Yuk, Kembali Memperkenalkan Cerita Rakyat kepada Anak Lewat 11 Buku Cerita Ini

Yuk, Kembali Memperkenalkan Cerita Rakyat kepada Anak Lewat 11 Buku Cerita Ini

Indonesia sebagai negara yang kaya akan kebudayaan punya banyak cerita rakyat. Masing-masing daerah memiliki cerita rakyatnya masing-masing, di mana setiap cerita memiliki pelajaran yang dapat diambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk anak kecil, medium cerita bisa menjadi cara untuk menanamkan nilai moral positif. Jadi kenapa Anda tidak mulai memperkenalkan buku-buku cerita rakyat pilihan BP-Guide untuk anak Anda?

Cerita Rakyat Erat Kaitannya dengan Cerita Daerah

Sumber gambar kakakpintar.com

Cerita rakyat adalah bagian dari kearifan lokal, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Lain daerah, lain pula cerita rakyat yang ada. Cerita rakyat diciptakan oleh masyarakat setempat dan diturunkan ke generasi selanjutnya.

Ada banyak cerita rakyat yang dikenal di seluruh negeri, Sangkuriang misalnya. Begitu terkenalnya cerita ini sampai dialih bahasa ke dalam Bahasa Inggris.

Selain sebagai kearifan lokal, cerita rakyat juga berfungsi sebagai media pengenalan norma sosial kepada generasi penerus. Seperti hikmah yang bisa dipelajari dari cerita Sangkuriang, bahwa hubungan cinta antara ibu dan anak itu terlarang.

Manfaat membacakan buku cerita rakyat

Mempelajari Sejarah

Cerita rakyat tidak melulu berupa dongeng. Ada beberapa yang bersumber dari kisah nyata dari wilayah yang lokasinya benar-benar ada. Misalnya saja batu menangis di daerah Padang, Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat, dan Danau Toba di Sumatera Utara. Dengan membaca cerita rakyat, anak anak akan sekaligus mempelajari sejarah bangsanya sendiri.

Meningkatkan Kreativitas Anak-anak

Mendengarkan cerita dongeng akan memicu kreativitas anak. Imajinasi anak akan semakin terasah dengan seringnya mendengarkan dongeng. Kreativitas anak akan semakin berkembang jika dongeng yang disampaikan disertai dengan pembekalan nilai moral tentang yang baik dan yang buruk. Dari cerita dongeng juga anak-anak terbiasa untuk memvisualisasikan banyak hal dan pikirannya.

Sebagai Pengantar Tidur

Dongeng bisa menjadi pengantar tidur yang baik untuk anak-anak. Dengan membaca atau mendengarkan cerita, anak akan merasa rileks, tenang, dan cepat mengantuk. Hal ini tentu bisa menjadi solusi yang pas bagi orang tua yang kesulitan untuk menidurkan anak.

Melatih Kepekaan Emosi Pembaca

Sering membaca dan mendengarkan dongeng akan semakin melatih kepekaan emosi anak. Di dalam sebuah dongeng terkandung berbagai macam emosi mulai dari rasa marah, sedih, dan senang. Dengan demikian anak bisa menjadi lebih berempati terhadap lingkungan sekitarnya, melalui contoh yang ia lihat di dalam dongeng.

Memberikan Nilai dan Pesan Moral bagi Pembaca

Cerita rakyat bukan hanya sekadar cerita yang bertujuan untuk menghibur anak-anak saja. Di dalam setiap cerita terkandung pesan moral yang sangat bermanfaat. Dengan demikian, cerita rakyat bisa menjadi sarana edukasi untuk anak akan. Dari cerita rakyat anak akan bisa membedakan perangai yang baik dan buruk, serta mana yang harus ditiru.

11 Rekomendasi Buku Cerita Rakyat untuk Anak-anak

100 Cerita Rakyat Nusantara - Dian K

Sumber gambar s1.bukalapak.com

Buku cerita ini ditujukan khusus untuk anak-anak sehingga tidak mengandung unsur mistis atau kekerasan di dalamnya. Dongeng yang ada di dalamnya bertujuan untuk mengajarkan anak bagaimana cara menghadapi setiap masalah yang ada dan untuk selalu bersikap jujur pada siapa saja. Buku karangan Dian K ini berisi 100 cerita rakyat legendaris dalam negeri yang dijual seharga Rp 165.000 di Blibli.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Terpopuler - Lisdy Rahayu

Sumber gambar img20.jd.id

"Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Terpopuler" karya Lisdy Rahayu berisi berbagai macam cerita mulai dari legenda suatu tempat, fabel, hingga cerita daerah berisi nilai kepahlawanan. Bacaan ini sangat cocok sebagai media edukasi untuk anak-anak. Buku yang terbit pada tahun 2016 ini dijual seharga Rp 26.000 di Jd.id.

Komik Cerita Rakyat Indonesia 3 - Dian Kristiani & Tethy Ezokanzo

Sumber gambar www.gramedia.com

Buku "Komik Cerita Rakyat Indonesia 3" karya Dian Kristiani dan Tehty Ezokanzo ini sangat menarik untuk anak-anak. Cerita rakyat yang dijadikan dalam bentuk komik ini bisa menambah wawasan anak-anak tentang kekayaan nusantara. Buku yang dijual dengan harga Rp 125.000 di situs resmi Gramedia ini berisi cerita rakyat dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Seri Riri: Cerita Rakyat Nusantara - Tim Educa Studio

Sumber gambar s2.bukalapak.com

Buku dari Tim Educa Studio ini berjudul "Seri Riri: Cerita Rakyat Nusantara". Di dalamnya berisi dongeng tentang legenda, asal usul tempat, hingga fabel dari nusantara dan seluruh dunia. Dilengkapi dengan ilustrasi menarik dan tutur bahasa yang mudah dipahami anak-anak.

