Berencana Merayakan Ulang Tahun? Inilah 8 Ide Kado untuk Bayi Laki-laki yang Paling Spesial (2020)

Berencana Merayakan Ulang Tahun? Inilah 8 Ide Kado untuk Bayi Laki-laki yang Paling Spesial (2020)

Memberikan kado untuk bayi laki-laki kadang tidak semudah bayi perempuan. Pasalnya, barang-barang atau pernak-pernik untuk bayi laki-laki jenisnya tidak sebanyak bayi perempuan. Tapi Anda tak perlu khawatir, kami punya beberapa ide agar jadi inspirasi Anda untuk mencari kado untuk bayi laki-laki. Yuk, langsung cek rekomendasinya bersama BP-Guide!

Bayi Laki-laki Lebih Aktif daripada Bayi Perempuan

Sudah bukan rahasia lagi jika umumnya, bayi laki-laki terlihat lebih aktif daripada bayi perempuan. Penelitian telah membuktikan bahwa sejak bayi laki-laki dilahirkan, ia memiliki kecenderungan untuk bertumbuh dengan aktif. Memang, tahapan-tahapan pertumbuhan bayi tidak terlalu berbeda antara laki-laki dengan perempuan, namun perbedaan karakteristik mereka akan makin terlihat saat mereka mulai berusia 18 bulan.

Di usia inilah bayi laki-laki maupun perempuan mulai menyadari jenis kelaminnya sendiri. Bahkan saat berusia 2 hingga 6 tahun, mereka mulai mencari dengan aktif perbedaan antara jenis kelamin perempuan dan laki-laki. Di titik inilah makin jelas perbedaan karakteristik mereka.

Berdasarkan penelitian tim psikolog University of Cambridge, anak laki-laki lebih suka dengan benda bergerak. Itu sebabnya ia lebih suka bermain mobil-mobilan. Hal ini juga merupakan dampak tidak langsung dari perkembangan motorik bayi laki-laki yang lebih kuat dari bayi perempuan.

Motorik yang berkembang lebih kuat pada bayi laki-laki menyebabkannya lebih aktif bergerak, lebih mudah memahami pergerakan benda, dan memampukannya menganalisa gerak benda. Ini juga yang mengakibatkan bayi laki-laki lebih senang melompat, memanjat, dan melempar bola saat bermain.

Tips Memilih Kado untuk Bayi Laki-laki

Terkadang, saat ada kabar teman dekat, kerabat, atau kolega baru saja melahirkan anak, tentu ingin rasanya mengucapkan selamat dan membelikan kado untuk si bayi.

Di saat seperti ini jugalah kadang kebingungan melanda, mau memilih kado apa untuk si bayi, apalagi jika bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki yang tentunya cenderung aktif.

Nah, Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa tips yang bisa dipahami sebelum memilih kado yang tepat. Yuk, segera simak tips-tips di bawah ini!

    Tips-tips penting:

  1. Cari kado yang sesuai dengan kebutuhan
    Tentu Anda ingin kado yang Anda berikan bermanfaat dan digunakan dengan baik oleh si bayi bukan? Ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu kado apa yang sebenarnya dbutuhkan oleh si bayi. Tak masalah untuk menanyakan terlebih dahulu pada orang tuanya, mereka akan senang hati menjawabnya. Sebab itu artinya mereka bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk si bayi.
  2. Batasi bujet
    Membatasi pengeluaran yang akan digunakan untuk membeli kado sangat penting agar Anda tidak sampai kebingungan karena kehabisan uang membeli kado yang mewah dan mahal. Jika yang dibutuhkan si bayi ternyata adalah barang mahal, mungkin Anda bisa mencari alternatif yang versi murahnya. Atau jika tidak ingin memberikan yang murah dengan kualitas biasa, Anda bisa mengajak beberapa orang untuk membelinya bersama-sama alias patungan.
  3. Pilih yang memicu kreativitas si bayi
    Seperti yang Anda tahu, bayi laki-laki cenderung aktif, jadi kado yang memicu aktivitasnya adalah kado yang tepat untuk membuat si bayi makin terangsang pertumbuhan motoriknya.
  4. Pastikan keamanan dan keawetan barang tersebut
    Si bayi mungil tentu tak paham masalah keselamatan dan bagaimana agar tak terluka. Itu adalah tanggung jawab Anda untuk memberikan kado yang aman. Bayi laki-laki juga suka melempar sesuatu, maka sebaiknya Anda memilih barang yang awet, dan tahan lebih lama saat digunakan.
  5. Cari warna yang pas
    Pemilihan warna berperan penting dalam menghadirkan atmosfer di sekeliling si bayi. Warna-warna yang cerah dan berani cocok untuk bayi laki-laki. Sebaiknya tidak memberikan warna pastel dan warna lembut lainnya untuk bayi laki-laki.

