15+ Ide Kado Buat Hari Ibu Untuk 2018. Karena Ibu Sangat Spesial

15+ Ide Kado Buat Hari Ibu Untuk 2018. Karena Ibu Sangat Spesial

Kita memiliki kewajiban untuk membahagiakan ibu kita untuk membalas budi dan kasih sayang ibu yang tidak terbatas itu. Salah satu cara termudah untuk membuat ibu kita bahagia adalah dengan memberinya kejutan berupa hadiah pada Hari Ibu. Setuju? Kalau kamu masih bingung mau kasih apa, simak saja rekomendasi BP-Guide berikut.

Di hari ibu, kira kira apa yang cocok untuk ibu?

Sebagai orang yang telah melahirkan kita, ibu merupakan sosok yang amat berjasa bagi kita. Kita dibesarkan dalam kandungannya selama 9 bulan, dilahirkan melalui sebuah proses yang amat menyakitkan bahkan dapat membahayakan nyawanya, lalu dibesarkan dengan penuh kasih sayang dan pengorbanan yang begitu besar sampai-sampai dijadikan peribahasa “Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang penggalah”.


Meskipun ibu kita sudah cukup bahagia jika melihat anak-anaknya bahagia, namun ia pasti akan lebih bahagia jika diberikan kejutan pada Hari Ibu tersebut, karena biar bagaimanapun ibu kita adalah seorang wanita dan semua wanita pasti akan senang jika diberikan kejuta berupa hadiah.

Kira-kira hadiah apa ya yang cocok? Tidak perlu bingung karena BP-Guide akan membantu kamu dalam memilih hadiah yang cocok untuk ibumu.

Tips memberi kado buat hari ibu

Dalam memilih kado, jangan terlalu memusingkan jenis kado ataupun harganya, tetapi usahakan mencari kado yang memiliki makna mendalam bagi ibumu, sehingga ia akan lebih terkesan.

Meskipun kadomu hanya berupa setangkai bunga, tentu akan lebih bermakna dan berkesan dibandingkan sebuah buket bunga yang dipilih secara acak. Apalagi kalau bunga itu merupakan kesukaan ibumu dan disertai kartu ucapan tanda terima kasih. Intinya, pastikan kado yang kamu berikan sesuai dengan selera ibu atau sesuatu yang sudah lama diinginkannya seperti memasak makanan kesukaannya atau membelinya sepatu yang sering dia lirik saat belanja. Tidak masalah jika hadiah yang kamu berikan itu sesuatu yang mahal ataupun sederhana, selama pemberianmu itu meninggalkan kesan dan diperlukan oleh ibu.

Inspirasi kado buat hari ibu

Bagi kamu yang ingin memberikan kado yang unik dan spesial untuk ibumu namun masih belum menemukan ide, jangan khawatir karena BP-Guide telah merangkum berbagai macam ide-ide untuk kado yang unik bagi ibumu.

1. Baju kebaya

Sumber gambar butikdeha.com

Baju kebaya merupakan pakaian tradisional khas Indonesia yang lazim digunakan oleh para wanita baik untuk acara resmi seperti pesta pernikahan ataupun yang tidak resmi seperti arisan, silaturahmi, dan lain-lain.

Kebaya juga umumnya dikenakan oleh wanita yang telah berumur karena selain memberi kesan tradisional, kebaya juga memberikan kesan anggun dan dewasa sehingga cocok untuk dijadikan hadiah bagi ibu kita. Keunggulan lainnya yaitu beliau dapat langsung mencoba dan mengenakannya di hari Ibu tersebut sehingga ia akan merasa spesial sepanjang hari.

Kamu dapat menemukan berbagai jenis kebaya yang cantik dan menarik pada berbagai toko online di internet. BP-Guide merekomendasikan toko-toko seperti Bhatara Batik, Solo My Kebaya, hingga Zalora yang menyediakan macam-macam kebaya dengan harga yang terjangkau (di bawah Rp. 700.000). Jika kamu memiliki budget yang cukup tinggi, kamu dapat memesannya secara khusus pada Vera Kebaya. Harga yang dilansir mulai dari Rp. 25.000.000.

