11 Rekomendasi Kado Unik untuk Ibu Hamil, dari Buku hingga Stroller

11 Rekomendasi Kado Unik untuk Ibu Hamil, dari Buku hingga Stroller

Bingung mencari hadiah untuk kerabat yang sedang hamil? Padahal pilihannya banyak sekali dengan aneka model yang menarik. Simak saja artikel yang satu ini. Banyak rekomendasi hadiah menarik untuk para ibu hamil.

Tak Sekadar Tanda Mata, Hadiah juga Bentuk Lain dari Kasih Sayang

Kehadiran buah hati adalah salah satu kebahagiaan besar pada setiap pasangan. Oleh karena itu ketika kerabat terdekat sedang hamil, kamu tentu saja perlu menyiapkan hadiah spesial. Hadiah untuk teman atau saudara yang sedang mengandung tidak harus selalu mewah, bisa juga yang sederhana namun sangat bermanfaat. Seperti misalnya pakaian bayi, buku kehamilan, pakaian dalam, atau yang disesuaikan dengan bujet kamu dan juga melihat kebutuhan teman atau saudara.

Salah Satu Momen Istimewa Dalam Hidup: Kehamilan

Kehamilan memang masa yang menyenangkan bagi seorang wanita dan keluarga. Namun ibu hamil juga mengalami rasa nyeri, takut, dan berbagai penderitaan lainnya hingga saat waktunya melahirkan. Menurut WHO, 15% ibu hamil memiliki potensi komplikasi yang mengancam jiwa dan harus dirawat oleh petugas kesehatan yang terampil.

Meski kehamilan adalah sebuah proses alamiah yang wajar untuk wanita, namun kehamilan sering menyebabkan banyak perubahan tubuh yang membuat beberapa ibu bingung dan kaget. Beberapa ibu hamil dapat saling bercerita mengenai kehamilan yang tentunya tidak semua benar dan semua bergantung pada kondisi tubuh masing masing. Karena itu sangat penting untuk tetap bersikap positif pada masa ini.

11 Rekomendasi Hadiah untuk Ibu Hamil

Beberapa kado berikut, terbukti menjadi favorit para ibu yang tengah menunggu kelahiran bayinya. Kado ini juga bisa dipilih oleh para ayah untuk istrinya sebagai ucapan selamat hari ibu atau kado melahirkan. Barang-barang ini juga cukup mudah didapat, dan beberapa di antaranya bahkan bisa didapatkan dengan bujet terbatas.

Dalam memilih kado, tentunya kamu harus memilih hadiah yang cocok bagi penggunanya. Berikut rekomendasi kado untuk ibu hamil yang telah BP-Guide rangkum.

Buku Panduan Ibu Hamil

Sumber gambar goodreads.com

Setiap ibu hamil, terutama pada kehamilan pertama, tidak cukup banyak mengetahui apa yang harus dilakukannya pada masa kehamilan atau pun setelah kehamilan. Orang tua, kerabat dan informasi di internet merupakan tempat tujuan utama ketika para calon ibu sedang bingung dengan kondisi barunya.

Buku tentang pengasuhan anak, kehamilan, persiapan melahirkan, MPASI, baby led-weaning, atau baby journal bagi orang tua yang lebih suka memotret akan menjadi hadiah yang berkesan dan sangat bermanfaat bagi para calon ibu. Berikut beberapa buku yang bisa kamu pilih sebagai hadiah untuk wanita hamil.

