Inilah 9+ Hadiah Ulang Tahun Pernikahan Untuk Orang Tua Yang Paling Pas

Inilah 9+ Hadiah Ulang Tahun Pernikahan Untuk Orang Tua Yang Paling Pas

Hari ulang tahun pernikahan orang tua adalah salah satu hari yang paling spesial bagi mereka. Untuk memperingati momen spesial ini, kita bisa sedikit membalas budi atas pengorbanan mereka dengan memberikan kado yang istimewa untuk mereka. Simak artikel berikut!

Memberikan hadiah ulang tahun pernikahan untuk orang tua yang paling tepat

Sumber gambar uk.pinterest.com

Ayah dan ibu telah setia membesarkan dan merawat kita hingga kita tumbuh dewasa seperti sekarang ini. Kita dibesarkan dengan kasih sayang yang tidak berkesudahan dari kedua orang tua kita. Segala upaya mereka lakukan demi membahagiakan kita anak-anaknya.

Ayah dan ibu pula yang pertama kali mengajarkan kita akan cinta dan kasih sayang yang tulus tanpa mengharapkan imbalan. Sosok mereka menjadi panutan kita dalam menjalani hidup kita ke depannya. Setiap pengorbanan dan jasa mereka rasanya tidak bisa kita balas setimpal. Untuk menghargai jasa mereka, kita bisa memberikan hadiah yang pas untuk ulang tahun pernikahan mereka. Mau tahu hadiah apa yang cocok? Tips berikut bisa menjadi inspirasi kita membeli hadiah ulang tahun untuk orang tua.

Tips memberikan hadiah ulang tahun pernikahan untuk orang tua

Orang tua mungkin saja mampu membeli sendiri kebutuhan mereka. Membeli segala hal yang mereka inginkan juga mungkin mereka lakukan. Namun dengan memberikan hadiah kita bisa menunjukkan perasaan kita yang sangat menyayangi mereka. Hadiah ulang tahun untuk orang tua ini menjadi simbol dari rasa cinta dan berbakti kita kepada orang tua.


Maka dari itu kita tidak boleh asal-asalan memilih kado untuk mereka. Kamu harus memberikan yang terbaik yang kamu bisa untuk mereka. Sebelum memilih, renungkan kembali apa saja yang mungkin diisyaratkan oleh orang tua kamu melalui percakapan kalian sepanjang tahun. Apakah mereka menginginkan lebih banyak waktu bersama anak-anaknya? Atau, apakah mereka ingin sesuatu yang spesial untuk mereka berdua? Apapun itu, pastikan hadiah yang dibeli atau diberikan sesuai dengan kemampuan kamu dan direncanakan terlebih dahulu.

Inilah 9 inspirasi hadiah ulang tahun pernikahan untuk orang tua

1. Liburan bersama kedua orang tua

Sumber gambar www.dailymail.co.uk

Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga tentu akan terasa sangat menyenangkan. Dengan berlibur bersama keluarga kita dapat melakukan berbagai kegiatan seru bersama-sama dan juga mengeksplor tempat liburan sampai puas. Segala hal yang dilakukan bersama orang tua pasti tidak akan terlupakan.

Kalau kamu sudah lama tidak melakukan liburan bersama keluarga maka sekarang adalah saat yang tepat untuk mengajak orang tua kamu berlibur ke destinasi yang seru. Kamu bisa mengajak mereka berlibur ke tempat yang mereka suka. Sebaiknya kamu memilih destinasi yang tidak hanya cocok untuk seumuranmu tapi juga untuk orang-orang seumuran ayah dan ibumu. Selain itu liburan juga bisa diisi dengan kegiatan yang santai saja agar orang tuamu merasa rileks dan bukannya kelelahan karena energinya terkuras. Pokoknya benar-benar memanjakan kedua orang tuamu bak raja dan ratu deh.