2. Produk Rangkaian Spa

Semua perempuan tidak terkecuali tua ataupun muda, pastilah senang merawat dan mempercantik dirinya. Namun, kebanyakan ibu, terutama ibu rumah tangga memiliki jadwal kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke salon kecantikan untuk merawat diri.

Oleh karena itu memberikan hadiah berupa paket produk-produk spa dan kecantikan merupakan taktik ampuh agar ibumu tidak perlu repot-repot pergi ke salon sekaligus membuat hatinya senang.

Ada beberapa produk spa berkualitas tinggi yang dapat kamu berikan pada ibumu, disini kami akan membantumu memilih rangkaian produk terbaik yang membuat ibumu tidak perlu lagi pergi ke tempat perawatan kecantikan.

  • Produk Spa Wisdom Morocco dari The Body Shop yang terdiri dari Bath & Shower Oil, Finishing Mist, dan Body Souffle yang akan memanjakan kulit penggunanya menjadi lebih segar, halus dan terawat. Bisa didapatkan dengan sekitar Rp. 200.000 ke atas, tergantung apa saja yang dibeli.
  • Produk Spa Javanese Rose dari Martha Tilaar yang berkhasiat menenangkan jiwa dan pikiran serta memperlambat proses penuaan. Rangkaian produk ini terdiri dari body wash, body scrub, body lotion, dan body mist yang mengandung minyak mawar yang memberikan kesan mewah dan anggun. Body mistnya dilansir seharga Rp. 176.000 di situs resmi Martha Tilaar.
  • Produk Spa Tamansari yang memiliki anti-ageing agent yang berfungsi menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tampak terlihat lebih cerah, bersih berseri dan alami. Harganya bervariasi, tergantung dengan apa yang dipilih.

3. Bantal

Pekerjaan sebagai seorang pengasuh sekaligus penjaga, tentu melelahkan. Apalagi ibumu yang telah menjaga dan mengasuhmu sejak kamu dilahirkan. Oleh karena itu berikanlah ia istirahat yang lebih banyak dan berkualitas agar tubuhnya tetap fit. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat menghindarkan seseorang dari berbagai macam penyakit, terutama bagi mereka yang telah cukup berumur.

Agar ibumu dapat beristirahat dengan lebih nyaman dan tenang, kamu dapat memberinya hadiah berupa bantal handmade cantik yang dapan dimodifikasi sesuai keinginan kita. Sebagai contoh, mungkin kamu dapat menambahkan sulaman berupa inisial ibumu pada bantal tersebut, memberikan sebuah gambar yang merupakan favorit ibumu, dan masih banyak lagi.

Saat ini banyak jasa-jasa yang menawarkan pembuatan bantal custom di situs-situs online. Harganya berkisar antara Rp. 35.000 sampai Rp. 400.000. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba melihat link berikut.

4. Liontin

Setiap wanita menyukai perhiasan, tak terkecuali ibumu. Tapi, harga perhiasan seperti anting, gelang, cincin, dan sebagainya tergolong cukup mahal dan sekilas terlihat berada diluat budgetmu. Namun kamu bisa memberikan ibumu hadiah alternatif yang cukup terjangkau yaitu perhiasan berupa liontin. Harga liontin ini amat bervariasi, mulai dari yang paling murah seharga Rp.15.000 hingga yang cukup mahal seharga Rp.800.000. Oleh karena itu, sesuaikan aja dengan budget kamu.

Aksesori berupa liontin merupakan salah satu hadiah mengesankan karena kamu dapat menjadikannya sebuah hadiah spesial yang memiliki makna mendalam dan personal. Carilah liontin yang dapat dibuka lalu isilah dengan foto ayah-ibumu atau ibumu dan anak-anaknya. Dengan begitu beliau akan dapat selalu mengenang keluarganya dimanapun ia berada. Sungguh sebuah hadiah tak ternilai yang tak dapat digantikan dengan perhiasan manapun.