  • Ina May’s Guide to Childbirth yang memaparkan cara merawat bayi tanpa bantuan teknologi dan didukung dengan berbagai hasil riset. Dibanderol dengan harga Rp 150.000
  • Bidanku: Buku Panduan Kehamilan, buku dengan berbagai materi seputar kehamilan yang ringkas, padat dan praktis untuk ibu hamil ini dijual dengan harga Rp 121.000
  • Buku Panduan Ibu Hamil dr. Riyani Limoa SpOG, membahas seputar kehamilan secara mendalam lengkap dengan tips praktis dan efisien. Seperti tips mencegah keguguran, pantangan ibu hamil, hingga persiapan persalinan dengan harga Rp 160.000
  • The Expectant Father: The Ultimate Guide for Dads-to-Be, buku ini lebih tepat untuk sang ayah agar lebih siap menghadapi kehamilan istrinya dan kehadiran calon bayinya. Buku ini memberi pembelajaran bagi calon ayah untuk mempersiapkan finansial, emosi dan berbagai faktor psikologis. Dibanderol dengan harga Rp 156.000
  • Pregnancy Blues: What Every Woman Needs to Know about Depression during Pregnancy merupakan buku yang memberikan informasi terkait penyebab depresi pada ibu hamil dan cara mengobatinya. Dijual di Gramedia dengan harga Rp 196.000

Buku Harian

Bukan hanya digunakan saat melampiaskan perasaan, buku harian untuk ibu hamil dapat digunakan sebagai catatan selama kehamilan dan bisa menjadi kenang-kenangan di masa depan. Sesekali mencurahkan isi perasaan itu perlu, lho. Apalagi untuk ibu hamil. Tingkat emosi ibu hamil sangat mempengaruhi kesehatan janin. Berikut manfaat dalam menulis buku harian untuk ibu hamil.

  • Mengurangi stres, menulis buku harian bisa menjadi ajang untuk mengekspresikan rasa stress, amarah dan berbagai perasaan yang dipendam oleh para ibu.
  • Menyimpan memori, membaca kembali tulisan yang pernah ditulis kadang bisa mengurangi stress dan bahkan menghibur. Selain itu bisa dijadikan sumber sejarah nantinya.
  • Sumber inspirasi, buku harian bisa menjadi media untuk menuliskan inspirasi yang tiba-tiba muncul dan nantinya bisa dikembangkan kembali sebelum inspirasi itu hilang.
  • Target hidup, dalam buku harian kamu bebas menuliskan apa pun yang kamu inginkan termasuk apa yang ingin kamu capai dalam waktu dekat atau dalam waktu panjang, hal ini bisa menjadi motivasi kuat bagi kamu untuk tetap memperjuangkannya.
  • Tempat pelajaran hidup, tulisan mengenai berbagai hal buruk dan baik akan menjadi pelajaran yang bisa kamu ingat dan pelajari kembali untuk menghadapi berbagai masalah serupa nantinya.
  • Melatih otak kiri, menulis akan melatih konsentrasi, dan ingatan akan hal-hal yang terjadi di sekitar kamu. Karena itu latihan menulis, merangkai kalimat, mengingat dan berkreasi sangat cocok juga untuk ibu hamil.

Mini Massager Praktis

Sumber gambar elevenia.co.id

Pijat saat hamil dikhawatirkan dapat menimbulkan berbagai hal yang membahayakan. Namun sayangnya saat hamil wanita sering merasa pegal dan capek.

Mini Massager menjadi jawaban dari permasalahan ini. Alat pijat mini elektrik ini bekerja dengan prinsip kedokteran tradisional Cina. Alat ini menggabungkan pijat magnetik dengan pijat mekanik yang bisa digunakan untuk memijat titik akupunktur di sekitar mata, melancarkan sirkulasi kulit dan peredaran darah, mengurangi kelelahan mata sehingga menghilangkan lingkaran hitam, mengencangkan kulit serta menghilangkan garis keriput.

Tak hanya itu, mini massager ini juga dipercaya dapat membantu meningkatkan memori jika digunakan secara kterus-menerus. Bahkan alat ini juga dipercaya dapat menghilangkan stres, memberi sensasi rileks pada tubuh, mengendurkan otot yang kaku, mengurangi rasa sakit pada tubuh, menghilangkan pegal dan melancarkan peredaran darah.