Ada beberapa destinasi yang bisa menjadi tempat liburan keluarga, misalnya Bali, Belitung, Malang, Solo, dan lain-lain. Paket liburan bersama keluarga untuk 3 hari 2 malam rata-rata menghabiskan sekitar Rp. 1.500.000 s/d Rp. 2.500.000 per orangnya.

2. Berikanlah batik couple untuk acara resmi

Sumber gambar bajubatikmodel.com

Ayah dan ibumu pasti sering pergi menghadiri suatu acara resmi atau kondangan kan? Nah hadiah pakaian batik kembaran untuk ayah dan ibumu ini bisa menjadi hadiah ulang tahun untuk orang tua yang cocok. Ketika mereka memakai baju yang modelnya sama saat pergi ke suatu acara maka mereka akan tampak serasi dan juga romantis. Karena bahannya dari kain batik maka mereka tidak akan terlihat norak, tapi elegan dan mesra. Sebelum membeli, jangan lupa untuk memastikan kalau baju batik yang dibeli sesuai dengan selera mereka berdua.

Banyak pilihan batik keren yang bisa kamu hadiahkan untuk kedua orang tuamu, misalnya saja batik dari Danar Hadi, Batik Keris, Batik Semar, dan yang lainnya. Rata-rata pakaian batik ini dijual dengan harga Rp. 165.000 s/d Rp. 3.500.000. Semuanya tergantung pada bahan dan juga model batiknya. Kamu bisa membeli sesuai dengan budget yang kamu miliki.

3. Berikanlah kejutan dengan membuat masakan favorit mereka di meja makan

Sumber gambar destinasian.co.id

Sehari-hari pasti kedua orang tuamu selalu disibukkan dengan kegiatannya masing-masing. Misalnya saja Ayahmu seharian sibuk bekerja dan pulang ke rumah dalam kondisi yang sudah kelelahan. Atau Ibumu yang sibuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan juga merasa capek. Sekali-kali kamu bisa memanjakan mereka dengan melayani mereka secara penuh.

Di hari ulang tahun perkawinan ini kamu bisa menyuruh mereka untuk cuti agar bisa merayakannya bersama denganmu. Kamu bisa merayakannya dengan membuat acara makan malam bersama keluarga. Tentunya menunya adalah hasil masakan kamu sendiri agar terasa lebih istimewa. Sajikanlah menu yang merupakan kesukaan kedua orangtuamu. Kalau mau, kamu juga bisa menutup acara makan malam dengan dessert yang juga merupakan buatanmu. Akan lebih pas lagi kalau makanan makanan tersebut dimasak menggunakan resep mama atau resep tradisional karena tentunya mereka lebih terbiasa dengan rasanya, betul?

Kejutan sederhana ini akan terasa lebih berkesan dan istimewa ketimbang sekadar memberikan hadiah berupa materi saja. Selain itu hadiah ulang tahun untuk orang tua ini juga tidak membutuhkan biaya yang banyak. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp. 50.000 - Rp. 500.000 untuk memasak menu makan malam spesial ini.

4. Foto keluarga besar dengan frame cantik

Sumber gambar www.pepperfry.com

Foto keluarga seringkali dipajang di ruang tamu rumah. Foto yang berisikan anggota keluarga secara lengkap bisa menjadi hiasan rumah yang dapat menghadirkan senyum di wajah kedua orang tuamu dan para tamu.

Memberikan foto keluarga yang dibingkai pigura cantik akan menjadi hadiah manis untuk ayah dan ibumu. Pilihlah foto terbaru keluargamu dan bingkaikan dengan pigura yang cantik. Kemudian kamu tinggal pajang di ruang tamu rumah. Kini orang tuamu bisa selalu memandangi anak-anak kesayangannya dengan melihat foto keluarga tersebut. Sebelum membeli bingkai-bingkai dan memasangnya, pastikan dulu ada ruang untuk membingkainya di dinding. Selain itu, carilah kesempatan untuk memasangnya saat orang tua kamu tidak berada di rumah sehingga bingkai-bingkai foto ini bisa menjadi kejutan yang indah saat mereka pulang rumah.

