Jangan Bingung, Inilah 10 Ide Kado Bayi Murah Yang Tidak Menguras Kantong di 2019

Jangan Bingung, Inilah 10 Ide Kado Bayi Murah Yang Tidak Menguras Kantong di 2019

Membelikan kado untuk teman atau kolega yang baru melahirkan tentu akan membuat momen bahagia tersebut lebih berkesan. Masalahnya, kadang kado bayi harganya selangit. Ujung-ujungnya malah menguras kantong Anda hingga akhir bulan! Nah, agar tidak kecolongan kado yang terlampau mahal, kami punya ide-ide kado bayi murah yang patut Anda coba.

Ada Teman yang Baru Melahirkan Tapi Bujet Kantong Lagi Menipis. Solusinya?

Kelahiran seorang bayi adalah impian terbesar sebuah keluarga, terutama keluarga baru yang belum memiliki anak satu pun. Karenanya, kelahiran si mungil menjadi sebuah sumber bahagia yang tak terbantahkan saat momen tersebut tiba. Di saat tersebut, tiada hal yang lebih membahagiakan dari berbagi kebahagiaan bersama keluarga besar, teman, dan kolega.

Saat ada teman atau kolega yang baru saja melahirkan, tentu sangat baik jika Anda menjenguk, mengucapkan selamat, dan memberikan hadiah. Lalu bagaimana jika kantong sedang tipis? Tentu tak harus membeli kado yang mahal, yang penting kado tersebut bermanfaat untuk si bayi. Tentunya jika budget yang Anda miliki terbatas, Anda harus memilih kado bayi murah yang paling pas dan bermanfaat.

Pilih Kado untuk Bayi Baru Lahir Berdasarkan Bujet Anda

Jika Anda bertandang ke toko perlengkapan bayi dan melihat-lihat harganya saat hendak membeli kado, sekilas terlihat jika berbagai peralatan dan perlengkapan bayi harganya mahal-mahal. Apalagi jika melihat barang-barang bermerek, jelas sekali bahwa harganya selangit. Lalu harus bagaimana menyikapi hal tersebut?

Tenang saja, Anda tak perlu khawatir. Sebenarnya jika dilihat dengan saksama, tidak sedikit kok peralatan dan perlengkapan bayi yang harganya terjangkau. Agar Anda tidak bingung, ada beberapa penggolongan harga bagi tiap-tiap jenis perlengkapan bayi.

Pertama, perlengkapan bayi untuk Anda yang memiliki bujet terbatas. Dengan bujet terbatas, Anda bisa membeli perlengkapan bayi dengan harga di bawah Rp. 100.000 seperti Paket Perlengkapan Mandi, Paket Baju Celana bayi, atau jaket bayi. Tentu yang harus Anda pilih adalah paket untuk bayi berusia 0 hingga 6 bulan. Di atas itu, bujet jadi lebih tinggi.

Kedua, buat Anda yang memiliki bujet sedang antara Rp. 200.000 hingga Rp. 300.000, bisa coba untuk membelikan kado seperti paket bantal guling dan kasur kecil bayi, paket kelambu baby box, gendongan bayi, tas perlengkapan bayi, atau mainan bayi.

Ketiga, jika Anda memiliki bujet yang tidak terbatas, bisa fokus untuk membelikan keperluan yang benar-benar dibutuhkan oleh si bayi seperti stroller, baby box, breast pump, bottle sterilizer, atau lainnya.

Kado yang Diberikan untuk Bayi Laki-laki atau Perempuan?

Meskipun tak ada peraturan khusus tentang jenis kado apa yang bisa diberikan untuk bayi, sangat penting untuk memikirkan tentang jenis kelamin si bayi. Sekalipun Anda memberikan kado bayi murah, namun tetap harus diperhatikan apakah Anda akan memberikan kado untuk bayi laki-laki atau bayi perempuan.

Jika Anda hendak memberikan kado untuk bayi laki-laki, pertimbangkan untuk membelikannya benda-benda yang macho. Kesan macho bisa dimunculkan dari warna benda, motif benda, serta bentuknya. Jika membeli paket pakaian atau perlengkapan bayi, pastikan motifnya yg disukai anak laki-laki seperti bola, mobil, atau tokoh kartun jantan.

Sebaliknya, jika Anda hendak membelikan kado bayi murah untuk bayi perempuan, pilih yang memberikan kesan feminin. Motif bunga, hati, atau karakter kartun lucu seperti hello kitty, Marsha and the Bear, atau Frozen bisa jadi pilihan tepat.

Tips Memberikan Kado Bayi Murah

Saat hendak membeli kado bayi murah, seringkali yang ada di benak hanya soal harga miring saja. Tetapi agar tidak mengecewakan orang tua si bayi, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan kualitas kado yang Anda beri walaupun harganya murah. Murah tak berarti murahan kan?