5. Selimut

Bagi kamu yang tinggal terpisah dari ibumu dan ia tinggal di daerah dataran tinggi atau pegunungan yang memiliki cuaca cukup dingin seperti Bandung, Malang, dan lain sebagainya, kamu bisa memberinya sebuah hadiah yang tidak hanya unik namun juga berguna baginya yaitu sebuah selimut atau bed cover.
Namun karena Indonesia pada dasarnya merupakan negara dengan iklim tropis, kamu harus berhati-hati dalam memilih selimut agar tidak mubazir ketika diberikan.

Berikut ini merupakan contoh jenis-jenis selimut yang dapat kamu pilih :

  • Selimut berbahan kain sintetis seperti contohnya selimut Jepang merupakan selimut yang lembut dan nyaman serta cocok untuk digunakan pada iklim tropis. Terbuat dari campuran benang acrylic, polyester, maupun nylon, selimut ini berbobot cukup ringan, tidak mudah kusut, dan memiliki tekstur yang halus dan lembut. Kekurangannya adalah warnanya akan cepat pudar jika sering dicuci. Tapi, tidak perlu khawatir karena selimut ini mudah dibersihkan sehingga kamu tidak perlu sering mencucinya. Untuk selimut Jepang dibanderol dengan harga Rp.135.000 s/d Rp.600.000, sedangkan selimut berbahan polytester Rp.90.000 s/d Rp.200.000.
  • Selimut berbahan handuk umumnya memiliki tekstur yang lebih kasar, namun seperti handuk ia amat baik dalam hal menyerap air sehingga mudah dicuci dan dijemur. Selain itu bobotnya pun ringan dan mudah dilipat. Oleh karena itu jika ibumu sering bepergian atau traveling ke tempat yang dingin maka selimut seperti ini merupakan hadiah yang cocok baginya. Harganya pun cukup terjangkau, berkisar diantara Rp.70.000 hingga Rp.600.000 saja.
  • Selimut berbahan katun termasuk jenis selimut yang populer karena designnya yang menarik dan bervariasi juga tahan lama. Sayangnya selimut jenis ini jika sering dicuci akan mudah menyusut sehingga perawatan dan membersihkannya cukup sulit karena harus telaten.Harga selimut ini cukup bervariasi mulai dari yang murah hingga cukup mahal karena memiliki bermacam-macam variasi design. Setiap lembar selimut ini dihargai Rp.200.000 hingga Rp.5.000.000.

6. Aromaterapi

Setelah bekerja seharian mengurus rumah tangga tentu ibumu akan cepat merasa lelah. Agar ibumu dapat lebih rileks dalam beristirahat kamu dapat memberinya hadiah berupa aromaterapi dengan wangi yang menenangkan hati dan pikiran.

Berikut ini jenis-jenis aroma yang bisa kamu pilih dalam memilih aromaterapi untuk ibumu.

  • Rosemary. Para ahli telah membuktikan aroma rosemary dapat menurunkan kadar kortisol yang dapat mempengaruhi kinerja dan suasana hati menjadi lebih rileks. Aromaterapi ini cocok bagi mereka yang memiliki ibu yang aktif bekerja.
  • Lavender. Lavender memiliki wangi yang lembut dengan efek yang menenangkan sehingga cocok untuk dipasang di kamar tidur agar membuat kualitas tidur ibumu menjadi lebih baik. Lavender juga dapat mengurangi sakit pada kepala dan tingkat stress berlebihan karena memiliki zat antidepresan.
  • Peppermint. Peppermint terkenal memiliki hawa menthol yang dingin dan menyegarkan ketika dihirup. Aromaterapi ini dapat digunakan untuk mengatasi mual-mual dan kelelahan karena sifatnya yang refreshing.
  • Lemon. Menghirup wangi lemon dapat menjadikan mood kita lebih baik. Sama seperti lavender, aromaterapi lemon juga mengandung zat antidepresan sehingga dapat mengurangi rasa sakit kepala dan tingkat stress.
  • Eukaliptus. Eukaliptus merupakan aromaterapi yang memilik banyak manfaat, contohnya adalah sebagai antidepresan dan mengobati sesak nafas. Ia memiliki aroma yang menyegarkan sama seperti peppermint, juga melegakan bagi tenggorokan dan hidung yang menghirupnya.

