10 Pilihan Gadget Khusus Anak yang Bermanfaat Buat Mengedukasi Anak

10 Pilihan Gadget Khusus Anak yang Bermanfaat Buat Mengedukasi Anak

Saat ini tak mungkin rasanya kita memisahkan gadget dari anak-anak. Karena mereka sudah terpapar teknologi satu ini semenjak kecil. Tapi bukan berarti kita tak bisa mengatur agar anak dapat manfaat positif dari gadget. Caranya adalah Anda selalu melakukan pengawasan atau Anda bisa memberikan anak-anak Anda pilihan gadget yang memang sesuai dengan usianya dan punya manfaat. Gadget khusus anak seperti apa saja yang punya manfaat? Simak selengkapnya di sini.

Gadget Punya Fungsi Positif, Sebagai Sarana Bermain dan Belajar Anak

Sumber gambar linio.com.co

Di era teknologi seperti ini, mustahil rasanya jika anak tidak mengenal gadget. Meski gadget dianggap memberikan pengaruh buruk bagi anak, nyatanya orang tua tidak bisa sepenuhnya menghindarkan anak dari gadget. Jika diawasi dan dikontrol dengan tepat, keberadaan gadget justru bisa memberikan efek yang positif bagi tumbuh kembang anak, misalnya adalah sebagai sarana pembelajaran.

Manfaat Gadget Untuk Anak

Menunjang Pengetahuan

Sumber gambar Techcrates

Agar anak tidak menjadi ketergantungan terhadap gadget, peran orang tua memang diperlukan. Gadget bisa menjadi sarana pembelajaran yang positif sekaligus membantu ibu menjawab pertanyaan anak seperti mengapa hujan turun atau mengapa air laut berwarna biru. Melalui visualisasi yang ditampilkan melalui gadget, pemahaman anak akan semakin meningkat. Tumbuh kembangnya pun menjadi semakin optimal dengan kekayaan pengetahuan yang ia miliki.

Mempersiapkan Anak Menghadapi Dunia Digital

Sumber gambar Tynker.com

Perkembangan teknologi terjadi dengan begitu pesat di era ini. Anak juga perlu dipersiapkan untuk menghadapi dunia digital sejak dini. Memperkenalkan anak pada gadget adalah salah satunya. Dengan demikian anak tidak akan tertinggal dengan zamannya. Namun penggunaan gadget pada anak memang harus diawasi dengan ketat agar tidak menjadi ketergantungan yang membuat anak menjadi malas beraktivitas.

Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar

Sumber gambar DailyMail

Siapa bilang gadget hanya bisa memberi pengaruh buruk bagi anak? Gadget juga bisa mendukung pertumbuhan anak seperti meningkatkan daya imajinasi, membantu pendengaran, memperkenalkan anak pada kosa kata baru, dan melatih anak berbicara. Jika anak sudah mulai masuk usia sekolah, penggunaan gadget memudahkan anak untuk memahami pelajaran dan menyelesaikan tugas sekolah.

Gadget Terbaik Untuk Anak di Tahun 2018

Razor Hovertrax 2.0

Sumber gambar Razor

Anak usia 8 tahun ke atas pasti sedang aktif mengeksplorasi kegiatan yang menguras fisik dan tenaga. Hovertrax 2.0 dapat menjadi sarana bermain sekaligus belajar bagi anak. Scooter canggih ini dilengkapi teknologi EverBalance terbaru, lebih aman dan nyaman untuk dinaiki anak.

Fitur penunjang pada permainan ini antara lain ban karet dengan roda hub dari aluminium, platform kaki anti slip, perlindungan bumper fender, serta indikator LED yang menunjukkan daya baterai. Dapatkan permainan menarik ini dengan harga Rp 6,8 juta di website resmi Razor.

The VTech Touch and Learn Activity Desk

Sumber gambar Amazon

The VTech Touch and Learn Activity Desk adalah mainan edukasi bagi anak yang sangat menyenangkan. Meja belajar dilengkapi dengan papan tulis dan kuda-kuda yang interaktif. Cocok untuk anak yang masih beelajar menulis atau mengenal benda-benda. Ada mode musik, mode baca, dan mode tulis, hingga pelacak waktu yang merekan kegiatan apa saja yang telah dilakukan anak seharian. Mainan ini bisa dibeli di Amazon dengan harga Rp 700 ribu saja.

Air Hogs - Helix X4 Video Quad Copter

Sumber gambar Amazon

Latih kreativitas melalui cara yang menyenangkan. Air Hogs - Helix X4 Video Quad Copter adalah mainan yang cocok menemani anak untuk bermain di luar ruangan. Permainan ini dilengkapi fitur roll barrel, back flips, hingga flips mencapai 180 derajat hanya dengan satu remote control.

Anak bisa belajar menjadi pilot yang handal dengan manuver pesawat yang ringan, cepat, dan seimbang. Daya baterai dapat diisi ulang dengan mudah menggunakan kabel USB. Dapatkan permainan canggih ini di Amazon dengan harga Rp 1,26 juta.