Oleh karena itu, ada yang harus Anda pertimbangkan saat membeli kado bayi murah. Anda harus memperhatikan kualitas barang yang hendak Anda beli. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan keawetan produk bayi tersebut. Terakhir, cari produk yang aman buat si bayi.

Anda juga harus membelikan barang yang pasti terpakai dan bermanfaat. Dengan memberikan kado yang berkualitas, awet, dan dibutuhkan, kado Anda akan sangat membantu si bayi dan orang tuanya.

Tips Memilih Produk Bayi yang Aman

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli kado bayi murah, Anda perlu memilih kado yang aman buat si bayi. Ingat, selain kado tidak murahan, berkualitas, dan awet, juga harus memberikan jaminan keamanan buat si bayi saat kado Anda dipakai.

Jika Anda membelikan botol bayi yang terbuat dari plastik, pilih material yang aman. Salah satu jenis bahan yang digolongkan aman adalah poliethylene. Bahan ini tidak mengandung racun serta awet jika dibanting oleh si bayi. Selain itu pastikan Anda memilih produk yang memiliki label "BPA Free". Label BPA free menandakan bahwa jika produk tersebut dipanaskan, tidak akan ada bahan berbahaya yang dikeluarkan.

Kalau Anda membelikan barang yang terbuat dari kain atau mengandung kain seperti paket bantal guling, ayunan bayi atau pakaian bayi, sebaiknya memilih kain yang bebas bahan kimia. Pilih juga yang berbahan lembut dan tidak mudah berjamur atau ditumbuhi mikroorganisme yang bisa menyebabkan jamur dan bakteri.

Mainan murah biasanya dibuat dengan kurang maksimal. Banyak sudut yang tajam dan berbahaya bagi anak. Karena itu, perhatikan dengan seksama agar tidak ada bagian tajam yang berpotensi melukai si bayi.

10 Ide Kado Bayi Murah yang Sesuai Kantong

Mencari ide untuk mendapatkan kado bayi murah yang pas kadang tidak mudah. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan seperti faktor kedekatan Anda dengan keluarga si bayi. Tentu Anda akan membedakan bukan membeli kado untuk teman biasa dengan sahabat dekat Anda? Meski sama-sama murah, kado untuk mereka yang dekat dengan Anda sebaiknya sedikit lebih spesial.

Soal harga pun tak jauh berbeda. Sedikit lebih mahal untuk sahabat atau teman dekat tidak masalah. Jika ingin menekan harga, Anda bisa mencoba mencari diskon atau promo yang ada di toko baik offline maupun online. Cara lain agar tidak bermasalah dengan uang adalah Anda mempersiapkannya dengan cara menyisihkan uang sejak beberapa bulan sebelum hari kelahiran.

Jika kado diperuntukkan bagi sabahat Anda, tentu Anda tahu yang benar-benar ia butuhkan, jadi belikan yang paling dibutuhkannya saat ini. Jika kado untuk teman biasa, cukup belikan benda yang kira-kira dibutuhkan bayi dalam jumlah besar agar tetap berguna. Tentu warna dan motif disesuaikan dengan jenis kelamin si bayi, ya.

Set Peralatan Makan Bayi

Set peralatan makan bayi mungkin adalah kado yang paling populer untuk diberikan pada bayi. Meski bayi baru mulai ibsa diberi makan saat usia 6 bulan, tak apa kok memberikan satu set peralatan makan karena kemungkinan besar orang tua bayi belum punya. Set perlengkapan makan bayi yang lengkap biasanya terdiri dari botol susu, peralatan makan standar seperti sendok, garpu, mangkok, dan gelas.

Salah satu merek yang direkomendasikan adalah Richell Lo Baby Cooking Set B yang terdiri dari sendok makan, mangkok, saringan, parutan, pemeras jeruk, alat untuk menumbuk, dan tutup mangkok. Set makanan ini memudahkan Ibu untuk menyiapkan makanan untuk si kecil baik di rumah maupun di luar rumah. Anda bisa mendapatkannya di Shopee, Lazada, maupun Bukalapak.

Harga Rp. 170.000-214.400

Baby Juicer

Baby juicer akan sangat membantu orang tua untuk menghancurkan berbagai jenis makanan untuk diberikan pada bayi saat bayi mulai bisa memakan makanan pendamping ASI. Juicer ini tidak termasuk peralatan wajib bayi, jadi sangat pas untuk dijadikan kado karena orang tua bayi belum tentu memilikinya.

Agar harga tetap terjangkau, Anda bisa memberikan Juicer yang manual, sebab yang elektrik jauh lebih mahal. Meski agak repot untuk membuat juice dalam jumlah besar, namun sudah cukup untuk membuat juice sesuai takaran si bayi.