Yuk, Cari Tahu Berbagai Ide Kado untuk Bayi Laki-laki!

Susu Formula

Tak ada yang menyangkal bila Air Susu Ibu atau ASI adalah asupan terbaik buat si bayi. Namun tidak sedikit pula ibu yang kesulitan memberikan ASI pada bayinya karena satu dan lain hal. Saat seperti inilah susu formula sangat diperlukan untuk menggantikan asupan yang kurang tersebut.

Jika Anda bermaksud untuk memberikan kado susu formula, Anda perlu memahami beberapa hal tentang susu formula. Ada susu formula yang cocok untuk bayi baru lahir, susu ini terbuat dari susu sapi. Susu formula dari sapi ini pun masih terbagi menjadi 2 jenis lagi yaitu yang menggunakan protein whey dan casein.

Protein whey cocok untuk bayi baru lahir. Meski demikian, Anda bisa saja kok memberi produk susu formula yang merupakan campuran dari kedua protein tersebut.

Susu formula yang baik adalah yang setidaknya mengandung protein, lemak, karbohidrat, laktoferin, vitamin A, vitamin D, vitamin C, kalsium, fosfor, besi, natrium Ig A, Ig G, Ig M, dan lisosin karena zat-zat tersebut sesuai dengan kandungan ASI.

Salah satu produk susu formula yang direkomendasikan karena sudah memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan bayi adalah Morinaga BMT Platinum. Susu formula yang satu ini ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi mendampingi ASI.

Tersedia Morinaga BMT Platinum untuk bayi berusia 0-6 bulan. Kelebihannya, susu ini mengandung prebiotik, DHA & AA, laktulosa, dan laktoferin. Kandungan tersebut dalam jumlah yang banyak akan membuat pertumbuhan bayi menjadi lebih baik dan optimal.

Harga Rp. 274.000-280.000

Parenting Book

Kalau teman atau kolega Anda yang baru melahirkan adalah ibu muda yang berlum berpengalaman soal anak, maka parenting book adalah kado untuk bayi laki-laki yang pas buatnya.

Berisi dasar-dasar menjadi seorang ibu lengkap dengan panduan bagaimana mengurus seorang bayi, tentu kado Anda akan menjadi barang yang paling dibutuhkannya. Bahkan bukan cuma untuk si ibu, sang ayah pun bisa ikut melongok isi buku tersebut untuk membantu ibu.

Buku bagus lainnya adalah Newmom 911, Pertolongan Pertama Pada Mama Baru yang dikarang oleh Pratiwi Utami. Fokus untuk memberi semangat, edukasi, motivasi pada para ibu, dan berbagai hal tentang perawatan serta pengasuhan bayi bisa dipelajari.

Bertutur dengan model narasi pengalaman si penulis, buku ini tak sekadar jadi alat curhat saja, tapi juga ada menyajikan informasi yang benar dan dapat dijadikan rekomendasi.

Harga Rp. 63.700-79.000

Baby Kid Journal

Baby Kid Journal cocok jadi kado untuk bayi laki-laki karena dengan menggunakan buku ini, sang ibu atau ayah bisa melibatkan si bayi setelah ia mulai aktif dan bisa duduk.

Lewat jurnal ini pula, orang tua bayi bisa menelusuri perkembangan si anak hingga usia yang mereka inginkan, entah itu sampai 5 tahun, 10 tahun, atau bahkan 18 tahun! Di dalamnya, ada foto, catatan, atau apapun yang bisa mengingatkan perkembangan si bayi.

Anda bisa mendapatkan My Babys Story : A Lovely Book Of Your Baby dari Elex Media Komputindo. Orang tua bisa mencatat semua perkembangan bayi, juga disediakan tempat untuk foto, cetakan tangan dan kaki, harapan dan impian, serta ada juga Family Tree lho!