Kisah yang ada di dalamnya antara ain Asal Usul Kota Surabaya, Keong Mas, Timun Mas, dan masih banyak lagi. Dapatkan buku ini di Bukalapak dengan harga Rp 60.000.

Komik Cerita Rakyat Indonesia 2 - Dian K Dan Tethy Ezokanzo

Masih dari Dian K dan Tethy Ezokanzo, "Komik Cerita Rakyat Indonesia 2" berisi tentang legenda dari seluruh nusantara. Seperti asal usul nama Irian, Candi Prambanan, dan Gunung Tangkuban Perahu. Serta cerita kepahlawanan tentang Si Pitung dan Murtado. Dapatkan buku seharga Rp 89.000 ini di situs resmi ebook Gramedia yaitu ebook.gramedia.com.

Cerita Rakyat Nusantara Jilid 3/Revisi - Tim Efk

Sumber gambar cdn.gramedia.com

Cerita yang ada di dalam buku ini mengandung pesan moral yang sangat penting untuk anak. Tidak hanya itu, anak juga diajak untuk menjelajah seluruh negeri dengan cerita-cerita daerah seperti Reog Ponorogo, Katak Buruk Rupa dari Bali, Putri Kerbau dari Bima, Si Leungli dari Jawa Barat, dan masih banyak lagi. Dapatkan buku "Cerita Rakyat Nusantara" ini dengan harga Rp 60.000 di situs resmi Gramedia.

Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi : Bujang Katak - Dian K

Sumber gambar www.bukukita.com

Buku ini bercerita tentang Bujang Katak, seorang pemuda yang punya perawakan seperti katak. Namun pemuda miskin ini berani jatuh cinta dan melamar putri raja. Sebagai gantinya, Bujang Katak diminta untuk membuatkan jembatan emas untuk sang putri.

Kelanjutan cerita Bujang Katak ini tentu sangat menarik. Ditambah dengan pesan moral yang ada di dalamnya. Dapatkan "Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi: Bujang Katak" karya Dian K ini di situs Buku Kita seharga Rp 25.000.

Dongeng Kancil dan Sahabat Rimba [Cerita Rakyat Tradisional] - Gayatri & Djengmanardo

Sumber gambar www.bukukita.com

"Dongeng Kancil dan Sahabat Rimba Cerita Rakyat Tradisional" karya Gayatri dan Djengmanardo berisi dongeng tentang kancil, si cerdik yang sangat terkenal. Kali ini kancil tidak sendirian. Ia hadir bersama dengan sahabat-sahabatnya dari hutan rimba.

Cerita menarik seperti Kancil, Harimau, dan Kue Baginda Raja serta cerita tentang Kancil Mengakali Buaya semua ada di buku ini. Buku tentang si kancil yang suka mencuri mentimun ini dijual seharga Rp 55.000 di situs Buku Kita.

Koleksi Terbaik Cerita Rakyat Nusantara 34 Propinsi - Gamal Komandoko

Sumber gambar www.bukalapak.com

Buku karya Gamal Komandoko ini berisi cerita rakyat dari 34 propinsi di Indonesia. Banyak kebudayaan lokal yang ternyata tidak cukup dikenal generasi penerus, seperti cerita Ki Lurah Semar. Kini saatnya melestarikan budaya lokal melalui cerita rakyat ini. Dapatkan "Koleksi Terbaik Cerita Rakyat Nusantara 34 Propinsi" karya Gamal Komandoko ini seharga Rp 128.000 di Bukalapak.

Cenderawasih Cerita Rakyat Papua:Hhk Legenda - Tim HHK Media

Sumber gambar www.tokopedia.com

Buku cerita "Cenderawasih Cerita Rakyat Papua:Hhk Legenda masih mengusung kebudayaan lokal sebagai isinya. Kini cerita rakyat datang dari wilayah paling timur Indonesia, Papua. Selain mengajari anak tentang nilai moral di dalamnya, buku ini juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan anak pada wilayah di nusantara. Buku legenda Papua ini dijual dengan harga Rp 25.000 di Tokopedia.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara - Hadi Purnomo, S.Pd

Sumber gambar www.bukukita.com

Cerita rakyat nusantara tidak akan pernah lekang dimakan zaman. Pada setiap cerita mengandung nilai moral, sejarah, dan budaya khas Indonesia. Dongeng ini tidak hanya menghibur, tetapi juga sarana edukasi yang tepat untuk anak-anak. Sudah saatnya anak-anak diperkenalkan dengan kearifan lokal bangsanya sendiri. Buku ""Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara" karya Hadi Purnomo, S.Pd ini dijual seharga Rp 32.000 di Buku Kita.

From our editorial team

Jangan Sampai Lupa pada Cerita Rakyat Indonesia

Anak Anda boleh terbiasa menyaksikan film-film Disney atau Pixar atau membaca dongeng khas Barat. Tapi jangan sampai anak Anda tak tahu mengenai cerita rakyat Indonesia. Lewat cerita dongeng tersebut, anak-anak dapat belajar banyak hal yang membuat mereka menjadi lebih imajinatif dan kreatif.

Tag