Kamu bisa membeli alat ini dengan harga Rp 23.000 hingga Rp 84.000 di situs Elevenia atau Moedah.

Vitamin Khusus Kehamilan

Konsumsi makanan sehat dan beragam merupakan sumber vitamin dan mineral untuk janin. Namun suplemen dan vitamin juga masih sangat dibutuhkan untuk mengisi beberapa kekurangan nutrisi lainnya yang mungkin belum dapat dicapai oleh asupan makanan.

Pola makan yang sempurna sangat sulit diterapkan setiap harinya, terutama pada masa awal kehamilan yang sering diiringi rasa mual, muntah dan hilangnya selera makan. Meski tidak dapat menggantikan pentingnya pola makan yang baik, suplemen dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi janin yang belum terpenuhi oleh makanan.

Tips yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih vitamin untuk ibu hamil adalah konsultasikan dengan dokter dan berhati-hatilah dalam memeriksa kandungan vitamin atau pun nutrisi lain dalam suplemen. Vitamin ibu hamil yang sangat tepat haruslah mengandung beberapa kandungan berikut ini.

  • Asam folat, perlu dikonsumsi oleh ibu hamil minimal 400 mcg setiap harinya. Dapat mengurangi risiko bayi terlahir cacat tabung saraf. Namun jika dalam keluarga ada risiko tinggi cacat tabung saraf, disarankan mengonsumsi hingga 4 mlg atau 10 kali lipat jumlah ini, dengan saran dokter tentunya.
  • Kalsium bisa didapatkan pada yoghurt, susu, atau pun makanan lain yang kaya akan kalsium. Nutrisi ini untuk membantu pembentukan tulang bayi dan meringankan berbagai permasalahan ibu hamil terkait tulang.
  • Zat besi merupakan bahan baku penting pembentukan sel janin yang juga penting bagi tubuh ibu. Dokter dapat menyarankan dosis yang lebih jika ada gejala ibu mengalami anemia selama masa kehamilan.
  • Vitamin A, C, D, E, B6, tembaga, dan seng. Vitamin yang paling dibutuhkan adalah vitamin B6 untuk menurunkan mual dan muntah pada awal kehamilan.
Sumber gambar folavit.com

Dalam mengkonsumsi vitamin dan suplemen disarankan hanya sehari sekali dan sebaiknya diminum setelah makan pagi atau makan malam. Minum bersamaan dengan kopi atau teh juga sebaiknya dihindari agar tidak mengurangi kadar suplemen. Berikut beberapa vitamin ibu hamil yang dijual di pasaran.

  • Suplemen Vitamin D dan kalsium, seperti Elkana dan Cavit D3.
  • Suplemen asam folat, seperti Folas dan Folavit.
  • Suplemen gabungan DHA, kalsium dan zat besi, seperti Folamil Genio, Caloma dan Obipluz.
  • Suplemen zat besi, seperti Maltofer, Ferrofort dan Hemobion.
  • Suplemen gabungan kalsium dan zat besi, seperti Obical, Folamil dan Calmin AF.

Baju Hamil

Sumber gambar zalora.co.id
  • Terdapat perbedaan antara baju hamil dan menyusui. Namun kamu bisa juga memilih baju hamil yang nantinya memudahkan saat menyusui, misalnya kemeja atau dress dengan kancing depan, atau daster katun yang nyaman, dan bahkan ada baju menyusui dengan resleting di dada kanan dan kiri untuk memudahkan menyusui.
  • Tidak selalu harus menggunakan baju hamil baru, baju yang adapun bisa dikenakan ibu hamil asal nyaman dan aman bagi janin.
  • Tidak perlu terpaku dengan image bahwa ibu hamil harus tampil keibuan, pakailah baju hamil yang disukai, nyaman dan sesuai.
  • Gunakan aksesoris seperti selendang, anting atau aksesoris lain untuk mengalihkan perhatian orang dari perut kamu yang mulai membesar.
  • Gunakan bra dengan ukuran pas dan nyaman dipakai, karena ukuran payudara seringkali meningkat pesat pada masa kehamilan hingga menyusui.
  • Selalu perhatikan warna dan model kesukaan sang ibu ketika akan memberikan baju. Pilihlah baju yang lebih feminin dan fancy, atau model wrap dress yang simple dan nyaman bisa juga dijadikan pilihan yang tepat untuk hadiah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih baju hamil antara lain.