Harga Rp. 90.000-120.000

Kursi Bayi

Kursi bayi juga cocok menjadi kado karena sangat bermanfaat untuk mengamankan si bayi saat ada hal yang harus dilakukan sejenak oleh orang tua.

Kursi bayi ada yang dilengkapi dengan mainan kecil atau musik yang bisa membantu bayi merasa tenang dan senang. Tergantung tujuannya, ada kursi bayi yang kokoh dan kuat untuk dirumah, atau kursi bayi yang slim dan mudah dibawa-bawa jika ingin bepergian.

Salah satu kursi bayi yang recommended jika Anda ingin menjadikannya kado adalah Bright Starts Ingenuity Trio 3 in 1 SmartClean High Chair. Kursi tinggi ini memiliki tiga mode duduk yang berbeda untuk bayi hingga balita, yaitu berfungsi penuh sebagai high-chair, kursi balita, dan booster seat.

Dilengkapi bantalan kursi busa lembut untuk kenyamanan ekstra si bayi, kursi ini bisa dibersihkan menggunakan tisu bersih dan mesin cuci piring.

Tersedia 4 posisi mengunci sehingga orang tua tak perlu khawatir saat bayi duduk diatas kursi yang tinggi. Disarankan digunakan oleh bayi berusia minimal 6 bulan.

Harga Rp. 1.325.000-2.654.600

Mainan Bayi

Buat bayi laki-laki, mainan adalah sesuatu yang menyenangkan yang bisa merangsang perkembangan motoriknya. Karena itu, Anda bisa menjadikannya kado yang pas untuk si bayi laki-laki.

Meski demikian, Anda harus memperhatikan keamanan dan kualitas saat si bayi menggunakannya. Pastikan standar keamanan mainan setidaknya ada label BPA-free yang dicantumkan. Mainan yang aman dan tahan lama bisa bermanfaat buat si bayi lebih lama.

Anda juga harus mempertimbangkan usia si bayi saat hendak membeli mainan. Saat berusia di bawah satu tahun, bayi suka dengan mainan yang ringan, berwarna cerah, serta mengeluarkan bunyi-bunyian dan cahaya. Mainan yang mengeluarkan bunyi dan bercahaya juga dipercaya mampu merangsang indera si bayi secara maksimal.

Lusty Bunny Water Filled Teether adalah produk yang cocok sebagai kado untuk bayi laki-laki. Teether atau mainan gigitan untuk si kecil ini berbentuk bebek dan berbahan empuk serta aman saat dimainkan. Warna yang ceria juga dapat memberikan stimulasi bagi perkembangan visual si bayi.

Harga Rp. 20.640-29.100

Baby Rattle

Salah satu mainan anak yang membantu bayi mengembangkan kemampuan motoriknya adalah Baby Rattle. Maka dari itu, baby rattle cocok sekali jadi kado untuk bayi laki-laki. Mainan yang cocok untuk bayi berusia 0 hingga 3 bulan ini juga bisa merangsang pendengaran dan penglihatan si bayi. Bentuknya pun macam-macam dan menarik untuk si kecil, lho! Bisa berupa boneka kecil, teether, stick, gantungan, atau gelang dan kaos kaki.

Rekomendasi produknya adalah Sassy Spin Shine Rattle dari Asibayi. Baby rattle ini didesain untuk merangsang pendengaran, penglihatan, dan syaraf motorik halus si bayi. Cocok untuk bayi baru lahir karena bentuknya yang seperti barbel akan membantu si bayi untuk belajar menggenggam dan memegang. Mainan ini juga memiliki kontras warna yang tinggi dari desain polkadot hitam-putihnya, sehingga lebih menarik buat si bayi.

Harga Rp. 99.900-195.000

Termos Air Panas

Tidak ada yang lebih penting dari termos air panas saat orang tua hendak membuatkan susu buat si bayi di tengah perjalanan. Memberikan kado ini tentu akan sangat bermanfaat bagi orang tua si bayi.

Yang terpenting dalam memberikan kado berupa termos adalah Anda mempertimbangkan kualitas bahannya, serta kemampuannya untuk menyimpan panas selama kurang lebih 6 jam.