Bila ingin yang lebih praktis bisa pilih Baby Safe Kids & Adult Juicer dan bisa langsung digunakan minum dari wadah juicernya. Satu set termasuk 2 macam botol juicer yang berukuran 300 ml dan 600 ml. Pada botol yang kecil atau botol anak, disediakan cucupan dan sendok dengan bahan silikon agar si kecil lebih mudah saat minum ataupun disuapi. Kelebihan lainnya, juicer ini aman, hadir dengan Food Grade Packaging, bebas dari Bisphenol-A. Produk ini memang dibanderol harga yang cukup mahal.

Harga Rp. 380.000-448.000

Apron Menyusui

Agar si ibu bayi bisa menyusui dengan tenang di luar rumah, Anda bisa memberikan kado berupa Apron menyusui. Apron menyusui atau nursing cover mudah di dapat baik online maupun langsung di toko bayi lokal.

Salah satu apron menyusui yang direkomendasikan adalah Pupsik Studio Nursing Cover. Apron menyusui yang satu ini didesain sedemikian rupa agar si ibu tetap bisa melihat si bayi saat menyusui.

Tiap apron juga dilengkapi dengan fitur "tie-back" yang membuat apron tidak bergeser-geser saat sedang digunakan. Ada banyak motif menarik dan fashionable yang bisa dipilih sesuai kesukaan.

Harga Rp. 65.000-105.000

Set Botol Bayi

Botol bayi digunakan untuk memberikan susu kepada bayi. Terkadang, tidak cukup satu botol saja yang harus di miliki si ibu, tapi perlu hingga beberapa botol agar mudah menggunakannya tanpa harus mencuci dulu saat ingin memberikan susu dalam botol.

Anda bisa memberikan set botol susu sebagai kado bayi murah. Membeli satu set berarti mendapatkan beberapa buah botol dalam berbagai ukuran. Tentu ini akan mempermudah si ibu menyesuaikan kebutuhan bayinya. Anda bisa coba berikan BabySafe Feeding Bottles & Accesorries.

BabySafe Botol Susu dan Aksesoris dibuat dengan menggunakan material pilihan yang berkualitas dan aman untuk bayi. Botol dari BabySafe bebas dari pewarna berbahaya, bisphenol A, dan bahan kimia lainnya yang berbahaya. Dirancang khusus untuk membantu mencegah kolik (kembung) dengan mengurangi gelembung udara di dalam susu, serta memastikan aliran susu yang lancar untuk kesehatan bayi. Botol ini cocok untuk bayi berusia 4 bulan ke atas.

Harga Rp. 32.000-229.970

Set Bedak Bayi

Bedak bayi adalah kado yang murah dan berguna buat si bayi. Asyiknya lagi, bedak bayi mudah didapatkan di manapun. Tak harus ke toko perlengkapan bayi, Anda bisa mendapatkan bedak bayi di supermarket. Atau Anda bisa langsung memilih satu set perlengkapan yang pasti dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir seperti produk dari Cussons ini.

Anda bisa juga memilih Cussons Baby Gift Box yang memilih dua varian warna pink dan biru. Di dalamnya terdapat 1 Cussons Baby Head to Toe Mild & Gentle 200 ml, 1 Cussons Baby Lotion 100 ml, 1 Cussons Baby Cologne Precious Moment 100 ml, 1 Cussons Baby Powder 350 gr, 1 Cussons Baby Oil 100 ml, 1 Cussons Baby Cream Cares & Protects 50 gr, dan 1 Spesial CD The Mozart Effect.

Harga Rp. 79.900-97.000

Peralatan Mandi untuk Bayi

Salah satu peralatan mandi yang pasti dibutuhkan bayi adalah sebuah bak mandi. Tentunya bak mandi yang aman dan bayi bisa mandi dengan nyaman. Seperti salah satu produk Intime Baby Bath Tube Pompa yang bisa dijadikan bak mandi atau kolam renang untuk bayi.

Intime Baby Bath Tube Pompa didesain dengan menarik dan simpel yang direkomendasikan untuk bayi 3 sampai 24 bulan. Terbuat dari bahan PVC yang aman untuk bayi. Ukuran dalam 78 x 45 x 28 cm dan ukuran luar 98 x 65 x 28 cm. Terdapat dua pilihan warna, yaitu biru dan pink.

Harga Rp. 110.000-174.000

Tumbler Bayi

Tumbler bayi mungkin belum bisa dipakai oleh si bayi saat baru dilahirkan, tapi justru itulah yang membuatnya jadi kado yang tepat karena si ibu pasti belum menyiapkan tumbler untuk anaknya. Selain itu, tumbler juga lebih praktis dan awet dibanding botol plastik biasa.