Mengenai harga, harganya bervariasi dan tergantung dari ukuran yang kamu mau. Ada banyak ukuran foto mulai dari 11R sampai A1. Harganya juga beragam mulai dari Rp. 25.000 sampai dari Rp. 100.000. Sementara untuk harga bingkai fotonya, ada yang harganya semurah Rp. 45.000 dan ada juga yang semahal Rp. 1.700.000. Coba saja kamu lihat di situs-situs belanja online seperti Amazon, Tokopedia, dsb. untuk mencari bingkai-bingkai foto yang paling pas buat kamu.

5. Lulus di hari pernikahan mereka adalah kado terbaik bagi kedua orang tuamu

Buat kamu para mahasiswa, salah satu hadiah ulang tahun untuk orang tua yang terbaik untuk diberikan di hari ulang tahun pernikahan mereka ini adalah kelulusanmu dari perguruan tinggi. Setelah perjuangan mereka menyekolahkamu tentu mereka akan merasa sangat senang melihat kamu berhasil menuntaskan jenjang pendidikanmu.


Jerih payah mereka membanting tulang untuk membiayai pendidikanmu akan terbayarkan saat mereka melihat kamu lulus dan diwisuda. Melihatmu mendapatkan gelar sarjana akan menjadi pencapaian yang membanggakan bagi mereka. Mereka akan merasa bahwa kamu memiliki masa depan yang cerah dan tidak akan mengkhawatirkanmu lagi. Untuk membuat hari spesial ini lebih berkesan, kamu bisa mencoba untuk membuat sebuah pidato mini yang ditujukan kepada orang tua kamu. Tentunya orang tua kamu akan merasa terharu mendengar ucapan syukur yang tulus dari kamu.

6. Jalan-jalan bersama keluarga besar

Sumber gambar www.huffingtonpost.co.uk

Kalau kamu masih belum bisa meluangkan waktu untuk liburan bersama keluarga ke destinasi liburan yang jauh seperti luar kota atau luar negeri kamu tetap bisa kok menyenangkan mereka. Kamu bisa mengajak sanak saudara dan kerabat-kerabat lainnya kamu untuk berkumpul bareng di hari yang spesial ini. Hanya dengan berjalan-jalan bareng atau berkumpul, dijamin orang tua kamu akan merasa bahagia karena bisa menghabiskan hari penting ini dengan keluarga besar mereka. Supaya sukses, rencanakanlah jauh-jauh hari sebelumnya dan booking dulu sanak-sanak saudara kamu supaya mereka bisa menyisihkan waktu mereka untuk hari ini. Baca saja cerita sukses family gathering di bawah ini supaya kamu termotivasi untuk merencanakannya.

Kumpul-kumpul keluarga terbesar di dunia

7. Peralatan rumah tangga bisa menjadi hadiah yang menarik

Hadiah ulang tahun untuk orang tua selanjutnya yang bisa kamu berikan kepada ayah dan ibu adalah peralatan rumah tangga. Kado ini cocok diberikan karena pasti sangat bermanfaat dan bisa digunakan sehari-hari. Kado tidak perlu mahal dan mewah karena yang terpenting adalah berguna bagi penerima kado.

Untuk ayah kamu bisa memberikannya perlengkapan perkakas rumah seperti paku, palu, kunci inggris, dan dongkrak. Peralatan ini bisa ayahmu gunakan saat ada bagian rumah yang perlu diperbaiki. Atau, kalau ayah deman mendengarkan musik, kamu bisa membelinya speaker berkualitas supaya pengalaman mendengarkan musiknya semakin mantap. Sementara untuk ibu kamu bisa menghadiahkannya perlengkapan memasak seperti panci dan wajan dengan desain yang unik dan cantik. Dengan demikian ibumu jadi senang memasakkan menu yang enak untuk keluargamu. Yang paling penting, pastikan yang kamu beli dibutuhkan dan sesuai dengan kebiasaan orang tua kamu.