Inilah baju hamil yang BP-Guide rekomendasikan untuk para ibu hamil, yaitu Maternity Dress 51030 dari brand Chantilly. Baju hamil ini merupakan baju dengan kerah bulat, lengan panjang, berbahan ceruty dan berwarna hitam lengkap dengan detail pada kerah yang dijual dengan harga Rp 425.000. Bisa kamu dapatkan di situs Zalora.

Set Perlengkapan Mandi Bayi

Sumber gambar tokopedia.com

Kado berupa peralatan mandi bayi bisa menjadi kado yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Karena akan meringankan pengeluaran dan mengurangi daftar barang yang perlu dibeli. Atau mungkin melengkapi jika barang tersebut belum sempat dibeli. Berikut beberapa tips dalam memilih produk perlengkapan mandi bayi.

  • Perhatikan harga barang dan brand, memang tidak semua barang mahal dijamin berkualitas. Namun barang mahal dan brand yang sudah cukup dikenal seringkali memiliki kualitas yang lebih baik. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada barang dengan merek lokal dan harga terjangkau yang memiliki kualitas baik dan aman untuk bayi. Belilah peralatan sesuai kebutuhan dan juga sesuai budget.
  • Perhatikan komposisi dan bahan apakah aman untuk bayi, cari tahu sendiri apakah kandungan dalam produk tersebut aman untuk bayi. Tidak semua merek terkenal dengan harga mahal terjamin kualitasnya, jadi tetap hati-hati dan perhatikan bahan yang digunakan. Hal ini juga berlaku pada penggunaan alat berbahan plastik, hindari penggunaan plastik daur ulang karena tidak aman untuk bayi.
  • Pilih produk yang tidak berbau menyengat agar tidak mengganggu indra penciuman bayi yang masih sensitif dengan berbagai hal baru. Hindari juga produk dengan bahan alkohol dan mengandung zat pewangi berlebihan.

Berikut jenis perlengkapan mandi yang dibutuhkan oleh bayi.

  • Handuk, pilihlah yang memiliki tekstur lembut agar tidak membuat kulit bayi iritasi.
  • Bak mandi, pilihlah yang kuat nyaman dan awet. Perhatikan juga kedalaman bak mandi untuk mencegah bayi tenggelam. Bak mandi yang memiliki sandaran juga sangat disarankan, selain itu jangan pilih bak mandi dengan tekstur yang terlalu kasar karena dapat melukai kulit bayi, dan hindari pemilihan bak mandi yang terlalu licin karena memungkinkan bayi tergelincir.
  • Bedak bayi akan mencegah bayi terkena biang keringat, gunakan secukupnya dan selalu perhatikan bahan bedak yang dipilih.
  • Sabun dan sampo harus dipilih yang benar-benar aman untuk kesehatan kulit dan rambut bayi.
  • Baby oil, pilihlah yang terbuat dari bahan alami agar tidak menimbulkan efek samping, hal ini bisa diketahui dari aromanya yang khas bahan alami.
  • Tisu basah sangat diperlukan untuk membersihkan beberapa area tertentu, hindari tisu basah yang mengandung alkohol dan zat pewangi.

