Di Tahun 2018, Inilah 10 Kado Terbaik yang Bisa Kamu Berikan untuk Ayah Tercinta

Di Tahun 2018, Inilah 10 Kado Terbaik yang Bisa Kamu Berikan untuk Ayah Tercinta

Sudahkah kamu menunjukkan rasa sayang dan terima kasihmu melalui sebuah kado? Kalau belum, selain hari ulang tahunnya, sekarang adalah saat yang tepat untuk menyatakan cintamu kepada ayah.

Kado untuk Pria Terpenting Dalam Hidup Kita

Ayah adalah sosok pelindung dalam keluarga. Ayah selalu siap menjaga dan menjauhkan anak-anaknya dari segala hal buruk. Ayah selalu tersenyum dan berusaha menyenangkan kita. Walau Ayah sedang menghadapi berbagai masalah tapi ayah selalu berusaha terlihat kuat dan tegar. Ayah tidak pernah menunjukkan kelemahannya agar anak-anaknya tidak khawatir. Segala upaya dan jerih payahnya membesarkan kita tidak akan pernah bisa kita balas.

Meskipun ayah mungkin tidak mengharapkan hadiah darimu namun kejutan kecil akan sangat menyenangkan hatinya. Dengan memberikannya hadiah, ayah akan merasa sungguh bahagia. Oleh karena itu, yuk kita mulai menyisihkan sebagian uang jajan kita untuk membelikan kado untuk ayah tersayang.

Tips Memilih Kado untuk Ayah

Ayah kamu orangnya seperti apa sih? Penting lho untuk memberikan kado yang sesuai dengan kepribadian ayah kamu. Kalau kamu memberikan hadiah yang tidak cocok nanti ayah kamu akan merasa tidak nyaman untuk menggunakannya. Atau malah jadi ayah kamu tidak akan memakainya karena tidak mengerti. Misalnya saja ayah kamu termasuk orang yang agak gaptek, terus kamu kasih smartphone keluaran terbaru, pasti ayah kamu akan kebingungan kan?

Sebenarnya ada beberapa tipe ayah pada umumnya. Misalnya ayah yang gadget freak pasti akan selalu update mengenai gadget terbaru dan selalu aktif menggunakan internet. Ayah tipe ini selalu tahu berita-berita terbaru yang sedang ramai dibicarakan di dunia maya. Atau ada juga ayah yang sangat stylish dan fashionable serta selalu mengikuti gaya yang sedang ngetrend. Ayah tipe ini pasti nyambung ngobrol dengan teman-temanmu sampai-sampai temanmu memanggilnya ayah gaul.

Nah kalo tipe yang berikutnya ini kebalikannya dari ayah gaul, yaitu ayah jadul. Kalau ayah jadul sudah pasti tidak akrab dengan yang namanya gadget dan penampilannya pun biasa-biasa saja, sederhana hanya menggunakan kaos oblong dan sarung saja. Buat ayah jadul gaya itu kurang penting, nomor satu itu adalah kenyamanan. Ckck, walau begitu kamu tetap sayang ayahmu kan? Dan yang terakhir yaitu ayah tipe pebisnis. Kalau ayahmu tipe yang ini pasti kamu sudah terbiasa melihatnya sibuk dengan berbagai meeting dan percakapan serius di telepon. Belum lagi penampilannya yang klimis dan selalu terlihat profesional.

Ternyata banyak ya tipe-tipe ayah? Karena itu kamu harus benar-benar pintar menyesuaikan kado untuk ayah dengan kepribadiannya.

10 Ide Kado Keren untuk Ayah Tercinta

Nah, setelah tahu ayahmu termasuk tipe yang mana, kamu sudah bisa membayangkan hadiah seperti apa kan untuk ayah? Kalau kamu masih merasa bingung, tenang saja. Kamu bisa membaca rekomendasi kado untuk ayah berikut ini.