Salah satu kado termos bayi yang recommended yaitu Innosense Bottle Warming Flask dari Mothercare. Multifungsi, aman dan berkualitas tinggi adalah jaminan Mothercare pada produk ini. Beratnya yang ringan, kurang dari setengah kilogram, tak mengganggu saat dibawa.

Ukurannya yang pas yaitu tinggi 19.5 cm dan lebar 10 cm ini terbukti sebagai desain termos air panas yang nyaman digenggam. Disertakan pula cup berbahan plastik BPA free yang bisa dipasang di bagian luar flask/termos. Fungsi cup plastik ini adalah sebagai wadah untuk menghangatkan ASIP saat di perjalanan.

Harga Rp. 150.000

Bedong Instant

Bedong Instant cocok dijadikan kado untuk bayi yang sudah cukup besar, bukan baru lahir. Bedong instant memiliki kelebihan di aspek pemasangannya, yaitu Ibu tak perlu lagi melilit-lilit tubuh bayi secara ribetnya, tapi sekarang Cuma tinggal menutup perekat atau resletingnya saja.

Ya, bedong Instant dilengkapi dengan perekat atau resleting yang mudah dibuka tutup. Tak perlu ragu jika Anda ingin memberi kado berupa bedong instant. Sebab setelah bayi tak membutuhkan bedong pun, bedong instant bisa digunakan sebagai selimut atau alas ompol.

Ada Bedong Instan Bayi Laki-Laki Superhero. Bedong ini memiliki keunikan yaitu ada bagian yang terbuka di tangan, tujuannya agar bayi bisa menggerakkan tangan dengan bebas.

Memiliki panjang 50 cm jika dihitung dari bawah sampai bahu, atau 65 cm jika dihitung dari bawah sampai topi, bedong superhero ini pas untuk bayi baru lahir hingga 3 bulan.

Harga Rp. 34.000-69.000

Warna yang Cocok untuk Bayi Laki-laki

Biru

Pemilihan warna kado untuk bayi laki-laki tentu tak sama dengan bayi perempuan. Umumnya, anak laki-laki diberikan warna biru karena menimbulkan efek tenang untuk mengimbangi aktivitas si bayi laki-laki. Biru juga menjadi lambang maskulinitas, cocok untuk kamar anak laki-laki. Warna biru juga melambangkan sikap suka damai, bijak, dan penuh percaya diri.

Dominasi warna biru lembut di kamar anak akan menghadirkan atmosfer tenang buat si anak. Maka tentunya dengan memberikan kado berwarna biru, Anda ikut menyelaraskan suasana dengan harapan si bayi bisa ikut tenang dan nyaman. Warna biru muda bahkan dinyatakan mampu mengurangi tekanan darah agar si bayi tak mudah rewel. Pas sekali jika si anak sudah lelah dan ingin tidur.

Jika si bayi sedang melakukan sesuatu di dalam ruangan yang didominasi warna biru tersebut, dipercaya ia bisa meningkatkan konsentrasinya. Selain itu, warna biru juga dipercaya mampu menghadirkan stabilitas dan kemandirian pada si anak.

Hijau

Hampir sama dengan warna biru, warna hijau juga menghadirkan atmosfer tenang buat orang yang melihatnya, terlebih untuk si bayi. Namun selain tenang, hijau juga melambangkan kesehatan dan imunitas tubuh. Rumah sakit kebanyakan dicat berwarna hijau agar orang yang ada di dalamnya jarang sakit. Tentu menyenangkan bukan jika si bayi terkena efek menyehatkan si warna hijau ini?

Warna hijau juga mampu menghilangkan sakit kepala. Itu karena warna ini memiliki sifat rileks dan memberi ketenangan pada otak. Meski begitu, rasa bersemangat tetap dihadirkan oleh warna hijau. Jadi memberikan kado berwarna hijau akan membuat si kecil tetap sehat dan terus bersemangat.

Bahkan warna hijau juga berdampak positif untuk perkembangan kognitif si bayi lho. Karena memberi efek tenang dan meningkatkan konsentrasi, tak heran bila kecerdasan si bayi bisa berkembang dengan lebih baik. Belum lagi semangat belajarnya yang bertambah, maka perkembangan si bayi akan makin pesat.