Ada dua rekomendasi set perlengkapan mandi yang bisa kamu berikan sebagai hadiah.Pertama adalah Pigeon Toiletries Gift Set Perlengkapan Mandi yang dijual dengan harga Rp 144.000. Kemudian ada pula Paket Perlengkapan Bayi NewBorn Basic dengan harga Rp 345.000. Kedua set perlengkapan mandi bayi ini bisa kamu dapatkan di situs Shopee.

Stroller Bayi

Sumber gambar ubuy.co.id

Menggendong bayi memang terbukti lebih ampuh untuk meningkatkan ikatan batin ibu dan ayah dengan bayi. Namun tentu saja apabila terlalu lama, hal ini bisa membuat bayi dan ibu merasa pegal. Saat ini sudah tersedia berbagai kereta dorong yang canggih dengan berbagai pilihan harga.

Stroller merupakan hadiah yang akan sangat membantu ibu untuk merawat bayinya. Barang yang satu ini memiliki jangka waktu penggunaan cukup lama, yakni bisa digunakan hingga bayi berumur 3 tahun atau lebih, dan masih bisa dipakai untuk adiknya nanti jika dirawat dengan baik.

Berikut beberapa tips terutama terkait keamanan dalam memilih stroller.

  • Pastikan stroller stabil dan tidak mudah terguling saat ditambahkan beban tambahan seperti perlengkapan bayi atau benda sejenis.
  • Pastikan sabuk bayi berkualitas dan tidak mudah terlepas ketika bayi terlalu banyak bergerak. Cobalah tes dengan menarik-narik sabung pengamannya saat terkunci.
  • Periksa seluruh bagian dengan teliti. Misalnya pastikan baut tidak mudah lepas, dan pastikan tidak ada bagian runcing yang membahayakan bayi ataupun sekitarnya.
  • Periksa rem stroller apakah berfungsi dengan baik. Usahakan memilih yang memiliki rem tangan agar memudahkan saat rem mendadak, cari juga stroller dengan kunci roda yang bisa digunakan saat stroller berhenti.

Salah satu stroller yang cukup banyak direkomendasikan adalah Stroller Quinny Yezz, dengan bobot 7 kg yang dilengkapi dengan pegangan tangan dan roda kecil yang ringan seperti skuter. Stroller ini mudah dibawa untuk bepergian, namun stroller ini tidak memiliki kantong penyimpan di bawah tempat duduk dan tempat minuman. Stroller yang tergolong cukup ringan dan memiliki desain cukup unik ini dijual dengan kisaran harga Rp 4.999.595 di situs Ubuy.

Perhiasan dan Peralatan Kosmetik

Sumber gambar juicebeauty.com

Perhiasan dan make up adalah beberapa barang yang sulit dilepaskan dari wanita. Tampil cantik saat hamil juga merupakan hal yang pasti diinginkan oleh semua wanita. Mulai dari kecantikan tubuh, wajah, rambut hingga kuku menjadi hal yang pasti dicermati. Namun demikian perlu diperhatikan produk perawatan ataupun kosmetik yang aman digunakan saat hamil agar tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan janin. Berikut penggunaan kosmetik yang perlu diperhatikan.

