai daging.

Harga Rp. 199.000-229.000

13. Juicer Bisa Bikin Minuman Sehat dengan Mudah

Pola makan yang sehat dan bergizi tentunya sudah harus diterapkan oleh kedua orang tua yang sudah lanjut usia.

Yuk, lengkapi pengalaman menikmati minuman sehat dari buah-buahan dan sayur-sayuran dengan menggunakan Philips HR1811/71 Juicer 0.5L. Ini hadiah yang cocok untuk kedua orang tuamu.

Harga Rp. 667.000-699.000

14. Electric Grill untuk Barbeque Tanpa Ribet

Pemanggang elektrik ini bisa jadi hadiah yang bermanfaat, lho. Terbuat dari paduan logam dan ABS dengan daya listrik 1200 watt. Ukurannya 36 x 22 x ​9 cm yang cukup untuk memanggang daging bersama keluarga.

Permukaannya anti lengket yang dilengkapi dengan komponen elektronik berkualitas tinggi. Tabung pemanas aluminiumnya dapat mengontrol suhu sehingga lebih stabil dan tahan lama,

Harga Rp. 189.000-485.000

15. Oven Listrik Low Watt untuk Hobi Baking

Jika ibumu termasuk yang produktif dalam hal baking, pasti cocok banget memberikan hadiah oven listrik yang sangat praktis.

Oven listrik dari Sekai ini memiliki kapasitas 9 Liter dengan tegangan 220V / 50 Hz. Membutuhkan daya 400 Watt yang dilengkapi dengan berbagai fitur timer, temperatur, dan lainnya.

Harga Rp. 275.100-386.000

16. Alat Cukur Elektrik yang Helpful

Ini salah satu barang elektronik yang pastinya akan bermanfaat untuk ayahmu. Karena, lebih memudahkannya dalam mencukur kumis dan jenggot jadi lebih praktis.

Alat cukur elektrik dari Abeni ini membutuhkan daya 4 watt dengan tegangan 220 volt. Didesain dengan ukuran 11 x 8 x 19 cm dan terdiri dari 3 jenis pisaun yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga Rp. 82.000-95.000

17. Jam Tangan Couple agar Lebih Romantis

Merayakan hari ulang tahun pernikahan orang tuamu tidak ada salahnya jika memberikan barang-barang couple yang menawan.

Jam Tangan Couple dari Seiko ini bisa jadi pilihannya. Bergaya classic dengan warna silver dan biru membuat jam tangan ini semakin mewah saat dikenakan kedua orang tuamu.

Harga Rp. 3.757.000-3.993.800

18. Sofa Bed Minimalis untuk Percantik Ruang Tamu

Sofa bed cantik ini dari Livien ini cocok sebagai hadiah untuk kedua orang tuamu. Selain desainnya yang sangat minimallis, sofa ini pun dapat disesuaikan dengan suasana rumah.

Terbuat dari kayu solid mahony wooddan bagian kainnya menggunakan maveric fabric. Ukuran sofanya 93,5 × 91 × 80,5 cm, ukuran sofa dan armnya 104 × 91 × 80,5 cm, dan ukuran sofa full setnya 197.5 × 91 × 80,5 cm.

Harga Rp. 1.300.000-2.339.000

19. Kasur Springbed agar Tidur Lebih Lelap

Tidur dengan kualitas yang lelap dapat membuat produktivitas dari kedua orang tuamu lebih lancar, lho. Tidak ada salahnya menghadiahkan sebuah kasur springbed super nyaman untuk mereka.

Kasur springbed dari Uniland ini menggunakan bahan material terbaik serta dilengkapi plushtop yang ultra tebal dan mewah. Dalam satu paketnya terdiri dari matras Rivera Plushtop Paris ukuran 30 cm, dipan ukuran 22 cm + kaki ukuran 10 cm, dan sandaran ukuran 130 - 133 cm.

Harga Rp. 2.789.100-4.499.100

20. Sandal Mules: Simple dan Trendy untuk Berbagai Acara

Sandal mules ini memberikan kesan simpel dan elegan untuk berbagai usia, termasuk jika digunakan oleh ibumu. Terbuat dari material PU dan tersedia dalam berbagai warna seperti nude, black, brown, dan red wine.

Sandal Mules dari Urban&Co ini tersedia dalam ukuran 35-40. Sandal ini cocok untuk digunakan untuk acara formal ataupun non-formal. Apalagi heelsnya tidak terlalu tinggi. Ini jadi hadiah yang pas banget!

Harga Rp. 198.900-199.900

21. Sepatu Formal untuk Tampilan Lebih Keren

Sepatu formal ini sangat cocok untuk ayahmu, terutama jika datang ke acara-acara formal.

Sepatu dari Dr. Kevin ini terbuat dari kulit sintetis dengan model round toe dan haknya kurang lebih 3 cm. Tersedia dalam ukuran 39 sampai 43. Keren banget untuk tampil di acara-acara formal.