1. Kacamata Keren

Untuk ayah gaul yang selalu mau tampil kece, hadiah ini pasti cocok sekali. Wajah ayah yang sudah ganteng akan makin ganteng saat memakai kacamata yang keren apalagi kalau ayahmu suka melakukan aktivitas di luar ruangan. Kacamata keren ini akan melindungi mata ayahmu dari sinar matahari yang silau.

Banyak jenis dan model kacamata yang bisa kamu pilih, tapi pastikan frame kacamata sesuai dengan bentuk wajah ayahmu ya biar Ayah tampak semakin oke.

Kamu bisa memberikan kacamata Warby Parker yang berkisar antara Rp 1.200.000 - Rp 1.800.000 atau kacamata Ray-Ban seharga Rp 900.000 sampai Rp 6.300.000. Kalau ingin kacamata yang lebih murah tapi tetap kece, ada kacamata Dunhill yang berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 1.300.000.

2. Jam Tangan

Jam tangan merupakan aksesoris andalan yang banyak dikenakan oleh kaum pria. Selain sebagai penunjuk waktu jam tangan juga akan membuat seorang pria terlihat lebih berwibawa dan berkharisma.

Dengan memberikan hadiah jam tangan kamu akan turut membantu ayahmu tampil semakin keren. Tidak hanya itu, kini setiap ayahmu melihat jam dia juga akan teringat akan anak tersayangnya. Tapi, jangan lupa untuk memastikan kalau jam tangan yang kamu pilih sesuai dengan selera ayahmu.

Sebagai pertimbangan, kamu bisa mencoba melihat jam tangan dari Alexandre Christie seharga Rp 590.000 sampai Rp 4.500.000. Ada juga jam tangan Casio Edifice yang harganya sekitar Rp 429.000 sampai Rp 12.000.000. Tentukan saja berdasarkan budget kamu.

Supaya jam tangan unik dan berbeda kamu bisa memberikan ayah jam tangan yang terbuat dari kayu. Tampilan yang unik dengan tekstur serat-serat kayu akan membuat jam tangan Ayahmu berbeda dari jam tangan biasa lainnya. Ayahmu pun akan bangga memamerkan hadiah pemberianmu. Jam tangan kayu dilansir sekitar Rp 200.000 sampai Rp 2.100.000. Untuk pilihan modelnya, kamu bisa lihat di artikel Qlapa yang berikut.

3. Electric shaver set

Mencukur pasti sudah menjadi kegiatan sehari-hari yang dilakukan ayah di pagi hari sebelum berangkat kerja. Terkadang kegiatan mencukur ini menghabiskan waktu dan merepotkan, bahkan bisa membuat ayah kamu telat bekerja. Nah, supaya ayah tidak perlu lagi kerepotan mencukur, kamu bisa memberikan set perlengkapan alat cukur elektrik sebagai kado untuk ayah. Selain praktis, alat cukur elektronik bisa digunakan untuk jangka waktu yang sangat panjang sehingga ayah tidak usah repot-repot mengganti alat cukurnya. Berikan juga foam dan cooling aftershave dengan aroma yang harum agar wajah ayahmu semakin mulus dan halus.

Kalau kamu bingung mau beli apa, kamu bisa mempertimbangkan alat cukur elektrik merek Phillips dengan jangkauan harga Rp 175.000 sampai Rp 700.000 plus aftershave yang harum dengan harga Rp 100.000 ke atas.

4. Pakaian Kerja

Pakaian kerja juga bisa menjadi pilihanmu sebagai kado untuk ayah. Hadiah ini bisa ayahmu kenakan saat pergi ke kantor. Penampilan yang rapi akan menambah profesionalitas ayahmu. Karena itu, pilih model pakaian yang bagus ya. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan ukuran baju ayah dengan ibumu kalau kamu kurang tahu tentang ukuran bajunya. Kamu juga bisa memberikan ayah model pakaian kerja yang custom-made kalau mau terlihat tidak pasaran.