4M Tin Can Robot

Sumber gambar Toy's Kingdom

Kembangkan daya imajinasi dan kreativitas anak dengan 4M Tin Can Robot. Logam-logam kecil yang dirangkai menjadi satu, membentuk robot yang bisa berjalan, dengan mata dan badan yang bergoyang-goyang. Mainan ini cocok untuk anak usia 8 tahun ke atas. Biarkan anak berkreasi membuat mainannya sendiri. Dapatkan produk ini di Toys Kingdom dengan harga Rp 289 ribu.

Dragon Touch Y88X

Sumber gambar AliExpress

Tablet khusus untuk anak Dragon Touch Y88X bisa membantu anak belajar sekaligus bermain. Terdapat buku audio dan aplikasi permainan edukasi bawaan di tablet. Orang tua dapat mengontrol aktivitas anak dengan membatasi jenis aplikasi yang bisa diakses.

Layar khusus dengan lebar sudut 178 derajat membantu melindungi penglihatan anak. Dilengkapi dengan dudukan sehingga anak tidak perlu capek memegang tablet serta bisa menikmati tontonan dengan lebih santai. Tablet ini didukung dengan RAM 1 GB, memori internal 8 GB, dan slot microSD hingga 32 GB. Dapatkan produk ini di Ali Express dengan harga Rp 1,1 juta.

Puro Sound Labs BT2200

Sumber gambar WeShop

Puro Sound Labs BT2200, headphone bluetooh canggih khusus untuk anak-anak yang menawarkan kualitas dan kenyamanan saat memakainya. Batas volume headphone relatif aman untuk anak, yakni hanya 85 dB saja. Awet digunakan karena terbuat dari rangka aluminium yang ringan, aman, dan nyaman digunakan.

Baterai headphone mampu bertahan hingga 22 jam pemakaian dan 200 jam posisi stand by. Anak-anak mulai usia 2 hingga 13 tahun dapat menggunakan headphone ini. Dapatkan hanya di Weshop dengan harga Rp 1,1 juta.

Nintendo Switch

Sumber gambar Blibli

Game konsol Nintendo hadir dengan produk terbaru Nintendo Switch yang dapat dimainkan di mana saja. Tidak harus duduk di depan TV untuk memainkannya. Anak tetapi bisa bermain meski sedang dalam perjalanan atau sedang di luar rumah. Dengan lebar yang hanya 4 inci dan panjang 9.4 inci, mainan ini praktis dibawa bepergian. Untuk tampilan lebih lega, sambungkan dengan layar TV saat dimainkan di rumah. Dapatkan Nintendo Switch dengan harga Rp 4.592.000 di Blibli.

VTech Kidizoom DX2

Sumber gambar WeShop

VTech Kidizoom DX2 adalah smartwatch untuk anak dengan berbagai fitur unggulan seperti mengambil gambar, bermain game, dan melihat waktu. Hadir dengan desain yang stylish, sangat cocok sebagai media pembelajaran anak. Smartwatch ini juga dilengkapi game kesukaan anak-anak seperti Monster Catcher yang berbasis augmented reality menggunakan kamera. Smartwatch ini dijual di Weshop dengan harga Rp 660 ribu.

VTech Kidizoom DUO camera

Sumber gambar Tokopedia

Jika anak suka mengambil gambar dengan kamera, VTech Kidizoom DUO camera bisa menjadi gadget yang tepat untuknya. Foto dapat diambil dengan beragam template menarik untuk anak, serta dilengkapi perekam suara, video, permainan bawaan, serta hiburan lain bagi anak. Kamera dapat dioperasikan dengan 4 buah baterai AA. Tersedia pula slot microSD untuk menambah kapasitas memori. Produk ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 925 ribu.

Wonder Workshop Dash Robot

Sumber gambar Amazon

Wonder Workshop Dash Robot adalah mainan yang bisa "dihidupkan" di dunia nyata melalui aplikasi yang dapat diunduh di smartphone. Robot Dash dapat diprogram untuk bergerak, menyala, bersuara, menari, hingga bereaksi melalui aplikasi tersebut. Robot ini dapat dimainkan bersama dengan Lego. Daya robot dapat diisi ulang melalui kabel USB. Dapatkan mainan keren ini di Amazon dengan harga Rp 7,5 juta.

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Ingatkan Anak Anda Untuk Rehat Di Saat Menggunakan Gadget

Meskipun gadget punya banyak manfaat positif, terutama bagi anak. Gadget juga bisa berbahaya apabila digunakan terlalu lama. Bisa mengakibatkan cedera di fisik, seperti di leher atau tulang belakang. Untuk anak-anak yang masih bertumbuh, aktivitas yang penuh gerak bisa bermanfaat bagi mereka, karena itu jika anak Anda sudah terlalu lama menggunakan gadget, ingatkan dia untuk jeda dan bermain di luar ruangan sejenak. Ingatkan dia untuk bergerak dan menghabiskan waktu dengan teman-teman sebayanya.