Harga Rp. 174.975-288.000

22. Tas Selempang Crossbody dengan Gaya Vintage

Lengkapi gaya fashion dengan tas selempang berbaga vintage ini. Terbuat dari bahan premium yang halus dengan ukuran 19,5 x 7 x 13 cm. Ada beberapa pilihan warna seperti hitam, kuning, coral, dan hijau.

Bisa dipadukan untuk outfit formal ataupun non formal. Cocok banget nih untuk tampilan yang super fashionable untuk ibumu. Yuk, segera pilih hadiah yang paling tepat!

Harga Rp. 89.900-144.000

23. Jaket Kulit untuk Lengkapi Outfit Trendy

Ayahmu termasuk yang hobi menggunakan motor? Nah, jaket kulit dari X Urband Absolute ini bisa jadi pilihan hadiah keren.

Terbuat dari bahan semi kulit vienna dan tersedia dalam tiga warna menarik seperti cokelat tan, hitam, dan navy. Kualitas kulitnya tebal dan kuat, serta tersedia dalam ukuran M sampai XL.

Harga Rp. 105.600-164.000

24. Frame Foto Keluarga untuk Dekorasi Rumah

Foto keluarga seringkali dipajang di ruang tamu rumah. Foto yang berisikan anggota keluarga secara lengkap bisa menjadi hiasan rumah yang dapat menghadirkan senyum di wajah kedua orang tuamu dan para tamu.

Memberikan foto keluarga yang dibingkai pigura cantik akan menjadi hadiah manis untuk ayah dan ibumu. Pilihlah foto terbaru keluargamu dan bingkaikan dengan pigura yang cantik. Kemudian kamu tinggal pajang di ruang tamu rumah.

Kini orang tuamu bisa selalu memandangi anak-anak kesayangannya dengan melihat foto keluarga tersebut. Sebelum membeli bingkai-bingkai dan memasangnya, pastikan dulu ada ruang untuk membingkainya di dinding.

Selain itu, carilah kesempatan untuk memasangnya saat orang tua kamu tidak berada di rumah sehingga bingkai-bingkai foto ini bisa menjadi kejutan yang indah saat mereka pulang rumah.

Harga Rp. 54.200-95.000

25. Batik Couple yang Elegan dan Modis

Ayah dan ibumu pasti sering pergi menghadiri suatu acara resmi atau kondangan kan? Nah, hadiah pakaian batik kembaran untuk ayah dan ibumu ini bisa menjadi hadiah ulang tahun untuk orang tua yang cocok.

Ketika mereka memakai baju yang modelnya sama saat pergi ke suatu acara maka mereka akan tampak serasi dan juga romantis. Karena bahannya dari kain batik maka mereka tidak akan terlihat norak tapi elegan dan mesra.

Sebelum membeli, jangan lupa untuk memastikan kalau baju batik yang dibeli sesuai dengan selera mereka berdua. Banyak pilihan batik keren yang bisa kamu hadiahkan untuk kedua orang tuamu, misalnya saja batik dari Danar Hadi, Batik Keris, Batik Semar, dan yang lainnya.

Harga Rp. 70.000-247.000

26. Lulus di Hari Pernikahan Orang Tua adalah Kado Terbaik

Buat kamu para mahasiswa, salah satu hadiah ulang tahun untuk orang tua yang terbaik untuk diberikan di hari ulang tahun pernikahan mereka ini adalah kelulusanmu dari perguruan tinggi. Setelah perjuangan mereka menyekolahkamu tentu mereka akan merasa sangat senang melihat kamu berhasil menuntaskan jenjang pendidikanmu.


Jerih payah mereka membanting tulang untuk membiayai pendidikanmu akan terbayarkan saat mereka melihat kamu lulus dan diwisuda. Melihatmu mendapatkan gelar sarjana akan menjadi pencapaian yang membanggakan bagi mereka. Mereka akan merasa bahwa kamu memiliki masa depan yang cerah dan tidak akan mengkhawatirkanmu lagi.

Untuk membuat hari spesial ini lebih berkesan, kamu bisa mencoba untuk membuat sebuah pidato mini yang ditujukan kepada orang tua kamu. Tentunya orang tua kamu akan merasa terharu mendengar ucapan syukur yang tulus dari kamu.

27. Movie Night untuk Menikmati Momen Kebersamaan

Melakukan marathon film bersama kedua orang tua juga bisa menjadi hadiah ulang tahun pernikahan yang seru. Kamu perlu menyiapkan beberapa film yang mereka sukai dan memasangnya agar kalian bisa menontonnya bersama-sama.

selain itu, kamu bisa membuat sendiri home theater dengan cara memproyeksikan film yang akan kamu tonton ke dinding rumahmu yang berwarna putih. Kemudian kamu bisa mematikan lampu ruangan tempat kalian menonton agar suasananya seperti sedang berada dalam bioskop. Dijamin akan terasa lebih seru.

Jangan lupa juga menyediakan cemilan menonton film seperti popcorn dan juga cola. Acara menonton bersama akan terasa semakin menyenangkan sambil menikmati cemilan tersebut. Malam itu pun akan menjadi malam terbaik bagi ayah dan ibumu.