Bukan hanya baju dan celana, kamu juga bisa memberikan dasi atau sepatu kerja. Pilih model sepatu yang nyaman digunakan di dalam mau pun luar ruangan agar ayah bisa leluasa bergerak. Pastikan juga sepatu terbuat dari bahan kulit yang berkualitas sehingga tahan lama dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

Untuk referensi, pakaian kerja Stanley Adams biasanya dijual dengan harga Rp 135.000 - Rp 200.000, sementara celananya berkisar antara Rp 90.000 - Rp 250.000 saja. Kemeja dari The Executive dibanderol Rp 150.000 - Rp 400.000 dan celananya Rp 150.000- Rp 350.000. Untuk dasi, kamu bisa mendapatkan dasi berkualitas dengan budget Rp 75.000 ke atas dan untuk sepatu, Rp 800.000 ke atas.

5. Juicer

Ayah kamu sangat peduli pada kesehatan dan gemar olahraga? Juicer bisa menjadi hadiah yang tepat untuk ayahmu. Dengan memberikan juicer ayah kamu bisa dengan mudah menikmati jus segar sebagai sarapan di pagi hari. Tidak perlu stres saat ibu keluar kota!

Vitamin yang berasal dari jus segar tersebut akan membuat ayah kamu lebih berenergi untuk melakukan aktivitasnya seharian. Selain itu, ayah kamu pun lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Sebagai anak, tentunya kita berharap kalau ayah kita bisa panjang umur dan tetap sehat.

Ada berbagai merek juicer yang bisa kamu beli, misalnya Phillips, Cosmos, Miyako, dan lain-lain. Tergantung kualitas juicernya, kamu bisa mendapatkannya mulai dari Rp 125.000 - Rp 4.000.000. Sesuaikan aja dengan budget yang kamu pasang!

6. Coffee Maker

Minum kopi di pagi hari adalah rutinitas yang menyenangkan dilakukan untuk memulai hari. Untuk ayahmu yang suka kopi maka hadiah coffee maker pasti akan membuatnya bahagia. Coffee maker bisa membuat kopi dalam waktu singkat sehingga Ayah kamu bisa menikmati kopi lebih cepat.

Coffe maker bisa membuat kopi yang lebih enak dibandingkan kopi instan karena kamu bisa mengatur tingkat kepekatan kopi sesuai dengan yang diinginkan. Tinggal mengatur takaran bubuk atau biji kopi yang dimasukkan. Dan jangan lupa, karena dibuat sendiri dari biji kopi tentunya kopi yang dihasilkan akan bebas dari pengawet dan pemanis buatan. Selain lebih nikmat lebih sehat juga kan?

Kamu bisa membeli coffee maker pilihan kamu di situs-situs belanja online atau di Ace Hardware terdekat dengan biaya sekecil Rp 130.000. Sounds like a plan?

7. Parfum

Parfum sangat penting untuk dipakai agar tubuh tetap wangi sepanjang hari. Kalau kamu memberikan parfum untuk ayahmu maka dia akan selalu harum dan segar. Parfum ini juga bisa dipakai setiap hari jadi cocok untuk dijadikan kado.

Parfum juga perlu disesuaikan dengan selera dan kepribadian ayahmu. Kalau ayahmu suka mempunyai banyak kegiatan outdoor maka parfum beraroma segar seperti citrus cocok untuknya. Sedangkan untuk ayah yang lebih banyak berada di dalam ruangan maka cocok diberikan parfum dengan aroma yang lebih kalem seperti sandalwood dan lavender. Paling penting, pastikan kamu memahami selera ayahmu terlebih dahulu sebelum membelinya supaya parfum yang kamu belikan tidak berakhir sebagai pajangan.

8. Wireless Modem

Di zaman canggih seperti sekarang ini penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Untuk ayah yang gadget freak atau ayah pebisnis yang memiliki lebih dari satu gadget, kelancaran koneksi internet sangat diperlukan.

Karena itu kamu bisa memberikan wireless modem yang berkualitas untuk memastikan resepsi internet ayah senantiasa kuat. Dengan satu wireless modem yang berkualitas saja, Ayah kamu sudah bisa menyambungkan berbagai gadgetnya ke internet meskipun dari sudut-sudut rumah. Jadi, ayahmu tidak perlu lagi merasa kesal karena sinyal internetnya lemah.