Untuk bayi, Anda bisa memilihkan tumbler yang mungil dan punya desain motif yang ind, penuh warna, dan menarik. Kalau perlu, pilih tumbler yang memiliki inovasi desain sehingga lebih nyaman dan mudah dipakai oleh bayi saat sudah mulai bisa minum dari wadah lain selain botol susunya.

Harga Rp. 23.950-48.000

Baju Bayi

Set baju bayi adalah pilihan lain yang menarik untuk jadi kado. Sebagaimana Anda tahu, bayi membutuhkan banyak sekali pakaian karena ia masih mudah ngompol dan lain sebagainya.

Banyaknya set baju bayi yang beredar dipasaran membuat Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih set baju bayi yang murah tapi tidak murahan. Saat membeli, Anda perlu mempertimbangkan aspek kemudahan, kenyamanan, dan durabilitas baju. Anda harus memperhatikan desainnya agar baju tetap nyaman dipakai si bayi.

Sebab ada desain yang terlihat lucu, tapi sama sekali tidak nyaman buat si bayi. Bahan juga harus diperhatikan karena bayi mudah berkeringat. Ia perlu tidur yang nyaman untuk dapat tumbuh dengan baik.

Salah baju bayi yang recommended adalah Torio Little Farmer Set yang sudah memiliki kualitas standar internasional. Set baju yang terdiri dari atasan dan celana berwarna biru ini sangat cocok untuk dijadikan hadiah untuk bayi laki-laki. Tersedia dalam pilihan ukuran untuk bayi 3-6 bulan, 9-12 bulan, 12-18 bulan, dan 18-24 bulan.

Harga Rp. 78.000-117.000

Bedong / Bedong Instant

Bedong bayi juga masuk dalam salah satu hadiah favorit untuk diberikanpada bayi baru lahir. Selain karena mudah didapat, bedong juga sangat berguna untuk membantu bayi agar tidak kedinginan. Bahkan sekarang sudah ada bedong instan yang tidak merepotkan si ibu saat memakaikannya pada si bayi.

Contohnya, Bedong Bayi Instan Hanaroo yang memiliki resleting di bagian depan sehingga ibu tinggal membuka menutup saja kapanpun dibutuhkan. Sudah ada model yang ada topinya lho. Keunikan lainnya, resleting bisa dibuka dari bagian atas maupun bagian bawah.

Harga Rp. 60.000-163.000

Bantal & Guling Bayi

Kebutuhan bayi lain yang bisa didapat dengan harga murah namun sangat berguna adalah bantal dan guling bayi. Harga bantal dan guling bayi bisa didapat mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 160.000.

Kalau Anda mempunyai dana lebih, bisa juga membelikan set perlengkapan tidur yang isinya tidak hanya bantal dan guling, tapi juga selimut, perlak, hingga tudung bayi. Estimasi harga untuk set perlengkapan tidur antara Rp 200.000 hingga Rp 300.000.

Yang perlu diingat saat memilih set perlengkapan tidur adalah Anda harus memilih bahan yang lembut seperti katun, wool, fleece, atau kashmir. Sebaiknya tidak memberi bahan sintetis seperti vinil atau fur karena berpotensi menimbulkan alergi pada bayi. Anda juga perlu memilih motif yang lucu-lucu dan bentuk desainnya unik namun tetap nyaman dan fungsional.

Harga Rp. 119.000-135.500

Karena Ucapan Adalah Doa, Berikanlah Ucapan Terbaik Sebagai Bentuk Doamu

Tak lengkap rasanya jika Anda memberikan kado tanpa ucapan yang semestinya. Ya, ucapan sama dengan doa dan harapan bagi si bayi. Maka dari itu, Anda harus memberikan ucapan yang terbaik untuk ibu dan buah hatinya.

Berikut beberapa ide ucapan saat memberi kado buat si bayi:

  • Selamat atas kebahagian yang Anda dapatkan. Semoga masa depan Anda dipenuhi dengan cinta, kebahagiaan, dan tawa bayi baru Anda
  • Selamat buat kelahiran si juniornya, pasti cakep/cantik kaya ibu/bapaknya, dan yang terpenting, semoga menjadi anak yang soleh dan berbakti kepada kedua orangtua nya kelak, aamiin
  • Selamat ya untuk kelahiran anaknya yang ke-..., semoga kelak tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, dan membanggakan orang tuanya, aamiin..

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Murah tidak berarti murahan, loh..

Membeli kado bayi murah bisa menyelamatkan Anda saat Anda harus menjenguk kelahiran si kecil dan ingin membawa kado. Dengan memahami tips-tips di atas, kami berharap Anda bisa mendapatkan kado yang murah tapi tetap berkualitas dan tidak murahan. Bagaimanapun juga, kado yang Anda berikan akan sangat berguna buat si kecil jika berkualitas baik dan awet. Selamat mencari kado yang tepat!