Selain berdasarkan aroma, aromaterapi ini juga dapat dibedakan berdasarkan bahan dasarnya. Harga aromaterapi lilin berkisar antara Rp. 20,000 s/d Rp. 895,000. Untuk aromaterapi minyak, harganya Rp. 30.000 s/d Rp. 960,000. Kalau aromaterapi dupa? Sekitar Rp. 10,000 s/d Rp. 650,000. Tentukan saja berdasarkan kualitas dan budget kamu!

Kalau hadiah-hadiah diatas masih terlalu mainstream, kamu bisa memberikan kado buat hari ibu berikut ini

7. Jadikan ia ratu sehari

Ibu kita bekerja mengasuh kita sepanjang tahun hingga kita dewasa tanpa kenal lelah. Ketika kita sudah dewasa pun, jika kita jatuh sakit dan tidak ada orang yang mampu menolong kita, ibu akan selalu ada untuk kita. Apalah artinya jika kita memberikan satu hari dalam setahun kepada ibu kita?

Oleh karena itu pada hari ibu yang spesial ini balaslah jasa-jasa dan budinya dengan menjadikan ibumu sebagai ratu sehari. Biarkanlah ia beristirahat secara total sementara kamu menggantikannya melakukan seluruh aktivitasnya, seperti misalnya membersihkan rumah, mencuci pakaian, memasak, dan lain-lain. Penuhi dan layani pula keinginan-keinginan ibumu, perlakukan ia layaknya seorang ratu dengan cara seperti memijat bahunya, mengambilkannya minum, dan sebagainya.

Niscaya ibumu akan terkesan dengan seluruh perbuatanmu dan merasa hadiah ini tidak kalah spesialnya dengan hadiah berupa barang. Hadiah ini dapat kamu pilih jika kamu tidak memiliki dana untuk membelikannya sesuatu tapi kamu memiliki banyak waktu yang dapat kamu luangkan.

8. Tiket berangkat umroh

Sumber gambar www.denahajiumrah.com

Bagi kamu yang telah lulus dan sukses membangun karir, kamu dapat mewujudkan cita-cita atau impian orang tuamu yang belum kesampaian. Salah satu contohnya adalah pergi umroh bersama kedua orang tuamu.

Mungkin orang tuamu telah sejak lama bercita-cita untuk pergi umroh namun belum kesampaian. Mungkin dana untuk umroh kedua orang tuamu telah terpakai untuk membiayai sekolah kamu dan saudaramu. Oleh karena itu, jika kamu memiliki rejeki berlebih, tidak ada salahnya untuk menyisihkannya sedikit untuk membahagiakan kedua orang tuamu sekaligus membalas budi mereka. Namun, hadiah yang satu ini mahal juga lho. Paket umroh termurah dilansir sekitar Rp. 25.000.000 dan yang termahal Rp. 45.200.000. Untuk informasi selengkapnya, bisa kamu baca di link di bawah.


Ide-ide unik lainnya

9. Pesan video 10. Surat ucapan terima kasih 11. Sapu tangan 12. Buku resep makanan 13. Sandal batik 14. Tanaman bonsai 15. Seperangkat alat sholat

Pesan-pesan yang bisa kamu sertakan berserta hadiah kamu

  • "God could not be everywhere, and therefore he made mothers. Happy Mother's Day!"
  • "Thank you for loving me, teaching me, encouraging me, and raising me. You are the best mom!"
  • "I can buy you a car, a house, or a bag of diamonds but I will never be able to repay your love for me. Thank you for always loving me, mom!"
From our editorial team

Jadikanlah hari Ibu hari yang teramat spesial bagi dia, mengingat jasa-jasanya yang takkan pernah terbayar seumur hidupmu, berikanlah ia ciuman manis dan katakanlah betapa kamu mencintainya seraya memberikan hadiah yang telah kamu persiapkan sebelumnya agar ia merasa dihargai dan disayangi. Hadiah terbaik adalah hadiah yang diberikan dengan penuh ketulusan dan sesuai dengan apa yang diinginkan ibu. Setuju?