Untuk wireless router yang berkualitas dan mempunyai jangkauan yang luas, BP-Guide menyarankan router dari TP Link dan Asus (seri Asus RT). Namun, perlu diingat kalau harga-harga modem yang berkualitas bisa menyentuh Rp 3.000.000. Untuk referensi modem yang berkualitas, kamu bisa mengecek situs di bawah ini.

9. Pena Eksekutif

Saat bekerja, ayah akan banyak melakukan kegiatan menulis. Oleh karena itu, pasti ayah membutuhkan pena. Kamu bisa memberikan pena dengan desain yang ekslusif dan mewah agar ayahmu terlihat semakin berwibawa di hadapan kolega kerjanya. Selain desain yang mewah dan posh, ayahmu dijamin akan merasa sangat nyaman saat menulis karena produsen-produsen pen eksekutif senantiasa mengutamakan kenyamanan pengguna.

Untuk pena ekslusif kamu bisa memilih merek yang paling dikenal, yaitu Parker. Harga pena Paker berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 6.000.000. Untuk pilihan-pilihan lainnya, kamu bisa melihat ulasan pulpen eksklusif melalui URL di bawah ini.

10. Makan Malam Keluarga

Hadiah yang bagus memang tidak selalu bisa diukur dengan uang semata. Ayahmu bisa saja membeli semua yang direkomendasi BP-Guide tapi, dia tidak akan pernah bisa membeli niat dan tujuan baik yang datang dari lubuk hatimu. Karena itu, niat baik kamu sejujurnya adalah hadiah terbaik yang bisa diberikan kepada ayahmu.

Kebersamaan bersama keluarga akan selalu membawa kehangatan dan keceriaan. Coba deh kamu memberikan kejutan makan malam untuk ayah kamu. Kebersamaan bersamanya tentu akan membuat kamu senang juga.

Kamu bisa mengajak ayah makan malam di restoran favoritnya dan memesanka menu terfavoritnya. Atau, kamu bisa juga masak sendiri hidangan-hidangan kesukaan ayah di rumah. Pokoknya, ayah harus benar-benar dimanjakan pada hari itu. Walaupun sederhana tapi kebersamaan keluarga ini akan menjadi kado untuk ayah yang tidak ternilai harganya.

Pesan Tersembunyi Dalam Kado untuk Ayah

Siapa yang tidak suka menerima pesan manis dari orang lain? Ya, di momen spesial kali ini kamu bisa menyampaikan pesan-pesan yang ingin kamu katakan kepada ayah. Ucapan terima kasih atas segala perjuangan dan pengorbanan bisa kamu tuangkan dalam pesan tersebut.

Jangan lupa juga memeluk dan mencium ayahmu sebagai wujud rasa kasih sayang dan terima kasihmu terhadap Ayah yang telah menyayangi kamu tanpa pamrih selama ini. Doakan juga ayahmu agar selalu sehat dan panjang umur serta diberikan kebahagiaan yang tidak berkesudahan. Dan yang terpenting adalah mengatakan betapa kamu sangat mencintainya.

Berikut pesan-pesan yang bisa kamu sampaikan ke ayah di hari spesialnya

  • "Happy Birthday to the hero I love more than anything!"
  • "Thank you for always protecting us from the heavy rain, the searing heat and other dangers in life. Happy birthday, Dad!"
  • "Dear Dad, thank you for being the best father in the world. Happy Birthday, Dad!"
From our editorial team

I have a hero and I call him Dad!

Ayah adalah salah satu sosok terpenting dalam hidup kita. Selain melindungi kita dari segala bahaya, dia rela mengorbankan dirinya untuk menghidupi kita. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau kita bisa menunjukkan rasa syukur kita kepadanya melalui niat baik dan hadiah yang kita pilih. Apapun yang kita pilih, pastikan hadiah tersebut datang dari ketulusan hati dan sesuai dengan kepribadian sang pahlawan.

Tag