  • Produk anti-jerawat merupakan produk yang cukup dibutuhkan oleh ibu hamil, apalagi dengan berbagai hormon yang sering mengakibatkan jerawat pada ibu hamil. Namun disarankan untuk mewaspadai produk yang penggunaannya dengan ditelan atau pun yang mengandung beberapa bahan seperti tretinoin, isotretinoin dan tetrasiklin yang berisiko menyebabkan kelainan bawaan pada bayi. Selain itu produk dengan asam salisilat yang membantu pengelupasan kulit, meski aman digunakan dalam dosis kecil seperti toner, namun dirasa kurang aman untuk obat jerawat. Krim dengan bahan benzoil peroksida merupakan salah satu produk yang mungkin dapat membantu ibu hamil mengatasi jerawat.
  • Produk anti-penuaan yang perlu dihindari adalah yang berbentuk oral dan mengandung retinoid, sejenis vitamin A yang berfungsi mengurangi kerut dan memperbaiki warna kulit.
  • Pewarna kuku perlu dihindari yang mengandung bahan phthalates karena berisiko menyebabkan kelainan bawaan pada bayi, kandungan ini juga sering ditemukan pada produk hairspray. Pastikan juga kamu menggunakan pewarna kuku di ruang terbuka untuk meminimalkan efek menghirup bahan dari pewarna itu.
  • Tabir surya dengan bahan oksibenzon tidak disarankan untuk ibu hamil karena disinyalir dapat membuat berat badan lahir bayi rendah, terutama pada bayi perempuan. Gunakanlah produk yang mengandung titanium dioksida dan seng oksida (zinc oxide) karena dapat maksimal melindungi kulit dan tidak terserap dalam kulit. Selain itu, dapat ditambah dengan penggunaan topi, kacamata, dan pakaian tertutup untuk menghindari paparan langsung sinar matahari terutama pada pukul 10 pagi hingga 4 sore.
  • Pewarna rambut sering mengandung bahan kimia yang mungkin masuk dalam kulit ibu hamil, seperti amonia yang dapat menyebabkan rasa mual. Namun demikian tetap diperlukan konsultasi dengan dokter terkait penggunaan kosmetik ini.

Berikut beberapa rekomendasi make up yang aman untuk ibu hamil.

  • Pelembab Juice Beauty SPF 30 Tinted Moisturizer yang juga dapat menjadi pelindung dari bahaya UV. Dijual dengan harga Rp 427.072 di juicebeauty.com
  • Tabir surya Badger Sunblock for Face and Body dengan komposisi bahan natural dan tekstur yang lebih ringan dari produk sejenis bisa kamu beli di amazon.com dengan harga Rp 688.386
  • Pelembap & pemulas bibir dari Burt’s Bee yang berbahan natural, dan tidak mengandung paraben, petrochemical, atau bahan sintetik lainnya. Beberapa produknya antara lain lip balm, lip shimmer, dan lip gloss yang dijual dengan kisaran harga Rp 50.000 di shopee.co.id
  • Bedak merk Pürminerals yang bebas paraben, SLS, lanolin, mineral oil, petrolatum, DEA, formaldehyde, dan hydroquinone yang dijual dengan harga Rp 472.286 di marksandspencer.com juga cukup direkomendasikan.

Boneka Bayi

Sumber gambar ruparupa.com

Boneka bayi terutama yang dilengkapi dengan musik pengantar tidur bisa menjadi salah satu alternatif hadiah, boneka yang aman dengan warna beragam atau pun mengeluarkan bunyi juga dapat merangsang pertumbuhan bayi yang tentunya cocok menjadi hadiah. Berikut tips memilih boneka yang aman untuk balita.

Tips memilih mainan untuk bayi:

  • Pilih yang berbahan aman, tidak mengandung bahan kimia dan usahakan yang tidak memiliki aksesoris kecil seperti kalung atau gelang karena akan cenderung dimakan oleh bayi. Hindari juga boneka dengan bulu yang mudah rontok dan sobek. Karena akan berbahaya apabila jahitan kurang kuat, dan isi boneka keluar hingga ditelan oleh bayi.
  • Sesuaikan dengan ukuran bayi karena boneka yang terlalu besar akan cenderung berpotensi menakutkan bagi bayi, dan akan berbahaya jika bayi ingin mengangkat boneka tersebut karena mungkin akan terjungkal. Boneka dengan ukuran terlalu kecil juga cukup berbahaya karena akan digigit dan ditelan oleh bayi.
  • Sesuaikan dengan jenis kelamin bayi karena dapat mempengaruhi karakter bayi yang pastinya selalu berusaha berinteraksi dengan bonekanya sehingga merangsang rasa simpati dan empati. Pilihlah boneka berbentuk binatang atau tokoh kartun laki-laki untuk bayi laki-laki, dan pilihlah hewan lucu atau tokoh karakter perempuan untuk bayi perempuan.