Abu-abu

Di alam, warna abu-abu menimbulkan kesan yang tenang, teduh, dan elegan. Warnanya yang tidak kontras juga dianggap fleksibel karena bisa dipadupadankan dengan warna lain. Di balik itu, ada kesan serius, mandiri, dan bebas pada warna abu-abu, meski terkadang juga menghadirkan kesan abstrak.

Sisi serius dan mandiri warna abu-abu mencerminkan intelektualitas, profesionalisme, ada rasa hormat dan bijaksana, bisa diandalkan, serta stabil dan berkualitas. Namun tak jarang terkesan konservatif dan sederhana. Warna yang satu ini juga dianggap warna netral yang berkesan misterius, tidak seperti putih atau hitam yang tegas dan jelas.

Efeknya, bisa menenangkan pikiran dan menghadirkan rasa damai. Sayangnya jika terlampau banyak warna abu-abu, kesan negatif yang ditimbulkannya bisa membuat jadi kurang percaya diri, tidak berenergi dan bersemangat, bahkan dominasi warna abu-abu sering dianggap sebagai cerminan depresi.

Kado berwarna abu-abu selama tak mendominasi, akan menghadirkan ketenangan yang stabil tanpa menjerumuskan si bayi ke dalam atmosfer lemas tak bersemangat dan depresi dan tak komunikatif.

Putih

Seringkali warna putih jadi pilihan banyak orang saat memberi kado jika tak ada warna cerah. Memang, warna yang polos dan bersih ini memberikan kesan tulus, jujur, murni sebagaimana layaknya seorang bayi. Dominasi warna putih juga menghasilkan ketenangan, bersih dan steril, serta suci.

Kemampuan warna putih untuk memantulkan cahaya sering jadi pilihan untuk mengecat kamar agar tampak luas dan selalu terang. Kesan ringan dan cerah yang ditimbulkannya juga membuat warna putih sering jadi warna dominan sebuah bangunan. Warna putih juga dipilih karena melambangkan kedamaian dan hadirnya sukacita yang tulus.

Sayangnya, warna putih ternyata lebih mudah kotor dibandingkan dengan warna lain. Dan ini tentu agak merepotkan jika mainan bayi cepat kotor dan keruh. Putih juga memberi kesan dingin ke sekelilingnya. Jadi jika memang ingin memberi kado berwarna putih, sebaiknya dipikirkan dahulu kegunaan kado tersebut. Jika tak masalah dengan warna putihnya, sah-sah saja Anda memberi kado berwarna putih.

Ucapan Adalah Doa, Jadi Berikanlah Ucapan yang Terbaik untuk Si Bayi

Bukan sekedar basa-basi saja, sebuah ucapan yang mendampingi kado yang Anda berikan adalah doa dan harapan yang terdalam untuk si bayi dan kedua orang tuanya. Berikan ucapan yang pantas dan mebangun agar membawa bahagia bagi orang tua si bayi. Tak perlu bingung mencari kata-kata yang tepat, berikut ini ada beberapa contoh ucapan yang dapat Anda gunakan:

    Kata-kata Ucapan

  1. "Ja'alallahu mubaarokan 'alaika wa'ala ummati Muhammadin"
    Artinya : Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkati atasmu dan atas umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wassalam
  2. Selamat ya atas kehadiran sosok yang baru dalam keluarga kalian. Semoga bayi kecil kalian kelak menjadi anak laki-laki yang taat agama, orang yang pintar, dan berbakti kepada orang tua. Semoga kalian mendapatkan banyak kebahagiaan selama mendidik bayi kalian.
  3. Selamat atas kelahiran anaknya! Sembilan bulan yang panjang dan melelahkan akhirnya berakhir dengan suatu hal yang menggembirakan atas datangnya bayi laki-laki yang tampan ke dunia ini. Dia seperti malaikat kecil yang sangat tampan. Aku yakin dia akan sangat beruntung memiliki orang tua seperti anda.
From our editorial team

Bayi yang Aktif Layak Dapatkan Kado yang Paling Tepat

Memberikan kado sebagai cerminan bahwa kita ikut berbahagia adalah berkat bagi si bayi. Maka dari itu, memberikan kado yang tepat untuk bayi laki-laki yang aktif berdasarkan inspirasi di atas akan membantunya tumbuh menjadi anak laki-laki yang sehat dan perkasa. Itulah andil positif yang dapat Anda sumbangkan untuk masa depan.