8. Manjakan kedua orang tua dengan movie night

Melakukan marathon film bersama kedua orang tua juga bisa menjadi hadiah ulang tahun pernikahan yang seru. Kamu perlu menyiapkan beberapa film yang mereka sukai dan memasangnya agar kalian bisa menontonnya bersama-sama.

selain itu, kamu bisa membuat sendiri home theater dengan cara memproyeksikan film yang akan kamu tonton ke dinding rumahmu yang berwarna putih. Kemudian kamu bisa mematikan lampu ruangan tempat kalian menonton agar suasananya seperti sedang berada dalam bioskop. Dijamin akan terasa lebih seru.

Jangan lupa juga menyediakan cemilan menonton film seperti popcorn dan juga cola. Acara menonton bersama akan terasa semakin menyenangkan sambil menikmati cemilan tersebut. Malam itu pun akan menjadi malam terbaik bagi ayah dan ibumu. Kalau misalnya orang tua kamu terbiasa tidur awal, mungkin kamu bisa memulai marathonnya lebih awal sehingga kamu bisa mengakhirinya lebih awal juga.

9. Ucapan terima kasih penuh cinta kepada kedua orang tua kamu

Hadiah terbaik yang bisa kamu berikan kepada kedua orang tuamu di hari ulang tahun pernikahan mereka adalah dengan mengucapkan terima kasih yang penuh ungkapan cinta pada mereka. Ucapan terima kasih yang disampaikan dengan tulus pasti akan membuat ayah dan ibumu merasa terharu. Ucapan ini jauh terasa lebih spesial dibandingkan hanya kado berupa materi saja.

Ada kalanya kamu perlu mengungkapkan apa yang kamu rasakan kepada ayah dan ibumu agar mereka tahu apa yang sebenarnya kamu rasakan. Kalau kamu merasa malu untuk menyampaikannya secara langsung kamu bisa memberikan surat yang berisi ungkapan cinta dan terima kasihmu terhadap apa yang selama ini telah mereka lakukan untukmu.

Pesan pesan terbaik yang disampaikan kepada orang tuamu

Sumber gambar peotonepto.blogspot.sg

Pesan berupa kata-kata mutiara juga bisa mejadi hadiah yang spesial bagi ayah dan ibumu. Kata mutiara ini dapat menjadi salah satu ekspresimu untuk menyampaikan betapa kamu sangat mencintai mereka. Melalui kata-kata mutiara ini kedua orang tuamu dapat merasakan kepedulianmu terhadap mereka. Mereka dapat merasakan bahwa kamu akan selalu ada untuk mereka di saat suka mau pun duka.

Beberapa contoh kata-kata mutiara yang bisa menjadi inspirasi kamu adalah :

  • "Ayah dan Bunda, semua yang kau lakukan untukku begitu tulus. Kasih sayangmu tak pernah kering. Aku takkan sanggup membalasnya. Hanya do’a yang bisa kupanjatkan. Semoga Tuhan membalas semuanya dengan yang terbaik."
  • "Ayah Bunda, walau cinta dan sayang yang kalian tunjukkan dengan cara berbeda, tapi kasih sayang dari kalian itulah yang telah melengkapi hidupku selama ini."
  • “Dear Mom and Dad, I am so much of what I learned from you. You’ll be with me like a handprint on my heart.”
  • "You both sacrificed many things in your life so that I wouldn’t have to sacrifice anything in mine. Thanks mommy and daddy."
From our editorial team

Happy wedding anniversary, Mom and Dad!

Hari ulang tahun pernikahan orang tua adalah hari di mana mereka berjanji untuk membangun bahtera keluarga bersama-sama. Oleh karena itu, kita sebagai anak yang telah hidup nyaman di dalam bahtera yang kokoh ini harus bersyukur kepada orang tua kita. Apabila kita ingin mengungkapkan rasa syukur melalui hadiah kecil, berikanlah secara tulus karena orang tua yang dihargai anaknya adalah orang tua yang bahagia.