Beberapa rekomendasi boneka yang bisa kamu jadikan hadiah antara lain Hansa Australian Budgerigar, Hansa African Lion Baby, atau Hansa Guinea Hamster yang dijual dengan kisaran harga Rp 38.850 hingga Rp 89.850 di situs Rupa-Rupa.

Selimut

Sumber gambar pictaram.com

Selimut merupakan benda yang dibutuhkan untuk menghangatkan bayi dan sebagai teman tidur bayi. Pilihlah selimut berbahan lembut seperti benang kasmir skotlandia. Selimut bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama disesuaikan dengan ukuran selimut itu sendiri. Kamu juga bisa menambahkan bordir pola dengan nama dan tanggal lahir bayi di atas selimutnya.

Selimut bayi dapat dijadikan dekorasi atau pelindung bayi dari gigitan nyamuk dengan digantung di atas boks bayi. Selimut juga bisa digunakan untuk membungkus bayi setelah mandi atau memeluk bayi saat membaca cerita. Selimut juga sangat bermanfaat sebagai alas pijat bayi, penutup kereta dorong atau penutup carseat.

Maison Elmesa merupakan online shop yang khusus menjual selimut bayi dengan model, bahan, desain, motif, dan warna yang beragam. Kamu bisa melihat berbagai koleksinya yang dijual mulai dari harga Rp 149.000 hingga Rp 289.000 di Instagram Maison Elmesa.

Bantalan untuk Ibu Hamil

Sumber gambar elevenia.co.id

Bantalan hamil ini berfungsi untuk membantu proses menyusui dan mengurangi rasa pegal di punggung. Bantal ini juga dapat digunakan sebagai penyangga kaki dan tubuh pada masa akhir kehamilan. BP-Guide merekomendasikan 2 bantal hamil. Yaitu Omiland Bantal Ibu Hamil - Maternity Pillow dengan harga Rp 199.000 dan Bantal hamil/maternity pillow dengan harga Rp 200.000 di shopee.co.id

Berikut hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih bantal hamil.

  • Bantal hamil dengan sarung yang mudah dilepas untuk memudahkan proses pencucian, karena bantal hamil sendiri berukuran besar dan seringkali sulit dibersihkan.
  • Pilihlah jenis isian bantal yang terasa nyaman seperti serat polyester yang lembut dan tidak menimbulkan suara. Kamu juga bisa memilih isian pola gabus dengan harga yang lebih terjangkau, ringan, dan mudah disesuaikan dengan bentuk tubuh meskipun sering menimbulkan suara saat pemakainya bergerak. Isian memory foam yang membentuk tubuh ketika ditekan dan bisa kembali ke bentuk asalnya juga bisa kamu pilih. Atau isian micro bead seukuran 1/32 inch juga nyaman digunakan karena seperti pasir, ringan, mudah dibawa, lebih menopang tubuh dan hampir tidak menimbulkan suara dibanding gabus. Ada juga isian alami dan organik yakni berupa wol atau kapuk. Jika bantal hamil berbau baru, cukup diangin-anginkan selama beberapa hari untuk menghilangkan bau tersebut.
From our editorial team

Yang Terpenting, Selalu Berikan Support kepada Teman yang sedang Hamil

Selain pilihan hadiah di atas, hadiah yang tidak kalah penting adalah dukungan baik berupa pengalaman terkait kehamilan, hingga cara mengasuh dan menyusui bayi, atau pun dukungan psikologis untuk si ibu. Dukungan dari keluarga, sahabat, dan kerabat baik berupa doa atau pun waktu untuk mendengarkan dan membantu mencarikan solusi atas berbagai masalah pada saat hamil akan membuat ibu hamil lebih tenang dan bahagia.

Tag