Kalau misalnya orang tua kamu terbiasa tidur awal, mungkin kamu bisa memulai marathonnya lebih awal sehingga kamu bisa mengakhirinya lebih awal juga.

28. Jalan-jalan bersama Keluarga Besar agar Hubungan Terjalin Erat

Kalau kamu masih belum bisa meluangkan waktu untuk liburan bersama keluarga ke destinasi liburan yang jauh seperti luar kota atau luar negeri kamu tetap bisa kok menyenangkan mereka.

Kamu bisa mengajak sanak saudara dan kerabat-kerabat lainnya kamu untuk berkumpul bareng di hari yang spesial ini. Hanya dengan berjalan-jalan bareng atau berkumpul, dijamin orang tua kamu akan merasa bahagia karena bisa menghabiskan hari penting ini dengan keluarga besar mereka.

Supaya sukses, rencanakanlah jauh-jauh hari sebelumnya dan booking dulu sanak-sanak saudara kamu supaya mereka bisa menyisihkan waktu mereka untuk hari ini. Baca saja cerita sukses family gathering di bawah ini supaya kamu termotivasi untuk merencanakannya.

29. Memasak dan Makan Bersama: Momen Berharga yang Berkesan

Sehari-hari pasti kedua orang tuamu selalu disibukkan dengan kegiatannya masing-masing. Misalnya saja Ayahmu seharian sibuk bekerja dan pulang ke rumah dalam kondisi yang sudah kelelahan.

Atau Ibumu yang sibuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan juga merasa capek. Sekali-kali kamu bisa memanjakan mereka dengan melayani mereka secara penuh.

Di hari ulang tahun perkawinan ini kamu bisa menyuruh mereka untuk cuti agar bisa merayakannya bersama denganmu. Kamu bisa merayakannya dengan membuat acara makan malam bersama keluarga. Tentunya menunya adalah hasil masakan kamu sendiri agar terasa lebih istimewa. Sajikanlah menu yang merupakan kesukaan kedua orang tuamu.

Kalau mau, kamu juga bisa menutup acara makan malam dengan dessert yang juga merupakan buatanmu. Akan lebih pas lagi kalau makanan makanan tersebut dimasak menggunakan resep mama atau resep tradisional karena tentunya mereka lebih terbiasa dengan rasanya, betul?

30. Liburan Bersama: Cocok untuk Mengabadikan Momen Tak Terlupakan

Mengajak orang tuamu liburan ke suatu tempat bisa jadi hadiah yang penuh kesan. Kamu bisa bertanya kepada keduanya destinasi wisata yang ingin mereka datangi atau kamu bisa memilih sendiri tujuan wisata yang sesuai dengan selera kedua orang tuamu.

Kamu bisa memilih pantai, gunung, atau mungkin sekadar staycation di kota tempat orang tuamu tinggal. Jadikan momen kebersamaan ini sebagai keseruan yang berkesan dalam rangka merayakan hari ulang tahun pernihakan keduanya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga ini, ya!

Pesan-Pesan Terbaik yang Disampaikan kepada Orang tuamu

Pesan berupa kata-kata mutiara juga bisa mejadi hadiah yang spesial bagi ayah dan ibumu. Kata mutiara ini dapat menjadi salah satu ekspresimu untuk menyampaikan betapa kamu sangat mencintai mereka.

Melalui kata-kata mutiara ini kedua orang tuamu dapat merasakan kepedulianmu terhadap mereka. Mereka dapat merasakan bahwa kamu akan selalu ada untuk mereka di saat suka mau pun duka.

Beberapa contoh kata-kata mutiara yang bisa menjadi inspirasi kamu adalah :

  • "Ayah dan Bunda, semua yang kau lakukan untukku begitu tulus. Kasih sayangmu tak pernah kering. Aku takkan sanggup membalasnya. Hanya do’a yang bisa kupanjatkan. Semoga Tuhan membalas semuanya dengan yang terbaik."
  • "Ayah Bunda, walau cinta dan sayang yang kalian tunjukkan dengan cara berbeda, tapi kasih sayang dari kalian itulah yang telah melengkapi hidupku selama ini."
  • “Dear Mom and Dad, I am so much of what I learned from you. You’ll be with me like a handprint on my heart.”
  • "You both sacrificed many things in your life so that I wouldn’t have to sacrifice anything in mine. Thanks mommy and daddy."
From our editorial team

Happy Wedding Anniversary, Mom and Dad!

Hari ulang tahun pernikahan orang tua adalah hari di mana mereka berjanji untuk membangun bahtera keluarga bersama-sama. Oleh karena itu, kita sebagai anak yang telah hidup nyaman di dalam bahtera yang kokoh ini harus bersyukur kepada orang tua kita. Apabila kita ingin mengungkapkan rasa syukur melalui hadiah kecil, berikanlah secara tulus karena orang tua yang dihargai anaknya adalah orang tua yang bahagia.